6 Contoh Desain Rumah Kost Modern dan Sederhana

Posted in: Mitra Kos

6 Contoh Desain Rumah Kost Modern dan Sederhana – Tren pencarian hunian sementara berupa kost saat ini tidak hanya dilakukan berdasarkan harga sewa saja. Para peminat hunian kost juga merasa penting untuk mempertimbangkan desain bangunan, apalagi jika bangunannya cukup estetik atau modern. Tinggal di kost pun menjadi semakin nyaman dan membuat betah. Sebaliknya, kost dengan tampilan kuno semakin ditinggalkan atau tidak terlalu diminati.

Berbagai Macam Desain Kost Modern Sederhana

pixabay.com

Mengetahui tren yang sedang berjalan ini membuat pemilik kost perlu melakukan langkah kreatif. Pemilihan desain kost yang benar tentu menjadi kunci keberhasilan pemilik dalam mengiklankan properti kostnya. Namun, banyak yang belum mengetahui desain ideal yang bisa diterapkan pada kost tersebut. Pembangunan properti dan renovasi kost pun hanya terbatas pada penambahan jumlah kamar atau variasi fasilitas kamar kost saja.

Jika ingin mencari inspirasi desain kost yang hits dan berpeluang diterima pasar, desain kost modern tapi tetap sederhana dapat menjadi solusi. Tentu bangunan kost tidak dibuat berlebihan dan tetap memperhatikan aspek kenyamanan. Selain itu, kost tetap akan terasa seperti rumah, sehingga para penghuninya pun menjadi betah. Dengan memiliki properti kost berdesain modern sederhana, pemilik kost akan semakin percaya diri dalam beriklan dan bersaing dengan properti lainnya.

1.Desain Rumah Kost di Lahan Luas

pixabay.com

Jika kamu memiliki lahan cukup luas untuk membangun kost, desain bangunan berlantai satu atau berlantai dua bisa menjadi pulihan. Perhatikan lokasi bangunan yang ada di dekat lokasi kostmu. Apabila bangunan di sekitar cukup banyak, tambahkan pagar rumah kost untuk membatasi dan untuk keamanan. Namun, apabila tidak ada bangunan di sekitar kost, menanam tumbuhan berkayu atau tumbuhan berbatang besar dapat menjadi solusi.

Sentuhan warna cat yang bisa diberikan bergantung selera masing-masing pemilik kost. Namun, warna cat yang sesuai akan mampu membuat suasana kost menjadi berbeda, seperti warna oranye yang membuat suasana menjadi hangat atau warna biru yang membuat kesan kost seperti rumah. Pemilik kost dapat melakukan inovasi dengan menambahkan garasi atau gazebo di depan kost.

2.Desain Rumah Kost Eksklusif

pixabay.com

Kost yang fasilitasnya lengkap perlu diimbangi dengan desain yang mendukung pula. Sebab, semakin elegan dan menarik tampilan kost, akan semakin tinggi pula biaya sewa yang bisa ditawarkan. Adapun desain bangunan yang dapat dipertimbangkan bergantung pada selera dan rencana jumlah kamar kost. Berikan sentuhan kolam renang pada bagian depan kost atau dalam kost agar lebih privat.

Target atau sasaran penyewa kost eksklusif tidak hanya berasal dari mahasiswa saja. Jadi, kamu bisa membangun kamar berukuran besar dan mengizinkan 2 – 3 orang penyewa kost untuk tinggal. Tambahkan pula kursi santai di depan kamar jika memungkinkan atau gazebo di halaman depan. Suasana rumah yang terkesan panas bisa diantisipasi dengan menambahkan pepohonan atau tanaman rimbun.

3.Desain Rumah Kost Hemat Energi

pixabay.com

Kost modern dan sederhana bisa kamu dapatkan dengan membangun kost bertipe bangunan hemat energi. Buatlah inovasi bangunan kost yang dapat menguntungkanmu, seperti kost yang bisa memanfaatkan penerangan matahari pada siang hari. Tentu hal ini bisa membuat penggunaan lampu kamar dikurangi. Caranya adalah dengan memasang jendela kaca atau menggunakan genting dari kaca.
Ada pula alternatif untuk membuat kost bebas AC atau kipas angin. Pasang jendela pada setiap kamar kost dan beri penghalang atau penyaring debu agar tidak ada kotoran yang masuk. Pada siang hari, anak kost tidak perlu menyalakan alat listrik dan tetap bisa betah berada di kost. Pemilik kost juga bisa menanam tumbuhan berdaun rimbun karena akan menambah kesan sejuk.

4.Desain Rumah Kost Modern Klasik

pixabay.com

Ciptakan suasana klasik namun tetap terkesan modern pada bangunan kost milikmu. Gunakan bahan batu bata atau dinding bertema klasik untuk menambah kesan unik pada bangunan. Namun, kamu tetap perlu mempertimbangkan ketahanan jenis bahan yang digunakan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat kost terlihat klasik, tetapi tetap indah.

Pemilik kost bisa membangun kamar dengan tempat tidur, meja, kursi, dan almari dari kayu. Selain itu, adanya jendela dengan kusen berhias ukiran klasik pun akan menambah kesan indah. Jika memiliki budget tambahan untuk membuat ruangan khusus, tidak ada salahnya menambahkan ruang santai atau ruang tamu. Berikan sentuhan lampu hias yang klasik dan lengkapi dengan memasang lukisan atau hiasan dinding. Suasana kost akan terasa hangat dan penghuni pun bisa semakin betah berlama-lama di dalamnya.

5.Desain Rumah Kost Homey

pixabay.com

Pertimbangkan desain bangunan kost mirip seperti rumah untuk membuat anak kost cepat merasa akrab. Berada di perantauan tentu membuat anak kost sering rindu rumah. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan membuat anak kost merasa seperti sedang berada di rumah sendiri. Buatlah kamar kost yang bagian dalamnya mudah diubah dekorasi atau penataannya. Misalnya saja dengan memberikan fasilitas tempat tidur yang mudah dipindah, almari dari plastik, atau meja belajar yang tidak terlalu berat. Jadi, penghuni kost bisa memodifikasi kondisi kamar seperti huniannya ketika di rumah sendiri.

Selain perlu membuat kamar yang mudah diubah dekorasinya, pemilik kost perlu menambahkan ruangan lain. Misalnya saja ruang santai atau ruang menonton TV untuk berkumpul, ruang jemur pakaian agar penghuni kost tidak kesulitan setelah mencuci, bahkan dapur yang sudah dilengkapi peralatan memasak. Nantinya, anak kost yang merasa rindu rumah bisa memasak menu makanan khas daerahnya dan memakannya bersama penghuni kost lain. Buatlah ruangan yang memungkinkan anak kost dan penghuni saling berbaur, sehingga rasa kekeluargaan dapat terwujud.

6.Desain Rumah Kost Ala Hotel

pixabay.com

Bisnis kos-kosan yang menjanjikan bisa menjadi motivasimu untuk membangun kost yang terdiri dari banyak kamar. Namun, perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak kamar yang dibangun, akan semakin besar pula biaya listrik, biaya air, dan biaya perawatan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, ada baiknya jika pemilik kost mendesain bangunan dengan jendela besar untuk meminimalisir penggunaan AC dan memungkinkan adanya penerangan alami. Mendesain rumah kost ala hotel tentu membutuhkan pengelolaan yang rapi. Jika kamu tidak bisa mengurus kost sendiri, cobalah merekrut pegawai yang bertugas menjaga kemanan kost, pembayaran sewa, hingga menangani masalah anak kost.

Demikian informasi contoh desain rumah kos kosan modern dan sederhana yang dapat dijadikan inspirasi pembangunan properti kost. Jika ingin membangun kos kosan dan mendapatkan pemasukan pasif, pertimbangkan aspek penting agar sukses berbisnis kost. Pilih lokasi yang tepat, seperti di kota besar atau di perbatasan yang banyak dicari perantau. Alternatif lainnya adalah dengan memodifikasi bangunan kost yang sudah ada. Terdapat banyak cara untuk merenovasi tampilan kost yang kuno menjadi modern tapi tetap sederhana. Manfaatkan fasilitas Mamikos untuk membantu mendapatkan informasi penjualan properti kost di lokasi yang kamu inginkan. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: