10 Desain Interior Rumah Kost Minimalis Modern dan Sederhana Berbagai Type

Posted in: Bisnis Kost Mitra Kos

10 Desain Interior Rumah Kost Minimalis Modern dan Sederhana Berbagai Type – Para pemilik kost tentunya wajib memperhatikan kenyamanan para penghuni kost. Tidak hanya soal fasilitas yang diberikan, tetapi juga soal desain interior dari rumah kost tersebut. Meskipun kadang disepelekan oleh banyak orang, desain interior ternyata juga memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan para penghuni kost. Kali ini, Mamikos akan memberikan beberapa rekomendasi desain interior rumah kost minimalis modern yang cocok diterapkan untuk berbagai tipe rumah kost.

Informasi Terbaru Desain Interior Rumah Kost Minimalis Modern

unsplash.com

Saat ini, banyak orang mulai mempertimbangkan desain interior yang lebih minimalis untuk rumah mereka. Selain menjadi lebih sederhana dan tidak berantakan, ternyata desain minimalis mampu membuat penghuni rumah tersebut menjadi lebih nyaman. Hal tersebut juga bisa diterapkan untuk para pemilik kost yang saat ini sedang bingung menata rumah kost untuk membuat para penghuninya lebih nyaman. Simak rekomendasi 15 desain interior rumah kost minimalis modern dari Mamikos berikut ini.

Sekilas Tentang Desain Interior Rumah Kost Minimalis

Sebelum menentukan gaya untuk rumah kost minimalis, ada baiknya para pemilik kost memahami konsep desain interior minimalis itu sendiri. Pada dasarnya, gaya minimalis modern itu identik dengan hal-hal yang sederhana, fungsional, dan tertata rapi. Selain itu, penataan desain minimalis modern ditandai dengan penghematan soal urusan dekorasi rumah. Biasanya furnitur fungsional dan dekorasi lainnya memiliki bentuk yang geometris dan memiliki kombinasi warna yang tidak lebih dari dua warna dasar.

Penekanan utama jika pemilik kost akan membuat desain interior rumah kost minimalis adalah pada kebutuhan mendasar dan fungsional, misalnya lemari, tempat tidur, kursi, serta meja belajar minimalis agar terlihat lebih sederhana. Penataannya juga harus lebih diperhatikan mengingat sebagian besar rumah kost memiliki luas ruang yang terbatas jika dibandingkan rumah pada umumnya. Pastikan setiap furnitur yang ada telah ditata sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kesan sesak serta tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Penggunaan warna-warna yang netral serta lembut juga akan mendukung penerapan gaya minimalis pada rumah kost.

Desain Eksterior Rumah Kost Minimalis

Selain bagian dalam rumah kost, pemilik kost juga harus memperhatikan desain di bagian luar rumah kost atau desain eksteriornya. Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan saat pemilik kost akan membuat rumah kost minimalis seperti penataan pintu atau jendela. Nah, sebagai gambaran saat menata, para pemilik kost bisa melihat beberapa rekomendasi desain eksterior rumah kost minimalis berikut ini.

1. Rumah Kost Minimalis Bertingkat Dengan Balkon

unsplash.com

Rumah kost minimalis bertingkat sebenarnya cocok untuk para pemilik kost yang hendak memanfaatkan ruang sebaik mungkin. Dengan keterbatasan ruang yang ada, pemilik kost bisa membuat rumah kost bertingkat untuk menampung penghuni kost lebih banyak. Penambahan balkon untuk setiap kamar kost juga bisa menjadi salah satu pertimbangan saat akan membuat rumah kost bertingkat. Para penghuni kost bisa menggunakan balkon tersebut untuk menjemur pakaian atau untuk sekedar menghirup udara segar.

2. Rumah Kost Minimalis Dengan Tanaman Hijau Merambat

unsplash.com

Meskipun rumah kost minimalis erat kaitannya dengan desain sederhana, tapi tidak ada salahnya jika pemilik kost hendak menambah kesan segar pada rumah kost. Jika tidak ada lahan cukup untuk menanam tanaman hijau, pemilik kost bisa memanfaatkan tanaman merambat seperti yang ada di gambar. Selain membuat rumah kost lebih segar, tanaman hijau merambat juga bisa menjadi salah satu dekorasi unik bagian luar rumah kost.

3. Rumah Kost Minimalis Bertingkat Sederhana

unsplash.com

Kalau pemilik kost tidak ingin memberikan sentuhan aneh-aneh pada desain eksterior rumah kost, mungkin rekomendasi yang satu ini bisa dicoba. Rumah kost minimalis bertingkat tanpa balkon juga merupakan salah satu komponen pendukung untuk membuat rumah kost terlihat lebih simple atau sederhana. Gunakan warna cat tembok yang netral atau kalem seperti cokelat dan krem untuk menciptakan kesan minimalis yang diinginkan. Namun pastikan bahwa setiap kamar kost tetap memiliki jendela agar ada sirkulasi udara yang baik di dalam kamar.

4. Rumah Kost Minimalis Sederhana

unsplash.com

Selain penggunaan untuk kolam renang, lahan yang tersisa juga bisa digunakan untuk taman dan lahan parkir. Desain rumah kost minimalis seperti di atas juga bisa diterapkan jika para penghuni kost membutuhkan lahan parkir untuk kendaraan mereka. Agar tidak terlalu berdebu dan malah mengotori kendaraan, pemilik kost bisa mengakalinya dengan memasang conblock di lahan parkir tersebut.

5. Rumah Kost Minimalis Mewah Dengan Kolam Renang

unsplash.com

Rumah kost yang sederhana pun akan bisa ditata seperti rumah mewah dengan desain minimalis tertentu. Seperti penambahan kolam renang untuk para penghuni kost bisa yang menjadi pilihan tepat jika pemilik kost memiliki lahan yang luas. Seperti gambar di atas, kolam renang bisa ditempatkan di bagian belakang rumah kost dan bersebelahan dengan taman.

Desain Interior Rumah Kost Minimalis Bagian Dalam

Setelah selesai menata desain eksterior, kini saatnya para pemilik kost melakukan desain interior untuk menciptakan rumah kost minimalis yang diinginkan. Jika rumah kost memiliki ruangan yang bisa digunakan bersama, maka ada baiknya jika ruangan tersebut juga ditata sedemikian rupa untuk menciptakan kesan minimalis tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi desain interior rumah kost minimalis modern untuk bagian dalam rumah kost.

1. Dapur Bersama

unsplash.com

Salah satu ruang bersama yang mungkin ada di rumah kost adalah dapur. Sebagai salah satu aspek pendukung di dalam rumah kost minimalis, pemilik kost bisa menatanya agar senada dengan desain rumah kost di bagian lainnya. Gunakan warna yang tidak terlalu banyak agar dapur tidak terkesan berantakan dan sesak. Sebagai contoh, pemilik kost bisa menggunakan cat dan perabotan berwarna hitam dan putih seperti pada gambar.

2. Ruang Tamu Kost

unsplash.com

Agar para penghuni kost bisa lebih mudah dalam menerima tamu, pemilik kost mungkin bisa menyediakan ruang tamu yang dipakai bersama. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, penggunaan dua warna dasar menjadi aspek penting dalam desain interior rumah kost minimalis. Hal tersebut juga bisa diterapkan saat akan memilih perabot untuk ruang tamu kost seperti gambar di atas. Untuk menambah kesan segar, pemilik kost bisa menambahkan tanaman hias yang diletakkan di atas meja tamu atau di pojok ruangan.

3. Ruang Nonton TV

unsplash.com

Ruang nonton TV yang ditata sedemikian rupa juga mampu membuat rumah kost memiliki desain interior yang minimalis modern. Tidak harus dua warna saja, pemilik kost bisa menggunakan tiga warna netral yang dikombinasikan agar tetap menciptakan kesan minimalis modern. Sebagai gambaran dan contoh, gunakan sofa berwarna hitam dan meja kayu berwarna coklat yang dikombinasikan dengan cat tembok berwarna putih. Meskipun memiliki tiga warna, kombinasi tersebut tidaklah bertabrakan karena merupakan warna-warna netral.

4. Ruang Tamu Kost Bertingkat

unsplash.com

Rekomendasi desain minimalis selanjutnya adalah untuk para pemilik kost yang memiliki rumah kost bertingkat dengan ruang tamu di dalamnya. Tidak harus selalu mewah, pemilik kost juga bisa menata ruang tamu agar lebih sederhana seperti gambar di atas. Cat tembok yang didominasi oleh warna putih sangat cocok dikombinasikan dengan warna-warna lembut seperti biru muda dan ungu kalem. Penambahan lukisan dengan warna senada juga akan mampu menciptakan kesan rumah kost minimalis yang diinginkan.

5. Ruang Santai Kost

unsplash.com

Kalau dua atau tiga warna terasa kurang, maka pemilik kost bisa menambahkan perabotan dengan warna yang lebih beragam. Seperti gambar di atas, pemilik kost bisa mengombinasikan warna-warna seperti kursi merah muda yang lembut dengan bantal sofa berwarna mustard dan sofa hitam. Warna-warna tersebut terlihat tidak bertabrakan dan tetap menimbulkan kesan rumah kost minimalis karena masih didominasi dengan warna netral seperti cat tembok putih.

Desain Interior Rumah Kost Minimalis Bagian Kamar

Selain ruang bersama, ruang privat seperti kamar para penghuni kost juga bisa ditata dengan desain minimalis. Penataan memang diserahkan kembali kepada para penghuni kamar masing-masing, namun para pemilik kost tetap bisa menatanya sebelum dihuni. Nah, berikut ini adalah beberapa desain interior rumah kost minimalis untuk bagian kamar kost.

6. Kamar Kost Dengan Furnitur Kayu

unsplash.com

Desain interior rumah kost minimalis tidak serta-merta harus dengan menggunakan furnitur modern yang terbuat dari besi atau bahan sintetis lainnya. Pemilik kost tetap bisa menerapkan desain minimalis dengan menggunakan furnitur berbahan kayu seperti untuk tempat tidur. Warna cokelat tua dari rangka tempat tidur bisa dikombinasikan dengan bingkai jendela cokelat muda dan cat tembok putih. Selain itu, kombinasi dengan rak dan seprai berwarna putih juga akan mempertegas kesan minimalis tersebut.

7. Penataan Meja Belajar

unsplash.com

Penataan meja belajar di dalam kamar kost juga menjadi penting jika ingin mendesain interior rumah kost minimalis. Tidak perlu meja dengan dekorasi macam-macam karena akan lebih dipentingkan kegunaannya dibandingkan bentuknya. Gunakan kursi dan meja belajar yang sederhana dan tidak terlalu banyak ornamen seperti gambar di atas. Untuk penghias, pemilik kost bisa menambahkan lukisan dengan warna senada dan tumbuhan hijau di samping meja.

8. Kamar Kost Double Bed

unsplash.com

Kamar kost dengan double bed juga bisa ditata sedemikian rupa untuk menciptakan desain interior rumah kost minimalis dan modern. Double bed biasanya terdapat di beberapa rumah kost dengan ukuran kamar yang cukup luas. Karena ukurannya yang besar, akan kurang tepat jika double bed ditempatkan di kamar kost yang sempit. Pastikan bahwa terdapat cukup ruang untuk meletakkan perabot lainnya seperti lemari, meja, dan kursi agar tidak terlihat sesak.

9. Kamar Kost Single Bed

unsplash.com

Untuk rumah kost dengan luas yang terbatas, penggunaan single bed bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan bahwa semua furnitur yang ada seperti lemari atau rak buku ditempatkan menempel di dinding agar tersedia cukup ruang untuk bergerak. Pemilik kost bisa menggunakan jasa pembuatan perabot custom jika tidak menemukan ukuran perabot yang sesuai untuk kamar kost yang sempit. Tetap gunakan prinsip penggunaan kombinasi warna netral, misalnya putih dan cokelat seperti gambar di atas untuk menciptakan desain minimalis yang diinginkan.

10. Kamar Kost Dengan Furnitur Lengkap

unsplash.com

Semakin lengkap fasilitas sebuah kost, biasanya penghuni akan merasa semakin nyaman tinggal di tempat tersebut. Furnitur yang lengkap juga merupakan fasilitas dasar yang harus dipenuhi oleh para pemilik kost. Namun untuk rumah kost minimalis, pastikan bahwa setiap furnitur memiliki ukuran secukupnya agar bisa digunakan dengan efektif tanpa menghabiskan banyak ruang. Sesuaikan juga kombinasi warna furnitur dengan komponen warna lain yang sudah ada sebelumnya di kamar kost agar tidak terlihat berantakan.

Nah, itu dia 10 rekomendasi desain interior rumah kost minimalis modern yang bisa Mamikos sampaikan. Sudah menentukan akan menerapkan desain mana untuk rumah kost? Pastikan bahwa desain yang diinginkan sudah sesuai dengan ruang dan budget yang ada, ya! Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: