5 Contoh Gambar Denah Rumah Minimalis Berbagai Type dan Lantai

Posted in: Kreasi & Variasi

5 Contoh Gambar Denah Rumah Minimalis Berbagai Type dan Lantai – Tiap orang tentunya mendambakan ingin memiliki sebuah rumah dengan ruang yang terorganisir dan terkoordinasi dengan sangat baik. Konsep rumah yang minimalis menyediakan kemungkinan semacam itu. Rumah minimalis sendiri adalah pembuktian dari ide dasar bahwa memiliki lebih sedikit barang akan selalu lebih baik. Yuk cek contoh gambar denah rumah minimalis untuk berbagai type dan lantai di bawah ini.

Deretan Contoh Gambar Denah Rumah Minimalis

unsplash.com

Salah satu gaya desain rumah yang hingga kini masih banyak peminatnya adalah gaya minimalis. Untuk wujudkan rumah minimalis impianmu, salah satu langkah awal adalah menentukan gambar denah rumah minimalis yang tepat, baik sesuai kebutuhan dan juga gaya minimalis itu sendiri. Kamu pun bisa membuat denah rumah minimalis jauh lebih maksimal dengan inspirasi berbagai contoh denah rumah minimalis sederhana, tapi tetap nyaman untuk kamu dan keluarga.

Sekilas Tentang Rumah Minimalis

Arsitektur rumah minimalis adalah salah satu tipe arsitektur yang elemen-elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more. Konsep simplicity ini diwujudkan lewat bentuk geometris dasar yang simpel, elemen-elemen tanpa dekorasi, penggunaaan material sederhana, dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tetap nggak kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri. Pada desain interior, interior minimalis bisa dibilang sebagai tipe desain yang sangat mengutamakan fungsi. Makanya, desain interior minimalis biasa menggunakan elemen tanpa dekorasi misalnya saja kaca besar tanpa dekorasi untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

Ciri-ciri Rumah Minimalis

Meski sangat populer, banyak yang belum tahu ciri-ciri dari arsitektur rumah minimalis. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Didominasi warna putih, hitam, dan abu-abu
    Putih, hitam, dan abu-abu adalah 3 warna yang paling sering mendominasi arsitektur rumah minimalis. Warna monokrom ini membuat rumah minimalis terlihat sederhana, bersih, namun tetap elegan. Meski ada yang menggunakan warna selain 3 warna tadi, biasanya hanya sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton. Warna putih, hitam, dan abu-abu ini biasanya diterapkan pada bagian dinding, lantai, furnitur, dekorasi, bahkan perlalatan makan.
  2. Minim pembatas dan sekat ruangan
    Ruang-ruang di dalam arsitektur rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Misalnya antara dapur dan ruang makan atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Tapi, ruang-ruang yang sifatnya pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan terang.
    Suasana interior rumah minimalis juga terlihat terang berkat pencahayaan alami yang didapatkan dari matahari. Pemilihan jendela minimalis juga diperhatikan. Dari segi ukuran, jendelanya berukuran besar sehingga sinar matahari bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah.
  3. Biasanya berbentuk geometris tanpa dekorasi
    Kesederhanaan arsitektur rumah minimalis juga bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Jika dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar. Fasad sebuah arsitektur rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi, berbeda dengan fasad arsitektir rumah lainnya, seperti arsitektur rumah bergaya Eropa.
  4. Memiliki ruang terbuka dan fokus pada fungsi
    Pada umumnya, arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Denah lantai biasanya terbuka tanpa ada dinding penyekat antar ruangan dan area penyimpanannya pun sederhana. Furnitur yang digunakan juga sangat sederhana dan apa adanya. misalnya untuk sebuah ruang keluarga hanya ada sofa minimalis, meja kopi, dan mungkin sebuah rak pajangan.
    Bentuknya pun tidak rumit dengan banyak dekorasi, karena arsitektur rumah minimalis mengutamakan fungsi. Ruang-ruang dalam arsitektur rumah minimalis cenderung terbuka, minimnya furnitur minimalis yang digunakan membuat ruangan terlihat besar, meskipun luasan lahannya sendiri tergolong sempit. Tidak heran kalau arsitektur rumah minimalis ini sangat digemari sebagai gaya hunian di pusat kota.
  5. Dilengkapi dengan taman yang minimalis
    Tidak hanya rumahnya saja yang sederhana, tetapi juga tamannya. Kebanyakan arsitektur rumah minimalis menempati lahan yang terbatas. Agar seimbang dengan luasan rumah, taman rumah minimalis biasanya tidak memiliki pohon berukuran besar. Hal ini juga dilakukan karena nggak sedikit taman minimalis yang berukuran kecil.
    Bagian tanah ditutupi oleh rumput atau bebatuan kecil agar terlihat rapi. Tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman merambat atau tanaman hijau berukuran sedang. Sangat sedikit yang menanam bunga berwarna mencolok untuk taman rumah minimalis. Sebagai dekorasi, biasanya ditambahkan model air mancur pada taman.
  6. Menggunakan material bangunan sederhana dengan hasil maksimal
    Arsitektur rumah minimalis dikenal selalu menggunakan material bangunan yang sederhana mudah ditemukan. Biasanya, jenis batu bata digunakan untuk membangun dinding. Kayu atau keramik digunakai sebagai bahan dari desain lantai pada rumah. Beberapa rumah juga ada yang menggunakan material bangunan lain seperti kaca, beton, dan baja.
    Material bangunan yang tidak rumit ini justru akan memberikan daya tarik tersendiri sekaligus menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut. Hasil akhirnya pun bisa dibilang tidak serumit arsitektur rumah lainnya. Untuk dinding, hasil akhirnya didapatkan dengan proses aci. Bagian lantainya pun hanya dilapisi keramik tanpa perlu proses finishing lagi.
  7. Memaksimalkan pencahayaan dalam rumah
    Arsitektur rumah minimalis tidak memiliki bentuk bangunan yang kompleks dan ukiran yang rumit, tapi kesederhanaan ini malah menambah daya tarik dari arsitektur rumah minimalis. Rahasia di balik penampilan ini adalah perencanaan desain yang hati-hati sehingga banyak cahaya alami masuk ke dalam rumah sebagai output-nya. Selain itu, arsitektur rumah minimalis ini dilengkapi dengan pencahayaan tidak langsung. Pencahayaan tidak langsung sendiri digunakan untuk menegaskan kesan tertentu pada ruangan.

Contoh Gambar Denah Rumah Minimalis

Banyak sekali keuntungan membangun rumah yang minimalis. Selain karena hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah. Di bawah ini ada beberapa contoh gambar denah rumah minimalis untuk berbagai type dan lantai yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

1. Denah Rumah Minimalis  dengan 2 Kamar Tidur (1 Lantai)

Untuk kamu yang ingin menciptakan rumah sehat yang ramah keluarga, denah rumah minimalis seperti satu ini bisa jadi pilihanmu. Dengan ruang keluarga yang lapang sebagai pusat dari denah rumah minimalis, kehadiran taman minimalis dan pekarangan yang luas menjadi ruang bermain yang ramah untuk anak-anak. Namun, apabila kamu baru saja memiliki seorang bayi, kamu bisa merombak sedikit denah di atas dengan menghilangkan sekat tembok antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Dengan demikian, area kamar tidur menjadi luas dan kamu bisa meletakkan tempat tidur bayi serta berbagai perabot kebutuhan si kecil lainnya.

i1.wp.com

2. Denah Rumah Minimalis Berukuran Mungil (1 Lantai)

Ketika kamu merancang desain denah rumah minimalis mungil pada lahan terbatas adalah memastikan ventilasi dan sirkulasi udara dan pencahayaan pada setiap ruang pada denah rumah minimalis, terutama ruang-ruang utama seperti ruang keluarga dan kamar tidur.

i1.wp.com

3. Denah Rumah Minimalis dengan Konsep Peristirahatan (2 Lantai)

Meskipun hanya berbentuk 2D, desain dari denah rumah minimalis juga bisa menentukan bagaimana atmosfer dan suasana dari hunian ketika telah berdiri nanti. Seperti dengan denah rumah minimalis dengan sebagian ruang semi-outdoor dan balkon rumah yang asri pada setiap kamar yang mampu memberikan suasana layaknya rumah peristirahatan yang nyaman.

i2.wp.com

4. Denah Rumah Minimalis dengan Taman dan Carport (2 Lantai)

Di era sekarang ini, desain rumah minimalis bertingkat adalah yang paling banyak diincar oleh pasangan muda karena dianggap paling ideal. Tak hanya ideal digunakan oleh pasangan muda, desain rumah minimalis type 36 yang terdiri dari dua lantai ini dapat menampung anggota keluarga yang berjumlah banyak. Pada bagian lantai bawah desain rumah minimalis type 36 ini, terdapat dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, carport, taman depan, taman belakang, serta ruang keluarga yang sekaligus bisa dipakai untuk menerima tamu. Sementara itu, pada bagian lantai atasnya terdapat lagi dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang keluarga. Untuk menyelaraskan konsep, kamu bisa menggunakan tipe tangga rumah minimalis pada desain rumah minimalis type 36 dua lantai ini.

i1.wp.com

5. Denah Rumah Minimalis dengan Dapur Terbuka (2 Lantai)

Konsep terbuka memberikan kesan yang lebih rapi dan leluasa pada hunian, seperti yang diaplikasikan pada desain rumah minimalis type 36 yang satu ini. Area dapurnya dibuat terbuka dan menyatu dengan area ruang makan dan ruang keluarga sehingga interaksi bersama keluarga bisa dilakukan secara mudah. Desain rumah minimalis type 36 dengan dapur terbuka ini juga dilengkapi dengan dua kamar tidur dan area bersantai pada halaman belakang. Kamu bisa menambahkan berbagai furnitur pada halaman belakang, seperti meja kopi dan kursi teras.

/i1.wp.com

Oke, itu tadi 5 gambar denah rumah minimalis untuk berbagai type dan lantai yang bisa Mamikos bagikan. Banyak sekali keuntungan membangun tempat tinggal minimalis. Selain karena hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah. Oh iya, jangan lupa untuk mengunjungi situs Mamikos ya agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah