7 Contoh Ide Bisnis Inovatif Dan Kreatif Untuk Mahasiswa

Posted on Posted in Info Penting, Informasi, Kreasi & Variasi, Mahasiswa

7 Contoh Ide Bisnis Inovatif Dan Kreatif Untuk Mahasiswa – Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.

Meski menjadi mahasiswa, bukan berarti kamu tak bisa memulai bisnismu sendiri. Sebab ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan dan sangat cocok untukmu sebagai mahasiswa. Apa saja?

7 Contoh Ide Bisnis Inovatif Dan Kreatif Untuk Mahasiswa Ini Bisa Banget Kamu Coba

1. Pemandu Wisata

Pramuwisata adalah profesi di bidang kepariwisataan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide dalam Bahasa Inggris. Bila kamu mengenal tempat tinggalmu beserta tempat-tempat wisata yang ada di sana. Sedikit demi sedikit, siapa tahu bila sukses kamu nantinya akan punya travel agent sendiri.

2. Makeup Artist

Kamu senang makeup dan jago dalam tata rias? Cobalah menjadi seorang makeup artist. Awalnya, tawarkan jasamu di teman-teman terdekat yang akan ke acara-acara sederhana terlebih dahulu. Bila kamu tekuni, lambat laun kamu mungkin berkesempatan untuk menjadi seorang makeup artist profesional.

3. Fotografer Lepas

Bila kamu senang dengan fotografer dan cukup menguasai teknik dalam fotografi serta jago motret, kamu bisa mencoba bisnis sebagai seorang fotografer lepas. Bisnis ini bisa kamu lakukan di sela-sela waktu luangmu sehingga tidak mengganggu kegiatan kuliahmu.

4. Barista

Senang kopi? Jago membuat kopi? Cobalah untuk menjadi barista di kedai kopi. Karena dengan begitu, bila kamu tekuni, siapa tahu nantinya kamu akan memiliki kedai kopi sendiri yang laris manis.

5. Event Organizer

Salah satu bisnis yang bisa kamu tekuni selama menjadi mahasiswa adalah event organizer. Tak melulu langsung besar seperti Wedding Organizer, kamu mulai menjadi EO di acara-acara kecil temanmu seperti acara ulang tahun terlebih dahulu.

6. Buka Online Shop

Yang satu bisa dibilang tak memerlukan begitu banyak modal. Kamu bisa menjadi dropshipper ataupun reseller dan membuka akun online shopmu sendiri. Tentunya kegiatan ini tak membutuhkan atau tak memakan waktu yang banyak.

7. Penerjemah

Jangan sia-siakan kemampuanmu menguasai bahasa asing, karena kamu bisa memanfaatkannya dengan menjadi penerjemah. Kamu pun bisa melakukan pekerjaan tersebut di sela-sela waktu sehingga tidak mengganggu kuliahmu.

Baca juga :  23 Bisnis Menjanjikan dan Cocok untuk Dijalankan Mahasiswa
Baca juga :  17 Peluang Bisnis Baru yang Belum Banyak Diketahui
Baca juga :  7 Artis yang Punya Bisnis Kos-kosan Sebagai Investasi Bisnis