Contoh Kalimat Ungkapan dengan Kata “Tinggi Hati” Beserta Artinya Lengkap




Contoh Kalimat Ungkapan dengan Kata “Tinggi Hati” Beserta Artinya Lengkap – Banyak dari kamu yang pastinya sudah pernah atau bahkan sering mendengar orang lain maupun lawan bicara menggunakan ungkapan kata “tinggi hati”.

Menggunakan ungkapan seperti ini dalam percakapan sehari-hari merupakan sebuah hal yang biasa, mengingat ada banyak ungkapan lain yang juga bisa digunakan.

Bisa menggunakan ungkapan seperti “tinggi hati” perlu untuk mengetahui artinya terlebih dahulu untuk bisa memadukannya menjadi sebuah kalimat yang sempurna.

Jika belum mengetahui artinya, bisa juga untuk melihat contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati” yang ada agar memperdalam pemahaman.

Arti dari Ungkapan Kata “Tinggi Hati”

unsplash.com/@anniespratt

Manusia merupakan mahkluk sosial yang pastinya tidak bisa untuk hidup sendirian tanpa bantuan dari orang lain.

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa dalam menjalani kehidupan ini akan selalu membutuhkan interaksi dengan orang lain.

Oleh karena itu, memiliki sifat dan sikap yang baik merupakan sebuah cara agar menjaga hubungan baik dengan orang lain tetap dekat.

Namun, sayangnya masih ada beberapa orang yang merasa bahwa dirinya bisa menjalani kehidupannya sendiri. Bahkan merasa sama sekali tidak membutuhkan bantuan yang diberikan oleh orang lain.




Sikap seperti yang disebutkan di atas merupakan salah satu ciri orang yang memiliki sifat tinggi hati.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sifat tinggi hati itu sendiri? Sudah pernah mendengar ungkapan ini sebelumnya?

Ada banyak sebenarnya contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati” yang mungkin sudah sering kamu dengar di kehidupan sehari-hari. Ungkapan “tinggi hati” biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang dengan sifat yang sombong.

Seringkali orang dengan sifat seperti ini merasa bahwa dirinya memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Bahkan, bisa sampai memandang rendah orang lain dengan begitu mudah.




Orang yang tinggi hati merasa bahwa dirinya menjadi orang yang sudah memiliki segalanya dan tidak membutuhkan bantuan. Biasanya orang dengan sifat seperti ini cenderung banyak dijauhi oleh sekelilingnya dan juga masyarakat.

Contoh Kalimat dengan Menggunakan Ungkapan Kata “Tinggi Hati”

Setelah mengetahui artinya, sekarang kamu dapat menggunakan ungkapan “tinggi hati” untuk menggambarkan orang yang sombong.




Tidak jarang kamu bertemu dengan orang dengan sifat seperti ini di dunia nyata. Selain contoh kalimat yang akan diberikan di bawah, kamu juga bisa mencoba untuk membuat contoh sendiri.

Berikut ini beberapa contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati” yang bisa digunakan diantaranya:

  1. Rita menjadi orang yang sifatnya tinggi hati dan membuat teman-temannya menjadi menjauh.
  2. Meminta maaf merupakan tanda bahwa seseorang tidak memiliki sifat tinggi hati.
  3. Jarang sekali aku bertemu dengan orang yang tinggi hati seperti dia.
  4. Lebih baik untuk menjauhi sifat tinggi hati agar memiliki teman yang banyak dan selalu berbuat baik kepada sesama.
  5. Menjadi anak yang tinggi hati membuat Dita menjadi tidak punya teman di sekolah.
  6. Rizal membuat kesalahan, tetapi dirinya enggan meminta maaf dan justru menyalahkan Tina. Sifat tinggi hati yang dimiliki Rizal membuat teman-temannya tidak mau lagi berteman dan menjauh.
  7. Aku tidak tahu mengapa banyak orang menganggap Theo orang yang tinggi hati. Jika kamu sudah mengenalnya, dia merupakan anak yang baik hati.
  8. Pak Teko menjadi orang yang paling kaya di kampungnya, tetapi hal ini tidak membuat tetangganya menjadi segan. Justru sifatnya yang tinggi hati membuat tetangga di sekitar lingkungannya menjadi enggan untuk bersosialisasi dengan keluarganya.
  9. Sikap Tika yang terlihat dingin membuat banyak orang lain mengira bahwa dirinya memiliki sifat yang tinggi hati. Padahal asumsi ini salah besar, Tika merupakan anak yang baik, hanya saja dirinya memiliki sifat pemalu.
  10. Menjadi seorang artis dan selebriti mengharuskan mereka yang berprofesi ini untuk menghindari memiliki sifat tinggi hati. Sikap seperti itu hanya akan membuat mereka kehilangan dukungan dari para penggemarnya.

Contoh Lain dari Kalimat dengan Ungkapan “Tinggi Hati”

Berikut contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati” yang lainnya diantaranya:

  1. Tidak hanya suka bertengkar, Rido juga memiliki sifat tinggi hati yang membuat dirinya tidak disukai teman-temannya. Sifat ini selalu dia bawa ke sekolah barunya dan dia tidak mau berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik.
  2. Dika selalu menolak pemberian dan bantuan dari orang lain yang membuat temannya merasa ia memiliki sifat tinggi hati.
  3. Prestasi tinggi yang dimiliki oleh Dea tidak senantiasa membuat dirinya memiliki banyak teman. Sifatnya yang tinggi hati karena prestasi yang didapatkan, membuat teman sekolahnya enggan untuk mendekat.
  4. Keluarga Pak Tono terkenal memiliki sifat yang tinggi hati karena jarang mau berkumpul dan bersosialisasi dengan tetangga di sekitar rumahnya.
  5. Disa suka berdebat dan merasa bahwa dirinya menjadi orang yang paling benar. Sifatnya yang tinggi hati ini membuat temannya merasa malas untuk bercengkrama dengan dirinya.
  6. Pak Ridho selalu berusaha untuk membantu orang lain dan mengikuti banyak acara kemanusiaan. Hal ini tidak lantas membuat dirinya menjadi tinggi hati.
  7. Budi senang membantu teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam memahami materi di kelas. Dirinya terkenal begitu baik dan berbeda dengan Tini yang tinggi hati serta merasa dirinya paling pintar.

Sinonim Kata “Tinggi Hati”

Pada penjelasan bagian sebelumnya sudah dijelaskan mengenai arti dan beberapa contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati”.




Sekarang kamu dapat mencoba untuk membuat contoh kalimat sendiri dari ungkapan tersebut.

Tidak hanya itu, ungkapan “tinggi hati” juga memiliki banyak sinonim yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan maksud yang sama.

Sinonim merupakan persamaan kata dengan makna yang sama, tetapi penggunaannya bisa dengan konteks yang berbeda.

Berikut ini merupakan beberapa sinonim dari kata “tinggi hati” yang dapat kamu gunakan.




Itu tadi merupakan penjelasan arti dan juga beberapa contoh kalimat ungkapan dengan kata “tinggi hati” yang dapat kamu gunakan sehari-hari.

Menggunakan ungkapan tertentu dalam bahasa Indonesia bisa menjadi cara yang tepat agar kamu dapat menggambarkan isi hati dan perasaan.




Bahasa Indonesia memiliki banyak ungkapan yang bisa kamu gunakan dengan maksud dan arti yang berbeda-beda, bisa kamu gunakan sesuai konteksnya.

Kamu dapat membaca arti dari berbagai ungkapan beserta contoh penggunaannya dalam kalimat seperti yang ada di situs blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta