Contoh Kata Pengantar Laporan Magang, Praktikum, dan PKL yang Benar

 Lailla | Sel, 21 Jul 2020

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang, Praktikum, dan PKL yang Benar – Pembuatan laporan biasanya ditugaskan pada seseorang apabila sudah selesai mengikuti suatu kegiatan. Dengan laporan, pelaksanaan kegiatan, mulai dari perancangan hingga selesai bisa diketahui. Format laporan yang berlaku di institusi atau lembaga tertentu menyesuaikan ketentuan. Namun, bisa juga berdasarkan kreativitas pembuat laporan.

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

pixabay.com

Bagian terpenting dari laporan kegiatan adalah isi atau pembahasan. Namun, bagian lainnya seperti kata pengantar, daftar isi, tujuan, hingga evaluasi juga perlu diperhatikan. Untuk membuat setiap bagian laporan tersebut diperlukan langkah khusus dan penggunaan struktur yang tepat. Contohnya, bagian kata pengantar yang merupakan pembuka bagi pembaca agar tertarik mengetahui isi laporan. Apabila dibuat asal-asalan, pembaca bisa kehilangan minat untuk menyelesaikan bacaan. Kamu bisa menjadikan referensi berbagai macam contoh kata pengantar laporan kegiatan dari Mamikos sebagai referensi.

Pentingnya Kata Pengantar Laporan

Kata pengantar pada laporan adalah bagian pembuka sebelum menuju pembahasan atau isi naskah. Pada kata pengantar terdapat ucapan dari penulis apabila laporan tersebut sudah selesai dibuat. Pada bagian tersebut berisi ucapan syukur, ucapan terima kasih, tujuan, manfaat penulisan laporan, ataupun kritik dan saran.

Pada bagian kata pengantar pun terdapat penjelasan kalimat serta harapan-harapan berkaitan dengan tema serta isi laporan. Tanpa adanya kata pengantar, pembaca bisa kebingungan ketika membaca alasan penulis membuat laporan tersebut.

Komponen pada Kata Pengantar Laporan

Pada kata pengantar laporan, terdapat bagian-bagian penting yang perlu dicantumkan, diantaranya.

Bagian pembuka kata pengantar

Pada bagian ini terdapat salam serta ucapan terima kasih karena laporan telah selesai. Ucapan terima kasih pada kata pengantar dapat diberikan untuk Tuhan (sesuai keyakinan). Bisa pula ucapan tersebut diberikan pada pihak yang ikut membantu proses penyusunan. Idealnya, bagian kata pengantar terdiri dari satu atau dua paragraf saja.

Bagian isi kata pengantar

Cantumkan tujuan singkat penulisan laporan. Jika yang ditulis adalah laporan PKL, tujuan yang dicantumkan tentu spesifik pada kegiatan PKL tersebut. Cantumkan pula latar belakang dibuatnya laporan agar pembaca mengetahui alasanmu menuliskannya. Isi singkat laporan bisa dipaparkan sedikit pada bagian pengantar, namun tidak perlu terlalu rinci. Bahas sekilas mengenai judul laporan serta proses penyelesaiannya.

Bagian penutup kata pengantar

Sampaikan ucapan terima kasih pada pembaca laporanmu. Apabila kamu berkenan, berikan harapan agar pembaca mau memberikan masukan pada laporan yang kamu buat. Terbukalah pada kritik serta saran yang diberikan agar laporanmu menjadi lebih baik. Ucapan terima kasih yang akan diberikan secara khusus dapat disampaikan pada tambahan halaman.

Keterangan waktu pembuatan laporan

Waktu pembuatan laporan penting untuk dicantumkan agar pembaca mengetahui perkiraan validitas data. Tentu pada bagian pembahasan akan dicantumkan berbagai macam penjabaran hasil laporan. Dengan memberikan keterangan waktu pembuatan laporan, pembaca bisa memperkirakan apakah data pada laporan masih bisa diterapkan saat ini atau hanya digunakan sebagai perbandingan saja.

Contoh Kata Pengantar Laporan

Sudah memahami pentingnya kata pengantar laporan dan komponen yang ada di dalamnya?. Kini saatnya mencari referensi pembuatan kata pengantar dengan memodifikasi struktur berikut.

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kegiatan magang diikuti oleh siswa atau mahasiswa untuk menambah pengalaman terjun di lapangan. Setelah mendapatkan mata kuliah teori atau sebagai syarat lulus, magang menjadi hal yang perlu dilakukan. Lokasi magang dapat ditentukan pihak kampus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga tempat magang dipilih oleh mahasiswa. Setelah menjalani magang, laporan magang perlu dibuat. Kata pengantar berikut bisa kamu gunakan pada laporan hasil magang yang sudah diselesaikan.

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya. Tidak lupa pula shalawat dan salam senantiasa tercurahkan bagi Rasulullah Saw. yang telah membawa manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang.

Kegiatan magang dari Universitas Maju Jaya dilakukan sebagai sarana untuk mengenalkan mahasiswa pada kondisi nyata di lapangan. Proses magang sekaligus menjadi syarat bagi mahasiswa untuk bisa menyelesaikan mata kuliah bersangkutan. Tujuan pemilihan lokasi di Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia didasarkan pada alasan penggunaan metode alami. Di saat lokasi lain menggunakan pakan buatan dan bahan kimia, Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia konsisten dengan penggunaan tumbuhan untuk memaksimalkan potensi hasil perikanan.

Selama proses magang yang berlangsung pada bulan Mei 2020, mahasiswa mendapatkan bimbingan dan arahan dari pihak Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia. Mahasiswa berkesempatan untuk terjun langsung dan menimba ilmu terkait proses budidaya alami dengan hasil maksimal.

Pada laporan magang akan dijabarkan deskripsi tempat Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia beserta latar belakang pendiriannya. Metode alami yang menjadi keunggulan pusat budidaya juga akan diulas secara lengkap. Harapannya, masyarakat dapat mengambil pengetahuan yang sudah dipaparkan hingga memofidikasinya.

Kelancaran kegiatan magang di Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia tidak terlepas dari berbagai pihak, yaitu.

  1. Kepala Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia, Prof. Dr. Syarif
  2. Bapak Amin, selaku Pimpinan Divisi Pakan Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia
  3. Ibu Nurwati, selaku dosen pembimbing magang
  4. Teman-teman di lokasi magang Pusat Budidaya Ikan Air Tawar Indonesia

Penulis menyadari adanya kekurangan dalam proses penulisan laporan ini. Sebagai bentuk perbaikan, penulis terbuka pada saran dan masukan dari pembaca.

Bandung, Juli 2020
Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Kegiatan praktikum biasanya menjadi bagian dari suatu mata kuliah. Setelah mendapatkan mata kuliah teori, terdapat kegiatan praktikum yang wajib dijalani. Jika mahasiswa membolos atau tidak mengikuti praktikum, bisa dipastikan ia tidak lulus. Kegiatan praktikum juga dijalan siswa sekolah menengah untuk memperkuat dasar teori dari materi yang diberikan. Berikut ini adalah contoh kata pengantar pada laporan praktikum yang bisa digunakan.

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat-Nya, laporan praktikum ini dapat diselesaikan tepat waktu. Tidak lupa pula shalawat senantiasa tercurahkan bagi Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan praktikum dengan judul “Penelitian Keanekagaragaman Alga di Pantai Pesisir” akhirnya dapat diselesaikan dengan baik. Sebagai syarat kelulusan mata kuliah “Biologi”, mahasiswa menjalani praktikum untuk meneliti fenomena di sekitar. Kegiatan praktikum dilakukan dengan metode observasi langsung yang dilakukan selama 8 minggu (bulan Mei – Juni 2020).

Di dalam laporan ini tercantum latar belakang keanekaragaman alga yang terdapat di Pantai Pesisir dan kondisinya. Selama beberapa dekade, perubahan alam secara tidak langsung juga mengubah struktur ekosistem pantai. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang status keanekaragaman pantai sebagai upaya penentuan jenis konservasi.

Penulis berterima kasih pada berbagai pihak yang telah membantu proses penyelesaian laporan:

  1. Ibu Nadia Jamila, M.Sc. selaku dosen mata kuliah biologi
  2. Bapak Kamari selaku pengelola Pantai Pesisir
  3. Adinda Mutiara selaku asisten praktikum
  4. Teman-teman praktikan biologi di Pantai Pesisir

Demikian laporan praktikum ini disusun guna menambah pengetahuan dan khazanah pembaca. Penulis terbuka pada masukan, kritik, dan saran yang diberikan.

Yogyakarta, Juli 2020
Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dijalani oleh mahasiswa. Lokasi PKL bisa ditentukan oleh kampus atau lembaga, ataupun berdasarkan pilihan pribadi. Dengan adanya kegiatan PKL, seseorang diharapkan bisa merasakan pengalaman langsung di bidang kerja yang dipilihnya. Ketika dinyatakan lulus studi, seseorang sudah tidak kaget lagi dengan dunia kerja.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah Swt. Atas limpahan rahmat, ridha, dan karunia-Nya laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diselesaikan tepat waktu. Shalawat serta salam tak lupa dihaturkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan bagi umat.

Sehubungan dengan adanya mata kuliah wajib “Kewirausahaan”, mahasiswa diharapkan dapat terjun langsung untuk melihat fenomena di lapangan. Praktik PKL yang dilaksanakan di Lembaga Keuangan meliputi kegiatan pengamatan manajemen keuangan dan praktik langsung pengelolaan keuangan. Kegiatan PKL diharapkan mampu membuat mahasiswa terjun ke dunia finansial secara langsung dan memperoleh pengalaman. Harapannya, dalam jangka panjang mahasiswa bisa terjun dalam dunia ekonomi secara profesional.

Laporan kegiatan PKL ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan. Durasi kegiatan PKL kurang lebih 8 minggu mulai hari Senin, 8 Juni 2020 sampai dengan hari Sabtu, 25 Juli 2020. Selama periode PKL, aktivitas yang dilakukan mahasiswa adalah terjun langsung di lapangan di bawah pengawasan pihak lembaga. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan tahapan yang harus dijalani mahasiswa program pendidikan sebelum benar-benar menjadi ahli ekonomi.

Kelancaran kegiatan PKL ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:

  1. Panitia Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ilmu Ekonomi
  2. Ibu Mundijah selaku ketua program studi Ekonomi.
  3. Bapak Dr. Ahmad, M.E. selaku dosen pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah memberikan bimbingan.
  4. Bapak Drs. Iwan, M.M. selaku Direktur Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, dan fasilitas kepada kami untuk melaksanakan PKL.
  5. Bapak Drs. Iman, M.E.I. selaku penanggung jawab divisi finansial yang membimbing dan memberikan nasihat, bantuan, serta arahan kepada kami.
  6. Segenap jajaran struktur organisasi Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah banyak bekerja sama dengan kami, baik karyawan maupun pimpinan lembaga.
  7. Teman-teman prodi Ekonomi angkatan 2018.

Laporan ini menjelaskan aktivitas PKL yang telah dilaksanakan. Selama berada di Lembaga Keuangan Sukses Makmur. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan manfaat, baik berupa inspirasi maupun motivasi bagi pembaca. Dalam proses pembuatan laporan tentu masih terdapat banyak kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, Juli 2020

Penulis

Demikian informasi contoh kata pengantar laporan magang, praktikum, dan PKL yang benar. Setelah kamu mengetahui masing-masing contoh laporan secara spesifik, modifikasilah kata pengantar sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa untuk memeriksa ejaan, kosakata, ataupun tanda baca yang digunakan. Agar lebih yakin bahwa laporan yang kamu buat memang sudah tepat, tanyakan pada dosen pembimbing atau seniormu. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: