13 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap Singkat!

13 Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik Dan Benar, Lengkap Singkat! – Tugas untuk membuat makalah sering diajukan guru atau dosen. Meskipun ada banyak referensi makalah di internet, tetapi kamu tidak bisa asal-asalan ketika membuat makalah tersebut.

Bagian pembuka atau pengantar, isi, dan kesimpulan makalah harus urut. Lalu, bagaimana membuat makalah yang baik dan benar?

Contoh Kata Pengantar Berbagai Makalah

pixabay.com

Makalah didefinisikan sebagai karya yang ditulis. Karya tersebut bersifat ilmiah dan memuat pembahasan mengenai topik tertentu. Pembuatan makalah didasarkan pada aturan, teori, maupun penelitian di lapangan. Pembuatan makalah yang baik dan benar akan memudahkan pembaca memahami isi yang dimaksud. Berikut ini akan Mamikos contohkan kata pengantar yang terdapat pada berbagai makalah secara singkat dan lengkap.

Pengertian Kata Pengantar dalam Makalah

Apa yang dimaksud kata pengantar pada sebuah makalah? kata pengantar menempati halaman paling depan. Komponen kata pengantar cukup banyak, seperti ucapan terima kasih dan syukur karena tugas makalah dapat diselesaikan. Terkadang penulis juga mencantumkan kalimat terkait hal yang sudah dilakukan dan pihak yang membantu menyusun makalah.

Kata pengantar pada sebuah makalah sedikit banyak dapat memberikan gambaran terkait hal yang akan dibahas. Kata pengantar yang baik tentunya tidak akan bertele-tele dan menggunakan bahasa efisien serta efektif. Kamu bisa mengikuti format pembuatan kata pengantar yang sudah diakui. Jika tidak ada, tetap buatlah kata pengantar menggunakan bahasa formal. Buatlah kata pengantar semenarik mungkin agar pembaca tertarik membaca dan menyelesaikan makalah buatanmu.

Fungsi dan Tujuan Kata Pengantar

Pada sebuah makalah, kamu akan mendapati adanya kata pengantar sebelum masuk ke pembahasan materi. Apakah kamu tahu fungsi dan tujuan kata pengantar tersebut? Meskipun terlihat kurang penting karena pembaca akan langsung fokus pada konten tulisan. Kata pengantar seringkali diabaikan padahal adanya kata pengantar dapat menambah kredibilitas makalah yang kamu buat.

Kata pengantar juga berfungsi untuk memberikan gambaran awal pada isi tulisan. Pembaca akan mendapatkan pandangan awal terkait makalah yang akan dibaca beserta tujuan penulisan makalah tersebut. Tidak hanya itu, kata pengantar merupakan wujud penghargaan sekaligus rasa hormat penulis bagi pembacanya.

Format & Struktur Cara Membuat Kata Pengantar

Cara membuat kata pengantar yang baik sangat diperlukan agar tidak membosankan dan bisa membuat pembaca mendapatkan gambaran singkat isi tulisan. Biasanya, format yang digunakan untuk menulis kata pengantar pada makalah adalah:

  1. Salam pembuka
  2. Pujian kepada Tuhan
  3. Penjelasan terkait adanya tugas makalah beserta penyebutan judul
  4. Penjelasan atas bantuan serta dukungan berbagai pihak
  5. Ucapan terima kasih bagi para pihak yang telah membantu (dapat dijabarkan menggunakan penomoran atau hanya disebutkan namanya)
  6. Manfaat makalah bagi pembaca
  7. Harapan penulis kepada pembaca
  8. Ketersediaan penulis untuk menerima masukan dan kritik dari pembaca makalah
  9. Penyebutan lokasi penulisan makalah, tanggal, dan bulan
  10. Tanda tangan penulis makalah

Format penulisan kata pengantar di atas dapat kamu modifikasi dan sesuaikan kebutuhan. Misalnya saja pada kamu bisa mencantumkan pujian kepada Tuhan atau tidak mencantumkannya dengan mempertimbangkan judul makalah yang kamu tulis. Penulisan kata pengantar pada makalah dilakukan dengan bahasa baku serta kalimat efektif agar mudah dipahami pembaca. Hindari menggunakan singkatan dan kalimat sapaan tidak formal. Agar tidak bingung, berikut ini contoh-contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena telah memberikan kesempatan pada penulis untuk menyelesaikan makalah ini. Atas rahmat dan hidayah-Nya lah penulis dapat menyelesaikan makalah g berjudul [judul makalah] tepat waktu.
Makalah [judul makalah] disusun guna memenuhi tugas [dosen/guru] pada [bidang studi/mata kuliah] di [sekolah/nama kampus]. Selain itu, penulis juga berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca tentang [topik makalah].

Penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada [Bapak/Ibu] selaku [guru mata pelajaran/dosen mata kuliah]. Tugas yang telah diberikan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait bidang yang ditekuni penulis. Penulis juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan penulis terima demi kesempurnaan makalah ini.

Nama Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Atas izin dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tepat waktu tanpa kurang suatu apa pun. Tak lupa pula penulis haturkan shalawat serta salam kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita di hari akhir kelak.

Penulisan makalah berjudul ‘Analisis Hukum Tajwid pada Surat At Tariq’ bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Pada makalah diuraikan surat At Tariq beserta terjemah dan maknanya. Selain itu, diulas hukun bacaan pada surat tersebut.

Selama proses penyusunan makalah, penulis mendapatkan bantuan dan bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, penulis berterima kasih kepada:

1. Ibu Dra. Sri Yani Mujahadah selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam
2. Ustad Afuan Mafu selaku supervisor
3. Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan
4. Pihak yang tidak dapat disebutkan penulis satu per satu

Akhirul kalam, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Besar harapan penulis agar pembaca berkenan memberikan umpan balik berupa kritik dan saran. Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

Malang, 4 April 2020

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Pkn

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Atas karunia-Nya berupa nikmat iman dan kesehatan ini akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah bertema Pancasila. Tidak lupa shawalat serta salam tercurahkan bagi Baginda Agung Rasulullah SAW yang syafaatnya akan kita nantikan kelak.

Makalah berjudul “Analisis Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat dengan Studi Kasus Kampung Amarata” merupakan sedikit contoh implementasi nilai-nilai Pancasila di sekitar kita. Isi makalah ini membahas nilai konkret Pancasila yang dipahami masyarakat Kampung Amarata. Sejak tahun 1970-an, kampung yang dimpimpin Tokoh Bapak Haji telah menerapkan inti Pancasila secara tersirat. Pembahasan terkait berbagai aktivitas dan norma yang diterapkan akan diuraikan lebih lanjut.

Adapun penulisan makalah bertema Pancasila ini dibuat untuk memenuhitugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penulis tidak hanya membahas konteks Pancasila dari segi Kampung Amarata saja, tetapi juga pengembangan teori-teori terkait.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu penyelesaian makalah. Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf apabila ada ketidaksesuaian kalimat dan kesalahan. Meskipun demikian, penulis terbuka pada kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah.

Wassalamualaikum wr.wb

Kebumen, 1 April 2020

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Puji-puji dan syukur kami panjatkan pada Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami memohon pertolongan. Tidak lupa shalawat serta salam kami haturkan pada junjungan nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW. Risalah beliau lah yang bermanfaat bagi kita semua sebagai petunjuk menjalani kehidupan.

Dengan pertolongan-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah berjudul “Implementasi Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Jamboran”. Pada isi makalah akan diuraikan ajaran Islam yang berkembang pada zaman Kerajaan Demak. Ajaran tersebut tidak luntur begitu saja, tetapi diadaptasi oleh masyarakat sekitar, termasuk masyarakat Kampung Jamboran. Akan diuraikan pula ajaran Islam dari Kerajaan Demak yang tidak lestari maupun masih dipertahankan.

Makalah “Implementasi Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Jamboran” disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Sejarah. Kami menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca agar perbaikan dapat dilakukan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Purworejo, 17 Maret 2020

Penyusun

5. Contoh Kata Pengantar Makalah Biologi

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa kita ucapkan. Atas rahmat dan karunia-Nya yang berupa iman dan kesehatan akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shawalat serta salam tercurah pada Rasulullah SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita kelak.

Makalah dengan judul “Efektivitas Pemberian Pupuk N5 pada Tumbuhan Jagung di Perkebunan Umarata Jawa Tengah” dibuat untuk melengkapi tugas mata kuliah biologi. Pada isi makalah disampaikan karakteristik pupuk N5 yang baru dikembangkan peneliti. Selain itu, dibahas pula dampak pemberian pupuk N5 secara berkala pada pertumbuhan tanaman. Penulis membandingkan pupuk N5 dan pupuk yang telah digunakan di Perkebunan Umatara.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu penyelesaian makalah biologi. Besar harapan penulis agar a makalah ini bisa menjadi rujukan peneliti selanjutnya. Penulis juga berharap agar isi makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf apabila ada kesalahan penulisan. Kritik yang terbuka dan membangun sangat penulis nantikan demi kesempurnaan makalah. Demikian kata pengantar ini penulis sampaikan. Terima kasih atas semua pihak yang membantu penyusunan dan membaca makalah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Tegal, 1 April 2020

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Tidak lupa shawalat serta salam tercurahkan bagi Baginda Agung Rasulullah SAW yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus.

Penyusunan makalah berjudul “Analisis Majas dalam Novel ‘Hujan’ Karangan Tere Liye” membahas fenomena majas yang banyak digunakan di dalam sebuah buku bacaan. Isi makalah ini sekaligus mengklasifikasikan jenis majas untuk memudahkan pemahaman. Tere Liye sebagai salah satu penulis novel fiksi digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun penulisan makalah bertema majas ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Penulis tidak hanya membahas majas dan jenisnya di novel “Hujan”, tetapi juga pengembangan majas tersebut.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Bahasa Indonesia, Bapak Herumon yang telah membimbing penyelesaian makalah. Kami juga berterima kasih kepada para pihak yang mendukung penulisan makalah. Penulis berharap agar makalah ini mampu memberikan sudut pandang baru bagi pembaca.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf apabila ada kesalahan dalam proses pembuatan makalah. Penulis berharap terbuka pada kritik dan saran sebagai bagian dari revisi makalah bahasa Indonesia ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Yogyakarta, 1 April 2020

Penulis

7. Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah mata kuliah bahasa Indonesia tepat waktu. Tidak lupa shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulisan makalah berjudul “Analisis Plot dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari” dapat diselesaikan karena bantuan banyak pihak. Kami berharap makalah tentang analisis plot pada novel dapat menjadi referensi bagi pihak yang tertarik pada karya Dee Lestari. Selain itu, kami juga berharap agar pembaca mendapatkan sudut pandang baru setelah membaca makalah ini.

Penulis menyadari makalah bertema bahasa ini masih memerlukan penyempurnaan, terutama pada bagian isi. Kami menerima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan makalah. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, kami memohon maaf.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, semoga makalah bahasa Indonesia ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Magelang, 2 April 2020

Penulis

8. Contoh Kata Pengantar Makalah Individu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan penulis kemudahan dalam menyelesaikan makalah tepat waktu. Tanpa rahmat dan pertolongan-Nya, penulis tidak akan mampu menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tidak lupa shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi agung Muhammad SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, sehingga makalah “Pencegahan Covid-19 dengan Metode Social Distancing” dapat diselesaikan. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Virologi. Penulis berharap makalah tentang pencegahan virus corona dapat menjadi referensi bagi masyarakat agar tetap waspada di tengah suasana tidak kondusif.

Penulis menyadari makalah bertema virus ini masih perlu banyak penyempurnaan karena kesalahan dan kekurangan. Penulis terbuka terhadap kritik dan saran pembaca agar makalah ini dapat lebih baik. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, baik terkait penulisan maupun konten, penulis memohon maaf.

Demikian yang dapat penulis sampaikan. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yogyakarta, 4 April 2020

Penulis

9. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan bersyukur, meminta ampunan dan memohon pertolongan. Tak lupa shalawat juga tercurahkan bagi Nabi Muhammad SAW karena telah menyampaikan ajaran-ajaran Islam dan petunjuk dari Allah SWT, yaitu syariat agama Islam yang sempurna. Satu-satunya syariat Islam dari Rasulullah SAW adalah karunia terbesar bagi alam semesta.

Penulisan makalah berjudul ‘Kajian Ilmu Hadist’ berikut disusun guna menyelesaikan tugas dari dosen mata kuliah Ilmu Hadist. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah memberikan persepsi kajian Ilmu Hadist dari berbagai tokoh sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan pada mata kuliah tersebut. Setiap tokoh memiliki pandangan terhadap hadist dengan keragaman pemikiran yang pada zamannya berdampak pada masyarakat serta perkembangan Islam itu sendiri. Harapannya, kami sebagai mahasiswa pada khususnya, dan para pembaca pada umumnya dapat mendapatkan sudut pandang baru.

Penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Kami menyadari bahwa banyak kekurangan dan kelemahan pada penyusunan dan penulisan. Demi kesempurnaan makalah ini, kami sangat berharap adanya perbaikan, kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca.

Jombang, 13 Maret 2021

Penyusun

10.Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat-Nya dan karunia berupa kesehatan kami bisa menyelesaikan makalah dan dapat terus menimba ilmu di SMA Maju Indonesia. Shalawat serta salam tak lupa tercurahkan untuk Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat dari zaman kegelapan ke zaman terang benderang.

Penyusunan makalah dengan judul ‘Kerja Sama Kawasan Utara dan Kawasan Selatan’ berikut dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah kelas 12. Pada makalah ini dibahas karakteristik negara di bagian utara dan selatan, hingga kerja sama ekonomi antara negara maju dan berkembang. Negara utara adalah negara maju yang tergabung tergabung dalam Group of Seven (G-7) di wilayah Eropa Barat, Amerika, dan Kanada. Sedangkan negara selatan adalah negara berkembang yang tergabung ke dalam kelompok 77 (G-77) dan berada di wilayah Asia, Afrika, serta Amerika Latin.

Penulisan makalah sejarah yang membahas tema kerja sama antara negara-negara di kawasan utara dan selatan berikut masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan masukan, kritik, dan saran yang membangun untuk perbaikan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pembaca dan bermanfaat bagi khalayak.

Jakarta, Maret 2021

Penyusun

11.Contoh Kata Pengantar Makalah Geografi

Segala puji bagi Tuhan yang telah melimpahkan rahmat, nikmat kesehatan, dan kasih sayang kepada hamba-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya, kami akan kesulitan dalam proses penyusunan hingga penyelesaian makalah.

Makalah berjudul ‘Mitigasi Bencana Alam di Indonesia’ ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Geografi kelas 11 SMA. Jenis bencana alam yang terjadi di Indonesia diantaranya gempa bumi, erupsi, karhutla, kekeringan, banjir, tanah longsor, puting beliung, serra gelombang pasang dan abrasi. Kondisi Indonesia yang berada di ring of fire menjadi faktor penyebab bencana alam yang terjadi secara alami.

Sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis bencana alam di Indonesia, pola bencana alam, serta bentuk mitigasi yang tepat bagi setiap bencana alam tersebut. Pembahasan materi tentang masing-masing mitigasi bencana alam dijabarkan pada makalah ini. Penyusunan makalah ini dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber relevan.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada guru Geografi yang telah membantu proses penyusunan makalah, sehingga dapat selesai tepat waktu. Kami berharap agar makalah ini dapat memberikan sudut pandang baru dan pengetahuan bagi kami pribadi serta para pembaca.

Penulis menyadari ada banyak kekurangan dalam penulisan makalah, baik dari segi referensi penulisan maupun tata tulis. Oleh karena itu, kami memohon saran, masukan, dan kritik yang membangun guna perbaikan makalah selanjutnya.

Medan, 21 Februari 2021

Penyusun

12.Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Puji syukur kehadirat Allah SWT penulis panjatkan. Atas segala rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah Sosiologi dengan judul “Faktor-Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial” sebagai usaha untuk memberikan persepsi baru bagi masyarakat dan solusinya.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk mengangkat fenomena ketimpangan sosial yang semakin terasa akibat adanya globalisasi. Di Indonesia, ketimpangan sosial tidak dapat dielakkan lagi. Adapun pembahasan pokok pada makalah ini adalah ketidaksiapan pada perubahan yang terjadi, kebijakan terkait pembangunan yang kurang tepat, tingkat pertumbuhan pembangunan yang kurang merata, eksklusivitas institusi politik dan ekonomi, serta terakhir bias akibat globalisasi.

Dalam menyelesaikan makalah ini, penulis mendapatkan tantangan dan kesulitan karena keterbatasan ilmu. Namun, bimbingan, arahan, serta koreksi dari pembimbing kepada penulis dapat membuat makalah terselesaikan tepat waktu. Penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu: Kepala SMA Negeri Indonesia Maju yang telah memberikan arahan

1.Bapak Barianto sebagai guru mata pelajaran Sosiologi yang telah memberikan masukan dan bimbingan selama proses penyelesaikan makalah

2.Ibu Rianti yang merelakan waktunya untuk memeriksa tata tulis isi makalah

3. Teman-teman kelas 12 SMA

4. Orang tua dan keluarga yang memberikan dukungan moril maupun materil

Akhir kata, semoga makalah yang kami susun dapat bermafaat bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan masukan, kritik, dan saran yang membangun guna perbaikan makalah selanjutnya.

Bandung, Maret 2021

Penyusun

13.Contoh Kata Pengantar Makalah Seni Budaya

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT karena atas karunia, rahmat, dan hidayah-Nya, makalah seni budaya berjudul “Perkembangan Seni Rupa di Indonesia pada Masa Prasejarah hingga Modern” dapat diselesaikan dengan baik.

Makalah ini ditulis untuk memberikan pengetahuan terhadap perkembangan seni rupa yang ada di Indonesia. Mempelajari perkembangan seni sekaligus mempelajari integrasi dalam budaya itu sendiri karena seni adalah unsur kebudayaan. Penjabaran materi berupa ciri khas budaya seni rupa Indonesia dan perbandingannya dengan negara Asia lainnya, jejak perkembangan seni rupa di Indonesia, dan penyebab perubahan tren seni rupa dari masa ke masa.

Tantangan untuk menyelesaikan malah ini dihadapi penulis karena keterbatasan ilmu penulis dan sumber relevan terkait seni rupa. Penulis ucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan serta koreksi dari dosen pengampu mata kuliah serta pihak-pihak yang telah membantu penyelesaian penulisan makalah ini:

1.Bapak Senora sebagai dosen pengampu mata kuliah Seni Rupa yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan, masukan, dan koreksi pada konten makalah

2. Ibu Sena yang telah memeriksa tata tulis isi makalah

3. Rekan-rekan Program Studi Seni Rupa Universitas Seni Jaya Indonesia

4. Para pihak yang memberikan dukungan moril maupun materil

Akhir kata, semoga makalah seni rupa yang kami susun dapat bermafaat bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan masukan, kritik, dan saran yang membangun dari pembaca untuk kesempurnaan makalah selanjutnya.

Yogyakarta, Maret 2021

Penyusun

Masalah dalam Membuat Kata Pengantar Makalah

Sekilas membuat kata pengantar untuk penulisan makalah terdengar mudah. Namun, jika tidak teliti dan asal-asalan, makalahmu bisa menjadi kurang berkualitas. Apa saja masalah yang biasanya dihadapi ketika menulis kata pengantar pada makalah?

1. Pemilihan kata yang kurang tepat. Makalah menggunakan bahasa formal yang tidak seharusnya dicampur dengan bahasa lisan.
2. Terlalu bertele-tele dan tidak to the point.
3. Tidak menyebutkan judul makalah atau mencantumkan hal yang akan dibahas pada makalah.
4. Tidak mencantumkan tanggal pembuatan makalah dan tempat penulisan makalah.
5. Tidak meminta saran dan masukan pada makalah yang sudah dibuat.

Sudah memahami cara pembuatan kata pengantar untuk makalah dengan benar?. Jangan lupa untuk menyesuaikan kata pengantar dengan tema makalah yang kamu angkat. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta pemilihan kata secara tepat. Jika kata pengantar sudah dibuat, lanjutkan proses pembuatan makalah pada bagian isi dan penutup.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta