8 Contoh Kegiatan Ramadhan Kreatif Tanpa Menguras Tenaga

Posted in: Ramadhan
Tagged: Ramadhan

8 contoh kegiatan Ramadhan kreatif tanpa menguras tenaga – Ketika Ramadhan, kita dituntut untuk tetap produktif dan tidak bermalas-malasan. Sekalipun tubuh merasa haus dan lapar, kegiatan bermanfaat dan mendatangkan pahala harus dilaksanakan.

Kegiatan-Kegiatan Ramadhan yang Hemat Tenaga

pexels.com

Jika Ramadhan tiba, tubuh akan berusaha menyesuaikan ritme dan jadwal yang baru. Pada hari biasa, kamu akan mudah lapar ketika jam makan siang. Namun, saat Ramadhan tiba kamu tidak bisa makan siang begitu saja karena akan membatalkan puasa. Kamu pun harus menahan lapar dan tetap beraktivitas di tengah kondisi lapar. Akibatnya, terkadang ada aktivitas yang kamu tinggalkan karena dianggap menguras energi.

Sangat penting untuk memilih kegiatan yang bermanfaat, produktif, serta tidak menguras tenaga saat Ramadhan. Sebab, kamu membutuhkan cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya hingga waktu berbuka tiba. Tidur juga tidak bisa menjadi solusi karena terlalu banyak tidur saat Ramadhan akan menurunkan produktivitasmu dan mengurangi kesempatan beribadah.

Tidak jarang seseorang merasa bingung mencari kegiatan Ramadhan kreatif di rumah hingga kegiatan Ramadhan kreatif di sekolah. Padahal, ada aktivitas di bulan biasa yang tidak bisa diterapkan saat bulan Ramadhan. Lalu apa saja kegiatan Ramadhan yang kreatif tanpa harus menguras banyak tenaga? Sebagai referensi, berikut ini contoh kegiatan Ramadhan selama di rumah dan sekitar rumah yang bisa dilakukan.

1. Mengikuti Kajian Online

pexels.com

Di masa pandemi Covid-19, aktivitas di luar rumah banyak dibatasi untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas. Apabila kamu tetap diminta di rumah pun, sebaiknya mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat seperti menuntut ilmu agama. Kamu bisa mencari informasi kajian yang diselenggarakan via aplikasi video atau aplikasi gratis lainnya. Adanya pilihan kajian gratis, berbayar, atau kajian dengan infak seikhlasnya dapat menjadi pertimbangan.

Sangat mudah menemukan informasi kajian di bulan Ramadhan. Tinggal tentukan tema kajian yang ingin kamu perdalam, seperti kajian tentang shalat, puasa, zakat, atau tentang cara membaca Al Quran dan menghafalkannya. Di zaman teknologi yang serba canggih ini, bukan hal yang mustahil bagimu untuk mengikuti kajian dengan penceramah tingkat internasional. Dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dengan memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan saat pandemi. Pastikan untuk mencari kajian sesuai sunnah, ya!

2. Membaca Buku dan Membuat Resensi

pexels.com

Membaca buku untuk mengisi waktu luang mungkin terdengar biasa. Setelah membaca, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi dirimu. Namun, pernahkah kamu berusaha menuangkan kembali apa yang kamu dapatkan agar bisa dibagi pada orang lain?

Jika belum, cobalah membuat resensi atau ulasan buku yang sudah kamu selesaikan. Media untuk menulis resensi bisa berupa blog, website, atau media yang relevan. Kegiatan ini tidak akan membuatmu kehabisan tenaga, apalagi saat puasa. Ada buku agama Islam, buku motivasi, buku tokoh Islam, hingga buku tentang Rasulullah SAW yang bisa kamu baca. Orang-orang pun akan tahu isi buku tersebut. Resensi yang kamu bagikan pun dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

3. Bisnis Baju Lebaran

pexels.com

Ingin mendapatkan pemasukan tambahan saat Ramadhan tetapi tidak ingin ke luar rumah? Mencoba bisnis dengan sistem dropshipper atau reseller bisa kamu coba. Carilah penyedia baju berkualitas atau bermerk yang tepercaya, kemudian kamu bisa membantu menjual baju tersebut dengan menaikkan harganya. Nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan. Bisnis dengan sistem dropshipper atau reseller memiliki risiko yang tidak terlalu tinggi. Berbekal ponsel dan kemampuan memasarkan barang, iklan kreatif buatanmu akan mampu menarik banyak pembeli.

4. Membuat Mainan Sendiri

pexels.com

Kegiatan Ramadhan yang cocok untuk anak-anak tanpa menguras tenaga adalah membuat mainan sendiri. Kegiatan ini bahkan bisa menjadi pengisi waktu luang sekaligus mengasah kreativitas. Manfaatkan barang-barang yang tidak terpakai atau barang yang sudah ada di dalam gudang, seperti kardus dan kertas bekas. Sesuaikan mainan yang akan kamu buat dengan usia anak-anak. Selain dapat digunakan sendiri, kamu pun dapat menjualnya agar memperoleh pemasukan tambahan.

5. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan

pexels.com

Bulan Ramadhan adalah momen yang tepat untuk menjalin kembali silaturahmi dengan teman dan kerabat. Jika biasanya mengucapkan selamat Ramadhan dilakukan melalui pesan singkat atau media sosial, buatlah Ramadhan tahun ini berkesan dengan mengirimkan kartu ucapan.

Agar semakin spesial, desain sendiri kartu ucapan Ramadhan menggunakan bahan-bahan di sekitarmu. Terdapat banyak referensi ucapan Ramadhan hingga ucapan Idul Fitri yang bisa kamu gunakan. Tentu aktivitas membuat kartu ucapan tidak akan menguras energi terlalu banyak.

6. Menjahit Baju Sendiri

pexels.com

Selalu membeli baju baru setiap Idul Fitri? Pernah membayangkan akan mengenakan baju buatan sendiri? Manfaatkan momen Ramadhan tahun ini untuk belajar menjahit baju. Ada banyak referensi model baju yang bisa kamu gunakan saat Idul Fitri nanti. Dibandingkan membeli pakaian jadi, membuat pakaian sendiri akan lebih murah dan pastinya akan sesuai ukuran tubuhmu. Kamu pun bisa menjahit untuk anggota keluarga lainnya, bahkan menjual baju hasil jahitanmu.

7. Bisnis Kue Lebaran

pexels.com

Bisnis saat Ramadhan yang bisa dilakukan di rumah tanpa perlu khawatir kelelahan adalah bisnis kue lebaran. Saat Ramadhan, permintaan kue akan meningkat karena biasanya momen Idul Fitri dijadikan momen berkumpul bersama keluarga sekaligus memberikan bingkisan. Pilih jenis kue kering agar tahan lama dan tidak mudah berjamur ketika disimpan. Ada banyak cara membuat kue tanpa oven untuk lebaran dan kue kering dengan oven.

Ingin menjual kue buatanmu? Tawarkan melalui media sosial atau iklankan di platform gratis agar pelanggan bisa mengetahui masakan yang kamu buat. Persaingan penjualan bisnis kue lebaran mungkin akan sangat ketat. Tidak ada salahnya membuat kue unik untuk lebaran atau memberikan promo menarik.

8. Membuat Video Perjalanan Ramadhan

pexels.com

Suasana Ramadhan yang berkesan dan produktif untuk melakukan ibadah seharusnya terbawa hingga bulan-bulan setelahnya. Jangan sampai kebiasaan baik saat Ramadhan terhenti setelah merayakan Idul Fitri. Agar semangat tetap terjaga, cobalah membuat video perjalanan Ramadhan dari hari ke hari agar bisa kamu tonton di kemudian hari dan bisa menjadi lebih baik lagi.

Contohnya pada hari pertama kamu bisa merekam aktivitas membaca Al Quran 1 juz, mengikuti kajian sunnah, bersedekah, dan mengikuti kajian. Hari selanjutnya, kamu bisa memodifikasi aktivitas atau menambahkan aktivitas lainnya. Jika setelah Ramadhan kamu menonton kembali video tersebut, kamu akan merasa bersemangat karena bisa melakukan banyak hal produktif dan termotivasi melakukannya lagi di bulan setelah Ramadhan.

Demikian informasi 8 contoh kegiatan Ramadhan kreatif tanpa menguras tenaga yang bisa kamu lakukan. Buatlah program kegiatan di bulan Ramadhan agar tidak bingung ketika Ramadhan datang. Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak pastinya akan berbeda dengan kegiatan untuk orang dewasa, sehingga kamu perlu menyesuaikan aktivitas atau memberikan variasi pada aktivitas yang dilakukan. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah