Hal Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya

 Mamikos | Ming, 08 Mar 2020

Hal yang membatalkan puasa – Memasuki bulan suci Ramadhan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim di dunia. Selain ibadah puasa yang wajib dilaksanakan, semua ibadah yang dijalankan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Karenanya, anda jangan sampai merusak pahala ibadah di bulan Ramadhan khususnya hal yang bisa membatalkan puasa.

Seperti yang dinasihatkan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang berbunyi : “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampunilah dosa-dosa yang telah lalu.” (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Hal Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya

Hal yang membatalkan puasa adalah perkara yang membuat nilai pahala puasa tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak sah dan tidak akan mendapatkan pahala sedikitpun. Puasa yang demikian adalah puasa yang sia-sia. Nabi SAW bersabda yang artinya: “Banyak dari orang-orang yang berpuasa tapi tidak memperoleh hasil dari puasanya melainkan lapar dan dahaga saja.” Adapun hal hal yang membatalkan puasa di antaranya:

1. Makan dan minum disengaja

makan dan minum - Hal yang membatalkan puasa

Memasukkan benda baik makanan maupun minuman kedalam mulut atau anggota tubuh lain secara sengaja bisa membatalkan puasa. Namun jika benar-benar lupa dan tidak sengaja tiba-tiba makan atau minum kemudian setelah makanan atau minuman tersebut masuk ke mulut dan anda langsung ingat, tidak mengapa dan anda bisa langsung melanjutkan puasanya.

2. Jima’

suami istri - Hal yang membatalkan puasa

Melakukan hubungan suami istri dengan sengaja pada siang hari baik keluar mani atau tidak maka puasanya batal. Anda beserta suami atau istri harus mengganti puasanya di bulan selain bulan Ramadhan yang disebut dengan puasa qadha serta membayar kafarat dengan memerdekakan budak, atau jika tidak mampu bisa mengganti puasa diluar ramahdan selama 2 bulan terturut-turut, atau membayar fidyah untuk 60 orang fakir miskin, jika tidak mampu lagi tetap menjadi tanggunggan dan wajib membayar setelah mampu.

3. Mengeluarkan mani dengan sengaja

Hal yang membatalkan puasa

Melakukan hal seperti ini, mengeluarkan mani atau berhayal yang disengaja hingga mengeluarkan sperma bisa membatalkan puasa, namun tidak termasuk jika saat bermimpi. Semua hal yang membatalkan puasa wajib merupakan hal yang membatalkan puasa sunnah pula.

4. Muntah disengaja

muntah disengaja - Hal yang membatalkan puasa

Tidak menutup kemungkinan jika anda sudah tidak kuat menahan rasa lapar dan dahaga sengaja memasukkan jari kedalam kerongkongan agar muntah. Hal ini tentu membatalkan puasa. Namun jika sedang dalam keadaan sakit atau mabuk diperjalanan tidak membatalkan puasa. Dalam keadaan sakit atau sedang safar dan tidak yakin melakukan puasa bisa maksimal, anda diberikan keringan untuk tidak berpuasa namun wajib mengganti puasa di bulan lain.

5. Memasukkan jarum suntik

Jarum suntik - Hal yang membatalkan puasa

Memasukkan suatu hal atau benda kedalam tubuh melalui jarum suntik yang bertujuan untuk mengenyangkan bisa membatalkan puasa. Namun ada juga beberpa pendapat mengenai hal ini.

6. Haid dan Nifas

Haid dan nifas - Hal yang membatalkan puasa

Poin ini merupakan hal yang membatalkan puasa bagi wanita. Tidak diperbolehkan berpuasa kepada wanita yang sedang haid ataupun nifas hingga bersih dari haida atau nifasnya. Anda wajib mengganti puasa di bulan lain selain bulan Ramadhan.

7. Memasukkan benda melalui qubul dan dhubur

buang angin dalam air - Hal yang membatalkan puasa

Hal hal yg membatalkan puasa selain makan dan minum serta yang sudah disebutkan di atas ialah dengan sengaja memasukkan benda padat maupun cair melalui kedua lubang (dubur atau qubul) bisa membaalkan puasa. Sebaiknya hindari buang angin didalam air yang bisa menyebabkan air masuk.

8. Gila (hilang akal)

gila - Hal yang membatalkan puasa

Seseorang yang memiliki gangguan kejiwaan tidak diwajibkan berpuasa, dan jika sedang berpuasa tiba-tiba mengalami gila maka puasanya batal.

9. Menghisab asap rokok dengan sengaja

Merokok - Hal yang membatalkan puasa

Ketika melaksanakan puasa kemudian merokok, maka puasanya batal karena asab rokok merupakan benda yang bisa masuk kedalam lambung kecuali mencium wangi-wangian.

10. Sikat gigi saat berpuasa

Sikat Gigi - Hal yang membatalkan puasa

Poin yang satu ini sebenarnya masih menjadi perdebatan para ulama. Ketika berpuasa, mulut menjadi masalah utama dan anda tentu ingin cepat mengatasinya. Menyikat gigi saat berpuasa merupakan hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa. Anda bisa melakukan sikat gigi sebelum waktu imsak tiba.

Hal yang Tidak Membatalkan Puasa

  1. Menelan ludah sendiri
  2. Mencium aroma masakan
  3. Berkumur saat sedang berpuasa secara hati-hati
  4. Keluar darah dari luka secara tidak sengaja
  5. Muntah tanpa sengaja seperti sakit atau mabuk perjalanan
  6. Pingsan jika sempat sadar di siang hari
  7. Keluar sperma tanpa sengaja seperti bermimpi

Hal yang Membatalkan Pahala Puasa

  1. Berbohong atau mengucapkan kata-kata dusta
  2. Menggunjing (membicarakan kejelekan orang lain), mengadu domba, dan lain-lain
  3. Mengucapkan kata-kata yang tidak membawa manfaat
  4. Memberikan kesaksian palsu
  5. Mengucapkan kata-kata kotor
  6. Hasud yang dapat merugikan orang lain
  7. Melihat perempuan lalu timbul nafsu
  8. Melakukan pencurian dan sebagainya
  9. Mencium perempuan yang bukan muhrim

Hal yang Perlu Dilakukan agar Puasa kita Tidak Rusak

  1. Wajib menjauhkan diri dari perbuatan dusta
  2. Dilarang melakukan namimah (mengadu domba)
  3. Mendoakan orang yang tidak baik
  4. Mengindari ghibah
  5. Diharuskan menjaga telinga, mata, lidah dan perut dari perkataan yang haram

Lakukanlah berpuasa karena Allah dengan niat ibadah, dan jangan sampai puasa 1 bulan di bulan Ramadhan ini sia-sia karena perbuatan anda sendiri. Selamat menjalankan Ibadah Puasa 1439 H.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: