7 Contoh Proposal Kegiatan / Event, Sponsorship dan Strukturnya

7 Contoh Proposal Kegiatan / Event, Sponsorship dan Strukturnya – Proposal merupakan pedoman kerja, gambaran atau peta perjalanan lengkap yang akan dilalui selama melakukan kegiatan. Proposal bisa disebut juga “Perencanaan Tertulis”. Bagi sebuah organisasi (kepanitiaan), menyusun proposal kegiatan merupakan langkah yang sangat penting, karena  langkah ini dapat menentukan berhasil tidaknya seluruh kegiatan. Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan berbagai event yang bisa dijadikan bahan belajar:

Contoh Proposal Kegiatan

unsplash.com

Strutur Penulisan Proposal

  1. Latar Belakang Kegiatan : Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan tersebut.
  2. Dasar Pemikiran: Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan.
  3. Nama Kegiatan: Berisi nama kegiatan yang akan dilaksanakan.
  4. Tujuan Kegiatan: Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut.
  5. Target Kegiatan: Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan, terutama mengenai ukuran¬ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
  6. Manfaat Kegiatan: Berisi tentang manfaat dilaksanakannya kegiatan tersebut.
  7. Jenis Kegiatan: Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut.
  8. Waktu dan Tempat Kegiatan: Menunjukkan waktu kapan dilaksanakannya kegiatan, meliputi tanggal, bulan, tahun, dan pukul berapa dilaksanakannya kegiatan. Menunjukkan tempat dimana kegiatan dilaksanakan.
  9. Jadwal Kegiatan: Dibuat sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya, atau bisa ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
  10. Kepanitiaan/ Pelaksana dan Organisasi kerja: Dalam halaman atau bagian ini tulis siapa pelaksana kegiatan, atau bisa ditulis terlampir.
  11. Sasaran/ Peserta: Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut (atau lebih kenal dengan peserta).
  12. Anggaran Dana Kegiatan: Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri.
  13. Penutup: Berisi tentang ucapan syukur atas tersusunya proposal, harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak. Ditutup dengan lembar pengesahan proposal.

1. Contoh Proposal Kegiatan Event Sponsorship

Proposal Sponsorship

1. KATA PENGANTAR 

Segala puji bagi Tuhan yang maha ESA karena atas kehendaknya kami bisa membuat proposal acara pameran “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale. Pada kesempatan ini tujuan kami membuat “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale bertujuan untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan bisnis di Indonesia, yang memberikan manfaat bagi banyak pihak seperti produsen dan konsumen.  Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari beberapa pihak yang telah membantu, yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu dalam proposal ini. Semoga proposal ini bisa menjadi suatu kegiatan yang akan menunjang kesuksesan bagi banyak pihak.

2. LATAR BELAKANG

Bazaar merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menarik masyarakat atau pengunjung untuk membeli, barang-barang yang dijual adapun dalam kegiatan bazaar ini adalah dimana ajang untuk menjual produk-produk yang di anggap layak untuk dijual. Dimana dalam acara Fashion Bazaar & Garage Sale “ menjual berbagai barang dengan model dan style modern, dimana acara ini akan memberikan manfaat bagi semua kalangan baik penjual dan pembeli.

3. TUJUAN

Acara pameran ini bertujuan untuk mengumpulkan para seller atau penjual, distributor, masyarakat dalam rangka mempermudah pendistribusian barang produksi dalam negeri dari pedagang besar atau wholeseller kepada konsumen. Serta untuk mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM dan dunia Kreatif dan menarik para investor dari dalam maupun luar negri. Dengan dibukanya acara pameran ini dapat menjadi guiden bahwa produk fashion disukai dan dicari oleh masyarakat disemua kalangan, baik anak-anak,dewasa dan orang tua.
Menangkap peluang dari pengunjung pameran computer yang didominasi oleh kalangan pelajar.

4. TEMA KEGIATAN

“End Sale” Fashion Bazaar & Garage Sale “ini dipilih karena diadakan di akhir tahun dan harapannya acara ini dapat selalu terlaksana di tahun – tahun yang akan datang, dalam acara ini tidak hanya fashion, aksesoris, apparel, hand made, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai barang garage sale.

5. PENGUNJUNG

Mayarakat Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya dengan target pengunjung 2000 orang perhari.

6. PELAKSANAAN KEGIATAN

Tempat : Arjuna Room Jogja Expo Center
JL RAYA JANTI YOGYAKARTA
Tanggal : Jumat- Minggu, 13 – 15 Desember 2013
Waktu : 10.00 – 21.00 WIB

7. ACARA PENDUKUNG SELAMA PAMERAN

  1. Talk Show Tentang Produk fashion
  2. Pemilihan Stand terbaik
  3. Hiburan – hiburan, seperti live musik setiap hari dan lain – lain
  4. Demo atau presentasi produk oleh peserta pameran

8. PROGRAM PROMOSI DAN PUBLIKASI

  1. Media Elektronik baik radio maupun televisi
  2. Media cetak Lokal dan nasional
  3. Poster, Spanduk, Umbul-umbul serta Flayer yang akan di bagikan ke pengunjung Mall dan di sebarkan melalui Distributor Loper Koran
  4. Melalui Email,SMS dan Website

9. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

10. SUSUNAN ACARA

Terlampir

11.  PENUTUP 

Demikian Proposal ini kami susun, besar harapan kami agar seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat terealisasi sesuai dengan rencana. Semoga proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kegiatan “ “End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale yang akan kami laksanakan. Atas perhatian dan kerja sama dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih.

2. Contoh Proposal Kegiatan Event Pameran

Proposal Pameran

A. JUDUL KEGIATAN Kegiatan ini merupakan bentuk tanggapan/respon dari seniman tentang seni patung yang diwujudkan dalam bentuk pameran dengan judul “RicariCariPatung”   B. LATAR BELAKANG Ditengah wacana kontemporer yang gencar dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat khusunya masyarakat seni, karya yang konseptual merupakan sesuatu hal yang memiliki peranan yang penting. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya karya-karya konseptual yang bermunculan dalam berbagai persepsi tentang wacana hingga konsepsi tentang karya itu sendiri.   Diantara berbagai macam cabang seni rupa, patung adalah salah satu media untuk mengekspresikan diri. Berawal dari suatu pembahasan mengenai bagaimana perkembangan seni rupa sekarang ini, akhirnya mengakibatkan muncullah suatu ide untuk menyelenggarakan pameran yang berjudul “RicariCari Patung”. RicariCari Patung ini adalah suatu moment yang akan melibatkan berbagai komunitas maupun institusi yang memiliki program jurusan seni, khususnya seni rupa, serta tak menutup kemungkinan masyarakat nonsenirupapun akan ikut terlibat di dalamnya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

  1. Mengajak publik untuk membaca dan merepresentasikan konsepsi tentang karya seni patung
  2. Mampu sebagai media apresiasi yang memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum.
  3. Untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkarya para Senirupawan maupun masyarakat nonsenirupawan pada umumnya.
  4. Untuk menjalin silaturahmi dan membuka jaringan antar institusi, antar komunitas seni rupa maupun masyarakat secara umum.
  5. Untuk mencari pengalaman-pengalaman baru dalam dunia kesenirupaan maupun dunia luar serta sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas pada umumnya.

D. MANFAAT KEGIATAN

  1. Sebagai media evaluasi dan introspeksi diri bagi para peserta mengenai sejauh mana perkembangan proses pembelajarannya dalam berkesenian untuk melandasi langkah selanjutnya.
  2. Membuka kesadaran kritis masyarakat pada umumnya yang responsive terhadap dunia Kesenirupaan yang terus berkembang.
  3. Meningkatkan kerjasama antar institusi seni dengan masyarakat umum

E. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN  

Hari : Rabu s/d Sabtu
Tanggal : 27 s/d 30 Desember 2017
Tempat : Student Center UNS (indoor) Wilayah FKIP UNS Kampus Kentingan (outdoor)  

F . JENIS KEGIATAN  

Terlampir  

G. PESERTA  

Terlampir  

H. SASARAN  

Terlampir  

I. SUSUNAN PANITIA

  Terlampir  

J. ESTIMASI DANA

Terlampir

K. JADWAL KEGIATAN

Terlampir

L . PENUTUP  

Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam suatu kegiatan diperlukan suatu dukungan, kerja sama dari segala komponen yang terlibat dan ikut terkait didalamnya. Dengan terselenggaranya Pameran “RicariCari Patung” ini diharapkan mampu menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan dan memacu kreatifitas kami pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. Semoga kegiatan pameran ini mendapat ridho ALLAH SWT. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.

3. Contoh Proposal Kegiatan Event Kerjasama

Proposal Kerjasama

A. Latar Belakang

Mengantisipasi terjadinya dekadensi moral remaja / pelajar yang terjadi akibat globalisasi informasi di Indonesia maka perlu ditanamkan semangat kebangsaan, kebersamaan dan solidaritas serta disiplin dan kepemimpinan bagi mereka agar mampu menghargai perjuangan pendahulu atau pahlawan. Kemerdekaan dan upaya-upaya pembangunan serta kelak dapat menjadi pemimpin bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian pancasila. Bertepatan dengan HUT Kota Banjarbaru Ke-13 Purna Paskibraka Indonesia Kota Banjarbaru mengadakan Lomba Peraturan Baris – Berbaris (PBB) antar pelajar se- Kalimantan Selatan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan pelajar di bidang Baris – Berbaris.
 
B.Tema
 
Tema dari kegiatan Lomba PBB Tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MA sederajat adalah “Menumbuhkan Semangat Kebangsaan, Patriotisme dan Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Lomba PBB antar pelajar Se-Kalimantan Selatan Tahun 2012”.C.Tujuan
 
Tujuan kegiatan Lomba PBB ini adalah  adalah:

  1. Meningkatkan semangat kebangsaan.
  2. Menggalang kebersamaan dan solidaritas sosial antar pelajar se-Kalimantan Selatan.
  3. Meningkatkan kedisiplinan dan kepemimpinan anak bangsa.

D. Ruang Lingkup  

Adapun ruang lingkup kegiatan ini adalah Lomba Peraturan Baris – Berbaris antar pelajar SMP/Mts dan SMA/SMK/MA Sederajat se-Kalimantan Selatan  

E.Jenis Kegiatan  

Lomba Baris – Berbaris Antar Pelajar  

F. Waktu dan Tempat Kegiatan    

Terlampir  

G. Susunan Panitia    

Terlampir  

H. Jadwal Kegiatan (Terlampir)    

Terlampir  

I. Rincian Dana (Terlampir)    

Terlampir  

J. Penutup  

Semoga kegiatan lomba ini mendapat ridho Tuhan Yang Maha Esa. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.

4. Contoh Proposal Kegiatan Event 17 Agustus

Proposal Kegiatan 17 Agustus 

I. Pendahuluan

Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini. Oleh karenanya, Hari Kemerdekaan adalah tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita selaku generasi muda ingin mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang tujuannya tidak lain adalah menghibur dan menumbuhkan semangat serta gotong-royong masyarakat.

Dengan demikian, kami selaku panitia yang terbentuk dari Organisasi Pemuda Indonesia ingin mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Umum Kota Yogyakarta.

II. Tujuan

Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:

  1. Bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan.
  2. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat.
  3. Mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia.
  4. Menumbuhkan semangat juang kepada para pemuda.
  5. Menghibur masyarakat dengan kegiatan yang positif.
  6. Mengingatkan generasi muda akan semangat juang para pahlawan bangsa.
  7. Meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.

III. Tema

Menumbuhkan persatuan para pemuda untuk menggapai satu tujuan.

IV. Peserta

Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa yang ingin dan turut meramaikan serta memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

V. Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba balap karung
  3. Lomba tusuk bola
  4. Lomba futsal
  5. Panjat Pinang

VI. Waktu Dan Tempat

Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019.

VII. Susunan Kepanitiaan

Terlampir

VIII. Rencana Anggaran Biaya

Terlampir

IX. Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan. Semoga sebagala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

5. Contoh Proposal Kegiatan Event Bakti Sosial

Proposal Kegiatan Bakti Sosial

I. LATAR BELAKANG

Kualitas generasi muda kita merupakan cerminan masa depan bangsa. Berawal dari kepedulian terhadap negeri yang membutuhkan generasi penerus yang gigih meraih mimpi, ketidakmampuan mengikuti sekolah merupakan hambatan yang sangat berarti.

 

Masih banyak sekolah-sekolah yang membutuhkan perhatian dari pemerintah, terutama dalam hal pemerataan pendidikan dan  berbagai keterbatasan fasilitas yang memadai. Padahal para generasi muda ini juga memiliki hak untuk memperoleh fasilitas yang layak.

 

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan bakti sosial ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kepedulian siswa/i SMA Negeri XX untuk membentuk karakter siswa yang peduli sosial.

III. TEMA

Tema :  “ Mewujudkan kepedulian sesama anak bangsa dan berbagi ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan ”

IV. SASARAN

Anak-anak umur 7-12 tahun yang ada di desa Sumur Batu khususnya yang tidak bersekolah.

V. WAKTU DAN TEMPAT

Terlampir

VI. ACARA

Kegiatan ini berbentuk Penyuluhnan Ilmu Pengetahuan Umum Dan Kesehatan SsertaPemberian Bantuan Berupa Pakaian, Alat Tulis Dan Buku Bacaan untuk anak-anak yang membutuhkan.

VII. PESERTA

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus SMA Negeri XX Rantau dan perwakilan dari masing-masing kelas yang ada di SMA Negeri XX Rantau.

VIII. ANGGARAN

Dana untuk penyelenggaraan kegiatan ini didapat dari sumbangan sukarela dari seluruh kelas ditambah kas OSIS dan bantuan dari sekolah.

IX. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

X. RINCIAN DANA

Terlampir  

XI.  PENUTUP  

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat, sebagai gambaran kegiatan yang akan kami laksanakan. Kami juga mengharapkan dukungan berupa moril maupun materiil dari semua pihak agar kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, Amin.

6. Contoh Proposal Kegiatan Event Maulid Nabi

Proposal Kegiatan Maulid Nabi

A. LATAR BELAKANG

Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, kita juga harus sadar bahwa syiar Islam tetap diperlukan. Syiar baik untuk diri kita sendiri, keluarga maupun untuk lingkungan sekitar kita. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami segenap panitia kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan menyelenggarakan kegiatan Syiar Maulid Nabi Muhammad berupa Sholawatan dan pengajian.

Diharapkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut bisa meningkatkan akhlak dan iman kita seperti baginda Nabi Muhammad SAW. Untuk kegiatan kali ini, insyaalloh akan dihendle langsung oleh remaja Masjid Al Mamnun beserta bantuan para warga desa sekitar.

B. TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan dari kegiatan Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan ini adalah :

  • Mengingat Nabi Muhammad SAW sebagai panutan
  • Meningkatkan ketakwaan dan keimanan
  • Belajar meniru akhlak Nabi Muhammad SAW
  • Menjalin sillaturrahim antar warga
  • Meningkatkan partisipasi warga desa sekitar
  • Meningkatkan kerja sama antar warga masyarakat

C. SUSUNAN ACARA PEMBUKAAN  PERINGATAN MAULID NABI

  1. Pembukaan
  1. Sambutan-sambutan: Kepala Desa, Ketua Panitia, Ketua Takmir Masjid Al Mamnun

D. SUSUNAN KEPANITIAN

Terlampir

E. ANGGARAN DANA

Terlampir

F. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari perusahaan Bapak/Ibu berupa kerjasama dengan kegiatan yang kami gelar. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan. Dan sekiranya acara dan kegiatan yang kami gelar ini juga bisa memberikan manfaat kepada perusahaan Bapak/Ibu sebagai partner sponsor kami. Atas perhatian dan kerjasama, kami ucapkan terima kasih.

7. Contoh Proposal Kegiatan Event Desa atau Kemasyarakatan

Proposal Kegiatan Desa

A. Judul Proposal

Proposal Kegiatan Halal Bi Halal dan Silaturahim Akbar Desa Kalimanis 1431 H.

B. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam kehidupannya, baik berupa perhatian, bantuan serta kasih sayang dari sesamanya. Hal itu lantaran setiap manusia akan berhubungan dengan manusia lain baik dalam hal ekonomi, sosial, emosional dan berbagai hubungan kemanusiaan yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencapai kebutuhan sosial tersebut, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada sesamanya. Islam pun memerintahkan hal tersebut. Maka dari itu, silaturahim harus senantiasa ijaga dan dilestarikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1431 H
  2. Untuk menjalin kerukunan serta kekeluargaan antar masyarakat
  3. Untuk mewujudkan hubungan yang erat dan rukun antar sesama pemuda karang taruna

D. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

Acara  Halal Bi Halal dan Silaturahim Akbar ini dilakukan pada hari senin  17 Juni 2018

Untuk waktunya adalah pada pukul 13.00-16.00 wib.

E. Susunan  Acara Kegiatan

Adapun susunan  acara kegiatannya adalah sebagai berikut:

  1. 13.00-13.20 : sambutan
  2. 13.20-14.00: haul massal
  3. 14.00-15.00: inti
  4. 15.00-15.30: makan
  5. 15.30-15.40: do’a
  6. 15.40-16.00: penutup

F. Susunan Panitia

Terlampir

G. Anggaran Dana

Terlampir

H. Penutup

Demikian proposal kegiatan halal bi halal ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran agenda kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah