8 Contoh Cover Proposal Kegiatan Yang Menarik Baik Dan Benar

Contoh Cover Proposal Kegiatan – Kamu sedang mendapatkan tugas untuk membuat proposal kegiatan? Jika iya, jangan lupa ya untuk membuat cover proposal kegiatan itu semenarik mungkin. Karena jika cover proposal kegiatan yang kamu buat tidak menarik, maka pembaca pun enggan membaca atau membuka apa yang ada didalamnya. Nah, kira-kira gimana sih contoh cover proposal kegiatan yang menarik serta baik dan benar? Simak artikel di bawah ini ya untuk mendapatkan jawabannya.

Deretan Contoh Cover Proposal Kegiatan Yang Menarik

tumpi.id

Umumnya, proposal kegiatan dibuat uuntuk mendapatkan persetujuan dari pihak lain. Namun, ada pula proposal kegiatan yang dibuat untuk permohonan dana bantuan kegiatan yang nantinya akan terdapat kerja sama antara pihak yang mengajukan proposal dan pihak yang memberi bantuan. Buat kamu yang baru pertama kali membuat proposal kegiatan, jangan lupa ya untuk membuat cover proposal tersebut semenarik mungkin. Karena inti dari proposal kegiatan yang kamu buat itu bukan hanya ada di isi saja, namun di cover juga. Agar kamu bisa memiliki gambaran seputar cover proposal kegiatan yang menarik, di bawah ini Mamikos sudah memberikan gambaran hingga contoh-contohnya.

Apa Itu Proposal Kegiatan?

Proposal kegiatan adalah suatu rancangan kegiatan yang berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci untuk kegiatan yang akan diselenggarakan. Tujuan dari pembuatan proposal kegiatan adalah agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan terhadap acara untuk diajak bekerjasama melancarkan kegiatan acara. Selain itu, pengajuan proposal kegiatan juga dapat digunakan sebagai proposal pengajuan permohonan dana bantuan yang nantinya pihak terkait akan bekerjasama dengan penyelenggara acara dengan memberikan bantuan dana. Jika arti lainnya, proposal kegiatan juga bisa dikatakan sebagai suatu perencanaan susunan kegiatan acara yang sudah terjadwal dalam bentuk tulisan.

Ciri-ciri Proposal Kegiatan

Nah, di bawah ini Mamikos akan memberikan penjelasan mengenai ciri-ciri proposal kegiatan pada umumnya:

  1. Dana yang dibutuhkan untuk program
  2. Daftar kebutuhan untuk penelitian dalam makalah
  3. Sebuah deskripsi singkat dari tujuan penelitian
  4. Beberapa latar belakang masalah yang ada dan bagaimana latar belakang masalah tersebut akan mempengaruhi penelitian
  5. Pihak – yang akan terlibat dalam penelitian
  6. Hasil yang diharapkan dan hubungannya dengan teori-teori yang dikemukakan
  7. Proposal juga berupa dokumen yang menggambarkan kajian dari sebuah penelitian.

Fungsi Proposal Kegiatan

Mungkin ada diantara kamu yang ingin mengetahui apa saja fungsi dari pembuatan suatu proposal kegiatan. Apakah hanya untuk meminta bantuan atau izin saja? Nah, sebenarnya tujuan dari penyusunan proposal akan sangat berkaitan dengan bidang yang dimaksud. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Guna menjelaskan secara tidak langsung terkait program kerja maupun rencana.
  2. Guna dijadikan sebagai acuan dalam proses merancang suatu kegiatan.
  3. Guna meyakinkan donatur maupun pihak pembaca yang akan menjadi sponsor maupun klien agar bersedia memberikan bantuan.
  4. Guna mencapai tujuan seperti yang telah disepakati bersama.
  5. Dijadikan sebagai acuan atas suatu kesepakatan awal.

Manfaat Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan dapat berfungsi untuk mengadakan acara seminar, diskusi, pelatihan dsb. Sebagai contoh, proposal kegiatan pentas seni budaya. Adapun manfaat dari pembuatan proposal kegiatan antara lain:

  1. Sebagai rencana yang dapat mengarahkan panitia kegiatan dalam melaksanakan kegiatan tersebut
  2. Sebagai acuan informasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut
  3. Secara tidak langsung, sebagai bahan yang dapat menjelaskan pada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut
  4. Memberikan kemudahan bagi penyelenggara untuk mendapatkan dukungan
  5. Menyakinkan para sponsor yang dapat memberikan dukungan secara material maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana.

Sistematika Proposal Kegiatan

Sebelum membuat cover proposal menarik, ada baiknya kamu untuk mengetahui terlebih dahulu struktur untuk format susunan proposal kegiatan. Hal ini berguna untuk untuk memudahkan pembaca dan mudah dipahami apa maksud dari tujuan dibuatnya proposal tersebut. Berikut cara membuat susunan proposal kegiatan dengan baik dan benar.

1. Halaman Judul Proposal

Judul merupakan format pertama yang harus anda cantumkan terlebih dahulu. Judul merupakan pemberi penjelasan pertama mengenai tujuan dibuatnya proposal. Pada Halaman judul berisikan nama atau judul dari kegiatan proposal yang ingin diusulkan. Contohnya “Pameran Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 5 Jakarta dalam Rangka Acara Peringatan Hari Guru”.

2. Latar Belakang Proposal

Setelah dibuatnya halaman judul yang terletak paling depan, selanjutnya membuat halaman khusus untuk latar belakang dibentuknya proposal. Latar belakang sangatlah penting untuk disertakan dalam sebuah proposal karena akan dijelaskan secara garis besar mulai dari alasan mengapa membuat proposal tersebut.

3. Tujuan Proposal

Untuk deskripsi tujuan bisa digabungkan satu halaman dengan latar belakang proposal. Bertujuan agar nantinya proposal tersebut terlihat lebih berisi. Jelaskan deskripsi tujuan kegiatan secara urut dan terstruktur dengan rapi. Dimulai dari yang paling penting yang menjadi tujuan utama rencana kegiatan proposal tersebut.

4. Nama dan Tema Kegiatan Proposal

Kegiatan proposal ini berisi kegiatan pokok yang akan dilaksanakan, biasanya dilampiri dengan jadwal kegiatan secara lengkap.

5. Bentuk Kegiatan Proposal

Mendeskripsikan seperti apa rangkaian acara kegiatan yang akan diadakan. Contohnya: Acara lomba puisi, Lomba tari, Lomba modern dance, dan lain sebagainya. Rangkaian kegiatan ini merupakan struktur acara yang paling penting karena inilah puncak dari terlaksananya proposal yang dibentuk.

6. Peserta Proposal

Peserta merupakan siapa saja yang nantinya dapat mengikuti kegiatan atau acara proposal ini. Seperti misalnya acara pentas seni SMA, maka para pesertanya diikuti oleh para siswa/siswi SMA tersebut mulai dari kelas 10, 11, dan 12 dapat mengikutinya. Peserta bisa dibatasi dan bisa juga di buka secara umum, tergantung dari kesepakatan.

7. Penyelenggara Proposal

Memberikan penjelasan siapa saja yang ikut menyelenggarakan kegiatan tersebut. Biasanya yang menjadi penyelenggara adalah suatu organisasi atau himpunan kelompok.

8. Tempat Kegiatan dan Jadwal Proposal

Tempat dan kegiatan mendeskripsikan dimana akan dilaksanakan acara kegiatan tersebut. Data ini sangatlah penting dan tidak boleh rancu, harus dengan kepastian. Oleh karena itu perlu dilakukan kesepakatan terlebih dahulu.

9. Susunan Acara Proposal

Mendeskripsikan susunan dari acara kegiatan yang akan dibuat mulai dari awal pembukaan acara hingga selesainya acara tersebut.

10. Susunan Panitia Proposal

Mendeskripsikan susunan kepanitiaan yang sudah ditentukan sebelum dibentuknya proposal. oleh karena itu susunan kepanitiaan ini harus ditentukan sebelum rencana dibentuknya proposal agar memudahkan nantinya.

11. Rencana Anggaran Proposal

Mendeskripsikan rincian masukan, pengeluaran, dan keperluan-keperluan dana yang digunakan untuk acara kegiatan.

12. Penutup Proposal

Bagian penutup diisi dengan kalimat menyatakan harapan agar nantinya semua pihak bisa ikut berpartisipasi untuk terlaksananya kegiatan proposal yang direncanakan ini. Di tanda tangani oleh ketua panitia dan mengetahui penanggung jawab kegiatan acara proposal.

Teknik Penyusunan Cover Proposal Kegiatan

Cover proposal kegiatan umumnya memang terlihat seperti berbentuk sampul biasa. Namun, di balik sampul biasa tersebut memiliki suatu hubungan atau komunikasi yang bisa menarik perhatian kepada pembaca. Seseorang dapat mengetahui maksud dari isi proposal kegiatan melalui cover proposal tersebut. Jika cover proposal dibuat dengan baik, menarik, dan unik, si pembaca pun bisa langsung mengetahui tanpa harus membaca seluruh isinya.

Nah, untuk menyusun cover proposal kegiatan yang menarik tentu membutuhkan kesabaran untuk hasil yang memuaskan. Karena jika kamu terburu-buru membuatnya maka akan terlihat tidak dapat menarik perhatian kepada pembaca. Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika dalam membuat proposal kegiatan dibuat dengan sebaik mungkin. Berikut Mamikos berikan sedikit tips penyusunan desain cover proposal kegiatan yang menarik serta baik dan benar.

1. Masukkan materi teks yang penting saja

Materi ini biasanya memiliki isi dari judul proposal tersebut. Keterangan dari nama judul dan nama lembaga harus di cantumkan dengan lengkap beserta alamat yang jelas.

2. Buatlah desain yang simple

Cara membuat cover proposal agar terlihat lebih indah ialah menggunakan desain yang sederhana seperti sesuatu yang dapat menghubungkan akan ke dalam proposal. Cover ini mirip dengan iklan yang berfungsi untuk memberi clue kepada pembaca.

3. Gunakan font yang tepat

Ada beberapa huruf yang bisa di gunakan untuk cover proposal tersebut, seperti memilih font yang gampang di baca dan memiliki karakter yang sama dengan event yang diselenggarakan, seperti contoh event acara musik metal, menggunakan jenis font “Ghotic” atau sejenisnya.

4. Menambah gambar

Banyak trik untuk menghias cover proposal agar terlihat lebih indah ialah dengan menggunakan gambar berupa foto, logo atau garis samping atas dan bawah. Serta warna yang menarik juga bisa mempercantik cover proposal tersebut. asal jangan yang terlalu banyak warna yang akhirnya terlihat norak dan tidak menarik bagi si pembaca.

5. Mengatur komposisi yang harmonis

Isi dari materi yang ada seperti teks, logo harus memiliki ke cocokan pada tema yang di angkat. Cover juga harus terlihat menarik dan nyaman untuk dipandang. Usahakan warna cover dan logo harus tetap terlihat indah dan menarik.

Contoh Cover Proposal Kegiatan

1. Contoh cover proposal kegiatan talkshow

image.isu.pub

2. Contoh cover proposal kegiatan kampus

cdn.slidesharecdn.com

3. Contoh cover proposal kegiatan pameran

cdn.slidesharecdn.com

4. Contoh cover proposal kegiatan 17 Agustus

imgv2-2-f.scribdassets.com

5. Contoh cover proposal kegiatan Ramadhan

celticstown.com

6. Contoh cover proposal kegiatan pelatihan

2.bp.blogspot.com

7. Contoh cover proposal kegiatan turnamen futsal

image.isu.pub

8. Contoh cover proposal kegiatan charity

image.isu.pub

Oke, di atas tadi Mamikos sudah bagikan sedikit info seputar 8 contoh cover proposal kegiatan yang menarik ya! Buat kamu yang dalam waktu dekat ini mau mengadakan kegiatan dan membuat proposal, semoga contoh cover proposal kegiatan bisa bermanfaat untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Jangan lupa untuk download dan install aplikasi Mamikos di ponsel kamu jika kamu membutuhkan membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi untuk menemukan seluruh informasi sewa properti yang diinginkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah