7 Contoh Proposal Pengajuan Dana Yang Baik Dan Sopan

Posted in: Edukasi

7 Contoh Proposal Pengajuan Dana Yang Baik Dan Sopan – Proposal pengajuan dana adalah proposal yang ditulis untuk meyakinkan calon pemberi dana untuk mensponsori produk, program, atau layanan tertentu. Bentuknya bervariasi, tergantung jenis organisasi yang menulisnya, namun umumnya berupa dokumen jelas yang berisi informasi, statistik, dan argumen persuasif. Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana yang baik dan sopan yang bisa dijadikan referensi:

7 Contoh Proposal Pengajuan Dana Yang Baik Dan Sopan Ini Bisa Jadi Referensi

Contoh Proposal Pengajuan Dana

1. Contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan

Proposal Pengajuan Dana ke PT Biofarma

I. PENDAHULUAN
Sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung, Teras Cihampelas memiliki daya tarik yang sangat kuat baik bagi pembeli maupun penjual. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Teras Cihampelas adalah banyaknya para pelaku usaha yang menawarkan berbagai macam produk unggulan seperti kaos souvenir, tas, oleh oleh khas Bandung, dan juga kuliner.

Banyaknya pelaku usaha yang berlomba lomba menarik konsumen dengan berbagai macam cara, membuat sebagian pelaku usaha yang lain meredup dan harus mempunyai inovasiyang berbeda dengan pelaku usaha yang lain. Namun tak jarang, sebagian dari pelaku usaha tersebut memiliki kendala salah satunya adalah kendala modul usaha yang terbatas. Maka dari itu, melalui proposal ini saya mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha keluarga saya di Teras Cihampelas

II. LATAR BELAKANG
Selain banyaknya pelaku usaha yang menjual produk yang sama di Teras Cihampelas. Salah satu maksud saya mengajukan proposal ini adalah ingin membantu keluarga saya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Saya adalah seorang laki laki berusia 24 tahun dan bersama adik saya yang saat ini duduk di bangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas, tinggal bersama keluarga bibi saya di sebuah rumah kontrak di Jl. Cihampelas GG.

Cimaung RT. 07/07 kelurahan tamansari kecamatan bandung wetan, semenjak ayah dan ibu kandung saya meninggal dunia. Dalam keseharian kami dalam memenuhi kebutuhan sehari hari, alhamdulillah masih bisa tercukupi namun saya merasa perlu berusaha lebih karena kebutuhan hidup semakin hari semakin tinggi. Maka atas dasar tersebut, saya bermaksud membantu keluarga bibi saya dengan mengajukan sebuah proposal permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha.

III. MAKSUD DAN TUJUAN
Pengajuan permohonan bantuan dana untuk mengembangkan usaha di Teras Cihampelas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggota keluarga

IV. USAHA
Jenis usaha yang kami ajukan untuk bantuan modalnya adalah Usaha Mie Kocok Bandung, yang memang di sekitar tempat kami berjualan belum banyak. Sehingga saya merasa ini merupakan sebuah peluang bagi kami dalam menciptakan sebuah inovasi yang berbedadengan pelaku usaha lain. Selain itu, usaha mie kocok tersebut juga dapat ditunjang dengan produk minuman seperti air mineral, kopi dan lain-lain.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN
Terlampir

VI. PENUTUP
Besar harapan saya agar permohonan saya dapat dipertimbangkan untuk kemudian direalisasikan. Dan semoga niat dan usaha baik ini mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

2. Contoh proposal pengajuan dana untuk usaha

Proposal Bantuan Dana Usaha

I. LATAR BELAKANG

Secara geografis Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) terletak di pesisir pantai yang lautnya memiliki beragam biota laut baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Mata pencaharian penduduknya banyak yang lebih terfokus pada pembudidayaan ikan hias skala rumah tangga selain juga ada yang menekuni pekerjaan lain seperti berkebun, beternak dan lainnya.   Khusus bagi masyarakat /penduduk yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias, satu permasalahan kerap terjadi adalah tatkala harga bibit terjun bebas sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional yang dikeluarkan sangat tidak berimbang. Hal ini terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain karena over produksi, faktor alam, dan faktor-faktor lainnya. Akibat dari permasalahan tersebut banyak para pekerja dan pemilik dari usaha budidaya tersebut beralih profesi bahkan eksodus ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan baru.  

II. TUJUAN

Secara singkat dapat kami paparkan tujuan dibentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) sebagai berikut:

  1. Meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi, dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat   penangkapan yang memadai
  2. Merubah pola pikir setiap anggota, dari menangkap ikan sebagai pekerjaan sambilan menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan
  3. Sebagai media informasi dan bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok nelayan serta dibangunnya balai kelompok nelayan yang refresentatif, dimana sebelumnya masing-masing anggota berjalan sendiri-sendiri
  4. Memupuk rasa kerja sama dan solidaritas sesama nelayan

III. KENDALA

Dari kegiatan penangkapan ikan konsumsi yang telah maupun akan dilaksanakan, ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga keinginan untuk lebih memaksimalkan hasil tangkapan masih jauh dari harapan. Kendala-kendala tersebut antara lain :

  1. Tidak tersedianya fasilitas penunjang yang semestinya dimiliki antaralain : Jaring penangkap ikan, perahu viber, genset, maupun mesin dorong
  2. Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang tersebut di atas, oleh karena seluruh anggota kelompok adalah masyarakat yang penghasilannya pas-pasan

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK NELAYAN

Terlampir 

V. PENUTUP

Sebuah keinginan besar ingin dicapai lewat terbentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) serta dengan adanya fasilitas dan alat-alat penunjang penangkapan ikan konsumsi , yakni agar bagaimana kesejahteraan anggota kelompok khususnya serta masyarakat pada umumnya bisa meningkat. Hal tersebut bisa terealisasi tentunya lewat bantuan dari instansi terkait maupun pihak-pihak yang peduli lewat program-program yang intensif dan berkelanjutan, yang tidak saja secara efektif melibatkan anggota kelompok nelayan dalam pelaksanaannya, tapi juga melibatkan komponen masyarakat lain yang punya misi sama, demi kemakmuran masyarakat secara luas.

3. Contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah

Proposal Kegiatan Sekolah

A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 2 Wonosari dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA N 2 Wonosari menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif. Caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.

D. Macam-Macam Kegiatan

• Teater
• Pagelaran music band
• Sendra tari
• Drama kolosal
• Seni islami
• Pertunjukan pencak silat
• Stand up comedy

E. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI dan XII SMA N 2 Wonosari.

F. Waktu dan Tempat

1. Pentas drama kolosal dan teater
Hari/tanggal: Kamis, 28Oktober 2017.
Pukul: 17.00-20.00 WIB.
Tempat: Lapangan upacara SMA N 2 Wonosari.

2. Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat
Hari/tanggal: Jumat, 29 Oktober 2017.
Pukul: 17.00-20.00 WIB.
Tempat: Lapangan upacara SMA N Wonosari.

3. Pentas stand up comedy dan music band
Hari/tanggal: Sabtu, 30 Oktober 2017.
Pukul: 08.00-15.00 WIB.
Tempat: Aula SMA N Wonosari.

G. Susunan Panitia

Terlampir

H. Anggaran Dana

Terlampir

4. Contoh proposal pengajuan dana ke bupati

PROPOSAL RENOVASI PONDOK/MUSHOLLA “NURUL HUDA” PENGGUNG RT 02 RW 07 GEMIRING LOR NALUMSARI

1. PENDAHULUAN

Di era globalisasi ini, masyarakat secara umum dan kaum muslimin semakin jauh dari norma agama dan mementingkan kepentingan diri sendiri. Tapi masih banyak juga kaum muslimin yang senantiasa taat pada norma agama, mereka memenuhi tempat ibadah ketika menjalankan perintahNya. Di salah satu tempat ibadah tersebut adalah pondok/musholla “Nurul Huda”. Di saat kaum muslimin akan melaksanakan kewajiban di mushola tersebut, maka membutuhkan tempat untuk mensucikan diri (wudlu) sebelum melaksanakan sholat. Tapi karena bangunan untuk bersuci saat ini tidak memenuhi syarat, maka tempat tersebut sangat perlu untuk direnovasi demi kesucian sebelum menegakkan sholat.

2. LATAR BELAKANG MUSHOLLA

Nama Musholla           : Nurul Huda

Alamat                           : Dk. Penggung RT. 02 RW. 07 Gemiring Lor Nalurnsari Jepara

Luas Bangunan           : ± 150 m2

Jumlah Jama’ah         : ± 40 kepala keluarga

Kegiatan                        : – Sholat berjamaah 5 waktu

– Jama’ah tahlilan dan berjanji tiap malam Jum’at

– Belajar mengaji tiap-tiap habis sholat magrib

– Kajian keagamaan remaja musholla

3. TUJUAN

  1. Meningkatkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  2. Menumbuhkembangkan rnasyarakat dalam bersosial agama.
  3. Memupuk kebersamaan antara sesama masyarakat.

4. RENCANA ANGGARAN DAN SUMBER DANA

Terlampir

5. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

6. PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak Bupati Jepara berkenan memberikan bantuan dana. Semoga Allah SWT., senantiasa meridloi langkah dan aktivitas kita.

5. Contoh proposal pengajuan dana partai politik

PROPOSAL KEGIATAN KONSOLIDASI POLITIK, SILAHTURAHMI PENGURUS, DAN OPERASIONAL SEKRETARIAT PARTAI GERINDRA KABUPATEN PANGANDARAN
I.    PENDAHULUAN
Partai politik merupakan salah satu bagian dari infrastruktur nasional, oleh karena itu partai politik harus memiliki sikap, pandangan dan program yang sistematis dan nyata mengenai pengembangan sisitem nasional, dibidang politik, sosial, ekonomi dan lain sebagainya. Semua partai, termasuk Partai Gerindra, dituntut untuk senantiasa mampu melahirkan konsep, gagasan dan program yang nyata untuk mengemban amanat kenegaraan tersebut secara profesional dan bertanggung jawab. Partai Gerindra hadir sebagai tuntutan aspirasi pilitik warga negara yangmenyadari akan kemajemukan bangsa Indonesia sebagai kekuatan sinergik dalam upaya mewujudkan suatau tatanan nasional yang bersatu, demokratis, maju, sejahtera, adil dan makmur.

II.    LATAR BELAKANG MASALAH
Sebagai bagian dari Masyarakat Partai Gerindra selama ini senantiasa menyiapkan kader – kader politisi yang propesional, nasionalis, berorientasi pada lepentingan bangsa dan negara yang luas ketimbang kepentingan golongan/kelompok sendiri, menjungjung akhlakul karimah, dan siap menjalin kerjasama dengan semua elemen masyarakat tanpa memandang perbedaan asal usul, perbedaaan agama, ras,suku dan golongan. Bagi Partai Gerindra, komitmen akan kebersamaan dengan semua elemen Masyarakat adalah dasara bagi terwujudnya impian tentang masa depan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil dan demokratis dalam arti yang sesungguhnya.

III.    DASAR PEMIKIRAN
Yang menjadi dasar pemikiran dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah  sebagai berikut :

  1. Undang – Undang Nomor 2 tahun 2008 tentangPartai Politik
  2. Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Gerindra
  3. Hasil Musyawarah Cabang Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran
  4. Program Kerja Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran

IV.    PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran untuk melaksanakan seluruh program kerja yang telah ditetapkan serta melaksanakan Peran dan Fungsi Partai Politik sebagai mana mestinya. Adapun permasalahan tersebut menyangkut sumber dana yang sangat terbatas, sehingga beberapa program kerja tidak dapat dilaksanakan secara maksimal. V.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dari dilaksanakannya kegiatan adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Gerindra;
  2. Menyumbangkan beberapa alternatif jawaban abgi persoalan Nasional, dan Daerah;
  3. Membangun rancangan – rancangan pundamental mengenai eksistensi dan peran Partai Gerindra di tengah pergulatan bangsa menuju masa depan yang lebih khususnya di Kab. Pangandaran;

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban Masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  2. Meningkatkan Partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  3. Mendorong keterlibatan rakyat dalam membangun wacana politik sebagai fungsi pendidikan politik dan pendidikan kewargaan (civil education)

VI.    RENCANA SUMBER DANA DAN RENCANA PENGGUNAAN DANA
Rencana sumber dana untuk kegiatan ini adalah bersumber dari bantuan hibah kepada Partai Politik dari APBD Kabupaten Pangandaran Tahun Anggaran 2015. Adapun rencana penggunaan dana sebagaimana terlampir

VII.    METODE / CARA PELAKSANAAN
Metode atau Cara pelaksanaan kegiatan adalah dengan membentuk kepanitian yang disahkan oleh Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran dan bertanggung langsung kepada Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran.

VIII.    TARGET KINERJA / SATUAN HASIL

  1. Meningkatkan kesadaran  hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsan dan bernegara
  2. Meningkatkannya partisipasi Politik dan inisiatif Masyarkat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  3. Rakyat / Masyarakat terlibat dalam membangun wacana politik sebagi bagian dari fungsi pendidikan politik dan pendidikan kewarganegaraan ( civil education )

IX.    PENUTUP

Demikain Proposal “KEGIATAN KONSOLIDASI POLITIK DAN OPERASIONAL SEKRETARIAT” Partai Gerindra kabupaten Pangandaran ini kami buat, sekalipun sepintas kegiatan ini tampak “hanya” sebagai kegiatan eksklusif Partai, namun sebenarnya ini adalah sebagian ikhtiar untuk mencapai cita – cita Bangsa Indonesia untuk menjadi Masyarakat yang sentosa, sejahtera, cerdas, dan turut berperan dalam percaturan bernegara. Maka, dukungan dari semua pihak siapapun, dan apapun pilihan politiknya, sesungguhnya adalah investasi bagi masa depan Kabupaten Pangandaran khususnya, dan Indonesia pada umumnya.  Atas segala perhatian dan bantuannya Kami ucapkan terima kasih

6. Contoh proposal pengajuan dana transportasi

PROPOSAL PERMOHONAN DANA

I. LATAR BELAKANG
Berdasarkan hasil penilaian naskah esai yang telah diterima sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dan telah diseleksi oleh tim juri yang berasal dari Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bahwa esai yang dibuat oleh mahasiswa yang bertanda tangan di bawah ini :

Anang Ridwan/12345678/Jurusan Ilmu Komputer

LOLOS sebagai salah satu finalis dalam Lomba Esai Komputer yang diwajibkan untuk mengikuti presentasi naskah esai di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 27 Oktober 2017. Oleh karena itu demi kelancaran agenda tersebut, kami memohon dana delegasi untuk mahasiswa tersebut di atas.

II. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama Lomba Esai Komputer 2017 yang bertemakan“Menuju Indonesia Yang Berteknologi”.

III. DASAR KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat keterangan 10 naskah terbaik dari panitia Lomba Esai Komputer 2017.

IV. TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan diselenggarakan agenda ini yaitu:
Untuk membangkitkan dan mewujudkan semangat menulis ilmiah untuk lingkungan yang lebih baik.

V. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2017 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jadwal dan Informasi Kegiatan Terlampir

VI. ESTIMASI DANA
Terlampir

VII. SURAT UNDANGAN FINALIS DAN DAFTAR TIM YANG LOLOS
Terlampir

VIII. PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun sebagai bahan pertimbangan, permohonan bantuan dan laporan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Atas perhatian, bantuan, dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih

7. Contoh proposal pengajuan dana kegiatan lomba

Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

A.    LATAR BELAKANG

Pembinaan dan pengembangan regenerasi dari suatu organisasi (Ekstrakulikuler) sangatlah penting untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan acuan dan tujuan yang hendak dicapai peserta didik yang juga merupakan generasi muda dan kader perjuangan penerus bangsa adalah anggota masyarakat yang berusaha membangun dan mengembangkan dirinya pada jalur,jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk didalam pendidikan pada jalur organisasi.

Generasi muda atau regenerasi yang didalamnya termasuk peserta didik  SMAN 1 Cisarua yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler Paskibra adalah penerus cita-cita perjuangan Paskibra SMAN 1 Cisarua dan sumber insani untuk mengangkat nama baik atau mengharumkan Citra SMAN 1 Cisarua.

B.     LANDASAN HUKUM 
Adapun yang menjadi landasan kegiatan ini adalah : 

  1. Program kerja Sekbid tiga Osis SMAN 1 Cisarua 2012/2013
  2. Program Kerja Ambaraua 2013-2014.

C.      BENTUK DAN NAMA KEGIATAN

Kegiatan yang diselenggarakan oleh SMK TI PEMBANGUNAN dengan nama AZURA CUP.

D.    WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN LOMBA

Hari          : Sabtu

Tanggal    :  22 Februari 2014

Tempat     :  SMKN TI PEMBANGUNAN CIMAHI

E.     PESERTA LOMBA

(Terlampir)

F.    RENCANA ANGGARAN BIAYA

(Terlampir)

G. PENUTUP

Demikian proposal Pengajuan Dana ini kami buat, kami mengharapkan segala hal yang terkait di dalamnya mudah-mudahan bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas bantuan moral maupun materil yang diberikan oleh Bapak/Ibu. Mudah-mudahan segala rencana yang tertuang dalam proposal ini dapat terealisasikan dengan baik sehingga menjadi suatu amalan yang bernilai tinggi di hadapan-Nya.Akhir kata kami haturkan terimakasih, semoga dengan pengajuan ini kita dapat mengikuti lomba dan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah