Contoh Resmi Pengumuman SBMPTN, Lihat di Sini Biar Tidak Salah (Simulasi)

 Bella Carla | Ming, 26 Apr 2020

Pengumuman SBMPTN – Sudah siapkah kamu melihat pengumuman SBMPTN hari ini? Jika merujuk pada jadwal sekarang, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan secara resmi pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Sabtu, 25 Juli 2020. Bagi peserta yang dinyatakan lulus atau gagal nantinya menerima pesan yang berbeda ketika mengecek pengumuman SBMPTN tersebut. Lantas, bagaimana contoh resmi pengumuman SBMPTN untuk yang lulus dengan tidak? Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

Info Link Pengumuman Hasil SBMPTN 2020

Pengumuman SBMPTN
edura.id

SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh setiap PTN yang dikoordinasikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Adapun daya tampung mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SBMPTN yakni minimum 40 persen dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di setiap PTN. Dalam pelaksanaan SBMPTN, peserta wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di mana materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Pelaksaan ini berbayar dengan biaya ujian ditanggung bersama oleh peserta dan disubsidi pemerintah.

Pendaftaran SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN sendiri dibuka pada tanggal 2 hingga 20 Juni 2020. Adapun persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020 yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020.

Berdasarkan informasi dari LTMPT, pengumuman SBMPTN 2020 akan dipublikasikan pada Sabtu, 25 Juli 2020 di situs resmi SBMPTN. Link pengumuman SBMPTN sendiri dapat diakses di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Selain itu, ada 12 laman mirror lain yang juga bisa diakses untuk mengecek pengumuman tersebut. Dijelaskan bahwa peserta diminta untuk memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir saat cek pengumuman SBMPTN 2020.

Contoh Resmi Pengumuman SBMPTN

Jika peserta diterima, maka akan ditampilkan: nomor peserta, nama peserta, tanggal lahir peserta, nama PTN diterima, nama Program Studi diterima, dan ucapan “Selamat! Anda dinyatakan lulus SBMPTN LTMPT 2020.” Di bawah ini Mamikos berikan contoh tampilan layar yang akan kamu terima ketika mengecek pengumuman SBMPTN dengan menggunakan contoh pengumuman SBMPTN tahun lalu.

mmc.tirto.id

 

Jika peserta tidak diterima, maka akan ditampilkan: “Peserta atas nama … dengan nomor peserta … dinyatakan tidak diterima pada SBMPTN LTMPT 2020.” “Jangan putus asa dan tetap semangat.” Di bawah ini Mamikos berikan contoh tampilan layar yang akan kamu terima ketika mengecek pengumuman SBMPTN dengan menggunakan contoh pengumuman SBMPTN tahun lalu.

mmc.tirto.id

 

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN dapat langsung dapat memproses registrasi ulang di masing-masing kampus tujuan dengan jadwal akan menyesuaikan tiap universitas yang dituju. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos SBMPTN 2020 jangan kecewa, kamu pun masih memiliki kesempatan masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi mandiri. Jadwal jalur seleksi mandiri ini nantinya dapat kamu cek di laman masing-masing  kampus yang dituju.

Oke, itu tadi contoh resmi pengumuman SBMPTN yang dapat kamu jadikan sebagai simulasi agar nantinya tidak salah dalam mengecek pengumuman SBMPTN 2020. Jika masih ada yang ingin ditanyakan lagi seputar info terbaru SBMPTN 2020, silahkan kamu kunjungi situs Mamikos. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: