9 Contoh Surat Pemberitahuan Resmi Kegiatan, Pembayaran, Dinas Lengkap!

 Bella Carla | Sen, 30 Mar 2020

Contoh Surat Pemberitahuan Resmi – Setiap orang yang ingin mengadakan kegiatan, tentunya membutuhkan surat pemberitahuan kegiatan. Nantinya, surat pemberitahuan kegiatan ini berisikan informasi tentang acara atau kegiatan yang hendak dilaksanakan. Buat kamu yang memiliki ikatan dengan perusahaan atau instansi tertentu, pastinya kamu wajib mengetahui cara penulisan surat pemberitahuan yang baik agar nantinya ketika atas meminta kamu membuatnya kamu pun dapat memenuhinya. Nah, untuk membantu kamu memahami cara membuat surat pemberitahuan berikut Mamikos berikan beberapa contoh surat pemberitahuan kegiatan, contoh surat pemberitahuan pembayaran, serta contoh surat pemberitahuan dinas di bawah ini.

Deretan Contoh Surat Pemberitahuan Resmi: Kegiatan, Pembayaran, Dan Dinas

Contoh Surat Pemberitahuan Resmi
wikihow.com

 

Secara umum, surat pemberitahuan umumnya merupakan surat yang bersifat resmi dan dikeluarkan oleh pihak-pihak resmi seperti instansi pemerintahan, perusahaan, hingga institusi pendidikan. Biasanya, surat pemberitahuan ini akan berisikan tentang informasi yang ingin disampaikan atau berbentuk pengumuman. Selain itu, surat pemberitahuan juga bisa saja berisi kegiatan yang hendak dilakukan oleh pihak – pihak terkait. Untuk mendapatkan gambar seputar surat pemberitahuan, di bawah ini Mamikos sudah memberikan gambaran hingga contoh-contohnya.

Tujuan Surat Pemberitahuan

Tujuan dibuatnya surat pemberitahuan adalah untuk memberikan informasi penting yang harus dijalankan oleh berbagai pihak yang bersangkutan dengan kelompok, lembaga, organisasi formal atau informal, serta perusahaan. Dengan kata lain, surat pemberitahuan ini dibuat dengan tujuan untuk sekedar menyebarkan pemberitahuan tentang adanya sebuah kegiatan atau perihal dan topik tertentu. Selain itu, surat pemberitahuan juga menjadi salah satu sumber informasi bagi beberapa pihak agar mengikuti adanya peraturan baru yang telah ditetapkan oleh lembaga pemerintahan atau perusahaan. Serta informasi terkini yang akurat dan memberikan pengaruh besar terhadap adanya gejala atau fenomena tertentu bagi lembaga yang bersangkutan.

Selain itu, surat pemberitahuan juga menjadi salah satu sumber informasi bagi beberapa pihak agar mengikuti adanya peraturan baru yang telah ditetapkan oleh lembaga pemerintahan atau perusahaan. Serta informasi terkini yang akurat dan memberikan pengaruh besar terhadap adanya gejala atau fenomena tertentu bagi lembaga yang bersangkutan. Tujuan penulisan surat pemberitahuan ini juga harus benar-benar dipahami dengan baik agar informasi yang disampaikan benar adanya kepada para pembaca. Bagi kamu yang bertugas untuk menulis atau membuat surat pemberitahuan tentunya kamu juga harus benar-benar memahami tujuan surat tersebut agar nantinya bisa dicantumkan dengan detail dan jelas di bagian isi surat.

Syarat Penulisan Surat Pemberitahuan

Agar surat pemberitahuan dapat dipahami oleh berbagai pihak yang bersangkutan, maka surat tersebut tentunya harus memiliki kriteria tertentu. Sedangkan untuk mengetahui kriteria tersebut, kamu sebagai penulis surat harus bisa memahami syarat penulisannya dengan baik. Seperti pada surat resmi umumnya, syarat-syarat surat pemberitahuan secara keseluruhan hampir sama. Adapun untuk syarat-syarat penulisan surat pemberitahuan adalah sebagai berikut.

1. Kop surat

Sama seperti jenis surat resmi lainnya, pada penulisan surat pemberitahuan paling awal harus dicantumkan kepala surat (kop surat). Perlu diingat, format penulisan lembaga atau perusahaan terkait harus dituliskan menggunakan huruf kapital secara keseluruhan. Namun, pada bagian alamat atau informasi kontak harus dituliskan menggunakan huruf kapital di awal katanya saja. Kop surat yang dicantumkan di surat pemberitahuan juga harus dilengkapi dengan pencantuman logo lembaga, komunitas, atau perusahaan yang bersangkutan. Karena di setiap surat yang dibuat oleh lembaga atau instansi yang berbeda akan mempengaruhi pembuatan kop surat pemberitahuan yang berbeda pula, begitupun dengan logonya.

2. Memiliki susunan berurutan

Hal kedua yang penting untuk kamu perhatikan adalah bagian-bagian pada format penulisan surat pemberitahuan yang harus ditulis secara berurutan. Untuk bagian-bagian ini jangan pernah sekalipun dibolak-balik karena nantinya bisa membawa kesalahpahaman bagi para pembaca. Untuk susunan yang berurutan tersebut dimulai dari kop surat, kemudian waktu penulisan surat, salam pembuka, isi, hingga salam penutup dan identitas si penulis surat. Pastika kamu benar-benar memahami bagian-bagian pada format penulisan surat pemberitahuan ini ya agar pembaca pun lebih memahami maksud dan tujuan dari surat tersebut.

3. Pihak penerima harus disebutkan dengan jelas

Surat pemberitahuan yang baik tentunya harus bisa sampai pada penerima dengan sasaran yang tepat, oleh karena itu kamu pun harus memastikan bahwa kamu sudah menulis identitas pihak penerima dengan benar. Umumnya, identitas penerima surat dituliskan di bagian awal sebelum salam pembuka surat disertai dengan penulisan alamat pihak penerima secara lengkap. Kemudian, pada bagian isi surat juga sedikit disebutkan identitas penerima dengan tujuan tertentu yang berkaitan dengan alasan si pengirim menulis surat pemberitahuan kepada si penerima. Kamu pun bisa menyebutkan identitas penerima surat dengan simpel namun jelas, misalnya penerima yang dituju adalah sebuah perusahaan maka kamu sebutkan saja nama lengkap perusahaan sekaligus posisi atau jabatan si penerima di perusahaan tersebut.

4. Identitas pengirim ditulis dengan jelas

Selain identitas penerima surat, identitas pengirim surat juga harus dituliskan dengan jelas. Hal ini bertujuan agar penerima surat memahami maksud dan tujuan utama surat tersebut dikirim. Tak hanya itu saja, hal ini juga berfungsi untuk mewaspadai adanya penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Jika penerima surat merasa tidak pernah memiliki kepentingan dengan si pengirim sebelumnya dalam tindakan apapun, maka bisa dipastikan bahwa surat tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

5. Alamat penerima dan pengirim ditulis dengan jelas

Tak hanya identitas, alamat juga penting untuk kamu tuliskan secara jelas di surat pemberitahuan yang kamu tulis. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan atau suatu hal terkait kepentingan yang melibatkan pihak penerima dan penulis surat. Alamat yang dituliskan pun bukan hanya dari pihak penerima, tetapi pihak pengirim juga. Format penulisan alamat ini dimulai dari menyebutkan nama jalan, desa/dusun, RT/RW, kecamatan, kabupaten hingga kota, dan kode pos. Alamat ini harus dituliskan pada bagian kop surat yang menandakan pihak dari si pengirim, kemudian ditulis di bagian penerima yang dituju, yang ditulis sebelum salam pembuka di awal surat.

6. Menggunakan bahasa formal namun sederhana

Surat resmi biasanya ditulis dengan bahasa yang formal dan kaku karena menyangkut kepentingan formal yang melibatkan institusi atau lembaga yang bersangkutan. Agar tidak terlalu kaku, kamu bisa menuliskan surat pemberitahuan dengan bahasa yang formal namun dengan gaya susunan kalimat yang sederhana. Pastikan bahwa kalimat yang kamu tuliskan tersebut mudah dipahami oleh si pembaca atau si penerima surat agar bisa menjalankan perihal yang sesuai dengan penyampaian isi dan tujuan surat. Pastikan pula kalimat yang kamu tuliskan tersebut to do point dan tidak bertele-tele.

7. Terdapat penyebutan waktu atau tempat dengan jelas

Terakhir, di dalam surat pemberitahuan juga wajib dicantumkan waktu dan tempat yang jelas. Hal ini bertujuan agar si pembaca dapat menghadiri lokasi yang hendak digunakan untuk melaksanakan acara atau kegiatan yang sifatnya penting. Penulisan waktu yang tidak boleh dilewatkan pula adalah bagian waktu penulisan surat tepat di bagian atas dan di bawah kop surat. Setelah itu, pada isi atau bodi surat juga perlu dituliskan tempat dan waktu agar si penerima bisa menuju lokasi yang tepat saat diselenggarakannya sebuah acara penting sesuai dengan perihal yang ditulis pada surat pemberitahuan.

Struktur Penulisan Surat Pemberitahuan

Agar penerima surat memahami isi dan tujuan surat yang kamu kirimkan, kamu wajib untuk menulis surat pemberitahuan sesuai dengan susunan yang telah diatur dan disepakati secara umum pada surat resmi. Pastikan bahwa bagian tersebut berurutan dengan baik secara runtun. Selain itu, penentuan ketetapan jenis surat sekaligus ukuran penulisan secara teknis juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, berikut adalah struktur penulisan surat pemberitahuan yang wajib kamu ketahui.

1. Kop surat

Kepala surat atau kop surat wajib untuk dituliskan di bagian paling atas dalam surat pemberitahuan. Penulisan kop surat juga wajib menggunakan huruf kapital pada penulisan nama lembaga atau instansi, kemudian format huruf harus ditebalkan dan ditulis dengan rata tengah. Kamu juga bisa menambahkan dengan logo instansi kamu agar surat pemberitahuan lebih terlihat bukti keresmiannya.

2. Waktu penulisan surat

Waktu di sini dituliskan berdasarkan waktu pada kamu saat sedang menulis surat pemberitahuan tersebut. Nantinya penulisan waktu ini diletakkan pada bagian awal setelah penulisan kop surat. Tepatnya di bagian bawah kop surat dengan menggunakan rata kanan atau rata kiri. Susunannya secara umum dituliskan mulai dari hari, tanggal, bulan dan tahun yang sedang berlangsung. Jangan sampai melakukan kesalahan pada penulisan waktu surat karena akan memberi kesan buruk bagi si penerima surat yang membacanya.

3. Identitas penerima dan alamat tujuan

Setelah itu, pada baris selanjutnya kamu wajib mencantumkan identitas si penerima surat dengan jelas. Kemudian, jangan lupa mencantumkan alamat lengkap si penerima surat tepat di bawah baris identitas.

4. Salam pembuka

Salam pembuka surat ditulis dengan bahasa yang formal dan singkat, biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Letak salam pembuka ini berada tepat di bagian bawah identitas penerima surat, sekaligus alamat yang dituju. Salam pembuka surat ditulis pada bagian kiri kertas atau bisa menggunakan fitur rata kiri.

5. Paragraf pembuka

Pada baris selanjutnya dengan memberikan sedikit jarak, kamu perlu menuliskan satu paragraf pembuka. Isinya cukup singkat, bisa terdiri dari satu sampai tiga kalimat saja. Jangan lupa pada bagian paragraf pembuka hingga paragraf penutup dituliskan menggunakan rata kanan dan kiri.

6. Isi surat

Sampai pada bagian yang terpenting, yakni isi surat. Di bagian ini, kamu harus secara rinci dan detail tentang informasi atau tujuan ditulisnya surat pemberitahuan tersebut. Mulai dari nama kegiatan atau tema tertentu, kemudian, waktu dan tempat kegiatan, sekaligus dengan perihal penting lainnya.

7. Paragraf penutup

Isi dari paragraf penutup secara teknis hampir sama dengan paragraf pembuka. Namun, secara substantif, hanya ditulis untuk mengakhiri pembahasan pada surat pemberitahuan saja.

8. Salam penutup

Setelah paragraf penutup, kamu wajib pula menyampaikan salam penutup. Salam penutup ini dituliskan dengan kata yang singkat cukup satu atau dua kata saja.

9. Tanda tangan dan nama terang pengirim

Yang terakhir adalah tanda tangan sekaligus nama terang kamu, bisa dituliskan dengan rata kiri atau rata kanan.

Contoh Surat Pemberitahuan

Jika kamu masih sedikit kebingungan mengenai bentuk dari surat pemberitahuan ini, berikut Mamikos berikan contoh surat pemberitahuan resmi agar dapat menjadi referensi kamu.

Contoh surat pemberitahuan kegiatan

1. Contoh surat pemberitahuan acara yang diselenggarakan perusahaan

PT. MAJU MUNDUR PERTAMASINDO
Jl. Logiwa No. 101, Jakarta Selatan Telp. (031 – 7655901)

Jakarta, 16 Februari 2018

Nomor : 102/KY/JKT/2018
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan Kegiatan Perusahaan

Yth.
Seluruh Staff dan Karyawan
PT. Maju Mundur Pertamasindo

Dengan Hormat.

Dengan adanya pelaksanaan acara Halal Bihalal di perusahaan yang hendak dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Selasa/15 Juni 2018
Pukul : 08.00 – Selesai
Tempat : Aula Serbaguna PT. Maju Mundur Pertamasindo
Dengan demikian Kami selaku jajaran Direksi PT. Mekar Arum memberikan pemberitahuan kepada Bapak/Ibu Staff dan karyawan untuk menghadiri acara Halal Bihalal tersebut.

Demikian surat pemberitahuan kegiatan ini Kami sampaikan. Atas perhatian sekaligus partisipasinya Kami ucapkan banyak terima kasih.

Direktur PT. Maju Mundur Pertamasindo,

Putra Rayhan

2. Contoh surat pemberitahuan kegiatan sekolah

Pemerintah Kota Pekanbaru
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
SMA Negeri 2 Pekanbaru
Jl. Ikan Asin No. 78, Pekanbaru
Telp. (062 – 765220) ; Fax. (062 – 211726)
Email : sman2pekanbaru@gmail.co.id

Pekanbaru, 06 September 2017

Nomor : 321/SMAN2/08/2017
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan Kegiatan Siswa Study Tour

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Wali Murid
SMA Negeri 2 Pekanbaru
Di Tempat,

Dengan Hormat,

Sesuai dengan acara tahunan yang diselenggarakan secara rutin bagi para siswa SMAN 2 Pekanbaru, khususnya untuk kelas XI maka pada tahun ajaran 2017/2018 ini pihak sekolah akan menyelenggarakan kegiatan study tour yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan boleh untuk siswa pada tingkat kelas lainnya di SMAN 2 Pekanbaru. Acara study tour akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Selasa/11 September 2017
Pukul : 06.00 – Selesai
Tiap siswa akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.00

Dengan adanya surat ini, Kami memohon agar Bpak/Ibu Wali Muraid memberikan izin kepada para siswa untuk hadir dan ikut serta dalam kegiatan tersebut, dengan melunasi biaya terlebih dahulu.

Demikian surat pemberitahuan kegiatan siswa ini Kami sampaikan. Atas perhatian sekaligus pemberian izin kepada para siswa Kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pekanbaru,

Malik Al – Azzam

3. Contoh surat pemberitahuan kegiatan donor darah

PUSKESMAS KELILING DESA MANUNGGAL KIDUL
Jl. Manunggal No. 03 Blok B, Kediri
Telp. (031 – 876232), Email : manunggalpskm@yahoo.com
Website : puskesmasmanunggal.com

Kediri, 12 Desember 2017

Nomor : 304/KDR/08/2017
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan Kegiatan

Kepada Yth.
Seluruh Warga Desa Manunggal Kidul
Di Tempat,

Dengan Hormat,

Dengan banyaknya korban bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Rangkuteni, maka Puskesmas Desa Manunggal Kidul hendak menyelenggarakan kegiatan donor darah untuk membantu korban bencana tersebut. Acara ini didukung oleh PMI Kota Kediri, dan hendak dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis/18 Desember 2017
Waktu : Pukul 09.00 – Selesai
Tempat : di Desa Manunggal Kidul

Dengan surat pemberitahuan ini, Kami menghimbau para warga yang ingin memberikan bantuan dengan mendonorkan darahnya bisa menunggu posko keliling dari Puskesmas Manunggal Kidul di tiap-tiap pos RT yang tersebar di desa Manunggal Kidul. Besar harapan Kami agar para warga dapat berpartisipasi menolong korban di kegiatan tersebut.

Demikianlah surat pemberitahuan ini Kami sampaikan. Atas perhatian serta keikutsertaannya Kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Puskesmas Keliling
Desa Manunggal Kidul,

Sri Wahyuni Tyas

Contoh surat pembayaran

1. Contoh surat pembayaran perusahaan

TOKO PUTERA PATINAMA

Jl. Magelang KM. 09 Sleman Yogyakarta

Telp. 021 (245 569) Website: www. Puterapatinama.com

Nomor: 12/B/1/2014 18 Desember 2019

PT. Putra Patinama

Di Solo

Perihal: Pemberitahuan pembayaran

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diterimanya Surat Saudara dengan nomor : 52/Payment/12/2019 tentang Pembayaran pesanan pembayaran atas pesanan barang batik telah kami terima.

Namun kami telah melakukan pelunasan sebesar Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) melalui Bank Mandiri cabang Solo dengan No. rekening 0274546693 pada tanggal 20 November 2019. Adapun bukti transfer pembayaran terlampir.

Demikianlah pemberitahuan pembayaran ini kami sampaikan agar tidak terjadi salah paham diantara perusahaan kita, terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat kami,

Andi Prasetyo

Manager Customer Service

2. Contoh surat pemberitahuan pembayaran

PT. CAKRA SEJATI

Jl. Mongonsidi No. 123 Medan

Medan, 13 Februari 2018

Perihal : Pemberitahuan pembayaran

Lampiran : 1 lembar

Dengan hormat,

Kami telah menerima surat penagihan yang ber-nomor 134/XII/2018 dari Saudara atas pesanan raket nyamuk pada tanggal 30 November 2017. Namun pada tanggal 28 Januari 2018 kami telah melakukan pelunasan sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) melalui Bank BCA cabang Medan Timur dengan no. rekening 123456789. Adapun bukti transfer pembayaran telah kami lampirkan

Demikianlah surat pemberitahuan pembayaran ini kami sampaikan agar dapat dikoreksi kembali sehingga tidak terjadi salah paham diantara perusahaan kita, Atas kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Staff Administrasi

Joko Raharjo

3. Contoh surat pengiriman pembayaran barang

CV. MAJU MUNDUR

Jalan Sultan Agung No. 20 A Sulawesi Utara

Nomor : 75/MM/V/2019

10 April 2019

Kepada PT. FORISA

Jalan Melati No. 36

Jakarta Pusat

Hal : Pengiriman Pembayaran

Lampiran : Bukti Telah Mengirim Pembayaran

Dengan hormat,

kami sudah menerima barang yang telah kami pesan pada tanggal 05 April 2019, berupa 5 buah Komputer dan 6 buah televisi. Barang pesanan sudah kami cek dan barang-barang tersebut dalam kondisi yang baik.

Berdasarkan persetujuan yang lalu, bahwa sisa pembayaran Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) sudah kami bayarkan melalui Bank BCA. Kami lampirkan bukti pembayarannya.

Atas pelayanan dan perhatiannya dari saudara kami ucapkan banyak terimakasih

Hormat kami,

Agus Tri Prasetyo

 

Bagian Keuangan

Contoh surat dinas

1. Contoh surat pemberitahuan untuk dinas

SMP NEGERI 1 PANCAARGA
Jalan Mangga No 17, Mertoyudan, Magelang No. Telp. (0293) 2345634
____________________________________________________________________

Magelang, 18 Mei 2018
No : 29/SPD-SMPN1P/V/2018
Perihal : Pemberitahuan

Yang Terhormat,
Orang tua / Wali Murid Kelas VII
Di Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan program tahunan untuk kelas VII berkaitan dengan pengembangan kepribadian siswa, maka sekolah akan mengadakan pelatihan berupa outbound yang akan dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal: Sabtu, 26 Mei 2018
Waktu : 07.30 – 14.00 WIB
Tempat : Youth Camp, Salam.

Dimohon orangtua mengantarkan ke sekolah pukul 06.30 dan menjemput kembali pukul 14.30 di sekolah. Siswa wajib menggunakan seragam olahraga, sepatu kets, dan membawa baju ganti.

Demikian surat pemberitahuan ini dibuat, atas izin dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Kepala Sekolah

(ttd + cap)

Yustine Atmaja

2. Contoh surat pemberitahuan rapat dinas

PT JAYA SENTOSA
Jalan Imam Bonjol, No 20, Kota Yogyakarta, No Telp (0274) 8600120

Yogyakarta, 10 Mei 2018
No: 21/SP-PTJS/V/2018
Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth
Manager dan Staf Keuangan
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya dan kualitas analisis keuangan perusahaan, seluruh bagian keuangan PT Maju Sentosa diminta mengikuti seminar bersama dengan pembicara Staf Ahli Keuangan Efra Sasmita yang akan dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal : Sabtu (19 Mei 2018)
waktu : 07.30 – 12.30 WIB
tempat : Ruang meeting kecil lantai III

Mengingat pentingnya acara tersebut diharapkan Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Direktur Utama

(ttd+cap)

Kurniawan Astamardaya

3. Contoh surat dinas resmi

SMA Bakti Angkasa Cikarang
Jl. Jend. Sutoyo No. 8 Jakarta
No. Telp. (021) 60507256

Cikarang, 29 Mei 2016

No : 159/SMA Bakti Angkasa Cikarang/2016
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XI , XII, XII SMA Bakti Angkasa
Cikarang

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional kepada para siswa dan siswi SMA Bakti Angkasa Cikarang, kami selaku pihak dari pendidikan sekolah akan menyelenggarakan acara lomba cerdas cermat antar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis, 14 Oktober 2016
Pukul : 08.00 s.d. 11.00 WIB
Tempat : Cikarang
Acara : Lomba cerdas cermat

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nah, di atas tadi Mamikos sudah merangkumkan kamu informasi seputar 9 contoh surat pemberitahuan resmi mulai dari surat pemberitahuan kegiatan, pembayaran, hingga dinas. Semoga informasi yang Mamikos berikan di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu ya! Jangan lupa untuk download dan install aplikasi Mamikos di ponsel kamu jika kamu membutuhkan membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi untuk menemukan seluruh informasi sewa properti yang diinginkan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: