Contoh Surat Permohonan Cuti Kerja Yang Baik Dan Benar

 Bella Carla | Sen, 23 Mar 2020

Contoh Surat Permohonan Cuti Kerja – Bagi kamu yang sekarang berstatus sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan atau instansi tertentu, tentunya kadang kala kamu akan membutuhkan waktu cuti guna berlibur sejenak. Beberapa hal umum yang mendasari seorang karyawan butuh mengambil cuti antara lain adalah karena sakit, memiliki kegiatan atau kewajiban di luar kota, sedang dalam periode kehamilan dan sebentar lagi akan melahirkan, atau ada pula yang memang ingin berlibur sejenak untuk me-refresh kembali isi pikiran. Sayangnya, untuk bisa mengambil cuti ini tidak semudah yang dikira karena kamu harus mengikuti beberapa prosedur yang sudah ditetapkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Dalam keadaan seperti inilah kamu akan membutuhkan yang namanya surat permohonan cuti kerja. Guna mempermudah kamu membuat surat tersebut, berikut Mamikos berikan beberapa contoh perusahaan surat permohonan cuti kerja yang baik dan benar.

Berikut Contoh Surat Permohonan Cuti Kerja

Contoh Surat Permohonan Cuti Kerja
qerja.com

Pengertian surat cuti kerja untuk perusahaan

Surat cuti merupakan surat yang dibuat sebagai bentuk pemberitahuan atau permohonan izin ke perusahaan agar dapat diberikan izin tidak masuk kerja, sehingga memberikan kesan baik bagi seorang karyawan terhadap perusahaan. Format penulisan surat cuti kerja ini tentunya harus diperhatikan supaya lebih mudah dimengerti maksud dan tujuan surat tersebut oleh HR perusahaan. Pemerintah juga sudah membuat kebijakan mengenai jenis-jenis cuti yang bisa digunakan karyawan yang diatur dalam UU Nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Selain membuat surat perjanjian kerja, surat cuti juga merupakan jenis persuratan resmi yang dikelola oleh HR. Hal ini karena karyawan juga bisa saja mengalami sakit atau hal-hal lain diluar rencana sehingga tidak memungkinkan untuk berangkat ke kantor dan perlu mengajukan cuti. Contohnya, pernikahan keluarga, pengurusan dokumen, liburan, keluarga atau kerabat meninggal, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis cuti

Pada dasarnya, ada dua jenis cuti yang diakui oleh perusahaan yaitu:

Cuti bersama

Untuk jenis cuti ini, diberikan kepada semua karyawan di seluruh perusahaan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Sayangnya, perhitungan cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan sehingga bisa mengurangi jatah cuti tahunan kalau kamu mau mengambil cuti bersama.

Cuti berbayar

Jenis cuti ini merupakan izin di mana perusahaan memiliki tanggung jawab untuk tetap membayar gaji atau upah kepada karyawan walaupun karyawan tersebut mengambil cuti. Yang termasuk dalam cuti berbayar ini yaitu cuti sakit, cuti penting, cuti melahirkan dan cuti ketika karyawan harus melakukan kewajiban mereka terhadap negara, ibadah atau cuti karena tugas dari perusahaan itu sendiri. Untuk cuti sakit, perusahaan akan membayarkan gaji atau upah karyawan selama empat bulan pertama secara penuh dan 75% untuk empat bulan selanjutnya. Namun, kalau karyawan masih dalam keadaan belum sehat maka perusahaan hanya akan membayarkan 50% gaji atau upah karyawan tersebut setelah delapan bulan dan 25% untuk bulan-bulan selanjutnya sampai pemutusan hubungan kerja (PHK) kalau melebihi batas waktu yang diberikan.

Contoh surat permohonan cuti

Membuat surat permohonan cuti, tentunya menjadi hal utama sebelum mendapatkan izin atau hak cuti dari atasan kamu. Oleh karena itu, tentunya kamu harus tau tentang cara membuat surat permohonan cuti yang baik dan benar. Jika kamu merencana cuti dalam waktu dekat dan membutuhkan untuk membuat surat permohonan cuti sekarang, mungkin kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan seperti contoh berikut ini.

Contoh surat permohonan cuti berdasarkan profesi

Contoh surat permohonan cuti PNS

Pegawai negeri merupakan pekerjaan yang terlibat dalam kelompok atau organisasi pemerintahan. Nah oleh karena itu, segala bentuk aktivitas dan kegiatan harus mengikuti aturan dari pemerintah. Termasuk juga dalam mengajukan cuti, pegawai negeri harus membuat surat permohonan cuti terlebih dahulu, seperti contoh dibawah ini.

Surat Permohonan Cuti Pegawai Negeri

Jakarta, 20 Oktober 2019

Kepada Yth. Rektor
melalui Kepala Bagian Kepegawaian
Universitas Negeri Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Dimas Maulana
NIP : 89897687215157
Pangkat/ Gol.Ruang : V/A
Satuan Organisasi : Universitas Negeri Jakarta

dengan surat ini saya mengajukan permintaan cuti bersalin untuk persalinan yang ke II/cuti di luar tanggungan Negara untuk persalinan *), terhitung mulai tanggal 22 Oktober 2019 sampai dengan tanggal 15 Januari 2020.

Demikianlah surat permintaan ini saya buat untuk dapat dipertimbangkan sebagaimana mestinya. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Dimas Maulana
NIP. 89897687215157

 

Contoh surat permohonan cuti karyawan perusahaan

Bekerja menjadi karyawan diperusahaan yang tentunya mempunyai hal cuti. Salah satu hak cuti yang dapat diambil kapan saja ialah cuti tahunan. Nah, jika kamu ingin bermaksud mengambil hak cuti tersebut, silahkan anda membuat surat permohona cuti seperti contoh dibawah ini.

Makassar, 15 Oktober 2018

Kepada Yth,

Bpk. Personalia
Hal : Surat Izin Cuti Kerja
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Yoga Pangestu
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar
No HP : 08175832546
Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 7 hari kerja ke depan, Dikarenakan harus menghadiri pernikahan Saudara di Bulumerak.

Demikian surat cuti kerja ini saya buat dengan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Yoga Pangestu)

Contoh surat permohonan cuti honorer

Honorer sama seperti halnya dengan pegawai negeri sipil (PNS), tenaga honorer tentunya juga memiliki hak cuti. Jadi, jika kamu seorang pekerja honorer dan kamu memiliki rencana ingin menghadiri acara keluarga atau keperluan apapun lainnya. Maka kamu silahkan membuat surat permohonan cuti, seperti contoh berikut ini.

Surat Permohonan Cuti Honorer

Kepada
Yth. Kepala SDN 15 Balikpapan
di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Dengan ini menyampaikan bahwa saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Dimas Maulana
Jabatan : Guru Olahraga dan Kesenian
Alamat : Jl. Singa No. 20 Balikpapan

Memohon izin melahirkan, yakni terhitung mulai hari Senin tanggal 15 Oktober 2018, sehingga membuat saya tidak bisa melaksanakan kewajiban dan tugas mengajar saya sebagaimana biasanya. Bersama ini saya lampirkan Surat Keterangan Melahirkan yang ditandatangani oleh Bidan setempat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dari Bapak saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Balikpapan, 12 Oktober 2019
Pemohon,

(Dimas Maulana)

Contoh surat permohonan cuti berdasarkan kebutuhan

Contoh surat permohonan cuti melahirkan

Salah satu jenis surat cuti yang sering ditemukan adalah cuti melahirkan. Hak cuti bagi karyawan perempuan yang akan melahirkan wajib diberikan. Nah, bagi kamu yang cuti melahirkan dan ingin membuat surat permohonan cuti, kamu bisa ikuti seperti contoh berikut ini.

Surat Permohonan Cuti Melahirkan

Semarang, 05 Oktober 2017

Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja
Lampiran : 1

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. MundurBareng
Di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Billa Kharisma Septian
Tempat/ Tanggal Lahir : Semarang/ 17 Juni 1990
Jabatan : Staff Keuangan
Dengan surat ini saya mengajukan cuti melahirkan, selama 3 Bulan, terhitung mulai dari tanggal 10 Oktober sampai 10 Februari 2018.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk menjadi pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Billa Kharisma Septian

Contoh surat permohonan cuti menikah

Sama seperti dengan cuti melahirkan, akan tetapi kali ini adalah izin cuti menikah. Bahkan dalam perlangsungan pernikahan, kamu juga membutuhkan surat permohonan cuti. Apalagi waktu yang dibutuhkan lama, namun biasanya perusahaan memiliki batas cuti atau toleransi tersendiri untuk pernikahan. Berikut ini contoh, surat permohonan menikah yang bisa kamu jadikan sebagai contoh.

Surat Permohonan Cuti Menikah

Makassar, 18 Oktober 2018

Kepada Yth,
Pimpinan HRD PT. BerkahBerlimpah
Jl. Singa No. 8 Surabaya
di,-
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Dimas Maulana
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Surabaya
Jabatan : Kepala kasir
Bermaksut mengajukan izin cuti untuk menikah pada tanggal 22, 23, 24, 25, 26, 27 & 28 Oktober 2018.
Demikian surat izin cuti ini saya ajukan. Atas perhatian dan diberikannya permohonan izin saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Dimas Maulana

Contoh surat permohonan cuti tahunan

Bagi setiap karyawan atau pekerja pasti mempunyai hak cuti setiap tahunnya. Hak cuti tersebut dapat diambil sekaligus atau juga dalam beberapa kali dalam setahun, dan kapan saja. Biasanya, hak cuti tersebut dimanfaat untuk liburan, acara keluarga dan lain sebagainya berupa kegiatan yang tak bisa ditinggalkan, sehingga pekerja atau karyawan tersebut mengambil cutinya. Ketika mengambil cuti biasanya dibutuhkan surat permohonan cuti, seperti contoh dibawah ini.

Surat Permohonan Cuti Tahunan

Makassar, 20 September 2018

Kepada Yth.
Kepala SMK 12 Makassar

di –
Makassar
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yoga Pangestu
NIP : 21356523237798
Pangkat/ Gol. Ruang : V/b
Jabatan : Guru Kimia
Satuan Organisasi : SMK 12 Makassar

Dengan ini mengajukan permintaan Cuti Tahunan untuk tahun 2018 selama 7 hari kerja, Terhitung mulai tanggal 22 September 2018 sampai dengan tanggal 29 Oktober 2018

Selama menjalankan cuti, alamat saya berada di: Jl. Poros Bumi No. 22 Kabupaten Gowa.
Demikianlah permintaan ini saya buat untuk dapat dipertimbangkan sebagaimana mestinya.

Hormat Saya,

 

Yoga Pangestu

NIP. 21356523237798

Contoh surat permohonan cuti liburan

Sebagai seorang pekerja atau karyawan pastinya membutuhkan liburan, refresing atau acara keluarga. Selain dihari minggu, mungkin kamu juga menginginkan liburan yang lama bersama keluarga. Atau bisa jadi menghadiri sebuah acara keluarga. Nah, oleh karena itu kamu perlu membuat surat permohonan cuti seperti contoh dibawah ini.

Surat Permohonan Cuti Kerja

Makassar, 20 Oktober 2018

Kepada Yth.,
Hal : Surat Izin Cuti Kerja

Bpk. Personalia
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini

Nama : Dimas Maulana
Alamat : Jl. Singa No. 22 Surabaya
No Hp : 081246234578
Jabatan : Staff Keuangan

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 4 hari kerja ke depan, Dikarenakan harus menghadiri pernikahan Adik di Rungkut

Demikian surat cuti kerja ini saya buat dengan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Ttd

(Dimas Maulana)

Contoh surat permohonan cuti sakit

Salah satu alasan yang paling sering ditemukan ketika seorang karyawan ingin meminta cuti tidak masuk kerja atau sekolah adalah dikarenakan sakit. Dan jika dalam hasil pemeriksaan dokter agar diperintahkan untuk istarahat atau dalam perawatan intensif dalam beberapa hari maka kamu pun perlu membuat surat permohonan cuti. Tentunya, kamu juga harus melapirkan tanda bukti kepada atasans jikalau kamu harus mendapatkan perawatan atau istirahat. Berikut contoh surat permohonan cuti yang bisa kamu ajukan.

Surat Permohonan Cuti Karena Sakit

Makassar, 15 Januari 2018

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Maju Sendiri
Di-

Makassar

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama : Yoga Pangestu
Alamat : Jl. SInga No. 20 Makassar
Posisi : Bendahara

Dengan ini mengajukan permintaan cuti sakit selama 7 (Hari )hari karena saya menderita sakit dan oleh karena menjalankan tugas kewajiban, sesuai dengan keterangan dokter/bidan terlampir.

Demikian permintaan ni saya buat untuk dapat dipertimbanga seagaimana mestinya.

Hormat saya,

 

(Yoga Pangestu)

Contoh surat permohonan cuti haji

Jika untuk melaksanakan haji, pastinya anda harus meninggalkan pekerjaan dalam kurun wwaktu yang lama. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat permohonan cuti selama kamu melaksanakan ibadah haji. Dan kamu pun bisa membuat surat tersebut, seperti contoh dibawah ini.

Surat Permohonan Cuti

No. : 01/PR/VII/2018
Lampiran : 2 Lembar
Prihal : Permohonan Izin

Yth.
Kepala UPTD Pembinaan TK/SD Kec. Pallangga
Di
Kantor Gowa

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dimas Maulana
NIP : 342547658678679
Pangkat/ Gol. Ruang : III/B
Jabatan : Guru Bahasa Arab
Unit Kerja : SDIT El-Haq 123 Gowa
Alamat : Blue Cakra Presidence Blok B No. 20 Pallangga, Gowa

Dengan ini mengajukan permohonan cuti alasan penting untuk menunaikan ibadah haji tahun 2018 selama 12 (Dua Belas Hari) hari terhitung mulai tanggal 13 Agustus 2012 s/d 25 Agustus 2018.

Demikian permohonan ini kami sampaikan untuk mendapat tindakan lebih lanjut.

Pallangga, 11 Agustus 2018

Hormat Saya

Dimas Maulana
NIP. 342547658678679

Contoh surat permohonan cuti umroh

Sama seperti dengan cuti ibadah haji, cuti melaksaakan ibadah umroh juga membutuhkan izin dari atasan. Oleh karena itu, sebelum kamu melaksanakan ibadah umroh, kamu terlebih dahulu harus izin keatasan dengan membuat surat permohonan cuti seperti contoh di bawah ini.

Surat Permohonan Cuti Umroh

Surabaya, 15 Oktober 2018

Kepada
Lampiran : – Yth. Dinas Pendidikan
perihal : Permohonan Cuti Umroh
di –
Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yoga Pangestu
NIP : 907626773548862
Jabatan : PNS/ Guru
Unit Kerja : SMPN 20 Surabaya
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 23 Surabaya

Dengan ini mengajukan permohonan cuti menunaikan ibadah umroh tahun 2015 selama 10 (Sepuluh Hari) hari terhitung mulai tanggal 20 Oktober s.d 30 Oktober 2018.

Demikian permohonan ini disampaikan dan atas persetujuannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Yoga Pangestu
NIP. 907626773548862

Contoh surat permohonan cuti kematian

Permohonan izin cuti tidak masuk kerja karena kematian bisa kamu ajukan jika ada anggota dari keluarga kamu yang meninggal dunia. Namun, tentunya untuk mendapatkan izin tersebut kamu harus membuat surat permohonan cuti terlebih dahulu. Karena surat tersebut dibutuhkan untuk kepentingan administrasi. Kamu pun bisa membuat surat permohonan cuti seperti di bawah ini.

Surat Permohonan Cuti Karena Kematian

Kepada Yth.

Manajer HRD

PT. Kita Bersama Sehati

Di
Bandung

Perihal: Ijin tidak masuk kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rifky Anugerah Maulana
Alamat : Jl. Ahmad Yamin No. 12 Bandung
Posisi : Staff Keuangan

bersama surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti kerja selama 5 hari terhitung mulai tanggal 15 September 2018 dikarenakan berduka karena kematian keluarga (kakek).

Demikian surat permohonan ijin saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Bandung, 15 September 2018

Hormat saya,

Rifky Anugerah Maulana

 

Nah, di atas tadi Mamikos sudah membagikan kamu seputar contoh surat permohonan cuti kerja yang baik dan benar. Semoga informasi di atas bisa berguna ya untuk kamu nantinya! Oh iya, buat kamu yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: