6 Contoh Surat Pernyataan Diri Lengkap Berbagai Keperluan

 Lailla | Rab, 29 Jul 2020

6 Contoh Surat Pernyataan Diri Lengkap Berbagai Keperluan – Pernahkah kamu membuat sebuah pernyataan? Cara mengungkapkan pernyataan bisa dilakukan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Namun, masing-masing cara tersebut memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Menyatakan sesuatu secara lisan cenderung mudah dilupakan, sedangkan jika dilakukan melalui tulisan, seseorang akan lebih mudah mengingatnya.

Berbagai Macam Contoh Surat Pernyataan Diri

pixabay.com

Pernyataan secara lisan cenderung sulit dibuktikan, apalagi jika tidak ada saksi. Namun, dengan adanya pernyataan tertulis, seseorang bisa lebih memahami konteks yang dimaksud. Contoh pernyataan tertulis bisa dibuat dalam bentuk surat pernyataan. Surat ini memiliki peranan sama seperti pernyataan lisan. Namun, ada kelebihan penggunaan surat pernyataan tertulis karena lebih mudah diingat dan bisa dibuktikan. Sebagai referensi, terdapat contoh-contoh surat pernyataan diri untuk berbagai keperluan.

Apa Itu Surat Pernyataan?

Surat pernyataan adalah surat berisi pernyataan seseorang atau menjelaskan orang lain. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa orang tersebut sudah pernah ataupun tidak pernah melakukan sesuatu. Ada pula yang mendefinisikan surat pernyataan sebagai pernyataan tertulis yang menerangkan kesanggupan menanggung risiko suatu hal. Apabila dalam surat tersebut ada aspek legal hukum, maka perlu diberi meterai atau kertas segel. Dengan demikian, pelanggaran terhadap surat pernyataan bisa dibawa ke jalur hukum, hingga dijerat pasal berlaku.

Tujuan Surat Pernyataan

Setiap surat memiliki tujuan tertentu, tidak terkecuali pada surat pernyataan. Berikut ini adalah tujuan surat pernyataan yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

  1. Melengkapi surat lainnya. Ketika melamar kerja atau menyelesaikan studi, surat pernyataan dapat digunakan untuk menegaskan pernyataan.
  2. Digunakan untuk keperluan dinas. Surat pernyataan tidak hanya dibuat calon karyawan saja, tetapi juga atasan atau pimpinan perusahaan. Misalnya seorang pimpinan yang membuat keterangan untuk bawahannya.
  3. Menyatakan suatu kondisi. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan ingin menegaskan bahwa seseorang baik-baik saja, perlu dibuat surat pernyataan. Surat tersebut akan lebih kuat jika ditandatangani dokter atau diberi kop instansi yang memeriksa.

1. Contoh Surat Pernyataan Diri

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Maya
Alamat: Yogyakarta
No KTP: 3741053808670002

dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak pernah terlibat kegiatan menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkoba.
  2. Tidak menggunakan narkoba atau zat adiktif lainnya.
  3. Sama sekali tidak pernah terlibat kegiatan kriminal.
  4. Tidak pernah diberhentikan atau dipecat secara tidak hormat sebagai pegawai di instansi sebelumnya.
  5. Tidak terlibat aktivitas politik, baik sebagai anggota maupun pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya sebagai syarat untuk melamar pekerjaan sebagai perawat di Rumah Sakit Sejahtera. Saya bersedia menerima konsekuensi hukum jika ditemukan kesalahan pada surat ini suatu hari.

Yogyakarta, 28 Juli 2020

Maya

2. Contoh Surat Pernyataan Hutang

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Maiman
Alamat: Jakarta
No KTP: 3741042808680001

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, tertanggal 28 Juli 2018 telah meminjam uang kepada saudari Emilia sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam tempo 30 (tiga puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 27 Agustus 2020.
  2. Jika pada saat tanggal jatuh tempo tersebut saya belum mengembalikan pinjaman saya kepada saudari Emilia, saya memohon keringanan kepada saudari Emilia agar diberi perpanjangan waktu 30 (tiga puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 26 September 2020;
  3. Jika saya tidak bisa melunasi pinjaman sesuai tenggang waktu , saya bersedia mempertanggungjawabkan hal tersebut secara hukum.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat tanpa paksaan maupun tekanan dari berbagai pihak.

Jakarta, 28 Juli 2020

Maiman

3. Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Indana Isma
Tempat dan Tanggal Lahir: Yogyakarta, 4 Juli 1997
Alamat : Jl. Amarta Sejahtera 20 Yogyakarta

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

Tidak pernah terlibat kasus narkoba maupun terlibat penggunaan narkoba dalam bentuk apa pun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia menerima sanksi jika kemudian hari saya terbukti melanggar pernyataan.

Yogyakarta, 28 Juli 2020
Yang membuat pernyataan,

Indana

4. Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama : Dinaya Arini
Tempat dan tanggal lahir :Bandung, 29 Juli 1999
Alamat : Jalan Suka Warna 20 Bandung

dengan ini menyatakan bahwa:

  1. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal.
  2. Tidak pernah mendapat hukuman penjara karena pelanggaran hukum.
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat saat bekerja.

Demikian surat pernyataan kelakuan baik ini saya buat sebenar-benarnya. Jika di kemudian hari terdapat pernyataan yang tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensinya.

Bandung, 29 Juli 2020
Yang membuat pernyataan,

Dinaya Arini

5. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ameera
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat/ Tanggal Lahir: Surabaya, 17 Agustus 2994
Agama: Islam
Alamat: Jalan Pahlawan No 20 Surabaya

Menyatakan bahwa hingga saat ini saya belum pernah menikah dengan siapa pun, baik secara adat, hukum, agama, ataupun hukum negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Jika surat pernyataan ini tidak sesuai, saya bersedia dituntut sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.

Surabaya, 28 Juli 2020

Ameera

6. Contoh Surat Pernyataan PNS

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Tantia Arafah
Tempat dan Tanggal Lahir: Sleman, 6 Juli 1990
Alamat: Jalan Gabus 18, Sleman

Dengan ini menyatakan bahwa:

  1. Tidak pernah melakukan pidana kejahatan yang menyebabkan hukuman penjara ataupun kurungan berdasar putusan Pengadilan yang memiliki kekuatan hukum.
  2. Tidak pernah diberhentikan hormat atas permintaan sendiri maupun orang lain sebagai PNS, Prajurit TNI dan POLRI maupunsecara tidak hormat sebagai Pegawai Swasta.
  3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara yang ditentukan.
  5. Tidak sedang menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik.
  6. Bersedia tidak pindah lokasi penempatan kerja sebelum masa kerja selesai, yaitu minimal 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya. Saya bersedia dituntut di pengadilan dan menerima segala konsekuensinhya apabila di kemudian hari terbukti melanggar isi surat pernyataan.

Sleman, 25 Juli 2020
Yang membuat pernyataan,

Tantia Arafah

Demikian informasi Contoh Surat Pernyataan Diri Lengkap Berbagai Keperluan sebagai referensi. Lakukan modifikasi sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa untuk memeriksa kembali tata bahasa surat dan penggunaan kalimat pada pernyataan diri tersebut. Setelah yakin bahwa surat tersebut sudah sesuai, berikan pada orang yang dituju. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: