6 Contoh Teks Ceramah Singkat dan Strukturnya, Tentang Berbagai Topik

Contoh teks ceramah singkat, tentang berbagai topik – Pernahkah kamu diminta untuk melakukan ceramah di depan umum? Waktu yang terbatas terkadang menjadi tantangan untuk tetap bisa menyampaikan isi topik. Tidak mengherankan jika jam terbang tinggi sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang menyampaikan ceramah dengan baik.

Contoh Teks Ceramah Singkat dan Strukturnya

unsplash.com

Dalam sebuah kegiatan, sebelum acara inti dimulai, seringkali ada sambutan atau ceramah yang mengawali. Durasi ceramah yang terbatas pun harus diperhatikan agar audiens tidak bosan dan mengantuk. Tantangan dalam menyampaikan ceramah bermacam-macam, seperti durasi waktu, isi teks yang harus sesuai tema, hingga cara penyampaiannya.

Ceramah yang baik perlu disampaikan secara runut. Ada yang membawa teks agar tidak lupa ketika berada di depan umum, ada pula yang sudah menyiapkan konsep serta poin penting dari ceramah tersebut. Sekalipun setiap orang mempunyai gaya berbeda dalam ceramah, pengetahuan tentang tema yang disampaikan sangat penting.

Tanpa adanya gambaran terkait hal yang disampaikan, seseorang akan merasa kesulitan. Sebagai referensi, berikut ini Mamikos berikan contoh-contoh teks ceramah yang dapat kamu gunakan.

Apa Itu Teks Ceramah?

Sebelum masuk ke contoh-contoh teks ceramah, pahami terlebih dahulu definisinya. Teks ceramah adalah teks yang terdiri dari beberapa paragraf untuk memberitahukan atau menyampaikan suatu hal pada khalayak luas. Teks tersebut merupakan naskah tertulis sebagai dasar pemberian pidato terkait tema yang disampaikan oleh ahli di suatu bidang.

Tujuan teks ceramah adalah memberikan wawasan tambahan atau membuat pembaca menjalankan suatu hal, baik secara langsung, melalui media elektronik, maupun media digital.

Struktur Teks Ceramah

Teks ceramah mempunyai struktur yang membedakannya dari teks-teks lainnya, yaitu:

  1. Pembuka: dapat berupa salam pembuka, pengantar, pnadangan penulis terkait topik yang diangkat
  2. Isi: inti yang akan disampaikan, argumen, dan gagasan lainnya
  3. Penutup: penegasan kembali, simpulan, salam penutup
    Ciri-Ciri Teks Ceramah
  4. Memiliki struktur pembuka, isi, dan penutup
  5. Berisi argumen yang sesuai
  6. Bersifat objektif, jelas, dan benar (tidak memunculkan pertentangan di masyarakat)
  7. Menjelaskan atau menginformasikan sesuatu agar pengetahuan pendengar lebih luas
  8. Disampaikan oleh pakar atau orang yang ahli di bidangnya
  9. Memuat ajakan bagi pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai hal yang dibicarakan

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

  1. Menggunakan kata ganti orang pertama (tunggal). Contoh: saya, aku, kami (atas nama kelompok)
  2. Menggunakan kata kedua (jamak). Contoh: Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, Saudara-Saudara, Hadirin, kalian
  3. Menggunakan kata-kata kausalitas atau menunjukkan kaitan sebab-akibat. Contoh: akibatnya, oleh karena itu, dengan demikian, maka
  4. Menggunakan kata kerja mental. Contoh: memprediksi, memprihatinkan, mengagumkan
  5. Menggunakan kata-kata persuasif. Contoh: hendaknya, sebaiknya, perlu, diharapkan, harus

Perbedaan Ceramah, Khotbah, dan Pidato

Mungkin kamu masih mengalami kesulitan untuk membedakannya. Oleh karena itu, pahami perbedaan ketiga jenis teks tersebut.

Ceramah: sifatnya umum, disampaikan pakar ataupun ahli, menyampaikan pengetahuan, isu, dan informasi
Khotbah: berisi pengetahuan tentang keagamaan atau praktik ibadah, ajakan untuk meningkatkan iman pendengar, disampaikan di depan umum
Pidato: bersifat persuasif, mengharapkan pendengar berubah persepsinya, tindakannya, atau sikapnya, memotivasi pendengar, mencari dukungan, disampaikan di depan umum

Contoh-Contoh Teks Ceramah Berbagai Topik

Sudah memahami konsep teks ceramah dan hal penting yang wajib ada? Saatnya membuat naskah teks ceramah sendiri. Namun, referensi berikut dapat kamu gunakan sebagai ide.

1.Contoh Teks Ceramah Tentang Kesehatan

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb

Mari kita panjatkan puji syukur karena bisa berkumpul di aula ini dalam keadaan sehat walafiat untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional. Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan ceramah singkat mengenai pentingnya tidur yang cukup.
Kebiasaan begadang karena mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan secara tidak langsung berpengaruh pada jam tidur seseorang. Sehari dua hari, hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, jika dilakukan terus-menerus, waktu tidur akan terganggu dan berakibat pada kesehatan.

Isi
Ada banyak penyebab jam tidur yang tidak normal. Contohnya adalah penggunaan gadget mendekati jam tidur, tuntutan untuk menyelesaikan pekerjaan, dan interaksi hingga larut malam. Padahal, secara normal orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 6 – 8 jam. Jika tidak terpenuhi, produktivitas sehari-hari akan mengalami penurunan karena tubuh lelah. Dampaknya, konsentrasi seseorang dapat mengalami penurunan signifikan.

Penutup
Alangkah baiknya jika kita mulai memperbaiki pola tidur. Hindarkan diri dari paparan gadget dan hal-hal lain yang dapat mengganggu ritme tidur. Penuhi kebutuhan tidur agar kesehatan senantiasa terjaga. Sekian ceramah dari saya. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan ketika saya menyampaikan materi.

Wassalamualaikum wr.wb

2. Contoh Teks Ceramah Tentang Bencana Alam

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb
Mari kita panjatkan puji syukur atas kesehatan yang diberikan Allah Swt, sehingga kita bisa berada di tempat ini dalam kondisi sehat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata di kesempatan yang istimewa ini.
Melihat pemberitaan di media elektronik dan digital, belakangan ini semakin marak terjadi bencana alam di Indonesia. Masyarakat dikejutkan dengan status gunung berapi yang aktif, gempa bumi, banjir, angin puting beliung, dan sederet bencana lainnya. Oleh karena itu, diperlukan mitigasi bencana agar kita semua dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Isi
Banyaknya bencana alam di Indonesia tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Yang dapat kita lakukan adalah bersiap diri untuk menghadapinya. Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, mereka harus siap pada banjir. Masyarakat yang tinggal di lereng gunung, mereka wajib waspada pada status aktif gunung. Masyarakat yang hidup di tepi pantai pun tidak boleh lengah pada potensi tsunami dan gelombang tinggi.
Mitigasi bencana alam yang tepat sangat diperlukan agar masyarakat lebih siap. Pemerintah telah mengupayakan usaha untuk meminimalisir risiko bencana, baik dengan membangun sarana fisik maupun memberikan edukasi bagi masyarakat. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib mengikuti instruksi tersebut.

Penutup
Kesadaran diri sendiri untuk melakukan mitigasi bencana sedini mungkin sangatlah penting. Jangan abai pada alam yang diam karena kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi. Mari kita jaga diri sendiri dan keluarga. Sekian ceramah dari saya. Apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan.
Wassalamualaikum wr.wb

3.Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi, salam sejahtera. Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena kita dapat berkumpul di acara peringatan Hari Pendidikan Nasional. Pada kesempatan ini, saya bermaksud menyampaikan tema terkait, terutama mengenai minat membaca buku.
Minat baca buku siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas belakangan ini semakin menurun dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut bisa dilihat dengan penurunan tingkat literasi siswa. Tidak mengherankan, memang. Apalagi saat ini arus informasi melalui media elektronik lebih cepat dibandingkan media cetak. Penurunan minat baca tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas pendidikan kita.

Isi
Fenomena yang terjadi terkait minat baca siswa bukan tanpa sebab. Merupakan hal yang lumrah jika siswa sekolah menengah membawa ponsel sendiri. Kita juga tidak dapat mengontrol penuh aplikasi apa saja yang ada di dalamnya. Hampir sebagian besar waktu siswa dihabiskan untuk berselancar di media sosial dan berkomunikasi bersama teman-temannya. Sisanya, waktu dihabiskan untuk mengerjakan PR dan tugas sekolah lainnya. Siswa pun kesulitan menyisihkan waktu untuk membaca buku lain di luar buku pelajaran. Padahal, diperlukan pengetahuan tambahan di luar sekolah agar siswa mampu bersaing setelah lulus nanti.

Penutup
Kita tidak dapat memungkiri bahwa informasi lebih cepat beredar melalui media elektronik. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih tegas pada diri sendiri dengan memantau hal-hal penting yang ada di ponsel. Memanfaatkan aplikasi baca buku atau langganan buku online bisa menjadi salah satu alternatif. Jangan sampai penurunan kualitas pendidikan karena minat baca rendah justru disebabkan kita sendiri yang tidak siap dengan kemajuan teknologi.
Akhir kata, mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian. Semoga setelah ini kita bisa menjadi generasi yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb

4.Contoh Teks Ceramah Tentang Covid-19

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb
Mari kita panjatkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi kesehatan dan kesempatan berkumpul di masa pandemi ini. Mengingat jumlah angkat positif penderita Covid-19 yang semakin meningkat, mari kita terapkan protokol kesehatan secara ketat. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang cara mengatasi kebosanan di rumah selama pandemi.

Isi
Pandemi covid-19 sudah terjadi sejak tahun 2020. Awalnya kita tidak terbiasa menggunakan masker, menjaga jarak, bahkan mencuci tangan di tempat umum, saat ini kita seakan wajib melakukannya. Mobilitas dan aktivitas masyarakat pun dibatasi. Budaya kerja di kantor mulai diubah menjadi kerja dari rumah atau WFO.
Bagi sebagian orang, perubahan tersebut tidak memberikan dampak serius. Namun, bagi yang tidak terbiasa, rasa jenuh dan bosan bisa berpengaruh pada produktivitas seseorang. Untuk mengatasinya, kita dapat mengalokasikan waktu khusus bekerja dan meluangkan waktu istirahat. Menjaga tubuh dari rasa stres juga akan memengaruhi kondisi kesehatan kita.

Penutup
Kita memang tidak tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Sebisa mungkin lakukan aktivitas penting di rumah untuk menghindari kerumunan. Demikian ceramah ini saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata.
Wassalamualaikum wr.wb

5. Contoh Ceramah untuk Anak Muda

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi Generasi Muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian, yang terutama masih duduk di bangku sekolah menengah.

Isi
Apakah teman-teman pernah merasa minder karena berada di lingkungan yang penuh orang berpengaruh? Mungkin teman-teman memiliki idola yang sukses dan berhasil melakukan banyak pencapaian. Sebenarnya, hal tersebut juga bisa teman-teman dapatkan. Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu senggang.
Coba jujur pada diri sendiri, ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar di media sosial dibandingkan untuk belajar? jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan semakin dekat dengan kita. Sesekali teman-teman bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari ide dan melihat peluang pasar. Carilah mentor yang sesuai dengan bidang teman-teman dan jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.

Penutup
Setiap dari kita memiliki potensi untuk sukses dan berkontribusi pada negeri melalui cara apa pun. Maksimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat.
Wassalamualaikum wr.wb

6. Contoh Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Pembuka
Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita. Alhamdulillah kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat bersama teman-teman remaja RT 1 Kampung Genbi. Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan ceramah singkat tentang pergaulan bebas yang semakin marak terjadi.

Isi
Apakah teman-teman pernah mempunyai pacar? Atau ada yang mempunyai geng dan suka nongkrong? Dunia remaja yang identik dengan kebebasan perlu mendapatkan pengawasan ekstra. Perubahan hormon dan lingkungan sosial bisa sangat berpengaruh pada kebiasaan remaja tersebut. Di masa ini, perhatian orang tua berperan penting agar remaja tidak terjerumus pada pergaulan bebas.
Cara mengontrol remaja pun perlu disesuaikan dengan karakternya, seperti dengan memberikan edukasi langsung, menegur, hingga meminta bantuan psikolog. Kesalahan dalam menegur remaja hingga dianggap mengekang justru membuat remaja semakin tertutup hingga berpotensi melakukan pelanggaran.

Penutup
Waspadai pergaulan bebas yang bisa merusak generasi muda sejak dini. Generasi yang baik akan memberikan kontribusi positif pada Indonesia. Mari kita bangun negeri ini dengan generasi berkualitas. Sekian ceramah dari saya.
Wassalamualaikum wr.wb

6 contoh teks ceramah singkat terbaru 2021, tentang berbagai topik tersebut bisa kamu sampaikan di acara yang sesuai. Tambahkan isi ceramah apabila diperlukan. Jangan lupa untuk terus berlatih sebelum menyampaikannya di depan khalayak untuk meminimalisir rasa gugup. Semakin sering kamu berlatih, akan semakin lancar pula penyampaianmu nanti. Tidak ada salahnya meminta masukan pada kerabat dan orang terdekat tentang ceramah yang kamu sampaikan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta