Apa Itu Pengertian Teks Ceramah, Unsur, Struktur, Ciri-Ciri & Metodenya

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: teks ceramah

Apa Itu Pengertian Teks Ceramah, Unsur, Struktur, Ciri-Ciri & Metodenya – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ceramah. Saat ini sendiri pengertian ceramah sudah banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Hal ini tidak lain karena keberadaannya yang memang sudah sering dilakukan di tengah-tengah masyarakat. Lantas, seperti apa sebenarnya pengertian teks tersebut?

Mengenal Pengertian Ceramah 

unsplash.com/@lnz_uk

Pengertian ceramah merupakan sebuah pidato yang ditujukan untuk menyampaikan dan menerangkan, menyiarkan, atau menyampaikan petunjuk tentang ajaran agama. Dapat dikatakan juga bahwa pengertian ceramah tersebut adalah sebuah jenis keterampilan lisan yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan public speaking.

Jika diartikan secara umum, maka baik pengertian ceramah, khotbah, maupun sambutan semuanya sama-sama berbicara di depan umum. Yakni untuk memaparkan sekaligus menjelaskan pikiran, gagasan, maupun informasi pada pendengar dengan sifat persuasif. Tetapi, tentu saja masih ada beberapa perbedannya.

Perlu Kamu ketahui juga, bahwa pengertian ceramah disini juga dapat dinyatakan dengan metode penyampian yang berbeda-beda. Contoh pengertian ceramah adalah metode penyampaian ceramah yang hanya dapat disampaikan dengan lisan, tulisan atau yang dikenal dengan teks ceramah.

Tujuan Penyampaian Ceramah

Seperti yang diketahui dalam pengertian ceramah sebelumnya, ceramah nantinya akan disampaikan kepada pendengar dalam jumlah yang banyak. Tidak heran jika keberadaan ceramah tersebut juga mempunyai tujuan. Adapun tujuan dari ceramah yang dapat Kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Persuasif

Tujuan utama saat seseorang menyampaikan ceramah adalah persuasif. Kamu tentu sudah tidak asing lagi mengenai pengertian ceramah dengan tujuan persuasif tersebut. Arti persuasif adalah ajakan untuk melakukan sesuatu. Keberadaan tujuan ini sangat penting dalam sebuah ceramah sehingga nantinya dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pendengar.

Persuasif disini memiliki pengertian ceramah adalah mengajak para pendengar untuk mengikuti apa saja yang telah disampaikan oleh penceramah. Dengan begitu, setiap ceramah yang disampaikan bertujuan sebagai ajakan kepada orang lain.

2. Informatif

Seperti yang diketahui, pengertian ceramah adalah salah satu penyampaian informasi yang cukup penting. Nantinya penceramah akan memberikan informasi kepada setiap pendengar. Tanpa hal tersebut, tentu saja tidak akan didapatkan sebuah ceramah dengan tujuan infomatif.

Keberadaan ceramah sendiri memang sangat ditekankan untuk memberikan informasi kepada setiap pendengarnya sesuai dengan dasar pengertian ceramah. Dengan begitu, mereka akan mengenal suatu hal yang memang secara langsung disampaikan oleh penceramah.

3. Argumentatif

Tujuan ceramah yang lainnya adalah argumentatif. Apa yang dimaksud dengan argumentatif tersebut? Yakni dalam arti pengertian ceramah yang dilakukan dengan tujuan untuk meyakinkan para pendengar. Terutama pada beberapa hal yang memang ingin disampaikan kepada penceramah.

4. Hiburan

Selain itu, tujuan lain dari ceramah ini adalah untuk menghibur atau membuat senang para pendengarnya sehingga merasa bahagia serta puas. Ceramah yang dilakuan satu ini juga dapat bertujuan untuk menceritakan tentang beberapa hal yang dapat diambil manfaatnya oleh pendengar.

Apa Saja Unsur-unsur Ceramah?

Setelah mengetahui pengertian ceramah dan tujuan penyampaiannya, maka ada baiknya juga untuk mengetahui unsur-unsur ceramah. Pasalnya, dalam pembuatan teks ceramah juga diperlukan beberapa unsur. Hal ini berarti ceramah tersebut perlu memenuhi setiap unsur yang ada.

Diantaranya adalah penceramah, yakni orang yang akan menyampaikan isi dari ceramah nantinya. Selanjutnya adalah pendengar, yakni orang yang akan mendengarkan isi ceramah yang disampaikan nanti. Terakhir adalah materi, yakni tema ceramah untuk memerikan  pengertian ceramah kepada pendengar.

Dengan adanya beberapa unsur tersebut, maka sebuah ceramah dapat lebih efektif dilakukan. Jika ceramah tidak memiliki beberapa unsur tersebut, maka tentu kegiatannya belum dapat disebut sebagai ceramah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi beberapa unsur tersebut.

Beberapa Struktur Teks Ceramah

Teks ceramah pada dasarnya sama seperti teks pada umumnya. Teks tersebut mempunyai struktur yang membangunnya melewati beberapa bagian. Lantas, apa saja struktur dari teks tersebut? Di bawah ini beberapa strukturnya yang dapat Kamu ketahui lebih lanjut:

1. Tesis

Tesis atau pembuka disini merupakan sebuah awalan dari rangkaian struktur sebuah ceramah. Dengan begitu, saat ingin membuat teks ceramah ada baiknya untuk membuat tesis atau pembuka terlebih dahulu. Seperti apa penulisan pembuka tersebut?

Pada bagian pembuka atau tesis disini, Kamu dapat menuliskan tentang pengenalan isu, masalah, pandangan, hingga pengenalan penceramah tentang tema yang akan dibahas nantinya. Bagian ini sendiri nantinya akan lebih mirip dengan pembukaan yang ada di teks eksposisi.

2. Rangkaian Argumen

Jika pembuka sudah dibuat dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat rangkaian argumen. Apa yang dimaksud dengan rangkaian argumen tersebut? Dalam pengertian ceramah untuk menyampaikan pesan ke pendengar, maka rangkaian argumen disini berupa isi dari teks ceramah yang akan dibagikan kepada pendengar.

Yakni berupa rangkaian-rangkaian argumen penceramah yang nantinya akan berkaitan dengan topik ceramah. Tepatnya beberapa argumen yang sudah dibicarakan pada bagian pembuka sebelumnya. Bagian tersebut umumnya akan mengemukakan tentang data serta fakta sebagai penguat argumen.

3. Penegasan Kembali

Bagian yang satu ini termasuk sebagai penutup ceramah. Dengan memberikan penegasan kembali, maka bagian tersebut sudah termasuk sebagai penutup dari ceramah yang sudah disampaikan kepada para pendengar. Adanya penegasan kembali disini tentu terdapat tujuannya.

Tujuan dari penegasan tersebut adalah untuk memastikan para penceramah tidak memberikan pemahaman yang keliru. Terutama pada pendengar sehingga pengertian ceramah yang disampaikan dapat dipahami dengan lebih baik lagi. Bagian ini juga dapat menyampaikan tentang saran atau rekomendasi.

Ciri-ciri Teks Ceramah

Selain memiliki struktur, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa pada dasarnya ada banyak ciri-ciri teks ceramah. Terlebih beberapa ciri-ciri tersebut wajib ada pada teks ceramah. Oleh karena itu, sangat penting bagi penceramah untuk mengetahui apa saja ciri-cirinya.

Seperti ceramah yang disampaikan berasal dari seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang atau ilmu disiplin tertentu. Adanya ceramah tersebut juga mempunyai struktur yang cukup lengkap. Mulai dari pembuka, isi, dan yang terakhir adalah penutup.

Ceramah juga perlu dipilih temanya sesuai dengan keadaan yang sedang diselenggarakan saat itu. Umumnya, isi ceramah memiliki sifat yang objektif. Selain jelas, tetapi juga perlu terbukti kebenarannya. Untuk bahasa yang digunakan sendiri juga perlu mudah dipahami. Sehingga pendengar mudah memperoleh pengertian ceramah yang Kamu sampaikan.

Metode Penyampaian Ceramah

Umumnya, lebih mudah menyampaikan pemahaman dan pengertian ceramah dalam bahasa Indonesia. Untuk metode penyampaiannya tersebut juga bermacam-macam. Apa yang dimaksud dengan metode berceramah? Metode disini merupakan berbagai cara yang akan digunakan oleh seorang penceramah dalam menjelaskan atau membawakan materinya.

1. Menghafal

Metode tersebut diantaranya adalah menghafal. Metode yang satu ini umumnya diperlukan persiapan terlebih dahulu dimana penceramah perlu menghafal materi yang ingin disampaikan.

2. Membaca

Terdapat pula metode membaca naskah sehingga penceramah dapat menyampaikannya dengan membaca naskah.

3. Impromptu

Selain itu, motode yang dapat digunakan lainnya adalah impromptu. Merupakan metode ceramah yang dilakukan tanpa adanya persiapan. 

4. Ekstemporan

Metode lainnya adalah ekstemporan, sebuah metode ceramah yang dilakukan dengan menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai pengingat materi ceramah.

Itu tadi beberapa informasi lengkap mengenai pengertian ceramah, struktur, unsur, ciri-ciri serta metode penyampaiannya. Dengan memahami berbagai informasi tersebut, tentu akan lebih mudah saat ingin membuat ceramah yang tidak hanya bermanfaat. Tetapi juga dapat disampaikan dengan efektif.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah