Contoh Teks Debat Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Debat Singkat Beserta Strukturnya – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “debat”? Adu argumen, persaingan siapa yang kuat, mengungkap fakta, dan lain sebagainya. Pada intinya debat adalah adu pendapat diantara dua pihak, dimana masing-masing pihak berusaha mempertahankan pendapatnya agar dinyatakan paling benar dan menang. 

Teks Debat Singkat Beserta Strukturnya

pixabay.com

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa tidak semua adu argumen atau pendapat adalah debat, loh. Kok bisa? Debat adalah adu argumen yang memiliki struktur tertentu. Kamu tidak bisa asal-asalan mengadu argumen dengan orang lain, lalu menyebutnya perdebatan.

Debat dilakukan memang untuk mencapai kemenangan. Namun, untuk mencapai kemenangan itu, diperlukan teks debat untuk menyusun argumen. Argumen harus didukung dengan fakta dan data yang logis yang dapat menguatkan. Kita tidak dapat memenangkan suatu perdebatan kalau hanya kekeh dengan argumen utama saja tanpa dukungan fakta dan data. 

Selain mencapai kemenangan, tujuan utama debat adalah untuk menguji kebenaran sebuah argumen. Argumen dengan dasar yang jelas dapat menjadi acuan untuk hal-hal terkait di kemudian hari. Itulah sebabnya, teks debat menjadi salah satu hal yang penting untuk menyusun argumen dan sanggahan yang harus dikeluarkan pada sesi debat berlangsung.

Ingin tahu lebih banyak tentang teks debat? Simak saja artikel ini sampai akhir. 

Pengertian Teks Debat

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teks debat, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian teks debat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat atau argumen masing-masing.

Menurut Imam (2017), debat adalah proses penyajian ide atau pendapat dua pihak yang saling berseberangan yang mencoba mempertahankan ide atau pendapat mereka.

Menurut Henry Guntur Tarigan, debat adalah kegiatan saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.

Menurut G. Sukandi, debat pada hakekatnya adalah saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

Dari beberapa pandangan tersebut, teks debat berarti penyajian tentang pendapat dari dua pihak yang saling mengajukan argumen berbeda untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Teks debat masuk ke dalam turunan teks eksposisi karena isinya berupa argumen dan pendapat. Hanya saja, teks debat berisi pendapat dari dua pihak yang saling bertentangan, yakni pendapat afirmasi (setuju), dan oposisi (tidak setuju).

Unsur Teks Debat

  1. Mosi, ahl atau permasalahan yang diperdebatkan.
  2. Tim afirmasi, pihak yang setuju terhadap mosi (pihak pro).
  3. Tim oposisi, pihak yang menentang mosi (pihak kontra).
  4. Tim netral, pihak yang diundang sebagai penonton atau juri debat.
  5. Moderator, pihak yang mengatur jalannya perdebatan seperti mengatur waktu untuk menyatakan pendapat dari masing-masing pihak dan memastikan pertanaan serta jawaban yang diberikan tidak keuar topik. 
  6. Penulis (Notulen), pihak yang bertugas untuk menulis debat seperti mosi, pendapat posisi, pendapat afirmasi, pertanyaan dan jawaban.

Struktur Teks Debat

  1. Pengenalan, bagian ini berisi tentang perkenalan masing-masing pihak mengenai kedudukannya dalam debat, tim pro atau kontra. 
  2. Penyampaian argumen, bagian ini berisi tentang pernyataan atau argumen awal dari masing-masing pihak mengenai permasalahan yang akan diperdebatkan. 
  3. Debat, bagian ini berisi argumen dari masing-masing pihak untuk menyanggah pernyataan dari pihak lawan. Menyanggah argumen biasanya didukung dengan fakta dan data yang valid. Meskipun saling debat, sanggahan harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. 
  4. Kesimpulan, bagian ini berisi kesimpulan hasil debat masing-masing pihak dan moderator. 

Contoh Teks Debat Tentang Kebijakan Sekolah Tatap Muka

Moderator

Pada kesempatan kali ini, permasalahan yang akan kita bahas bersama adalah rencana dimulainya kembali sekolah tatap muka mulai tahun ajaran baru 2021/2022. Rencananya pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dimulai bulan Juli 2021. 

Tim Pro

Berdasarkan rencana kebijakan yang akan dibuat oleh pemerintah, kami setuju dengan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka secara terbatas pada bulan Juli 2021 mendatang.  Pasalnya, vaksin terhadap tenaga pendidik sudah mulai didistribusikan. Menurut estimasi, seluruh tenaga pendidik akan selesai di vaksin sebelum tahun ajaran baru dimulai.  

Selain itu, pembelajaran tatap muka ini akan dilaksanakan secara terbatas, dalam arti jumlah maksimal siswa hanya 25% saja, waktu bersekolah maksimal  2 hari dalam seminggu, dan durasi belajar maksimal selama 2 jam saja. Pembelajaran tatap muka ini juga sifatnya sukarela. Artinya, orang tua bebas mengizinkan anaknya untuk bersekolah secara langsung atau tidak. 

Tim Kontra

Kami menentang kebijakan mengenai pembelajaran tatap muka yang akan dimulai pada Juli 2021. Meskipun sekolah dilakukan secara terbatas dan sukarela, tapi kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan siswa/siswi ini pada saat perjalanan mereka berangkat dan pulang sekolah dan apa yang mereka perbuat di hari-hari tidak bersekolah. 

Di manapun mereka berada, siswa/siswi tetap memiliki resiko terpapar virus yang sama. Jangan sampai, sekolah menjadi tempat penyebaran baru, terlebih lagu mutasi virus covid-19 saat ini sudah banyak di Indonesia dan dikabarkan penyebarannya lebih cepat. 

Sebaiknya kita harus berusaha meminimalisir dan menutup ruang-ruang terjadinya penyebaran. Dalam kondisi pembelajaran tatap muka terbatas seperti ada siswa yang belajar secara langsung dan ada yang belajar secara online tidak cukup efektif untuk pemerataan pendidikan bagi anak-anak. 

Tim Netral 

Sebagai pihak netral, kami memahami argumen yang disampaikan oleh tim pro dan tim kontra. Kami setuju dengan kebijakan pemerintah akan memulai pembelajaran tatap muka pada Juli 2021. Hal ini dikarenakan fakta bahwa tidak semua anak di seluruh Indonesia bisa bersekolah secara online. Sebagian besar dari mereka terkendala perangkat dan akses internet. Oleh sebab itu, memang lebih anak kembali belajar di sekolah. 

Namun, dengan situasi dan kondisi pandemi di negara kita yang tampaknya terus mengkhawatirkan ini, kamu juga berpikir bahwa sekolah bisa jadi salah satu klaster penyebaran covid-19. Jika hal tersebut terjadi, keadaan pandemi di Indonesia kan sulit untuk diatasi. Selain, itu meskipun tenaga pendidik telah mendapat vaksin, tapi anak-anak belum mendapat proteksi yang sama, padahal mereka juga sama rentan terhadap virus tersebut. 

Menurut kami, jika pembelajaran tatap muka tetap akan dilaksanakan, berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Dinas Pendidikan, pihak sekolah, orang tua dan siswa/siswi harus bekerja sama untuk melakukan pembatasan sesuai aturan. Pemerintah harus pastikan bahwa penyebaran virus dapat dikendalikan dengan baik, kemudian sekolah dibolehkan buka kembali. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pemerintah harus menghentikan pembelajaran tatap muka secara langsung. 

Kesimpulan

Berdasarkan perdebatan yang telah dilewati, kita dapat menyimpulkan bahwa dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Jika pemerintah ingin pembelajar tatap muka segera dilaksanakan, pemerinta harus memastikan seluruh tenaga pendidik dan siswa/siswi sudah diberi proteksi yang sama. Selain itu, seluruh orang tua dan siswa/siswi dapat mematuhi pembatasan dengan baik. 

Itu dia contoh teks debat singkat beserta strukturnya yang harus kamu ketahui. Ingat, ya tidak semua adu argumen dapat disebut perdebatan. Debat yang baik adalah debat yang dilakukan sesuai strukturnya. Disinilh peran teks debat sangat dibtuhkan. Selain itu, debat harus dilakukan dengan bahasa yang baik dan sopan dan didukung oleh fakta dan data yang valid. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah