Contoh Teks Eksposisi Dalam Bahasa Jawa dan Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Eksposisi Dalam Bahasa Jawa dan Strukturnya Lengkap – Teks eksposisi secara etimologi berasal dari kata exposition yang memiliki arti memulai atau membuka. Definisi teks eksposisi secara keseluruhan berarti suatu karangan yang memiliki tujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari suatu hal bisa berupa penyajian argumentasi yang didasarkan pada data yang valid tak lupa disertai bukti, contoh, serta alasan yang logis sehingga dapat memperluas wawasan pembaca. Tujuan dari teks eksposisi secara umum untuk memaparkan, menjelaskan informasi, atau menerangkan suatu hal tanpa memaksa pembaca untuk mengikuti atau menerima.

Kali ini Mamikos akan berbagi informasi mengenai teks eksposisi dan segala hal yang berkaitan di dalamnya, serta contoh dari teks eksposisi menggunakan Bahasa Jawa. Sungguh menarik bukan, simak terus artikel ini, ya!

Pengertian Teks Eksposisi

freepik.com

Kata eksposisi berasal dari bahasa latin exposition yang berarti memulai atau membuka. Secara harafiah, teks eksposisi merupakan teks yang di dalamnya berupa penjelasan suatu pokok persoalan tertentu guna memperluas wawasan serta pengetahuan pembaca. Selain itu, teks eksposisi juga diharapkan dapat membuat pembaca mendapatkan informasi dengan sejelas-jelasnnya berdasarkan fakta yang ada.

Teks ini juga merupakan pengembangan dari suatu paragraf yang berisikan informasi dari data yang valid dengan ditulis menggunakan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat sehingga mempermudah pembaca dalam memahami isi pokok bahasan tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  1. Teks eksposisi berupa tulisan yang bersifat singkat, jelas, akurat, dan padat
  2. Teks eksposisi berupa penjelasan informasi dari data yang valid dan aktual
  3. Teks eksposisi bersifat objektif (tidak memihak kepada siapa pun) dalam arti lain tidak menggunakan kata ataupun frasa yang bisa menarik emosional pembaca.
  4. Teks eksposisi bersifat informatif, maksudnya pembaca akan lebih mudah memahami dalam menerima informasi tambahan
  5. Teks eksposisi juga harus menggunakan bahasa baku, gaya bahasa yang lugas, dan tentunya penulisan harus sesuai dengan pedoman PUEBI
  6. Teks eksposisi biasanya menggunakan bahasa yang mengajak
  7. Dalam teks eksposisi, fakta yang ada dijadikan sebagai alat distribusi dan konkritasi
  8. Teks eksposisi umunya dapat menjawab pertanyaan 5W+1H (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana)

Kaidah Kebahasaan Dalam Penulisan Teks Eksposisi

  1. Teks eksposisi menggunakan pronominal atau kata pengganti orang atau benda. Contohnya seperti aku, saya, kami, kita, dan lain sebagainya.
  2. Teks eksposisi menggunakan nomina atau kata benda. Contohnya seperti negara, rakyat, komunitas, dan lain sebagainya.
  3. Teks eksposisi menggunakan verba atau kata kerja. Contohnya seperti mendorong, menetapkan, membentuk, dan lain sebagainya.
  4. Teks eksposisi menggunakan adjektiva atau kata sifat. Contohnya seperti yakin, potensial, optimistis, dan lain sebagainya.
  5. Teks eksposisi menggunakan adverebia atau kata keterangan. Contohnya seperti sangat hebat, yakin sekali, tidak berpotensi, dan lain sebagainya.
  6. Teks eksposisi menggunakan konjungsi atau kata penghubung. Contohnya seperti lalu, dan, kemudian, lebih lanjut, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi terdiri atas 3
struktur yaitu pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, serta pernyataan ulang
(reiteration). Berikut penjelasannya:

  • Pernyataan Pendapat atau Tesis

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan pembukaan karangan biasanya berisi argumentasi serta sudut pandang penulis terhadap topik bahasan yang akan ditulis. Opini penulis dianggap penting dalam bagian ini sebab supaya penulis dapat memosisikan diri lebih memilih pro atau kontra dalam topik bahasan tersebut.

  • Argumentasi

Argumentasi merupakan alasan dan opini untuk memperkuat atau menolak suatu gagasan yang didasarkan pada referensi yang kredibel. Apabila data yang diperoleh semakin ilmiah karna didasarkan pada data dan fakta yang kuat sistematis, maka kualitas dari tulisan tersebut semakin baik. Pada bagian ini tidak hanya sekedar memaparkan penjelasan dari argumentasi yang ada, namun disajikan juga contoh dan alasan yang memperkuat argumentasi tersebut.

  • Penegasan Ulang

Penegasan ulang
ini merupakan bagian akhir dari teks eksposisi. Biasanya berupa penutup yang
berisikan simpulan serta mempertegas kembali penjelasan tesis dan argumentasi
di atas menggunakan bahasa penulis.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

1. Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi merupakan salah satu jenis teks eksposisi yang menjelaskan atau memberi pengertian terkait topik pembahasan tertentu.

2. Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses biasanya memaparkan langkah-langkah atau step by step terkait pembahasan tertentu atau proses terjadinya suatu hal

3. Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis merupakan salah satu jenis teks eksposisi berupa paragraf yang berisi rumusan masalah pada topik pembahasan tertentu lalu dijabarkan ke dalam bagian argumentasi secara bertahap.

4. Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi
ilustrasi merupakan teks yang bertujuan untuk memberikan ide atau gambaran
nyata terkait pembahasan tertentu guna mempermudah pembaca dalam memahaminya.

5. Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan merupakan teks eksposisi yang berisi penjelasan terkait topik tertentu berdasarkan perspektif kontradiksi. Pembeda teks eksposisi pertentangan dengan teks eksposisi yang lain terdapat pada penggunaan konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat.

6. Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi
perbandingan merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk memberi  penjelasan terhadap topik pembahasan tertentu
dengan cara membandingkannya dengan sesuatu yang lebih jelas dan mudah untuk
dipahami.

7. Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi
klasifikasi merupakan teks yang bertujuan untuk mengelompokkan serta membagi topik
pembahasan tertentu ke dalam beberapa golongan. Pada teks eksposisi ini
dibutuhkan dasar pengklasifikasian yang jelas.

8. Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita biasanya berupa informasi dari data yang bersifat aktual dan faktual yang ditujukan pada media massa. Informasi yang diangkat pun beragam bisa berupa peristiwa tertentu atau lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Dalam Bahasa Jawa

Tesis

Indonesia dadi sorotan maneh babagan masalah sampah sing terus saya gedhe lan ora bisa dirampungake. Waca pangembangan masalah sampah plastik, kayane pamrentah kudu nyepetake perbaikan sistem manajemen. Indonesia duwe populasi pesisir 187,2 yuta sing saben taun ngasilake 3,22 yuta ton sampah plastik, sing ora dikelola kanthi bener. Udakara 0,48-1,29 yuta ton sampah plastik dianggep bisa ngotorake samodra.

Data kasebut uga nuduhake manawa Indonesia minangka negara sing duwe polusi sampah plastik nomer loro nomer loro ing segara ing saindenging jagad. China nyebabake tingkat polusi sampah plastik menyang segara udakara 1,23-3.53 yuta ton/taun.

Argumentasi

Pengaruh kanggo Indonesia, mesthine polusi bakal nambah. Kualitas lingkungan mesthi bakal diancam. Ora rahasia manawa Indonesia minangka salah sawijining pusat ekosistem laut ing saindenging jagad. Banyu Indonesia dadi 76 persen spesies karang, mangrove lan rumput laut. Macem-macem spesies iwak, mesthi bakal keganggu karo anane sampah plastik.

Saliyane
pengaruh lingkungan, sampah plastik uga duwe risiko bisa nyegah kegiatan
ekonomi Indonesia. Amarga, adhedhasar buku kanthong Kementerian Pariwisata,
sektor pariwisata Indonesia nyumbang sangang persen saka Produk Domestik Bruto
(PDB) ing 2014.

Anane polusi
banyu mesthi bakal mengaruhi penurunan kinerja pariwisata Indonesia. Apamaneh,
komunitas internasional menilai manawa daya tarik utama wisata Indonesia yaiku
wilayah pesisir. Iki dibuktekake karo jumlah turis asing sing mlebu ing Bali
tekan 2.29 yuta sajrone Januari-Mei 2019 utawa 62 persen saka total turis sing
teka liwat bandara.

Nalika potensial pariwisata ora bisa dieksploitasi amarga faktor polusi, tingkat pertumbuhan ekonomi saya angel diangkat saka kisaran limang persen saiki.

Penegasan Ulang

Masalah sampah plastik ing Indonesia ora bisa terus tuwuh. Pamrentah diarep-arep luwih tegas nggawe kebijakan kanggo ngatasi masalah sampah plastik sing lagi berkembang ing Indonesia. Kajaba iku, ana perlune kerja cerdas lan kerja keras sing sinergis ing antarane pamrentah kanggo ngatasi masalah sampah iki.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta