Daftar Kode Bank Indonesia untuk Transfer Uang dan Cara Transfer

Posted in: General Informasi
Tagged: Bank

Daftar Kode Bank Indonesia – Anda yang kerap melakukan transfer antar bank pasti sudah tidak asing dengan kode bank. Kode yang terdiri dari tiga digit angka ini wajib digunakan untuk proses transfer, terutama jika Anda menggunakan mesin ATM atau SMS banking. Namun, tahukah Anda daftar kode bank di Indonesia?

Setiap bank memiliki kode yang berbeda agar tidak terjadi kekeliruan dalam transaksi keuangan. Dengan banyaknya bank yang ada di tanah air, mustahil untuk menghafal semua kode tersebut. Jika Anda membutuhkan sedikit bantuan, jangan lewatkan daftar lengkap kode bank di bawah ini:

Daftar Kode Bank Indonesia

unsplash.com

Apa Itu Kode Bank dan Fungsinya

Meskipun terdengar familiar, tidak semua orang paham apa yang dimaksud dengan kode bank. Bagi Anda yang masih penasaran dengan pengertian kode bank, berikut penjelasannya. Kode bank merupakan tiga angka yang digunakan untuk transaksi antar bank melalui ATM atau SMS banking.

Dalam penggunaannya, tiga angka tersebut dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan. Saat transfer melalui ATM atau SMS banking, Anda harus memasukkan kode bank yang diikuti secara langsung oleh nomor rekening tanpa jeda.

Apa fungsi dari kode tersebut? Karena setiap bank memiliki kode yang berbeda, kode bank digunakan untuk proses identifikasi. Dengan kata lain kode tersebut berfungsi untuk membedakan bank satu dengan yang lainnya. Tanpa kode yang benar dan sesuai, proses transfer tidak akan berhasil.

Selain berfungsi untuk identifikasi, kode bank juga membantu proses komunikasi antar bank. Baik pihak bank pengirim maupun penerima bisa melakukan pelacakan transaksi apabila diperlukan. Jadi meskipun terkesan simpel, kode bank memiliki peranan yang sangat besar.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi kode bank, kini Anda tidak lagi menyepelekan tiga digit angka ini. Oleh karena itu, penting untuk mencari informasi mengenai kode bank tujuan sebelum melakukan transaksi transfer antar bank.

Daftar Kode Bank BUMN

Bank BUMN merupakan lembaga perbankan yang dikelola oleh pemerintah pusat. Bank yang termasuk BUMN meliputi BRI, BNI, BTN, Mandiri, dan BSI. Bank Syariah Indonesia (BSI) sendiri merupakan hasil merger antara tiga bank syariah yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah.

Jika Anda berencana untuk transfer ke salah satu bank berplat merah tersebut, pastikan Anda mengetahui kode masing-masing. Berikut tabel berisi daftar lengkap kode bank BUMN di Indonesia:

Daftar Kode Bank Swasta

Bank swasta adalah lembaga perbankan yang dikelola oleh pihak swasta. Terdapat banyak sekali bank swasta yang ada di Indonesia, baik bank swasta lokal seperti Bank Danamon dan Bank Mega atau bank swasta dengan kepemilikan asing seperti Bank Standard Chartered dan Bank Commonwealth.

Seperti halnya bank BUMN, bank swasta lokal dan asing juga memiliki kode khusus yang digunakan untuk transfer antar bank. Karena deretan bank ini cukup populer, ada baiknya Anda mengetahui kode khusus masing-masing bank untuk mempermudah proses transaksi.

Berikut ini daftar kode bank swasta lengkap yang perlu Anda ketahui:

Daftar Kode Bank Daerah

Selain bank BUMN dan bank swasta, terdapat pula bank daerah yang bertugas memberikan layanan perbankan untuk masyarakat di daerah tertentu. Bank daerah biasanya merupakan BUMD yang dikelola oleh pemerintah daerah tingkat provinsi.

Meskipun berskala lokal, tidak menutup kemungkinan bank tersebut melebarkan sayap ke daerah lain. Sebagai contoh, Bank BJB milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka cabang dan melayani nasabah di Semarang dan Yogyakarta.

Sebagai lembaga perbankan, bank BUMD juga memiliki kode khusus yang harus digunakan ketika ingin melakukan transfer. Kode bank tersebut juga terdiri dari tiga angka dan dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan.

Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi transfer dengan tujuan bank milik pemerintah daerah, berikut daftar kode bank lengkap yang perlu Anda ketahui:

Daftar Kode Bank Lainnya

Selain bank yang telah disebutkan di atas, masih ada sederet bank lain yang beroperasi di Indonesia. Kebanyakan bank tersebut merupakan bank asing yang berpusat di negara lain. Namun, ada pula sederet bank yang dimiliki oleh pihak swasta lokal.

Meskipun beberapa bank ini tidak sepopuler bank BUMN maupun bank swasta sekelas BCA, banyak nasabah yang menggunakan layanan perbankan dari lembaga-lembaga ini. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui kode bank tersebut untuk transaksi.

Masih seperti kode bank pada umumnya, bank-bank di bawah ini memiliki kode yang terdiri dari tiga digit angka. Berikut daftar kode bank lain yang tersebar di seluruh Indonesia:

Daftar di atas sangat bermanfaat karena meliputi seluruh bank swasta yang ada di Indonesia. Kapan pun Anda ingin transfer ke rekening bank lain, cukup buka kembali daftar tersebut untuk mengetahui kode bank yang harus dimasukkan. Dengan begitu, transaksi dapat diproses dengan baik.

Cara Transfer Antar Bank

Kini Anda telah mengetahui daftar lengkap kode bank di seluruh Indonesia. Bagi Anda yang berencana untuk transfer antar bank tapi masih bingung dengan caranya, tidak perlu khawatir. Penjelasan di bawah ini akan membantu Anda untuk melakukan transfer secara mudah melalui ATM.

Perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi mesin ATM sesuai dengan rekening yang Anda miliki.
  2. Masukkan kartu dan PIN ATM. Pastikan Anda berhati-hati saat memasukkan PIN agar tidak melakukan kesalahan.
  3. Pilih Transaksi Lainnya, lanjutkan dengan memilih Transfer.
  4. Pilih Antar Bank Online.
  5. Masukkan kode bank tujuan lalu diikuti dengan nomor rekening. Jika Anda tidak tahu atau lupa dengan kode tersebut, pilih Daftar Kode Bank. Cari bank tujuan dari daftar dan ingat-ingat kode yang tercantum.
  6. Masukkan nominal transfer.
  7. Verifikasi dan pastikan data penerima serta nominal transfer sudah benar dan sesuai.
  8. Pilih Lanjutkan dan tunggu hingga proses transaksi selesai.
  9. Jika berhasil, struk transfer akan keluar sebagai bukti.

Cara transfer di ATM bank Anda mungkin berbeda. Namun, secara garis besar langkah-langkah yang dilakukan tidak jauh berbeda. Pastikan Anda tetap berhati-hati saat bertransaksi di ATM demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Aman Transfer Uang Antar Bank

Setelah mengetahui daftar kode bank secara lengkap, baik bank BUMN, BUMD, swasta, maupun bank lainnya serta cara transfer dengan baik,  kini saatnya berbagi tips untuk bertransaksi secara aman.

Maraknya tingkat kejahatan yang menyasar layanan perbankan membuat Anda patut waspada ketika bertransaksi, baik melalui ATM maupun internet banking. Tak jarang kasus pembobolan rekening maupun pencurian data kerap menimpa nasabah yang kurang berhati-hati saat bertransaksi.

Hal ini juga berlaku jika Anda ingin melakukan transfer, baik ke sesama maupun antar bank. Apalagi jika bertransaksi melalui ATM, Anda harus ekstra waspada karena banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan alat skimmer untuk membobol rekening.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu membekali diri dengan tips aman bertransaksi. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk transfer uang dan bertransaksi dengan aman baik melalui ATM maupun internet banking:

1. Jaga Kerahasiaan PIN

Ada banyak cara yang dilakukan oleh pembobol rekening untuk mencari tahu PIN nasabah. Terkadang pembobol memasang kamera tersembunyi, memasang keyboard palsu, atau berpura-pura antre dari belakang.

Untuk menghindari tindak kejahatan tersebut, Anda bisa menjaga kerahasiaan PIN dengan menutup tangan ketika mengetik PIN. Anda juga harus memastikan bahwa orang di belakang tidak memperhatikan saat Anda bertransaksi.

Nah, yang tak kalah penting, jangan pernah berbagi PIN ATM dengan orang lain kecuali seseorang yang Anda percaya. Sebaiknya Anda juga mengganti PIN secara berkala demi meningkatkan keamanan saat bertransaksi.

2. Waspadai Alat Skimming

Alat skimming menjadi salah satu metode yang cukup banyak digunakan oleh pembobol untuk mencuri data nasabah. Alat skimming berbentuk tipis dan biasa dipasang pada slot kartu. Dikenal juga sebagai deep insert skimming, alat ini berfungsi untuk merekam data kartu termasuk PIN ATM.

Data yang berhasil direkam akan disimpan dalam flash drive tipis. Dengan cara ini, skimmer bisa mengambil seluruh data kartu dan menyalahgunakannya. Biasanya skimmer akan mengambil uang Anda sedikit demi sedikit agar tidak ketahuan.

Untuk menghindari tindak kejahatan ini, pastikan Anda memeriksa apakah ada benda atau alat mencurigakan di mesin ATM. Jika menjumpai sesuatu yang tidak biasa, laporkan segera ke call center bank tersebut.

3. Hindari Meminjamkan Ponsel

Jika Anda sering bertransaksi menggunakan internet banking atau mobile banking, Anda harus berpikir panjang sebelum meminjamkan ponsel pada orang lain. Pasalnya, ponsel yang biasa digunakan untuk bertransaksi akan menyimpan berbagai data pribadi yang berbahaya jika diketahui oleh orang lain.

Meskipun internet banking biasanya dilengkapi dengan fitur logout otomatis jika melebihi batas waktu tertentu, tetap saja hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak meminjamkan ponsel tanpa pengawasan Anda.

4. Jangan Berbagi OTP

OTP atau one-time password merupakan kode yang dikirim melalui SMS atau email dan digunakan untuk proses transaksi seperti transfer. Kode ini hanya berlaku sekali transaksi dan tidak dapat digunakan lagi setelahnya.

Seperti password pada umumnya, OTP bersifat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada orang lain. Membagikan OTP kepada pihak lain dapat berakibat fatal karena bisa dimanfaatkan untuk membobol rekening.

Kejadian ini sudah menimpa banyak masyarakat yang belum memahami apa itu OTP. Biasanya pembobol mengaku dari pihak bank atau pihak lain yang ingin membantu proses transaksi dan alasan lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah bagikan OTP ke pihak lain dengan alasan apapun.

5. Hindari ATM Sepi

ATM yang berada di tempat sepi lebih sering menjadi sasaran empuk bagi skimmer. ATM tersebut biasanya tidak mendapatkan penjagaan yang ketat sehingga skimmer bisa leluasa memasang alat skimming. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya bertransaksi di ATM center yang ramai pengunjung.

Kendati ATM ramai pengunjung dan dijaga oleh petugas, Anda tetap harus waspada. Jangan sampai lengah karena modus pencurian PIN selalu berubah-ubah dan sangat beragam. Pastikan juga Anda tidak diawasi oleh orang-orang di sekitar lokasi ATM.

Kini Anda telah mengetahui berbagai informasi mulai dari daftar kode bank di seluruh Indonesia, cara transfer antar bank melalui ATM, dan tips aman melakukan transfer. Dengan beragam informasi tersebut, diharapkan Anda tidak lagi kesulitan jika ingin bertransaksi antar bank.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah