Jenis Investasi yang Cocok Untuk Kaum Milenial

Posted in: Informasi
Tagged: Jenis Investasi

Jenis Investasi yang Cocok Untuk Kaum Milenial -Saat ini investasi menjadi salah satu tren yang banyak dibicarakan oleh masyarakat khususnya di kalangan anak muda. Investasi adalah suatu bentuk tabungan di instrumen keuangan dalam jangka waktu tertentu agar mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Terdapat beberapa jenis investasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan tujuannya.

Jenis-Jenis Investasi Dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui

unsplash.com

Investasi tidak hanya untuk orang kaya saja, tetapi siapa pun dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Berdasarkan jangka waktunya, investasi terbagi menjadi dua kategori yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek tentu saja merupakan jenis investasi yang memiliki jangka waktu penyimpanan hanya berkisar antara 3 bulan hingga 12 bulan. Adapun kelebihan dari investasi jangka pendek yaitu mudah untuk dijual kembali. Namun kekurangan dari investasi ini adalah keuntungan yang lebih rendah. Berikut beberapa jenis investasi yang termasuk dalam investasi jangka pendek:

1. Deposito dari Bank

Deposito adalah salah satu investasi yang sangat disarankan bagi pemula, sebab risiko yang dimiliki lebih rendah. Deposito juga mudah dilakukan, Anda dapat mengunjungi bank dan membuka rekening deposito yang akan dibantu oleh customer service dari bank tersebut. Anda akan menerima bunga deposito sebagai keuntungan Anda dengan suku bunga yang cukup tinggi yaitu 5 hingga 8 persen per tahun.

Namun, jika Anda memilih deposito sebagai investasi, uang yang Anda simpan hanya dapat diambil jika masa jatuh tempo telah tiba. Biasanya jangka waktu tenor untuk deposito di bank adalah sekitar 3 hingga 12 bulan, beberapa bank juga menyediakan deposito untuk jangka waktu tertentu.

2. Reksadana

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang menguntungkan dengan risiko rendah. Reksadana merupakan tempat pengelolaan dana atau modal bagi para investor untuk berinvestasi di pasar modal. Terdapat pula lima jenis reksadana yang dapat dipilih oleh calon investor, yaitu reksadana pasar uang, reksadana tetap, reksadana saham, reksadana index, dan reksadana campuran.

Dengan meningkatkan perkembangan teknologi saat ini, Anda pun dapat membeli reksadana melalui aplikasi yang menyediakan reksadana. Produk reksadana yang Anda pilih memilih kekurangan dan kelebihan masing-masing, Anda perlu melihat dan mempelajari track record dengan seksama sebelum memilih jenis reksadana yang Anda inginkan.

3. Logam Mulia atau Emas Batangan

Salah satu investasi jangka pendek yang termasuk jenis investasi untuk pemula adalah logam mulia atau emas batangan. Bagi Anda yang menyukai investasi berwujud atau dalam bentuk barang, maka Anda dapat memilih investasi jenis ini. Nilai jual emas batangan cenderung mengalami peningkatan dan tergolong mudah untuk dijual kembali dengan tingkat risiko yang rendah karena nilai emas cenderung stabil.

Investasi Jangka Panjang

unsplash.com

Jenis investasi di Indonesia yang sedang mengalami banyak pemberitaan adalah investasi jangka panjang. Pasalnya investasi ini memberikan keuntungan yang tinggi sehingga banyak menarik perhatian masyarakat. Namun perlu diketahui juga bahwa investasi jangka panjang memerlukan waktu bertahun-tahun agar untuk memperoleh keuntungan dengan tingkat risiko yang tinggi. Berikut beberapa contohnya:

1. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending adalah investasi dengan meminjamkan modal sejumlah uang atau modal kepada pihak tertentu yang sedang memerlukan modal seperti usaha mikro maupun perorangan. Peminat investasi ini cukup banyak karena telah tersedia platform resmi bagi para investor yang ini melakukan peer to peer lending. Keuntungan bisa didapatkan dari bunga pinjaman yang telah disepakati bersama.

2. Properti

Seperti namanya, jenis investasi jangka panjang yang banyak diminati dengan keuntungan tinggi adalah investasi berwujud yaitu properti. Namun investasi ini juga memerlukan modal yang besar, meski demikian investasi ini tidak pernah sepi peminat. Kebutuhan primer akan hunian menjadi salah satu faktor pendukung nilai investasi properti mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Investasi properti memang memerlukan modal yang besar, sebab harga tanah dan bangunan terus mengalami peningkatan. Terlebih biaya perawatan yang dikeluarkan agar nilai jual properti tidak menurun akibat kerusakan yang dialami seiring waktu. 

3. Saham

Investasi jangka panjang yang selanjutnya adalah saham. Saham merupakan bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan yang dapat diperjual-belikan dalam jumlah dan nilai tertentu. Jika Anda sudah pernah melakukan investasi dan ingin mencoba investasi dengan tingkat risiko yang tinggi, maka Anda dapat memilih saham.

Keuntungan saham diperoleh dari pertumbuhan nilai saham dan juga dividen dari perusahaan yang mendapatkan keuntungan. Sebelum memilih investasi saham, perlu diketahui terlebih dahulu jenis resiko dalam investasi saham, sebab di Indonesia sendiri terdapat macam-macam saham dengan track record dan keuntungan yang berbeda.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

Investasi tidak selalu memberi keuntungan sebab memiliki risiko dengan tingkat yang berbeda. Sehingga perlu diperhatikan beberapa hal penting dan kesiapan sebelum memilih investasi yang tepat. Berikut strategi yang harus digunakan dalam memilih jenis investasi yang baik, yaitu:

Tujuan

Tentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi sebelum memilih investasi yang cocok bagi Anda. Tujuan berinvestasi akan menentukan langkah Anda secara tepat. Apakah investasi Anda untuk membeli properti? Memperoleh pendapatan tambahan yang bersifat pasif? Atau sebagai tabungan masa depan? 

Jangka Waktu

Jika tujuan berinvestasi telah Anda tentukan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jangka waktu dalam investasi yang sesuai dengan tujuan Anda. Anda dapat memilih investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang berdasarkan tenggat waktu investasi yang Anda perlukan.

Perhatikan Risiko

Setiap produk asuransi memiliki risiko masing-masing, penting untuk mengetahui tingkat risiko dari investasi yang Anda pilih. Bila perlu, konsultasi dengan ahli untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai investasi beserta risiko yang akan Anda ambil. 

Perhatikan kelebihan dan kekurangan dari investasi yang Anda pilih. Agar risiko yang Anda ambil sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda perlu menggali informasi dengan lebih dalam mengenai investasi yang akan Anda pilih.

Terapkan Variasi

Variasi diperlukan untuk mengembangkan investasi yang Anda miliki. Salah satunya dengan cara menyeimbangkan risiko yang memiliki tingkat rendah dan tingkat tinggi. Sehingga apabila Anda mengalami kerugian pada salah satu aset, Anda masih memiliki aset cadangan yang dapat menutupi kerugian tersebut.

Setelah mengetahui bemacam jenis investasi untuk anak muda beserta strategi dalam memilih investasi, maka Anda dapat menentukan investasi yang cocok bagi Anda. Investasi tidak hanya bagi kaum milenial saja, tetapi untuk setiap golongan usia dari berbagai kalangan.

Memilih jenis investasi yang tepat dapat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda di masa yang akan datang. Sehingga pengetahuan dan informasi yang banyak diperlukan agar tidak salah dalam memilih investasi. Jangan sungkan juga untuk mengikuti seminar dan menggali ilmu berinvestasi dari para investor yang telah sukses.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah