Doa Agar Cepat Dipanggil Kerja dan Artinya

Posted in: Ibadah Tips Kerja

Doa agar cepat dipanggil kerja dan artinya – Berharap segera diterima bekerja setelah melamar pekerjaan adalah impian bagi setiap pelamar, apalagi jika pekerjaan tersebut sangat diimpikan.





Namun, jumlah pelamar yang melebihi kuota perusahaan beserta kualitas pelamar yang tinggi menjadikan persaingan agar diterima semakin ketat. Tidak jarang seorang pelamar mengalami penolakan berkali-kali hingga membuat putus asa.





Doa Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

www.pexels.com

Mencari pekerjaan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terdapat perusahaan yang langsung menerima fresh graduate hanya dengan melihat riwayat pendidikan, organisasi, serta pengalaman selama kuliah.

Tetapi tidak sedikit pula perusahaan yang hanya menerima pelamar berpengalaman, misalnya pelamar yang sudah bekerja selama periode tertentu. Biasanya jabatan tersebut diberikan untuk posisi cukup tinggi.

Pernah melamar pekerjaan tapi tidak kunjung diterima? Biasanya rasa putus asa belum terasa jika baru melamar satu atau dua kali. Apalagi perusahaan yang dituju memang terkenal selektif dalam menerima karyawan.

Lain halnya jika sudah melamar kerja di belasan, bahkan puluhan tempat kerja namun tetap ditolak, terkadang pelamar ingin menyerah. Tidak sedikit pula yang mengutuk keadaan dan marah pada nasibnya yang belum mendapatkan pekerjaan.

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan atau sudah melamar tapi belum diterima, berikut ini informasi doa-doa yang dapat kamu amalkan.

Cara Cepat Dapat Kerja Menurut Islam

Ingin cepat mendapatkan pekerjaan dan langsung diterima ketika melamar pekerjaan? Jangan tergiur dengan orang-orang yang memanfaatkan cara curang atau cara yang tidak berkah.

Selain akan merugikan kandidat yang lebih kompeten, orang yang curang ketika masuk kerja akan mengalami kesulitan, apalagi jika pekerjaan yang dipilih sangat menantang.

Mencari kerja dengan jalan pintas juga hanya akan merugikan diri sendiri. Dalam Islam, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan agar cepat dapat kerja.

1. Rajin Sholat Hajat

Keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang halal semestinya diimbangi dengan usaha dan doa.

Jika keinginanmu untuk bekerja sangat kuat, perbanyaklah sholat di luar sholat wajib, seperti sholat hajat. Sholat hajat yang ditunaikan pun sebaiknya lebih sering dan khusyu.

Lakukan sholat hajat kemudian berdoa untuk dimudahkan dalam mencari pekerjaan halal agar hasil yang kamu dapatkan berkah.

2. Membaca Dzikir Setelah Sholat

Jangan langsung beranjak dari tempat duduk setelah menyelesaikan sholat jika doamu belum diucapkan. Luangkan waktu khusus di akhir sholat untuk memohon pada Allah Swt agar dimudahkan dalam mencari pekerjaan hingga diterima.

Ada banyak dzikir yang dapat kamu baca setelah sholat, mulai dari kalimat tasbih, tahmid, istighfar, dan sebagainya.

3. Bertawakal pada Allah Swt

Sudah melakukan usaha sebaik mungkin dan tidak berhenti berdoa memohon pekerjaan? Saatnya kamu bertawakal. Serahkan hasil akhir yang sudah kamu lakukan semaksimal mungkin.

Jika sudah bertawakal, harapannya kamu akan siap pada semua hasil yang akan diperoleh. Apabila diterima pada pekerjaan yang diinginkan, kamu perlu bersyukur.

Sebaliknya, jika belum diterima, kamu juga tetap perlu bersyukur dan berpikir positif bahwa pekerjaan tersebut barangkali memang bukan yang terbaik.

4. Memperbanyak Istighfar

Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sering membuat kesalahan hingga menyakiti hati orang lain. Apalagi di zaman serba digital, pandangan lebih mudah menangkap hal-hal yang buruk dan jari-jari secara tidak disadari mengetikkan kata-kata kurang bermanfaat.

Dosa-dosa kecil yang kerap diabaikan ini lah yang bisa menutup pintu rezeki, hingga menghalangi seseorang mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca istighfar di waktu luang dan bertaubat pada Allah Swt atas kesalahan yang disadari maupun tidak disadari.

5. Menjalin Silaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuka pintu rezeki.

Jika selama ini kamu tidak pernah menyapa saudara dan kerabat jauh, cobalah untuk menghubungi mereka. Tanyakan kabar dan keadaan terkini.

Biasanya mereka akan menanyakan kembali keadaanmu. Ini lah saatnya kamu mengatakan bahwa kamu sedang mencari pekerjaan.

Doa Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Memperbanyak doa agar cepat mendapatkan pekerjaan juga menjadi salah satu bentuk usaha agar kamu segera diterima bekerja.

Terdapat beberara versi doa untuk mendapatkan pekerjaan, seperti doa agar Allah Swt membukakan pintu nikmat bagi hamba-Nya. Adapun bacaan doa tersebut adalah:

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

Arti: Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

Doa lainnya yang dapat dibaca agar cepat diterima bekerja dari HR. Ibnu An-Najjar adalah

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Arti: Ya Allah, ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.

Setelah diterima bekerja, jangan lupa untuk meminta agar rezeki yang kamu terima adalah rezeki yang baik, halal, dan bermanfaat. Bacalah doa dari HR Ahmad berikut ini untuk meminta pada Allah Swt.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Arti: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.

Penyebab Susah Dapat Kerja Menurut Islam

Mungkin kamu pernah melihat orang yang sudah berusaha melamar kerja kesana kemari. Usaha belajar materi tes dan interview pun sudah dijalani, tetapi tidak kunjung diterima.

Sulit mendapatkan pekerjaan bisa saja disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang sulit mendapat kerja menurut Islam yang datang dari diri sendiri dan disebabkan faktor eksternal.

Apa saja penyebab sulit dapat pekerjaan?

Dari dalam diri sendiri, penyebab sulit mendapat pekerjaan adalah rasa malas.

Bayangkan apabila setiap hari kamu rajin mencari peluang kerja, tentunya peluang untuk diterima akan lebih besar dibandingkan tidak mencari kerja sama sekali.

Jika sampai saat ini kamu belum mendapatkan pekerjaan, cobalah bangun lebih pagi dan mencari tahu peluang lapangan kerja di luar sana. Lakukan evaluasi secara rutin terkait desain CV, konten CV, dan surat lamaran kerja.

Masih ada lagi penyebab sulit mendapatkan kerja menurut Islam, seperti tidak pernah berdoa. Sebagai seorang hamba, selain perlu berusaha, kamu juga perlu berdoa agar keinginan mendapatkan pekerjaan tercapai.

Berharaplah agar pekerjaan tersebut memang membawa kebaikan di kemudian hari. Hindari pula dosa-dosa besar dan dosa kecil karena dosa tersebut dapat menutup pintu rezeki.

Aku Ingin Bekerja Ya Allah

Berharap pada Allah SWT agar lekas mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang salah. Justru ketika kamu menggantungkan diri dan berharap hanya pada-Nya, doamu akan dikabulkan.

Jika sampai saat ini belum mendapatkan kerja, kamu bisa mencoba berdoa di sepertiga malam. Panjatkan doa ketika susah mencari pekerjaan dan mintalah pada Allah agar Ia mengabulkan doamu.

Cara lain yang bisa kamu terapkan agar cepat mendapatkan pekerjaan adalah meminta bantuan orang lain untuk mendoakan. Bagi seorang istri, bacalah doa agar suami cepat dipanggil kerja.

Bagi orang tua, bacalah doa agar anak cepat mendapatkan pekerjaan. Doa agar cepat mendapatkan pekerjaan dapat dipanjatkan setelah sholat wajib atau sholat sunnah.

Usaha untuk mendapatkan pekerjaan juga dapat kamu lakukan dengan memperluas jejaring.

Lakukan silaturahmi pada orang-orang yang sudah lama tidak kamu hubungi atau kerabat jauh. Siapa tahu dari silaturahmi tersebut pintu rezeki akan segera terbuka.

Dosa yang Membuat Sulit Dapat Kerja

Jika semua usaha dan doa sudah kamu lakukan, tetapi belum juga mendapat panggilan, barangkali ada hal lain yang perlu dievaluasi. Terdapat dosa-dosa yang dapat menutup pintu rezeki, termasuk dosa yang membuat sulit mendapatkan pekerjaan, yaitu:

1. Bermalas-Malasan

Membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan dan tidak melakukan apa pun termasuk hal yang membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan.

Hal yang sering dianggap remeh adalah waktu luang dan kesehatan. Selagi masih memiliki waktu untuk berusaha, jangan menyerah ketika belum diterima melamar kerja.

Justru kamu perlu berusaha lebih keras lagi. Waktu yang terbuang untuk hal-hal kurang bermanfaat akan membuat seseorang menyesal di kemudian hari.

2. Melakukan Dosa Besar

Dosa besar seperti berzina, syirik, berjudi, berghibah, mengadu domba, dan dosa lainnya akan menghalangi seseorang dari rezeki Allah Swt apabila tidak segera bertaubat.

Dosa terhadap sesama manusia bisa diampuni dengan meminta maaf secara langsung, sedangkan dosa pada Allah Swt perlu ditambah dengan taubat nasuha agar benar-benar diampuni.

Dosa besar yang dilakukan terus-menerus akan membuat rezeki menjadi tertutup, bahkan hilang.

3. Bersikap Kikir

Setiap manusia diberikan peluang untuk menjadi bermanfaat bagi manusia lainnya. Apabila diberikan kelebihan rezeki, sisihkanlah sebagian kecil apa yang kita terima untuk orang lain.

Manusia yang kikir sangat dibenci Allah Swt. Sebab, ia akan menahan rezeki untuk dirinya sendiri. Jika terbiasa berbagi dan bersedekah, Allah Swt akan melimpahkan rezeki, termasuk dimudahkan dalam mencari pekerjaan.

4. Melakukan Korupsi

Korupsi dengan mengambil hak-hak orang lain tidak dibenarkan dalam Islam. Sekalipun yang diambil jumlahnya sedikit, tetapi dosa korupsi sangat besar.

Apalagi jika korupsi tersebut dilakukan terus-menerus dan melibatkan banyak orang. Korupsi tidak hanya merugikan orang lain, tetapi juga diri sendiri karena reputasi dan kepercayaan seseorang dapat rusak.

Selain itu, orang yang pernah melakukan korupsi juga akan sulit diterima bekerja kembali.

Demikian informasi doa agar cepat dipanggil kerja dan artinya. Praktikkan doa tersebut agar impianmu mendapatkan pekerjaan segera terwujud.

Membaca doa agar dipanggil kerja, doa agar bos memanggil kerja kembali, atau doa agar cepat dipanggil kerja lagi perlu diimbangi dengan ikhtiar.

Lakukan evaluasi secara berkala, mulai dari evaluasi terkait CV, evaluasi ketika menjalani tes tertulis, hingga seleksi wawancara.

Harapannya, kamu bisa memperbaiki diri sekaligus meningkatkan kemampuan untuk melamar pekerjaan berikutnya.

Jangan lupa untuk memanjatkan doa agar diterima kerja saat interview. Tetap semangat dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah