Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan Serta Hukum Dan Manfaatnya

 Nana | Sel, 24 Mar 2020

Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan Serta Hukum & Manfaatnya – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan sama-sama kita jelang. Umat Muslim di seluruh dunia pastinya bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tersebut. Tidak terkecuali bagi kamu pembaca setia blog Mamikos ini. Jadi kali ini Mamikos akan membagikan informasi mengenai doa niat sahur puasa Ramadhan serta hukum dan manfaatnya.

Bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan Serta Hukum Dan Manfaatnya

https://www.mosintuwu.com/

Ulasan mengenai doa niat sahur puasa Ramadhan serta hukum dan manfaatnya pasti kamu perlukan agar ibadah kamu bisa lebih khusuk dan afdol. Lantas apa saja doa niat sahur puasa Ramadhan serta hukum dan manfaatnya tersebut, di bawah ini sudah Mamikos susun dengan rapi informasinya hanya untuk kamu.

Niat Sahur Puasa Ramadhan

Niat berpuasa merupakan salah satu rukun bagi umat Islam yang hendak mengerjakan puasa Ramadhan. Membaca doa niat berpuasa dapat dilakukan ketika sebelum memulai puasa, sebelum melaksanakan sahur, atau dapat dilakukan ketika malam hari sesudah melaksanakan salat tarawih. Jadi dari tiga waktu tersebut bisa kamu pilih untuk membaca doa niat sahur puasa Ramadhan.

Terdapat dua rukun utama berpuasa, yaitu niat dan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, sejak terbit fajar hingga tenggelam matahari. Dalam buku Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2018:5) salah satu dalil tentang niat puasa adalah riwayat yang disampaikan oleh Hafshah, bahwa Nabi saw bersabda, “Barangsiapa tidak berniat puasa di malam hari sebelum fajar, maka tidak sah puasanya”. Jadi, jangan sampai tidak membaca doa niat sahur puasa Ramadhan, ya.

Selain itu, diriwayatkan juga bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya ….” (H.R Bukhari). Atas dasar tersebut, karena puasa termasuk ibadah, maka niat untuk mengerjakannya termasuk ke dalam rukun puasa yang harus dilaksanakan.

Doa Niat Puasa

Setelah kamu membaca sedikit ulasan mengenai mengapa sangat penting untuk membaca doa niat puasa sahur puasa Ramadhan serta hukum & manfaatnya, maka kamu bisa mengetahui doa niat puasa itu sekarang. Doa niat puasa adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Kekeliruan yang terjadi dalam melafalkan niat puasa tak secara langsung dapat berpengaruh pada sah atau tidaknya puasa, selama terbesit dalam hati masing-masing untuk melakukan ibadah puasa pada keesokan harinya.

Sementara ada kaitan antara niat berpuasa dan sahur menurut pendapat Imam Syafi’i. Bahwa makan sahur tidak dengan sendirinya dapat menggantikan kedudukan niat, kecuali apabila terbersit dalam hatinya maksud untuk berpuasa. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa tujuan Mamikos memberikan informasi doa niat sahur puasa Ramadhan serta hukum & manfaatnya ini agar kamu melaksanakannya demi kekhusyukan ibadah puasa kamu nanti.

Mengucapkan Niat Puasa

Kamu pasti sudah tahu sejak masih kecil bahwa dalam tradisi Islam di Indonesia, seringkali didapati setelah pengerjaan salat tarawih, jamaah kemudian mengucapkan niat puasa bersama-sama yang dipimpin oleh imam salatnya. Ada beberapa anggapan bahwa jika seseorang lupa tidak berniat puasa, maka puasanya tidak sah. Ada kemungkinan, seseorang lupa berniat puasa keesokan paginya ketika melaksanakan sahur.
Oleh karenanya, dilakukanlah pembacaan niat puasa itu bersama-sama, dengan suara keras dan dipimpin oleh imam salat. Dalil membaca niat puasa dengan suara keras dapat dijumpai dalam hadis yang diriwayatkan Aisyah.

Aisyah berkata, “Rasulullah datang kepada saya lalu bertanya, “Apa ada makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada”. Rasulullah berrkata, “Kalau begitu saya berpuasa” (H.R Muslim No 1951)

Sebagai catatan, jika kamu berniat berpuasa saat makan sahur, dan ketika itu tanda waktu imsak sudah dikumandangkan dari masjid, niat tersebut tetap sah. Dalam hal ini, imsak bukanlah tanda seseorang untuk berhenti makan sahur. Puasa sendiri, akan dimulai setelah terbit fajar hingga terbenam matahari. Mamikos sudah pernah membahasnya dalam artikel sebelumnya.

Anjuran Rasulullah SAW untuk Mengakhirkan Sahur

Perlu untuk kamu ketahui bahwa Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk mengakhirkan waktu sahur atau menjelang Imsak. Rupanya, anjuran sunnah tersebut memiliki manfaat yang baik bagi orang yang menjalankan puasa.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Ahmad Sulaeman bahkan pernah mengatakan, makan sahur memang sebaiknya dilakukan mendekati waktu imsak.

Makanan yang paling lambat dicerna adalah makanan yang menjadi sumber protein dan lemak yaitu sekitar 4 hingga 6 jam lamanya. Hal Ini menjadikan lapar dan haus menjadi lebih pendek. Intinya, makanan yang dikonsumsi harus terdiri dari makanan yang merupakan sumber protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah dan proporsi yang tentu harus seimbang.

Makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur yakni nasi atau penukar nasi seperti nasi dari beras analog, jagung, sorgum, ubi, talas, kentang, pisang tanduk mentah yang sudah direbus, sukun bersama lauk pauknya yang juga bergizi dan sehat.

Makanan pokok yang lambat dicerna atau yang indeks glikemiknya rendah seperti nasi merah, talas, sukun, nasi dari beras yang tidak disosoh sangat baik dikonsumsi pada saat sahur. Sementara untuk lauk pauknya bisa berasal dari protein hewani seperti ikan, telur, ayam, daging maupun dari protein nabati seperti tempe dan tahu.

Oh, ya, jangan lupa juga untuk disertai buah, termasuk kurma dan sayur sebagai sumber serat dan vitamin serta beberapa nutrasetikal. Bisa juga ditambah minum susu atau yogurt atau minuman probiotik lainnya yang akan membantu proses pencernaan. Saat sahur sebaiknya diakhiri dengan minum air putih yang cukup, sekitar 2 hingga 3 gelas. Sebab kamu tetap memerlukan hidrasi saat menjalani ibadah puasa kamu nanti.

Manfaat Sahur Puasa Ramadhan

Usai kamu mengetahui doa niat sahur puasa Ramadhan serta hukum & manfaatnya, maka kamu juga perlu mengerti mengenai manfaat sahur saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Lantas apa saja manfaatnya, sebagai berikut ini penjelasannya:

  • Menjadi sumber energi

Nomor satu yang pastinya kamu juga tahu bahwa manfaat dengan makan sahur adalah sebagai sumber energi saat berpuasa nanti. Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi selama sahur. Namun makanan yang kamu konsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kamu juga perlu untuk mengonsumsi air yang cukup saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa dijalani. Ingat minum dua hingga tiga gelas air saat sahur.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa

Apakah kamu tahu bahwa dengan makan sahur juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu selama menjalani puasa. Para ahli kesehatan juga percaya bahwa dengan sahur, maka sistem kekebalan tubuh dapat menjadi lebih baik. Namun perlu diingat, manfaat sahur satu ini dapat diperoleh jika kamu mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi di waktu sahur tiba. Jadi jangan makan mie instan atau makanan tidak sehat lainnya, ya.

  • Mencegah terjadinya gangguan pencernaan

Dengan pola makan yang teratur selama sahur dan puasa sebenarnya dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan lho. Namun perlu juga untuk kamu ketahui bahwa kamu harus menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung saat makan sahur dilakukan. Selain itu, pastikan pula asupan makanan yang kamu konsumsi saat sahur juga mengandung berbagai macam nutrisi penting agar pencernaanmu.

  • Membantu “melancarkan” program diet

Sambil menjalani ibadah, kamu juga bisa menjalani diet. Lho, memangnya bisa? Tentu saja bisa. Jadi untuk kamu yang sedang menjalani program diet, makan sahur ini dapat membantu “melancarkan” program diet yang sedang kamu jalani. Rahasianya kamu tetap harus memilih menu makanan yang tepat agar program diet yang akan kamu jalani tidak sia-sia.

Selain itu, jangan konsumsi makanan secara berlebih karena konsumsi makanan yang tidak terkontrol saat sahur tak hanya membuat tubuh menjadi lemas, tetapi juga malah dapat membuat diet yang kamu jalani menjadi berantakan. Apalagi waktu yang kamu miliki hanya tiga puluh hari. Makanya kamu perlu memanfaatkan dengan baik.

Demikianlah ulasan yang dapat Mamikos sampaikan mengenai doa niat sahur puasa ramadhan serta hukum & manfaatnya yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga nanti saat menjalani ibadah puasa, kita semakin menjadi orang yang lebih baik lagi. Apabila kamu sedang mencari hunian seperti kost, maka jangan lupa untuk mengakses aplikasi pencari kost Mamikos sekarang juga. Aplikasinya dapat diunduh secara gratis di Appstore dan Playstore.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: