20 Film Drama Korea Terbaik, Dari Romantis Hingga Sedih

20 Film Drama Korea Terbaik, Dari Romantis Hingga Sedih — Demam drama Korea seakan melanda banyak orang di masa ini. Pihak rumah produksi Korea pun seakan tidak kehabisan ide untuk membuat film dan drama romantis sampai sedih. Di antaranya bahkan berhasil menyabet predikat film drama terbaik dengan rating memukau hingga akhir penayangan. Maka dari itu, Mamikos membuatkan daftar film drama Korea terbaik yang wajib kalian tonton.

20 Film Drama Korea Terbaik, Romantis sampai Sedih

https://www.freepik.com/

Dalam artikel Mamikos kali ini beragam info bisa kamu temukan. Seperti drama korea sedih tentang cinta, drama korea sedih romantis 2017, drama korea romantis sedih 2018, drama korea sedih 2020, drama korea melodrama, film melodrama korea, hingga rekomendasi film korea sedih keluarga.

Apabila kamu sudah tidak sabar dengan informasi film drama Korea terbaik nya, maka kamu bisa simak dengan saksama daftar yang sudah Mamikos susun sebagai berikut.

Daftar Film Drama Korea Bagus, Romantis dan Sedih

1. Ode to My Father (2014)

https://www.camera-roll.com/

Rekomendasi film drama Korea terbaik dan bagus yang pertama adalah Ode To My Father. Film ini dirilis sekitar tahun 2014 dan diisi daftar pemain papan atas yang tidak diragukan lagi kepiawaian aktingnya. Salah satunya adalah Hwang Jung-min.

Deok-soo (Hwang Jung-min) adalah seorang anak laki-laki yang terpisah dari ayahnya ketika masa perang Korea. Dia kemudian harus menjalani hidup yang berat hingga berusia senja.

Dia bekerja keras tujuh hari dalam seminggu demi menghidupi keluarga dan menepati janjinya pada sang ayah untuk melindungi keluarganya dan mencari adiknya yang hilang. Dedikasinya pun mengantarkan dia ke pekerjaan menantang maut di Jerman.

Di sana dia bertemu dengan cinta pertamanya, Young-ja (Kim Yun-jin). Namun karena tugas, dia harus pergi ke Vietnam untuk menjadi prajurit perang.

Ode to My Father adalah film yang mengajarkan kamu tentang dedikasi dan pengorbanan. Meski di akhir-akhir film bakalan banjir air mata, tapi film ini sarat makna dan hangat untuk disaksikan bersama keluarga. Siapin tisu yang banyak.

2. A Moment To Remember (2004)

https://inikpop.com/

Bisa dibilang bahwa A Moment To Remember menjadi salah satu film Korea terbaik yang menawarkan cerita paling menyedihkan.  Film ini adalah adaptasi dari sebuah serial TV Jepang berjudul Pure Soul. Ceritanya berpusat pada kisah cinta pasangan muda yang diuji kekuatannya karena sebuah penyakit Alzheimer yang menimpa sang perempuan.

Su-jin (Son Ye-jin) masih berusia 27 tahun namun sudah didiagnosa menderita penyakit alzheimer yang membuatnya tidak bisa mengingat kejadian-kejadian yang baru terjadi. Yang terparah, dia kemudian tidak ingat siapa suaminya sendiri.

Dia justru memanggil suaminya dengan nama mantan pacarnya. Hal itu membuat sang suami mempertanyakan siapakah yang sebenarnya Su-jin cintai. Film ini selain romantis tapi juga sedih dan bikin baper. Jangan nonton kalau hati tidak begitu kuat buat diuji.

3. Miracle in Cell No.7 (2013)

https://www.netflix.com/

Rekomendasi film drama Korea terbaik selanjutnya adalah Miracle in Cell No.7. Film ini akan menguras air matamu dengan hubungan erat antara seorang ayah penyandang autisme dan putri semata wayangnya. Yong-goo (Ryu Seung-ryong) merupakan seorang single parent yang memiliki penyakit mental. Dia harus mengurus putrinya seorang sendiri, yaitu Ye-seung (Kal So-won).

Suatu hari Yong-goo mendapati dirinya dituduh sebagai pelaku pemerkosaan dan pembunuhan seorang anak perempuan. Karena tuduhan tersebut, bapak satu anak ini malah dijebloskan ke penjara tepatnya di sel nomor 7.

Dari sanalah berbagai keajaiban cinta terjadi. Berkat bantuan teman-teman satu selnya, Yong-goo masih bisa menemui Ye-seung secara rahasia. Namun jangan harap ending film ini akan happy. Sebab bakalan banjir air mata dan kudu siapin banyak tisu deh.

4. A Werewolf Boy (2012)

https://www.soompi.com/

Jika di antara kamu ingin melihat sebuah kisah cinta remaja yang polos nan tulus, maka film ini wajib ditonton. A Werewolf Boy bisa membawa penonton pada suasana sedih yang bikin baper. Dikisahkan seorang nenek bernama Kim Sun-yi (Park Bo-young) yang sedang mengingat kembali masa lalunya saat ia berumur 17 tahun.
Kim Sun-yi merupakan gadis yang cantik namun introvert.

Dia kemudian bertemu dengan seorang pria remaja yang bertingkah layaknya seekor serigala liar. Kim Sun-yi berusaha untuk mendekatkan diri dengan remaja itu dan menjinakkannya. Lelaki itu dia beri nama Chul-soo (Song Jong-ki).

Mereka menjadi semakin dekat dan mencintai satu sama lain. Namun, kekuatan Chul-soo membuatnya diburu oleh banyak orang. Lantas bagaimana kisah mereka untuk bertahan hidup? Apakah Chul-soo berhasil untuk menjalani kehidupan bersama Kim Sun-yi dan berbahagia berdua? Mending ditonton saja.

5. Wedding Dress (2010)

https://www.hancinema.net/

Wedding Dress adalah film drama sedih yang menyayat hati. Cinta ibu dan anak yang sungguh-sungguh bikin kamu mewek selama nonton deh. Bercerita tentang Ko-woon (Song Yoon-a), seorang single mother yang bekerja sebagai desainer gaun pernikahan. Dia memiliki putri semata wayang, So-ra (Kim Hyang-gi) yang sedikit pemilih.

Film drama Korea satu ini sarat dengan cinta kasih keluarga. Ko-woon didiagnosa terkena kanker dan tidak memiliki banyak sisa waktu. Tanpa berniat memberitahukan anaknya, dia berusaha mewujudkan semua keinginannya, termasuk membuat gaun pernikahan untuk putrinya. Namun secara tak terduga, sang anak mengetahui penyakit yang dideritanya. So-ra diam-diam mewujudkan semua keinginan sang ibu di akhir-akhir hidupnya.

6. Hope (2013)

https://pbs.twimg.com/

Alert warning! Film ini ditujukan untuk bimbingan orangtua. Sebab film ini dibuat berdasarkan sebuah kisah nyata. Bisa dibilang ini adalah film tragis. Hope berkisah mengenai seorang anak perempuan berusia 8 tahun yang jadi korban kekerasan seksual oleh pria tak dikenal yang membuatnya trauma seumur hidup.

Setelah mengalami kejadian memilukan tersebut, So-woon (Lee-ra) selalu menolak untuk bertemu dengan pria dewasa termasuk ayahnya sendiri, Dong-hoon (Sol Kyung-gu). Dong-hoon terus berusaha untuk berkomunikasi dengan anaknya, termasuk harus menggunakan kostum kartun kesukaan So-woon hanya agar anaknya mau bertemu dengannya.

Melihat perjuangan sang ayah untuk membangkitkan anak perempuannya, tentu bikin perasaan kamu trenyuh. Disamping itu, hukuman atas pelaku kejahatan seksual yang membuat So-woon menderita terbilang ringan dan membuat penonton jadi semakin emosi dan pilu sendiri pada nasib So-woon.

7. Be With You (2018)

https://www.hancinema.net/

Film drama Korea terbaik 2018 berjudul Be With You ini adalah film dengan tema keluarga nan hangat. Film ini diadaptasi dari film Jepang, Ima, Ai ni Yukimasu menceritakan kisah sebuah keluarga yang kehilangan ibunya, Soo-a (Son Ye-jin). Sehingga sang ayah, Woo-jin (So Ji-sub) harus mengurus anaknya sendirian. Setahun kemudian, Soo-a kembali namun tidak mengingat apa-apa.

Sang suami dan anak pun bekerja sama untuk memulihkan ingatan istrinya untuk kembali ke kehidupan seperti dulu. Apakah usahanya keduanya berhasil? Apakah sang istri bisa mengingat masa lalunya bersama sang suami dan anaknya? Ending dari film ini sungguh luar biasa.

8. Silenced (2011)

https://iamlejen.com/

Film drama Korea terbaik selanjutnya ini dibintangi oleh Gong Yoo. Silenced rilis pada tahun 2011 silam. Film melodrama Korea yang diangkat dari cerita novel berdasarkan kisah nyata ini bercerita tentang Kang In Ho (Gong Yoo), seorang guru yang tengah menyelidiki kasus penyiksaan yang dialami murid-muridnya.

Kang In Ho yang seorang guru kesenian di sebuah sekolah khusus anak-anak tuna rungu pun kemudian menemukan fakta mengejutkan. Dimana beberapa anak diketahui mengalami kekerasan fisik dan seksual yang dilakukan oleh para guru dan kepala sekolah.

In Ho tidak tinggal diam. In Ho kemudian dibantu dengan seorang aktivis HAM bernama Seo Yu Jin (Jung Yu Mi) dan segera membantu anak-anak tersebut dan berusaha mengekspos kasus itu agar diketahui oleh seluruh dunia.

9. Kim Ji-young: Born 1982 (2019)

https://huffingtonpost.com/

Film satu ini adalah salah satu film Korea terbaik dan cocok banget buat kamu tonton sambil menunggu rilisan film Korea sedih terbaru lainnya. Film ini mengisahkan tentang seorang wanita berusia 30-an bernama Kim Ji-yong (Jung Yu-Mi) yang rupanya terbebani dengan kesehariannya sebagai ibu rumah tangga sepenuhnya.

Sambil terus berusaha keras untuk membesarkan anak perempuannya, Ji-young rupanya banyak mengalami perubahan meskipun dirinya merasa baik-baik saja. Karena khawatir atas keadaan istrinya, Jung Dae-hyeon (Gong Yoo) sang suami akhirnya mendatangi psikiater untuk meminta bantuan. Di Korea Selatan sendiri, film ini sempat jadi kontroversi. Namun tidak sedikit yang mulai sadar bahwa paham patriarki memang harus diperangi.

10. My Sassy Girl (2001)

https://www.soompi.com/

Film drama Korea komedi romantis berikutnya adalah berjudul My Sassy Girl yang populer dan menjadi salah satu film Korea terbaik sepanjang masa. Berkisah tentang Gyun-woo (Cha Tae-hyun), seorang mahasiswa yang menjalani hidupnya dengan biasa. Suatu saat, dia bertemu dengan gadis mabuk (Gianna Jun) ketika berada di dalam kereta yang membuat kesehariannya berubah drastis.

Karena mabuk, dia berlaku sangat lucu dan terus menempel ke mahasiswa tersebut sehingga orang-orang menyangka bahwa mereka berpacaran. Setelah pertemuan itu, mereka berdua justru menjalani hidup yang berbeda dari kebanyakan orang. Ending film ini sungguh sangat romantis namun sedih. Namun ada hal baik yang terjadi pada kedua tokoh utama.

11. My Tutor Friend (2003)

https://justwatch.com/

Film drama Korea selanjutnya adalah My Tutor Friend. Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Su-wan (Kim Ha-neul), mahasiswa yang bekerja part-time sebagai seorang tutor. Sebenarnya dia sudah merasa lelah dengan pekerjaannya tersebut. Hanya saja, dia membutuhkan uang untuk bisa membayar biaya kuliahnya.

Suatu saat, dia mendapatkan seorang murid bernama Ji-hoon (Kwong Sang-woo) yang benar-benar menguji kesabaran dan imannya. Dia adalah tipe murid berandalan yang sangat susah diatur. Bahkan, dia sudah tiga kali tidak lulus! Padahal secara umur, Su Wan dan muridnya ini seumuran. Oleh sebab itu, mereka berdua pun sering sekali bertikai satu sama lain. Bisa ditonton di Klik Film.

12. Wonderful Nightmare (2015)

https://venkatarangan.com/

Dalam jajaran film drama Korea terbaik selanjutnya berjudul Wonderful Nightmare yang rilis pada 2015. Kisah komedi romantis dengan bumbu fantasi ini bermula saat pejabat surga secara tak sengaja membunuh Yeon-woo (Uhm Jung-hwa), seorang pengacara yang licik. Sebelum bisa kembali ke keadaan semula, Yeon-woo harus mengalami kehidupan sementara sebagai seorang wanita biasa yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Di sinilah dia bertemu dengan Sung-hwan (Song Seung-heon) dan dua anaknya, Ha-neul (Seo Shin-ae) dan Ha-ru serta harus tinggal bersama mereka selama sebulan. Dalam sebulan ada banyak perubahan yang terjadi dan mengubah cara pandang Yeon-woo.

13. Goblin (2017)

https://jakpost.net/

Film drama Korea selanjutnya ini akan sangat menguras air mata. Berjumlah 16 episode, Goblin dibintangi juga oleh Gong Yoo, Lee Dong-wook, Kim Go-eun, Yoo In-na dan Yook Sung-jae. Bercerita tentang Kim Shin (diperankan Gong Yoo), seorang panglima perang ratusan abad lalu. Kisah hidupnya malah berakhir tragis yakni dia ditusuk dengan pedangnya sendiri.

Namun, Kim Shin tak bisa beristirahat dengan tenang. Selama bertahun-tahun, ia hidup kekal menjadi seorang Goblin (pelindung jiwa). Agar bisa beristirahat tenang di alam baka, Kim Shin harus mencari seorang pengantin untuk menarik pedang itu. Hingga kemudian, Kim Shin bertemu dengan Ji Eun Tak (Kim Go-eun).

Tak disangka, pengantin Goblin yang selama ini dicari oleh Kim Shin adalah Ji Eun Tak. Seiring berjalannya waktu, pertemuan dan kebersamaan Kim Shin dan Ji Eun Tak justru menumbuhkan rasa cinta di antara mereka.
Hanya saja perjalanan cinta mereka tidaklah mulus. Apabila pedang itu berhasil ditarik Eun Tak, maka Kim Shin akan pergi untuk selama-lamanya. Lalu bagaimanakah akhir kisah cinta mereka? Kamu bisa tonton drama ini di Netflix, VIU, dan Vidio.

14. Itaewon Class (2020)

https://www.dramabeans.com/

Film drama Korea terbaik berikutnya ini diadaptasi dari webtoon dengan judul serupa. Drama Itaewon Class menawarkan alur cerita menarik yang pas ditonton buat kamu yang sedang cari rekomendasi drakor yang sarat akan perjuangan dan pesan yang luar biasa.

Drama ini sendiri mengisahkan tentang Park Sae Royi (Park Seo Joon) yang mencoba melawan ketidakadilan atas kematian Ayahnya yang merupakan karyawan di sebuah perusahaan makanan besar di Korea Selatan. Anak dari CEO perusahaan tempat ayahnya bekerja yaitu Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) adalah orang yang menyebabkan Ayah Saeroyi tewasnya.

Saeroyi pun bertekad untuk melancarkan balas dendam dengan cara mengumpulkan uang untuk bisa melawan perusahaan Jangga agar menjadi perusahaan terbaik di Korea. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam film ini yang bisa memberikan kita motivasi dan tidak mudah menyerah dalam kondisi terburuk sekalipun.

15. Terius Behind Me (2018)

https://www.maulindanasir.com/

Film drama Korea terbaik berikutnya ini diisi oleh aktor dan aktris ternama. Drama Terius Behind Me merupakan drama Korea komedi romantis terbaik selanjutnya yang wajib kamu tonton. Drama ini mengisahkan tentang seorang wanita, Go Ae Rin (Jung In Sun), yang tiba-tiba kehilangan suaminya sehingga harus menjadi orang tua tunggal bagi kedua anaknya.

Di sisi lain, Kim Bon (So Ji Sub) adalah seorang mantan agen NIS (National Intelligence Service) yang sedang berusaha mencari tahu siapa pembunuh kekasihnya. Dalam upayanya itu, Kim Bon rela menyamar menjadi seorang pengasuh anak-anak Ae Rin yang kebetulan bertetangga dengannya.

Seiring berjalannya waktu, Kim Bon akhirnya jatuh hati dengan Ae Rin dan lewat janda dua orang anak inilah dia akhirnya mendapatkan jawaban atas misinya selama ini. Drakor ini seru untuk ditonton.

16. My Holo Love (2020)

https://www.hancinema.net/

My Holo Love merupakan drama Korea genre romantis yang tayang sejak 7 Februari 2020 di Netflix. Drama ini dibintangi Yoon Hyun-min dan Ko Sung-hee. My Holo Love mengisahkan tentang gadis penderita prosopagnosia bernama Han So-yeon (Ko Sung-hee) dengan pengembang program IT bernama Go Nan-do (Yoon Hyun-min).

Han So-yeon sendiri mulai menggunakan program artificial intelligence (AI) Holo buatan Go Nan-do tanpa sengaja. Lambat laun, Nan-do jatuh cinta pada So-yeon. Tetapi kepribadian Nan-do yang dingin sangat kontras dengan program Holo, sehingga So-yeon justru tertarik pada Holo, sang AI.

17. Team Bulldog: Off-Duty Investigation (2020)

https://cinemags.co.id/

Tahun 2020 ini memang sedang ramai dengan deretan film drama Korea terbaik yang wajib kamu tonton, salah satunya adalah ‘Team Bulldog: Off-Duty Investigation’. Drama detektif ini dibintangi oleh Cha Tae Hyun, Lee Sun Bin, Jang Sang Hoon, dan Yoon Kyung Ho, bercerita tentang seorang detektif bernama Jin Kang-ho.

Dalam urusan pekerjaan, ia seringkali tidak cocok dengan rekan lainnya. Meski begitu, ia tetap semangat melakukan apapun demi menyelesaikan setiap kasus. Hingga suatu hari, ia bertemu seorang sutradara bernama Kang Moo-young (Lee Sun-bin) dari program acara televisi seputar investigasi.

Karena satu dan lain hal, mereka berdua pun terlibat dalam banyak penyelidikan. Keduanya lantas membentuk tim khusus bersama ahli forensik, mantan gangster, sampai mantan profiler kriminal. Mampukah mereka membongkar kasus-kasus yang selama ini belum terkuak?

18. Hi Bye, Mama! (2020)

https://voi.id/

Hi Bye, Mama! merupakan film drama Korea terbaik yang isinya orang baik semua. Serial ini dibintangi oleh Kim Tae-hee, Lee Kyu-hyung, Go Bo-gyul, Shin Dong-mi, Lee Shi-woo, dan Seo Woo-jin. Drama hasil karya sutradara Yoo Je-won ini tayang perdana di tvN pada 22 Februari 2020 dan tayang juga di Netflix.

Serial Korea bergenre romantis fantasi ini menceritakan seorang wanita bernama Cha Yu-ri. Ia telah menjadi hantu sejak kecelakaan tragis lima tahun lalu yang merenggut nyawanya. Keajaiban kemudian terjadi. Yuri diberikan kemungkinan untuk menjadi manusia selama 49 hari. Namun Yuri memiliki misi khusus selama 49 hari. Sepanjang drama berlangsung ada banyak kejadian lucu, penuh cinta namun haru yang wajib ditonton.

19. Crash Landing on You (2019)

https://www.minews.id/

Seorang wanita dari Korea Selatan Yoon Se-ri sedang melakukan kegiatan paralayang ketika angin topan tiba-tiba menghantamnya. Se-ri malah mendarat di Korea Utara. Yoon Se Ri (Son Ye Jin) adalah seorang pengusaha sukses dan juga seorang pewaris dari Korea Selatan, mendapati dirinya berada di Zona Demiliterisasi Korea, terjebak di sebuah pohon dan bertemu perwira Korea Utara, Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin). Romansa pun terjadi diantara keduanya.

Crash Landing on You menggambarkan beraneka ragam hal tentang Korea Utara, yang ternyata dibuat dari masukan para pembelot Korea Utara, dan membuatnya jauh lebih kompleks daripada drama komedi romantis kebanyakan. Drakor satu ini bisa kamu tonton legal di Netflix.

20. Prison Playbook (2017)

https://blog.onehallyu.com/

Dalam rangkaian terakhir film drama Korea terbaik adalah Prison Playbook. Drakor satu ini bisa dibilang beda daripada drakor kebanyakan. Menceritakan seorang pemain bisbol terkenal di Korea dinyatakan bersalah setelah menyerang seorang pria yang mencoba melakukan kekerasan seksual terhadap saudara perempuannya.

Kim Je Hyeok (Park Hae Soo), yang beberapa hari lagi akan melakukan debut Major League Baseball (MLB) di Amerika Serikat justru harus berterima pada hukuman satu tahun penjara. Saat ia menetap di penjara, Je Hyeok terhubung kembali dengan Lee Joon Ho (Jung Kyung Ho) teman masa kecil yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan (sipir).

Prison Playbook merupakan drama komedi kelam yang meneliti tindak korupsi dalam sistem penjara sambil menikmati kehangatan, kesenangan kecil dan kenyamanan dari narapidana yang tinggal di dalamnya. Seperti yang Mamikos katakan, drakor ini berbeda dari drakor yang sudah ada.

Itulah tadi ulasan yang bisa Mamikos berikan tentang 20 film drama Korea terbaik dari romantis hingga sedih. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah daftar tontonan kamu. Akses terus aplikasi pencari kos Mamikos demi memperoleh update info hunian kos-kosan hingga berita seputar mahasiswa, dunia kampus, pendidikan dan berita umum hiburan lainnya. Terimakasih sudah membaca artikel Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah