6 Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA, Cek di Sini

Posted in: CPNS
Tagged: CPNS 2021

6 Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA, Cek di Sini– Pengumuman pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 sangat dinantikan. Tidak adanya seleksi CPNS di tahun 2020 membuat peminat seleksi CPNS tahun 2021 diprediksi meningkat.

Formasi-Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA

infopublik.id

Kesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui seleksi CPNS bisa didapatkan lulusan Sekolah Menengah hingga S2. Jika kamu masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, persiapkan diri untuk mendaftar seleksi CPNS yang akan segera dibuka pada tahun 2021.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua formasi yang terdapat pada CPNS dapat dipilih oleh lulusan SMA. Terdapat formasi khusus yang hanya bisa dilamar oleh lulusan Diploma III (D3), lulusan Strata 1 (S1), atau lulusan Strata 2 (S2). Namun, kamu tidak perlu bingung karena syarat tersebut akan dicantumkan pada formasi yang dibuka, sehingga kamu tidak akan salah melamar jabatan.

Persaingan untuk menjadi CPNS pun semakin ketat. Selain perlu memenuhi persyaratan umum, ada pula syarat khusus pada masing-masing lembaga yang juga perlu dilengkapi. Bagi kamu lulusan SMA yang ingin mendaftar CPNS tahun 2021, kali ini Mamikos akan mengulas formasi CPNS tahun 2021 yang bisa kamu lamar.

1. Formasi di Kemenkumham

https://cpns.kemenkumham.go.id

Lowongan formasi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan Perguruan Tinggi saja. Bagi kamu yang lulus dari SMA atau SMK, peluang untuk menjadi bagian ASN di lingkungan Kemenkumham pun bisa kamu dapatkan. Bahkan, tahun sebelumnya formasi yang dibuka di Kemenkumham sangat besar untuk lulusan SMA dan SMK.

Data Kemenkumham tahun 2019 menyebutkan bahwa terdapat 3532 formasi yang khusus diperuntukkan bagi siswa SMA, SMK, dan MA. Peluang ini tentu tidak boleh kamu sia-siakan. Jika ingin mendapatkan informasi terkait pembukaan seleksi CPNS di lingkungan Kemenkumham dan formasi yang dibuka, akses laman https://cpns.kemenkumham.go.id.

2.Formasi di Kejaksaan Agung

https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

Lulusan SMA sederajat juga berpeluang untuk bisa menjadi ASN di lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Pada pembukaan CPNS tahun 2019, jumlah formasi yang dibuka di Kejaksaan Agung sebanyak 2000 formasi. Jumlah tersebut tentunya cukup besar dibandingkan formasi-formasi lainnya. Jika ingin memantau perkembangan informasi CPNS di Kejaksaan Agung, khususnya untuk lulusan SMA dan SMK, buka laman website https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

3.Formasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

http://ropeg.menlhk.go.id/CPNS2019/index.html

Adanya pembukaan lowongan CPNS tahun 2019 di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bisa menjadi referensimu untuk mendaftar CPNS tahun 2021 nanti. Jumlah formasi yang dibuka bagi lulusan SMK di KLHK sebanyak 80 formasi. Terkait jabatan yang dibuka, hanya ada jabatan Pelaksana Pemula atau Pemula Polisi Kehutanan. Namun, informasi terkait peluang jabatan tersebut masih sangat mungkin mengalami perubahan pada pembukaan CPNS tahun 2021 nanti. Kunjungi website resmi KLHK di laman https://ropeg.menlhk.go.id.

4. Formasi di Kementerian Pertanian

ttps://cpns.pertanian.go.id

Seleksi CPNS tahun 2019 di Kementerian Pertanian (Kementan) turut membuka lowongan CPNS bagi pelamar lulusan SMA. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak 45. Persaingan yang ketat perlu membuatmu lebih bersiap diri untuk menjalani seleksi. Jika ingin mengetahui informasi pendaftaran CPNS dan formasi yang dibuka di Kementan tahun 2021, kamu dapat mengakses laman https://cpns.pertanian.go.id.

5.Formasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

https://cpns.kemdikbud.go.id/

Lulusan SMA dan SMK dapat mendaftar sebagai CPNS di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Pada penerimaan CPNS tahun 2019 dan tertuang pada keputusan dari Kemendikbud Nomor 126533/A.A3/KP/2019, terdapat seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Kemdikbud.

Khusus untuk lulusan SMA dan SMK, formasi yang dibuka sebanyak 11 dengan rincian jabatan sebagai Pengadministrasi Keuangan, Teknisi Laboratorium, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran. Untuk informasi formasi dan jabatan yang akan diperlukan tahun 2021, kamu bisa melihat update dari laman website https://cpns.kemdikbud.go.id/.

6.Formasi di Badan Intelijen Negara

https://www.bin.go.id/

Ingin menjadi bagian dari Badan Intelijen Negara (BIN)? Lulusan SMA sederajat memiliki peluang besar untuk bisa bergabung di lingkungan BIN. Terdapat jabatan yang khusus diperuntukkan bagi lulusan tersebut, seperti jabatan Pranata Komputer Pelaksana Pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional. Ada pula jabatan di Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri. Jabatan yang ditawarkan pada CPNS di BIN untuk lulusan SMA tahun 2021 nanti mungkin mengalami perubahan, sehingga kamu dapat memantau perkembangan informasinya di laman website https://www.bin.go.id/.

Syarat Pendaftaran CPNS untuk SMA Tahun 2021

Jika kamu akan mengikuti seleksi CPNS, sangat penting mencari tahu syarat yang ditetapkan. Sebab, melewatkan persyaratan yang sudah ditetapkan akan membuat status pendaftaran gugur, sehingga tidak dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya. Berikut ini adalah syarat-syarat umum pendaftaran CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK:

  1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Ketentuan rinci terkait usia akan diberitahukan secara resmi melalui portal SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan berkekuatan hukum tetap (disebabkan adanya tindak pidana atau kasus narkoba)
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri
  5. Tidak pernah diberhentikan secara tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri
  6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  7. Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri dan Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  8. Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik (Parpol)
  9. Tidak terlibat politik praktis
  10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar
  11. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah (dengan alasan apa pun) minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
  12. Dilarang bertato bagi pelamar pria dan wanita
  13. Dilarang bertindik bagi pelamar pria

Demikian informasi 6 formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA. Setelah kamu memastikan sudah memenuhi persyaratan umum yang ditetapkan, saatnya mencari tahu syarat khusus bagi pendaftar CPNS lulusan SMA pada masing-masing formasi jabatan. Informasi resmi bisa kamu dapatkan dengan membuka langsung laman website terkait dan mengikuti media sosial lembaga.

Gambaran jumlah formasi dan jabatan berdasarkan data seleksi CPNS tahun 2019 di atas masih mungkin mengalami perubahan. Bisa saja kebutuhan di formasi atau jabatan lain lebih banyak, sehingga lulusan SMA sederajat yang diperlukan bertambah atau justru sebaliknya. Nantinya, informasi resmi jumlah formasi dan jabatan dari lembaga-lembaga tersebut dapat diakses setelah pengumuman CPNS 2021 dirilis. Selagi menunggu pengumuman tersebut, persiapkan materi ujian CPNS agar kamu bisa semakin percaya diri ketika bersaing dengan pelamar lainnya. Selamat berjuang dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah