Link Terbaru Pendaftaran CPNS 2021, Login Di Sini

Posted in: CPNS

Link Terbaru Pendaftaran CPNS 2021, Login Di Sini- Informasi terkait pendaftaran CPNS 2021 mungkin baru bisa diperoleh secara lengkap pada bulan Maret 2021 mendatang. Meski demikian, alur serta link pendaftaran yang digunakan masih sama dengan seleksi CPNS periode sebelumnya.

Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

ssc.bkn.go.id

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan mengabdi pada negara masih jadi salah satu pekerjaan impian. Tak heran jika seleksi CPNS senantiasa ramai peminat. Seleksi CPNS di Indonesia terakhir kali diadakan pada tahun 2019 lalu. Artinya, pada tahun 2020 pemerintah memang tidak menyelenggarakan seleksi CPNS. Alasannya adalah karena pandemi corona sempat membuat proses seleksi menjadi terhambat. Alhasil, pada tahun 2020 pemerintah masih harus menuntaskan proses seleksi pada tahun sebelumnya.

Memahami Penyelenggaraan CPNS 2021

Terkait penyelenggaraan CPNS 2021, pemerintah menyatakan bahwa seleksi akan mulai diadakan sekitar bulan Maret. Saat ini, pihak penyelenggara masih harus memastikan jumlah formasi yang dibuka untuk CPNS 2021. Jumlah formasi ini berkaitan dengan jumlah PNS yang akan pensiun pada tahun 2021.

Persyaratan Umum CPNS 2021

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, tentu kamu perlu mengetahui berbagai ketentuan yang harus dipenuhi. Meski informasi ini belum dirilis secara resmi, kamu bisa menjadikan ketentuan CPNS 2019 sebagai gambaran. Berikut beberapa ketentuan umum tersebut.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP.
  2. Berusia antara 18 hingga 35 tahun. Ketentuan ini mungkin bisa berbeda, tergantung formasi yang dilamar sehingga perlu dipastikan kembali lewat sumber informasi resmi
  3. Bukan anggota partai politik dan tidak pernah terlibat politik praktis
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkelakuan baik
  6. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang dilamar yang dibuktikan dengan ijazah serta transkrip/ daftar nilai asli yang di-scan

Formasi Khusus CPNS 2021

Beberapa ketentuan umum yang disampaikan pada poin sebelumnya merupakan ketentuan yang berlaku bagi seluruh pelamar CPNS. Namun demikian, ada pula formasi khusus yang nantinya juga akan diminta menyertakan dokumen tambahan. Masih berpedoman pada penyelenggaraan CPNS 2019, berikut beberapa formasi khusus yang dimaksud.

  1. Formasi khusus Putra-Putri Papua dan Papua Barat. Pendaftar formasi ini dibuktikan dengan beberapa dokumen tambahan seperti akta kelahiran asli, KTP asli orang tua kandung, dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua pendaftar adalah asli asal Papua atau Papua Barat.
  2. Formasi khusus lulusan terbaik (cumlaude). Pelamar formasi cumlaude juga perlu menyertakan dokumen berupa sertifikat akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi tempatnya berkuliah.
  3. Formasi diaspora
  4. Formasi tenaga keamanan siber
  5. Formasi khusus disabilitas. Bagi pelamar disabilitas, diperlukan berkas tambahan berupa surat keterangan asli dari dokter mengenai kondisi disabilitas yang dialami.

Link Terbaru Pendaftaran CPNS 2021

Laman Resmi BKN untuk Seleksi ASN

Pegawai Negeri Sipil pada dasarnya merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun demikian, tidak semua ASN menyandang status sebagai PNS. Ada pula Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi kedua tipe ASN ini sama-sama dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Proses seleksi keduanya pun sama-sama diakses lewat laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Bukan hanya seleksi CPNS secara umum dan PPPK saja yang diakomodir lewat laman resmi SSCASN. Ada pula seleksi CPNS yang melalui pendidikan kedinasan. Ketiga seleksi ini sama-sama ditampilkan pada laman utama portal sscasn. Untuk itu, pelamar harus benar-benar mencermati link yang sesuai untuk pendaftaran CPNS 2021.

Link untuk Login Seleksi CPNS 2021

Untuk melakukan login terkait seleksi CPNS 2021, pelamar dapat membuka laman https://sscasn.bkn.go.id/  terlebih dahulu. Pelamar akan diarahkan pada laman resmi seleksi ASN oleh BKN. Selanjutnya, pelamar dapat memilih menu dengan tulisan Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (SSCN). Menu tersebut akan langsung membawa pelamar ke laman /https://sscn.bkn.go.id/ untuk melakukan login. Jika tidak ingin membuka laman resmi seleksi nasional milik BKN terlebih dahulu, pelamar dapat juga langsung menuju link /https://sscn.bkn.go.id/ .

Alur Pendaftaran CPNS 2021

Jika kamu sudah tahu link pendaftaran CPNS 2021 terbaru, selanjutnya kamu juga harus mengerti alur pendaftarannya.

  1. Akses portal SSCASN di lewat link https://sscasn.bkn.go.id/ 
  2. Pilih menu SSCN atau Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional atau klik tombol Daftar Sekarang ketika muncul slide CPNS. Kamu nantinya akan diarahkan ke laman https://sscn.bkn.go.id/
  3. Buat akun SSCN 2019 dengan e-mail yang masih aktif, NIK dan nomor KK. Jangan lupa buat password yang harus kamu ingat
  4. Login dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  5. Untuk mengkonfirmasi kebenaran data pada KTP, lakukan swafoto sambil memegang Kartu Informasi Akun dan KTP. Unggah swafoto tersebut.
  6. Isi informasi yang diminta seperti kelengkapan biodata, pilihan formasi dan jabatan.
  7. Unggah dokumen persyaratan sesuai dengan formasi yang dipilih.
  8. Unggah foto formal dengan berlatar belakang merah dengan ukuran berkas yang diminta
  9. Isi kolom pertanyaan pengaman serta jawabannya. Pertanyaan pengaman ini harus kamu simpan atau catat karena dapat bermanfaat apabila kamu lupa dengan password akunmu dan tidak bisa login.
  10. Masukkan kode captcha yang tampil pada layar
  11. Pastikan kembali bahwa semua data dan informasi yang kamu isi sudah valid dan benar, kemudian pilih menu Lanjutkan
  12. Pilih menu Cetak Informasi Pendaftaran sebagai bukti bahwa kamu sudah berhasil membuat akun SSCN. Informasi yang sudah dilengkapi tadi akan muncul dalam bentuk Kartu Informasi Akun.
  13. Pastikan kembali informasi tadi sudah benar-benar sesuai dan tidak ada kesalahan penulisan. Periksa juga pasfoto dan data lainnya sudah benar-benar tepat dengan memeriksa resume pendaftaran.
  14. Jika ternyata masih ada data yang tidak sesuai dengan realita, kamu masih bisa memperbaiki dengan memilih menu Kembali.
  15. Apabila seluruh data sudah sesuai, lakukan konfirmasi pendaftaran. Selanjutnya, kamu bisa mencetak Kartu Pendaftaran.
  16. Panitia penyelenggara akan melakukan verifikasi pendaftaran kamu
  17. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan
  18. Kamu punya kesempatan untuk menyampaikan klarifikasi data pada masa sanggah apabila diperlukan
  19. Kalau kamu lolos seleksi administrasi, kamu bisa mengikuti tes lanjutan

Semoga Beruntung di Seleksi CPNS 2021 Mendatang

Sekian dulu informasi dari Mamikos tentang link terbaru pendaftaran CPNS 2021 serta berbagai macam hal terkait penyelenggaraan seleksi tersebut. Mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi kamu yang berminat mengikuti seleksi CPNS 2021.

Selain informasi tadi, kamu juga dapat menbaca artikel menarik lainnya dengan mengunjungi website Mamikos. Apabila kamu memerlukan informasi mengenai lokasi kost idaman dengan letak yang strategis, kamu bisa download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kesayangan kamu masing-masing.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah