Perhitungan Gaji Karyawan Masa Percobaan Beserta Contoh Kasusnya

Posted in: Karyawan
Tagged: Gaji Karyawan

Perhitungan Gaji Karyawan Masa Percobaan Beserta Contoh Kasusnya – Memahami perhitungan gaji karyawan masa percobaan tentu wajib untuk sebuah perusahaan. Bahkan hal ini juga perlu diketahui bagi seluruh pegawai. Karena setiap pada titik ini merupakan fase penting untuk para karyawan sebab dianggap juga sebagai pengujian.

Beberapa Perhitungan Gaji Karyawan Masa Percobaan Beserta Contoh Kasusnya

unsplash.com/@mufidpwt

Masa probation pegawai atau perhitungan gaji karyawan masa percobaan merupakan salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya hal itu menjadi sebuah acuan para karyawan guna memastikan cocok atau tidaknya posisi tersebut. Berikut perhitungannya.

1. Masa Percobaan Karyawan Dalam Promosi Jabatan

Kategori pertama yang masuk dalam perhitungan gaji karyawan masa percobaan adalah promosi jabatan. Sebagian perusahaan membuat ketentuan untuk menguji pegawainya sebelum diputuskan secara tetap. Tujuannya guna memastikan posisi tersebut cocok.

Dalam masa ini pada dasarnya harus dimanfaatkan oleh para karyawan guna menunjukkan performa terbaiknya. Sebab, perusahaan belum menent apkan secara sah perihal promosi jabatan. Bahkan pada fase ini tak jarang ada karyawan yang gagal melewatinya.

2. Masa Percobaan Karyawan Karena Performa Buruk

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga berlaku pada para pegawai yang memiliki performa buruk secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan oleh pihak perusahaan sebagai bentuk teguran. Dengan begitu, karyawan harus segera memperbaiki kinerja kembali sediakala.

Seperti contoh seorang pegawai yang jarang masuk, maka pihak perusahaan akan memberikan masa percobaan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pemberian gaji. Namun proses tersebut biasanya dilakukan sesuai ketentuan dan diberikan surat peringatan.

3. Masa Percobaan Karyawan Guna Pemecatan

Kategori perhitungan gaji karyawan masa percobaan selanjutnya bisa dikatakan berada pada tahap akhir. Dimana proses ini dilakukan kepada seorang pegawai yang selangkah lagi dalam pemecatan. Namun pihak perusahaan memberikan kesempatan melalui percobaan

Selama masa percobaan yang diberikan, seorang karyawan dapat diharapkan mampu memperbaiki kinerja atau permasalahnnya. Jika selama fase tersebut tidak ada perubahan, maka akan segera dipecat. Semuanya tergantung proses percobaan berhasil atau tidak.

Contoh Kasus Perhitungan Gaji Karyawan Masa Percobaan

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan pada dasarnya diikat dalam sebuah kontrak perjanjian kerja waktu tertentu atau PKWT. Oleh karena itu, umumnya perhitungannya tak begitu berbeda dengan gaji tetap. Hanya saja terdapat beberapa aspek pembedanya.

Seperti misalnya kamu selama masa percobaan mendapatkan gaji berkisar Rp3.000.000. Selain itu tunjangan perbulan Rp500.000, maka otomatis totalnya adalah Rp3.500.000 per bukan tidak dipotong PPh. Perubahan nominalnya bergantung pasa kebijakan perusahaan.

Cara Menentukan Perhitungan Gaji Pokok Karyawan 

Terlepas dari perhitungan gaji karyawan masa percobaan, tentu kamu pun wajib mengetahui cara menentukan gaji pokok. Sebab, dalam ketentuannya tidak bisa berlangsung secara sembarang atau tak sesuai aturan yang berlaku. Berikut beberapa cara penentuannya.

1. Nilai Pekerjaan Pada Perusahaan

Antara satu perusahaan dengan lainnya mungkin saja memiliki perhitungan gaji karyawan masa percobaan berbeda. Hal tersebut juga berlaku untuk penentuan gaji pokoknya. Bahkan meskipun keduanya berada dalam posisi yang sama dan industri serupa.

Hal tersebut memiliki berbagai macam faktor yang cukup memengaruhi nilainya. Beberapa diantaranya adalah mengenai geografis. Pasalnya, saat kamu bekerja di Jakarta akan berbeda dengan Yogyakarta. Pembedanya terletak pada kebijakan pemerintah perihal UMR.

2. Sesuai Dengan Skala Perusahaan

Dalam perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga harus ditentukan berdasarkan skala upahnya. Sebab, jangan sampai pihak perusahaan terlalu memaksakan dengan nominal yanh besar. Terlebih kemampuan finansialnya tak sekuat itu dan membuat keungan menjadi buruk.

Oleh karena itu, sebelum menentukan perhitungan gajinya ada baiknya riset terlebih dahulu mengenai kemampuan finansial. Sebab, apabila hal tersebut dipaksakan tentu akan membuat perusahaan merugi. Jadi kesimpulannya sesuaikan dengan skala upah saja.

3. Kontribusi Kepada Perusahaan

Besaran perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga ditentukan dari porsinya. Hal ini diberlakukan terutama pada kasus kenaikan jabatan atau promosi. Umumnya pihak perusahaan melihat seberapa kontribusi pegawai tersebut kepada perusahaan.

Terlebih jika perusahaan kamu sedang menerima seorang karyawan baru, maka ada baiknya dimasukkan ke dalam kontrak probation. Masa percobaan tersebut termasuk pada pemberian gaji. Jadi pihak perusahaan bisa menyesuaikan nominalnya berdasarkan kontribusinya.

Cara Menentukan Perhitungan Gaji Karyawan Berdasarkan Status

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga memiliki berbagai ketentuan lainnya. Salah satu diantaranya adalah status kepegawaian hingga posisi yang ditempati cukup memengaruhi nominalnya. Berikut beberapa cara menentukan perhitungan gajinya.

1. Gaji Karyawan Tetap

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga berlaku pada pegawai yang berstatus tetap dan sedang dalam probation. Sebelum menghitungnya, maka perhatikan terlebih dahulu nominal upah yang karyawan tersebut dapatkan selama menjadi pegawai tetap dikantor.

Dalam perhitungannya terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan guna menentukan gaji pegawai tetap per bulannya. Seperti halnya kontribusi atau lamanya bekerja, tanggungan hingga kontrak awal. Semuanya itu akan dijadikan bahan pertimbangan.

2. Gaji Karyawan Tidak Tetap

Sebagian perusahaan terutama yang berskala kecil masih bingung ketika bicara mengenai perhitungan gaji karyawan masa percobaan. Hal tersebut terutama pada pegawai dengan status tidak tetap atau kontrak. Maka berapa gaji yang harus diberikan kepada pegawainya.

Pada dasarnya, perhitungan gaji karyawan masa percobaan, baik pegawai tetap ataupun bukan ditentukan oleh kontrak kerja awal. Selain itu terdapat juga beberapa ketentuan. Seperti, apabila pegawa belum memiliki tanggungan maka dapat dijadikan bahan pertimbangan gaji.

3. Gaji Karyawan Harian

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan juga berlaku pada pegawai yang mendapatkan upah berskala harian. Pada dasarnya, cara menghitungnya tak begitu berbeda dari status lainnya. Hanya saja uang yang diberikan bukan berskala per bulan melainkan per hari.

Pihak perusahaan pada dasarnya hanya perlu melakukan perhitungan gaji karyawan masa percobaan dengan sederhana. Untuk kasus harian, pastikan tidak melebih dari Rp4.500.000 karena akan dikenai pajak. Lalu bagi lah menjadi 30 hingga 31 hari nominalnya.

Cara Menentukan Perhitungan Gaji Karyawan yang Masuk Tengah Bulan

Faktor lain yang membuat sebagian orang bingung dalam menentukan perhitungan gaji karyawan masa percobaan adalah waktu. Salah satu diantaranya adalah jika karyawan tersebut masuk di pertengahan bulan. Berikut beberapa cara menentukannya.

1. Berdasarkan Hari Kerja

Perhitungan gaji karyawan masa percobaan khusus yang masuk pada pertengahan bulan adalah dihitung berdasarkan hari kerja. Jadi bisa disimpulkan bahwa upah yang akan didapatkan tidak bulat. Hal itu dikarenakan belum bekerja secara penuh di satu bulan awal.

Jadi, apabila kamu masuk dalam sebuah pekerjaan di pertengahan bulan, maka tak perlu khawatir tidak mendapatkan gaji. Karena pihak perusahaan akan tetap memperhitungkannya. Hanya saja, total dari gaji yang ada dikontrak tidak sepenuhnya diberikan di bulan pertama.

2. Berdasarkan Jam Kerja

Selain dihitung atas dasar hari kerja, perhitungan gaji karyawan masa percobaan yang masuk di pertengahan bulan adalah berdasarkan jam kerjanya. Sama seperti penjelasan sebelumnya. Bahwa nominal yang didapat belum penuh sesuai kontrak.

Meskioun begitu, metode perhitungan ini bisa dikatakan lebih runit Kika dibandingkan dengan sebelumnya. Rumus yang digunakan yaitu Upah kerja per jam x gaji satu bulan. Jadi jangan khawatir apabila yang diterima pada bulan pertama tak sesuai kontrak.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara perhitungan gaji karyawan masa percobaan beserta contoh kasusnya. Sebagai perusahaan maupun pegawai tentu wajib mengetahui perihal informasi tersebut. Tujuannya guna menghindari berbagai macam kekeliruan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah