10 Gambar Masjid Terindah dan Megah di Indonesia

Posted in: Ibadah
Tagged: Masjid

10 gambar masjid terindah dan megah di Indonesia – Desain arsitektur masjid di Indonesia sangat beragam. Bahkan, hampir setiap tempat memiliki ciri masjidnya tersendiri. Kamu bisa menjumpai perbedaan desain masjid di satu kota dengan kota lainnya dengan mudah.

Gambar Masjid yang Indah di Indonesia

simas.kemenag.go.id

Jika kamu pernah berjalan-jalan ke luar kota dan singgah ke masjid untuk beribadah, kamu akan menjumpai perbedaan bangunan masjid di satu tempat dan tempat lainnya. Untuk menemukan masjid di Indonesia pun tidak sulit, apalagi umat muslim merupakan mayoritas. Meskipun fungsi masjid tersebut sama, yaitu untuk tempat ibadah, kamu akan menjumpai keunikan tersendiri pada setiap masjid.

Desain masjid di Indonesia ada yang klasik dan ada pula yang modern. Desain tersebut dipengaruhi banyak faktor, seperti lokasi, tujuan pembangunan masjid, arsitektur, dan tokoh masyarakat yang berperan penting. Terkadang, masjid tersebut juga dijadikan lokasi wisata religi. Penasaran dengan keindahan dan kemegahan masjid tanah air? berikut informasi gambar-gambar masjid di Indonesia sebagai informasi.

1. Masjid Istiqlal

wikimedia.org

Masjid yang berkapasitas 200 ribu orang yang dibuka tahun 1978 di Indonesia adalah Masjid Istiqlal. Lokasi masjid berada di pusat ibukota, tepatnya di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal yang bergaya internasional didesain oleh arsitek Friedrich Silaban. Masjid yang memakan biaya pembangunan hingga 7 miliar tersebut menyandang predikat sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara.

2. Masjid Agung Al Jabbar

madania.co.id

Masjid Agung Al-Jabbar adalah masjid yang masih dalam proses pembangunan yang peletakan batu pertamanya dilakukan tahun 2018. Lokasi Masjid Agung Al Jabbar terdapat di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292. Masjid berkapasitas 60 ribu orang ini juga memiliki gaya internasional. Dari kejauhan, akan tampak desain megah bangunan serta keunikan masjid karena berada di atas danau buatan yang juga berperan sebagai sumber air, tempat konservasi habitat, serta pengendali banjir. Tidak mengherankan jika masyarakat juga menyebut masjid ini sebagai Masjid Terapung Gedebage. Selain menjadi tempat beribadah, masjid juga akan difungsikan sebagai museum Al Quran.

3. Masjid Al Akbar Surabaya

uloom.id

Masjid Nasional Al Akbar juga dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal, lokasi masjid terbilang strategis di dekat Jalan Tol Surabaya – Gempol. Lokasi masjid tepatnya berada di Jalan Mesjid Agung Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. Masjid dengan tinggi kubah luar 27 meter dan tinggi menara hingga 99 meter ini dibuka selama 24 jam.

Daya tampung jamaah yang hampir mencapai 60 ribu orang pun menjadikan masjid ini sebagai masjid yang cukup besar dan kerap digunakan untuk menyelenggarakan acara penting lainnya. Dari kejauhan akan tampak kemegahan menara masjid dan kubahnya yang mirip bentuk setengah telur dengan lapisan-lapisan. Ciri unik Masjid Al Akbar Surabaya adalah adanya pintu masuk menuju bagian dalam masjid yang tinggi besar. Selain itu, bagian mihrab masjid juga sangat besar, bahkan merupakan mihrab masjid terbesar se-Indonesia.

4. Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar

wikimedia.org

Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar berlokasi di Jalan Masjid Raya No.57, Timungan Lompoa, Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid berkapasitas 10 ribu jamaah ini merupakan masjid yang paling megah di Makassar dan sudah berdiri sejak tahun 1994, namun baru diresmikan tahun 1996. Fungsi masjid tidak hanya sekadar tempat beribadah shalat lima waktu saja, tetapi juga sebagai perpustakaan, pusat pendidikan, koperasi, aula, hingga kantor MUI Sulawesi Selatan.

5. Masjid Agung An-Nur Riau

simas.kemenag.go.id

Masjid Agung An-Nur yang dibuka sejak tahun 1968 terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau. Masjid dengan gaya Arsitektur Utsmaniyah ini memiliki kapasitas hingga 45 ribu jamaah. Masjid Agung An-Nur didesain oleh arsitek Ir. Roseno. Kamu bisa melihat ada perpaduan gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab serta India pada bangunan masjid yang menjadikannya semakin unik.

6. Masjid Islamic Center Samarinda

simas.kemenag.go.id

Masjid Islamic Center Samarinda berada di Kalimantan Timur, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Masjid yang terdapat di sekitar kawasan Sungai Mahakam terlihat megah dengan menara serta kubah besar yang berdiri tegak. Berada di atas bangunan seluas 43.500 meter persegi, masjid juga ditunjang bangunan pendukung serta adanya balkon.

Kemegahan Masjid Islamic Center Samarinda juga terlihat karena adanya 7 menara dengan menara utamanya yang mencapai 99 meter yang memiliki asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Pada bagian menara utama, terdapat bangunan 15 lantai yang masing-masing tingginya 6 meter. Jumlah anak tangga lantai dasar hingga lantai utama masjid adalah 33, sesuai sepertiga jumlah biji tasbih.

7. Masjid Raya Baiturrahman

simas.kemenag.go.id

Masjid Raya Baiturrahman memiliki desain arsitektur megah dengan kombinasi arsitektur Mughal dan arsitektur Indo-Saracenic. Lokasi masjid terdapat di di pusat kota Banda Aceh, tepatnya Jalan Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman. Masjid yang menjadi landmark Banda Aceh tersebut pernah diterjang tsunami 2004 namun tetap berdiri kokoh. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi lokasi wisata religi bagi wisatawan yang ingin belajar tentang sejarah Masjid Raya Baiturrahman atau sekadar menikmati keindahan arsitektur masjid yang megah sambil berfoto.

8. Masjid Raya Sumatera Barat

simas.kemenag.go.id

Sesuai dengan namanya, Masjid Raya Sumatera Barat terletak di Pulau Sumatera di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Masjid yang berbentuk sangat khas tersebut didesain oleh arsitek Rizal Muslimin dengan peletakan batu pertama tahun 2007. Dari kejauhan, akan terlihat masjid berbentuk persegi dengan empat bagian penjuru yang lancip bak bentangan kain kabilah suku Quraisy di Mekkah ketika memindahkan Hajar Aswad. Selain itu, atap masjid tersebut juga menunjukkan bentuk atap bergonjong rumah adat Minangkabau, yaitu rumah gadang Masjid berkapasitas 6 ribu jamaah ini memiliki 1 menara setinggi 85 meter. Sebagai masjid terbesar di Sumatra Barat yang terdiri dari tiga lantai, biaya pembangunan masjid mencapai 350 miliar.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

wikimedia.org

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid megah yang terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Masjid yang proses pembangunannya memakan waktu hingga 5 tahun ini selesai pada tahun 2006 di atas lahan seluas 10 hektare. Kemegahan masjid semakin terlihat dengan adanya 4 menara masjid setinggi 62 meter dan 1 menara terpisah setinggi 99 meter. Gaya masjid yang didesain arsitek Ir. H. Ahmad Fanani sangat unik karena menggabungkan arsitektur Jawa dan Arab

10. Masjid Raya Bandung

wikimedia.org

Masjid Raya Bandung terletak di Jalan Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Dulunya, masjid tersebut dikenal sebagai Masjid Agung Bandung. Masjid berkapasitas hingga 14 ribu jamaah tersebut memiliki menara setinggi 81 meter dengan diameter kubah masjid mencapai 30 meter.

Demikian informasi 10 gambar masjid terindah dan megah di Indonesia sebagai tambahan pengetahuan. Gambar masjid yang bagus dan gambar masjid megah di Indonesia di atas dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Melihat gambar masjid cantik, umat muslim akan bertambah semangat beribadah. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi masjid-masjid di atas? Sesekali cobalah untuk beribadah di masjid berbeda yang dekat dari rumah. Gambar-gambar masjid di atas dapat menjadi referensi tempat ibadah apabila kamu berkunjung ke lokasi masjid tersebut berada. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah