7 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Mengikuti Ujian Mandiri

7 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Mengikuti Ujian Mandiri – Jalur ujian mandiri diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN. Pada tahun 2020, kuota daya tampung untuk jalur Mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Proses seleksi dan penerimaan calon mahasiswa dari jalur ini dapat menggunakan hasil dari UTBK.



Ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan sebelum mengikuti ujian mandiri agar lebih matang dan tidak terburu-buru. Apa saja?

7 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Mengikuti Ujian Mandiri Ini Jangan Sampai Terlewat

1. Persiapan fisik

Persiapan fisik penting, jangan sampai saat hari H, kamu tumbang alias sakit. Dalam mempertahankan fisik agar tetap prima, selain makan makanan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin. Selain itu perbanyak olahraga sederhana, seperti jogging atau bersepeda di sela-sela kesibukan mempersiapkan diri untuk ujian mandiri.

2. Persiapan mental

Selain persiapan fisik, kamu juga harus mempersiapkan mental. Hindari rasa gugup dengan rajin berlatih menenangkan diri. Kuasai emosi. Selain itu, perbanyak berdoa, dan jangan lupa untuk memohon doa restu dari orangtua.

3. Ikut bimbingan belajar

Untuk membantu mempersiapkan diri mengikuti ujian jalur mandiri masuk universitas nanti, kamu bisa memulainya dengan mengikuti bimbingan belajar.


4. Membuat jadwal belajar

Agar lebih tersistematis dan kamu tak bingung akan memulai belajar dari mana karena banyak sekali bahan belajarnya, kamu bisa membuat jadwal belajar dimulai sekarang. Membuat jadwal belajar bisa membantumu mengatur waktu sehingga kamu tidak keteteran mempelajari bahan ujian mandiri nanti.


5. Rajin mengikuti Try Out

Selain belajar, berlatih mengerjakan latihan soal juga tak kalah penting. Kamu bisa mencoba berlatih mengerjakan soal-soal dengan mengikuti Try Out. Dengan mengikuti Try Out kamu bisa sekaligus memetakan kekuatanmu sebelum ujian mandiri berlangsung.

6. Cari informasi dengan bertanya ke senior

Bukan hanya mencari informasi di Google, mencari informasi seputar ujian mandiri universitas yang akan kamu hadapi bisa dengan bertanya ke senior yang telah terlebih dahulu kuliah di sana.


7. Menyiapkan segala perlengkapan

Yang terakhir, sebelum hari H ujian mandiri tiba, siapkan segala perlengkapan seperti berkas-berkas atau dokumen apa yang harus dibawa saat ujian, serta pakaian dan cek lokasi ujian di website universitas pilihanmu.



Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya


Kost Dekat UNAIR Surabaya


Kost Dekat UIN Jakarta