8 PTN dengan Biaya Jalur Mandiri di Bawah 300 Ribu Rupiah

8 PTN dengan Biaya Jalur Mandiri di Bawah 300 Ribu Rupiah – Perguruan Tinggi Negeri membuka pendaftaran dalam berbagai macam jalur. Pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi tersebut ada yang dilakukan serentak secara nasional maupun dilaksanakan secara mandiri. Bagi calon mahasiswa yang mengikuti seleksi nasional, pilihan jalur yang dibuka adalah SNMPTN dan SBMPTN. Namun, bagi calon mahasiswa yang tidak diterima kedua jalur tersebut, masih ada kesempatan masuk PTN melalui jalur mandiri.

Biaya Jalur Mandiri PTN di Bawah 300 Ribu

Untuk bisa mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, terdapat biaya yang perlu dikeluarkan. Hanya jalur SNMPTN saja yang tidak memberlakukan biaya pendaftaran. Untuk pendaftaran jalur SBMPTN dan jalur mandiri, peserta akan dipungut biaya pendaftaran. SBMPTN dilaksanakan secara serentak, sehingga tidak ada perbedaan biaya pendaftaran untuk masuk PTN tujuan. Sebaliknya, pelaksanaan jalur mandiri di PTN tidak dilakukan serentak. Perbedaan inilah yang menjadikan biaya pendaftaran antara satu PTN dengan PTN lain tidak sama.

Terdapat PTN yang memberlakukan biaya pendaftaran mulai dari 100 ribu hingga 750 ribu rupiah. Bagi kamu yang hanya mencoba masuk satu PTN saja, biaya tersebut mungkin tidak terlalu besar. Namun, jika kamu mencoba peluang untuk masuk ke banyak PTN melalui jalur mandiri, biaya pendaftaran bisa menguras isi kantong. Agar kamu bisa berjaga-jaga dan mengalokasikan dana untuk pendaftaran jalur mandiri PTN, berikut adalah informasi biaya jalur mandiri PTN di bawah 300 ribu rupiah.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus favorit yang ada di Indonesia ini menyelenggarakan ujian mandiri dengan nama Ujian Saringan Masuk (SM) ITB. Calon mahasiwa baru akan disaring menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai rapor. Dengan adanya syarat tersebut, pendaftar wajib memiliki nilai UTBK.

Biaya untuk mengikuti jalur mandiri di ITB adalah 100 – 150 ribu rupiah. Tanpa harus mengikuti ujian tulis di ITB, kamu sudah bisa ikut seleksi masuk menggunakan nilai UTBK serta nilai rapor. Namun, khusus pendaftar FSRD, diperlukan tambahan hasil tes kemampuan seni rupa. Secara umum, pendaftar bisa mendaftar di hampir seluruh program studi yang ditawarkan di ITB.

Agar peluang diterima masuk sebagai mahasiswa ITB semakin besar, pahami tingkat keketatan dan persaingan jurusan di ITB. Pertimbangkan pula kuota jalur mandiri yang dibuka di ITB karena semakin sedikit kuota yang dibuka, akan semakin tinggi tingkat persaingannya.

2. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

7 Pilihan Kost Booking Langsung Sekitar Unpad Jatinangor, Harga Hemat!

pasjabar.com

 

Seleksi mandiri yang diadakan UNPAD adalah Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Tidak seperti seleksi mandiri yang diterapkan ITB, UNPAD memberlakukan seleksi menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau nilai ujian.

Biaya untuk mengikuti seleksi mandiri di UNPAD berkisar antara 100 – 150 ribu rupiah yang harus dibayar sebelu mengisi data. Untuk peserta yang mengikuti seleksi menggunakan nilai UTBK, biaya pendaftarannya adalah 100 ribu rupiah. Namun, peserta yang mengikuti seleksi dengan ujian, biaya pendaftaran SMUP adalah 150 ribu rupiah.

Jika sudah melakukan pembayaran SMUP, pendaftar bisa mengisi data dan mengunggah dokumen persyaratan. Setelah itu, pendaftar tinggal menunggu pelaksanaan SMUP dan menunggu pengumuman resminya. Jangan lupa untuk mencetak kartu ujian SMUP, ya.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

quipper.com

 

Perguruan Tinggi Negeri yang terkenal dengan program studi keguruannya ini membuka jalur mandiri yang disebut dengan Seleksi Mandiri (SM) UNY. Pendaftar bisa memilih jenis seleksi mandiri sesuai dengan kemampuan dan pilihannya. Adapun jenis SM UNY yang ditawarkan adalah.

• SM-Prestasi Akademik (Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor)
• SM-Prestasi Unggul (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi), misalnya dengan nilai rapor serta piagam prestasi. Pendaftar kategori hafidz Al-Qur’an perlu menyertakan sertifikat Hafiz Quran.
• SM-Skor UTBK (Seleksi Berbasis Skor UTBK)
• SM CBT (Seleksi Tes Berbasis Komputer)
• SM Talent Scouting (berbasis nilai rapor dan Prestasi Non-Akademik)

Biaya pendaftaran untuk mengikuti jalur mandiri di UNY tersebut adalah 200 ribu rupiah. Pastikan unutk memilih jalur masuk yang sesuai dengan prestasi atau kemampuan akademik yang kamu miliki.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

uns.ac.id

 

Jika kamu ingin mendaftar di UNS, terdapat peluang untuk diterima melalui Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS). Jenis SM Mandiri UNS adalah sebagai berikut.

• Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU): seleksi menggunakan nilai UTBK atau Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS
• Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK): diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang direkomendasikan instansi mitra yang memiliki MoU dengan UNS
• Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP): diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi (akademik atau non akademik)
• Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD): diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas yang dapat menyelesaikan pendidikan tinggi.
Biaya untuk mengikuti ujian SM UNS tidak sama. Namun, jika yang kamu cari adalah biaya ujian mandiri di bawah 300 ribu, ikutilah Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) dan Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD). Biaya untuk seleksi kedua jalur mandiri tersebut adalah 200 ribu rupiah.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

baliportalnews

 

Perguruan Tinggi Negeri favorit yang juga mengadakan seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiwa dan mahasiswinya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Ujian mandiri di kampus UGM dikenal dengan Ujian Tulis (UTUL) UGM. Namun, pelaksanaan UTUL UGM tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 dan nilai rapor. Selain itu, terdapat ketentuan lainnya yang diterapkan untuk program studi tertentu.

Biaya mengikuti jalur mandiri UGM adalah 250 ribu rupiah. Pendaftar yang sudah melakukan pendaftaran online dan membayar biaya pendaftaran tinggal menunggu pengumuman.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

hoteldekatkampus.com

 

Kampus ITS menyelenggarakan ujian mandiri yang disebut dengan Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri (SKM) ITS. Kedua seleksi tersebut ditujukan untuk target berbeda. Pendaftar Seleksi Kemitraan adalah utusan instansi mitra yang bekerja sama dan memiliki MoU atau MoA dengan ITS. Untuk seleksi mandiri, pendaftar bisa dari sekolah menengah sederajat yang memenuhi persyaratan maupun masyarakat umum yang berminat.

Pelaksanaan SKM ITS didasarkan pada nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 dan nilai rapor. Untuk bisa mengikuti SKM ITS, biaya pendaftaran yang perlu dikeluarkan adalah 250 ribu rupiah.

7. Universitas Negeri Pembangunan “Veteran” Yogyakarta (UPNV)

https://upnyk.ac.id/

 

Kampus UPN “Veteran” membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Adapun jenis jalur mandiri yang dibuka tahun ini adalah.

• Seleksi Mandiri Jalur Prestasi: untuk siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi)
• Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK
• Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tes Berbasi Cetak (UTBC)

Biaya untuk mengikuti jalur mandiri di UPN “Veteran” Yogyakarta adalah 250 ribu rupiah.

8. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

tempo.co

 

Ujian mandiri yang dibuka di UNNES adalah Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES). Terdapat beberapa jalur mandiri yang dibuka di UNNES, yaitu.

• Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (S1)
• Seleksi Mandiri Jalur Reguler (D3 dan S1)
• Seleksi Mandiri Kelas Internasional Luar Negeri
• Seleksi Mandiri Jalur Reguler dan Khusus (S2 dan S3)
• Seleksi Mandiri Jalur Kerjasama (S2 dan S3)
• Seleksi Mandiri Jalur Beasiswa (S2 dan S3)
• Seleksi Mandiri Pendidikan Profesi Konselor

Jalur Mandiri Reguler (D3 dan S1) dilakukan dengan seleksi berdasarkan nilai rapor pendaftar. Biaya untuk mengikuti ujian mandiri di UNNES Seleksi Mandiri Jalur Reguler D3 dan S1 adalah 250 – 300 ribu rupiah. Perbedaan biaya pendaftaran tersebut dipengaruhi pilihan kelompok. Bagi pendaftar yang memilih kelompok saintek atau soshum, biaya pendaftarannya sebesar 250 ribu rupiah. Namun, pendaftar yang memilih kelompok campuran dikenakan biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah. Adapun biaya pendaftaran Seleksi Mandiri untuk Pascasarjana dan Pendidikan Profesi Konselor lebih mahal dibandingkan biaya Seleksi Mandiri Jalur Reguler D3 dan S1.

Demikian informasi 8 PTN dengan biaya jalur mandiri di bawah 300 ribu. Setelah kamu mengetahui informasi biaya pendaftaran tersebut, segera lakukan pendaftaran ketika sudah dibuka. Jangan sampai kehabisan kuota karena kamu tidak mencatat jadwal yang dikeluarkan. Pahami pula persyaratan masuk PTN melalui jalur mandiri. Syarat masuk PTN tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya sangat mungkin mengalami perubahan.

Apabila PTN yang kamu tuju memberlakukan seleksi tulis, segera persiapkan diri dan tempat tinggal jika kamu datang dari luar kota. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk mendapatkan hunian nyaman yang bisa disewa harian hingga tahunan. Pastikan kost yang kamu sewa dekat dari lokasi ujian mandiri PTN, sehingga kamu bisa datang tepat waktu. Selamat memilih tempat kost!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: