Cara Hitung Volume Tabung dengan Rumus Beserta Contoh Soal

Posted in: Mapel Pelajar

Cara Hitung Volume Tabung dengan Rumus Beserta Contoh Soal – Matematika bisa dibilang adalah ilmu yang sangat kompleks. Salah satunya mengajarkan bangun ruang yaitu tabung. Secara sederhana tabung diatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar. Bentuknya memang lingkaran dengan satu sisi lengkung. Berikut ini adalah penjelasan rumus tabung meliputi volume, luas lengkap dengan soal dan pembahasannya:

Pengertian dan Sifat-Sifat Tabung 

kompas.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumus tabung, alangkah baiknya jika mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tabung merupakan bangun ruang yang berbentuk lingkaran dengan sisi atas dan alas. 

Terdapat sebuah bidang lengkung yang merupakan sisi tegak dan diselimuti oleh tabung. 

Untuk sifatnya sendiri ada tiga. Pertama adalah memiliki dua sisi yang bentuknya lingkaran dengan satu sisi berbentuk lengkung. Nah, sisi yang berbentuk lengkung ini disebut dengan selimut tabung. 

Kedua memiliki dua rusuk lengkung yang ada di bagian atas dan alasanya. Terakhir yaitu tidak memiliki sudut. Hal ini tentu menjadi pembeda antara tabung dengan jenis bangun ruang yang lainnya. 

Tabung apabila dibuka bagian sisi atas dan alasnya, selimutnya dipotong sepanjang garis lurus kemudian diletakkan pada bidang datar, maka akan ditemukan jaring-jaring tabung. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya: 

  • Bidang alas dan atas terdiri dari jari-jari dengan panjang yang sama. 
  • Tinggi dari sebuah tabung merupakan jarak antara titik pusat lingkaran bagian atas dengan titik pusat lingkaran alas. 

Berdasarkan pengertian di atas, apakah kamu sudah paham tentang pengertian dan sifat-sifat tabung? Hal tersebut sangat penting agar bisa membedakannya dengan bangun ruang yang lain. 

Unsur-Unsur Tabung dan Cara Membuatnya 

Tabung memiliki beberapa unsur, kamu bisa membaca pembahasan lengkapnya pada beberapa poin di bawah ini: 

  1. Tabung memiliki 3 sisi yaitu sisi atas dan bawah, kemudian sisi tegak atau lengkung. Sisi tegak dan lengkung ini disebut dengan selimut tabung, sedangkan sisi alas dan atas disebut sebagai tutup. Bentuknya adalah lingkaran yang kongruen yaitu sama bentuk dan ukurannya. 
  2. Tabung memiliki dua rusuk yang mana masing-masing berbentuk lingkaran. 
  3. Tabung tidak memiliki titik sudut. 
  4. Jaran antara bidang atas dan bawah tabung disebut sebagai tinggi tabung. 

Lalu, bagaimana cara membuat tabung secara baik dan benar? Mengingat di era modern ini banyak ditemukan tabung dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kaleng sarden, minuman kemasan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  1. Siapkan beberapa bangun datar yang terdiri dari 2 lingkaran dengan sisi sama, kemudian satu persegi panjang yang memiliki ukuran yang sama dengan keliling lingkaran. 
  2. Setelah mempersiapkan, sambungkan kedua sisi yang sama lebar pada bagian persegi panjang menggunakan alat perekat bisa lem maupun double tip. Pasangkan kedua lingkaran tersebut pada sisi kosong pada persegi panjang.
  3. Selesai, tabung sudah berhasil dibuat. 

Namun, perlu diketahui bahwa ketika kamu diberi soal menghitung semua hal yang ada di dalam tabung, maka harus mengetahui rumus tabung. Tetap stay tune pada pembahasan di bawah ini, ya! 

Rumus Tabung Volume, Luas Permukaan, Jari-Jari dan Lainnya 

Sekarang masuk ke pembahasan inti yaitu mengetahui apa saja rumus tabung beserta contoh soal dan cara penyelesaiannya. 

Rumus Volume, Luas Permukaan, Luas Selimut dan Luas Permukaan Tanpa Tutup

Sebuah tabung diketahui memiliki tinggi 28 cm dengan jari-jarinya 7 cm, yang ditanyakan adalah berapa volume, luas permukaan, luas selimut dan luas permukaan tanpa tutup? Jawabannya adalah sebagai berikut: 

Rumus dan Cara Penyelesaian Volume Tabung  

Pertama yang akan dibahas adalah rumus tabung untuk mengetahui volume, yaitu: 

V=π x r x r x t

V=227 x 7 cm x 7 cm x 28 cm

V = 4312 cm3

Rumus dan Cara Penyelesaian Luas Permukaan Tabung 

Kedua adalah menghitung luas permukaan tabung. Rumusnya yaitu: 

Luas Permukaan Tabung  Luas selimut + luas alas + luas tutup 

L = 2 X 22/7 x 7 cm x (7 cm + 28 cm) 

L = 2 x 22/7 x 7 cm x 35 cm 

L = 1540 cm2.

Rumus dan Cara Penyelesaian  Luas Selimut Tabung 

Ketiga yaitu jawaban untuk luas selimut tabung dengan rumus: 

Ls = La + Ls 

Ls + 2 x 22/7 x 7 cm x 28 cm 

Ls = 1232 cm2

Rumus dan Cara Penyelesaian Luas Permukaan Tanpa Tutup 

Pertanyaan terakhir adalah  menghitung luas permukaan tanpa tutup. Rumusnya cukup gampang yaitu luas selimut ditambah luas alas. Begini lengkapnya: 

L tanpa tutup = La + Ls 

L tanpa tutup = π x r x r+ (2 x π x r x t)

L tanpa tutup = π x r x r+ 1232 cm

L tanpa tutup = 227 x 7 cm x 7 cm+ 1232 cm2

L tanpa tutup = 1386 cm2

Rumus Tabung dan Contoh Soal Jari-Jari Tabung (Volume Diketahui) 

Pada soal yang diberikan guru atau muncul di buku paket pasti ada yang menanyakan jari-jari jika volumenya diketahui. Jangan khawatir, karena ada contoh berikut ini:

Diketahui tinggi tabung adalah 8 cm, kemudian volumenya yaitu 2512 cm3. Pertanyaannya, coba hitung berapa jari-jari tabung:

Jawabannya:

r = Vπ x t

r = 2512 cm33,14 x 8 cm

r = 2512 cm325.12 cm

r = 100 cm2

r= 10 cm

Jadi berdasarkan perhitungan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jari-jari tabung adalah 10 cm. Bagaimana sudah paham kan?

Rumus Tabung dan Contoh Soal Jari-Jari Tabung (Luas Selimut) 

Selanjutnya adalah mengetahui rumus tabung dan menghitung jari-jari apabila tingginya 5 cm dan luas selimutnya 157 cm2

Jawabannya yaitu: 

r = Ls2 x π x t

r = 157 cm22 x 3,14 x 5

r = 157 cm231,4 cm

r = 5 cm. 

Rumus Tabung dan Contoh Soal Jari-Jari Tabung (Luas Permukaan Diketahui) 

Banyak sekali soal yang ada pada matematika dan semuanya beragam. Namun sebenarnya intinya adalah sama. Seperti contoh berikut ini: 

Diketahui sebuah tabung memiliki tinggi 21 cm dengan luas permukaan 628 cm2. Berapakah jari-jarinya?

Jawaban: 

r2 + rt = L/ 2 x = 0 

r2 + 21r = 628/ 2 x 3,14 = 0 

r2 + 21r – 100 = 0 

(r + 25) (r-4) = 0 

r = -25 dan r = 4 

Berdasarkan jawaban di atas r = -25 cm dikatakan tidak memenuhi syarat, karena tidak sama dengan 628 cm2. Sedangkan r = 4 cm memiliki syarat karena hasil luas permukaannya bernilai 628 cm2. Jadi dapat disimpulkan bahwa jari-jari tersebut adalah 4 cm. 

Rumus Tabung dan Contoh Soal Tinggi Tabung (Volume Diketahui) 

Sebuah tabung diketahui memiliki jari-jari 10 cm dengan volume 2512 cm3. Ditanyakan berapa tingginya? 

Jawabannya adalah sebagai berikut: 

t = V/ π x r2

t = 2512 cm3/ 3,14 x 10 cm2 

t = 2512 cm3/ 3, 14 x 100 cm2 

t = 2512 cm3/ 314 cm2

t = 8 cm. 

Pengaplikasian Tabung pada Kehidupan Sehari-Hari 

Mungkin beberapa dari kamu masih bertanya, kenapa sih harus mempelajari rumus tabung? Perlu diketahui bahwasanya tabung memang sangat penting bagi kehidupan. Misalkan sebuah perusahaan yang menjual tandon air, kemudian ia ditanya oleh pembeli berapa volume yang mampu ditampung? 

Jawaban itu pasti membutuhkan perhitungan tabung untuk mengetahuinya. Atas dasar ini pula, banyak benda-benda sekitar yang berbentuk tabung. Kira-kira apa saja ya? 

Gelas 

Gelas memang berbentuk tabung tanpa tutup. Kamu sudah mengetahui kan bagaimana cara menghitung volumenya? Baik gelas kaca, tempat minum tupperware, keramik atau stainless semuanya berbentuk tabung. 

Apabila memahami perhitungannya dengan baik, maka tidak bingung lagi berapa takaran air yang harus dimasukkan untuk memasak mie misalnya. Kamu tetap bisa memasukkan takaran yang tepat walaupun tanpa gelas ukur (ml). 

Kaleng 

Kaleng juga merupakan salah satu bentuk tabung yang bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kaleng susu, minuman ringan, biskuit dan lainnya merupakan berbentuk silindris atau tabung. 

Toples 

Tabung memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada benda toples ini misalnya, bentuk dan volumenya bisa berbeda-beda tergantung apa yang akan dimasukkan. Apakah kue kering, permen, atau makanan lainnya. 

Batang Tiang Listrik atau Tiang Telepon 

Nah, kalau yang satu ini adalah benda yang sangat penting. Tanpanya tidak akan ada kehidupan elektronik di muka bumi. 

Mengetahui rumus volume, permukaan, jari-jari tabung dan rumus fisika tentunya sangat bermanfaat agar aliran listrik tetap stabil. Jadi, jangan kira tabung itu hanya untuk air saja, ya! 

Ember 

Sekali lagi memang benda yang ada di sekitar tidak secara sempurna membentuk tabung. Seperti ember ini yang tidak ada tutupnya. Rumus perhitungan volume atau lainnya yang sudah dijelaskan di atas masih cukup penting untuk menentukan takaran yang tepat. 

Termos Air Panas 

Bagi ibu-ibu yang mempunyai balita di rumah, mengetahui rumus volume tabung tetaplah penting karena termos air panas yang digunakan untuk membuat susu terkadang tidak memiliki ukuran ml yang tepat. 

Jadi, tetap harus memahami perhitungan yang tepat agar takarannya tidak terlalu banyak atau sedikit, agar nutrisi yang masuk ke tubuh anak juga seimbang. Sebenarnya masih banyak lagi benda berbentuk tabung yang ada di sekitar. Coba perhatikan mulai dari sekarang, ya! 

Jadi itu dia beberapa contoh benda tabung yang ada di kehidupan sehari-hari. Untuk kesimpulan rumusnya, mari lihat sekali lagi pada poin berikut: 

Volume: 

V=π x r x r x t

Luas permukaan:

Luas Permukaan Tabung  Luas selimut + luas alas + luas tutup

Luas permukaan tanpa tutup:

L tanpa tutup = La + Ls

Luas selimut: 

Ls = La + Ls

Rumus tinggi tabung:

t = V/ π x r2

Jadi, bagaimana apakah sudah benar-benar memahami macam-macam rumus tabung meliputi volume, jari-jari, tinggi,luas permukaan, luas selimut dan permukaan tanpa tutup? Jika sudah apabila ada soal yang diberikan oleh guru tidak akan kesusahan dan harus bisa mengerjakannya, ya! 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah