Jadwal Pengumuman Resmi UTBK SBMPTN 2020 Setelah Diundur

 Bella Carla | Sab, 13 Jun 2020

Jadwal Pengumuman Resmi UTBK SBMPTN 2020 – Adanya pandemi Coronavirus Disease (COVID-19), sejumlah kegiatan terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus diundur. Sebelumnya LTMPT mengumumkan bahwa pengumuman hasil UTBK dan SBMPTN akan diumumkan secara terpisah. Namun, karena adanya pandemi COVID-19 maka LTMPT secara resmi mengumumkan bahwa pengumuman hasil UTBK dan SBMPTN akan disiarkan secara bersamaan pada tanggal 20 Agustus 2020. Untuk informasi lebih jelasnya lagi terkait jadwal resmi UTBK SBMPTN 2020, kamu bisa cek informasinya berikut ini.

Informasi Terbaru Jadwal Pengumuman Resmi UTBK SBMPTN 2020

Jadwal Pengumuman Resmi UTBK SBMPTN 2020
unsplash.com

Ada beberapa perubahan yang akan kita temui terkait pelaksanaan UTBK dan SBMPTN pada tahun 2020. Salah satunya saja terkait jadwal pendaftaran hingga pengumuman UTBK SBMPTN. Semua perubahan ini terpaksa dilakukan oleh LTMPT selaku penyelenggara UTBK SBMPTN karena adanya pandemi COVID-19 yang hingga kini belum mereda di Indonesia.

Apa Itu UTBK SBMPTN?

Informasi terkait UTBK dan SBMPTN memang tidak bisa dipisahkan. Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan syarat utama untuk bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mengingat hasil UTBK turut mengambil andil besar dalam penentuan lulus atau tidaknya peserta dalam SBMPTN. Sejak tahun 2019, SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Jadwal Resmi Pengumuman UTBK SBMPTN

Dalam rangka menghambat penyebaran pandemi COVID-19, LTMPT memutuskan untuk melakukan beberapa perubahaan terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN. Salah satunya saja adalah terkait jadwal pelaksanaannya. Adapun untuk informasi lebih rincinya adalah sebagai berikut:

Kegiatan Jadwal Sebelumnya  Jadwal Resmi Terbaru
Registrasi Akun LTMPT 17 Februari – 5 April 2020 17 Februari – 5 April 2020
Pendaftaran UTBK 2 Maret – 11 April 2020 2 Juni – 20 Juni 2020
Pendaftaran SBMPTN 2 Juni – 13 Juni 2020 2 Juni – 20 Juni 2020
Pelaksanaan UTBK 20 April – 26 April 2020 5 Juli – 29 Juli 2020
Pengumuman UTBK-SBMPTN 12 Mei 2020 20 Agustus 2020
     

Deretan Perubahan Resmi UTBK SBMPTN

Selain jadwal pendaftaran hingga pengumumannya, LTMPT juga memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020. Adapun beberapa perubahan pada UTBK SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Jenis Pendaftaran
    Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kini pendaftaran UTBK SBMPTN terbaik menjadi dua tipe. Adapun dua tipe pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 tersebut antara lain:

    1. Pendaftaran Berbayar (Tipe A)
      Untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK.
    2. Pendaftaran Tidak Berbayar (Tipe B)
      Khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud.
  2. Cara Pendaftaran
    Karena adanya perubahan terkait jenis pendaftaran UTBK SBMPTN, maka tentunya ada perubahan pula terkait cara pendaftaran UTBK SBMPTN. LTMPT pun sudah merevisi terkait cara pendaftaran UTBK SBMPTN di laman resminya ltmpt.ac.id. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

    • Cara pendaftaran UTBK SBMPTN tipe A:
      1. Siswa wajib memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
      2. Jika sudah memiliki akun LTMPT untuk siswa, silahkan login menggunakan akun tersebut melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
      3. Kemudian, pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
      4. Pilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
      5. Jika calon peserta berkebutuhan khusus, wajib mengisi kebutuhan khusus.
      6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, ikuti tahapan berikut:
        1. Wajib memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum memiliki, siswa terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
        2. Setelah itu, isi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
      7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
      8. Setelah itu, siswa membayar biaya mengikuti UTBK SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN dengan menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah kamu dapatkan. Lakukan pembayaran dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai dengan jadwal yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal lagi.
      9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
      10. Siswa mengisi jenis jurusan SMTA.
      11. Siswa memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
      12. Siswa mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
      13. Siswa melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
      14. Siswa mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.
    • Cara pendaftaran UTBK SBMPTN tipe B:
      1. Siswa wajib memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
      2. Jika sudah memiliki akun LTMPT untuk siswa, silahkan login menggunakan akun tersebut melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
      3. Kemudian, pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
      4. Siswa memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
      5. Jika calon peserta berkebutuhan khusus, wajib mengisi kebutuhan khusus.
      6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
        1. Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
        2. Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
      7. Siswa mengisi jenis jurusan SMTA
      8. Siswa memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
      9. Siswa mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
      10. Siswa melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
      11. Siswa mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.
  3. Mekanisme Pelaksanaan
    Jika sebelumnya pendaftaran dan pengumuman UTBK dan SBMPTN dijadwalkan secara terpisah. Di tahun 2020 ini, pendaftaran dan pengumuman UTBK dan SBMPTN dijadwalkan secara bersamaan. Sebelum mengikuti tes, para peserta juga wajib memilih lokasi pusat UTBK yang akan diselenggarakan. Peserta juga diwajibkan untuk langsung memilih program studi yang diinginkan dengan maksimal dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Aturan Pemilihan Jurusan
    Perubahan ketiga yang wajib kamu ketahui adalah peserta tidak diperkenankan untuk lintas jurusan. Jika kamu berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa tidak diperkenankan, maka kamu tidak diperkenankan untuk memilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan sewaktu tingkat sekolah menengah. Namun, jika kamu berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maka kamu dapat memilih dua jurusan (bisa di perguruan tinggi yang sama atau berbeda). Kamu juga dapat memilih apakah kedua jurusan tersebut IPA, atau satu IPA satu IPS, atau kedua jurusan IPS.
  5. Materi Ujian
    Sebelum adanya pandemi COVID-19, materi ujian UTBK SBMPTN 2020 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Namun, kini LTMPT memutuskan hanya akan mengujikan TPS saja dalam UTBK. TPS sendiri adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan yang akan diuji dalam TPS umumnya akan mencakup beberapa hal berikut ini:

    1. Penalaran umum
      Umumnya, soal-soal penalaran umum akan menuntut penalaran kamu dalam beberapa jenis soal, seperti teks/tabel/diagram/grafik menyesuaikan konteks pada paragraf yang tersirat. Tak hanya itu saja, soal-soal penalaran umum juga akan menuntut kamu untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks. Kamu juga akan dituntut untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
    2. Pemahaman bacaan dan menulis
      Kamu juga akan menemukan soal-soal yang akan menguji kemampuan bahasa yang kamu miliki lewat pemahaman bacaan dan menulis. Soal-soal pada subtes ini akan menuntut kamu untuk dapat memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat. Sepintas memang jenis soal yang satu ini terlihat sepele, namun nyatanya tidak demikian. Ada dua jenis soal yang akan kamu temukan dalam subtes pemahaman bacaan dan menulis, antara lain:

      • Pemahaman isi bacaan
        Nantinya ada beberapa soal yang akan menguji kamu untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Soal yang akan disajikan biasanya berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Nah, ketika mengerjakan soal-soal ini secara tidak langsung kamu pun akan mengetahui kemampuan membaca cepat dan fokus menjadi suatu hal yang dibutuhkan.
      • Penalaran kebahasaan
        Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis soal kedua ini akan menguji kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di jenis soal penalaran kebahasaan ini akan terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.
    3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
      Soal-soal pengetahuan dan pemahaman umum akan mencakup soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di mana nantinya subtopik ini akan memintamu memahami ini dan itu. Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Untuk deretan soal Bahasa Inggris, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris.

      • Bahasa Indonesia
        Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Kalau pertanyaannya adalah tentang gagasan, pastikan kamu tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antar kalimat/antar paragrafnya. Satu hal yang kamu tidak boleh lupa, kamu juga harus berlatih mencari kata-kata yang sesuai PUEBI. Seperti apa kata yang baku, tanda baca yang benar.
      • Bahasa Inggris
        Seperti halnya di bahasa Indonesia, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal. Untuk bisa melaukan extracting core information, kamu bisa membaca kalimat awal dan akhir paragraf yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks.
    4. Pengetahuan Kuantitatif
      Pengetahuan kuantitatif ini mencakup soal barisan bilangan, geometri, artimetika, hingga aljabar. Untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam matematika dasar, kamu harus menguasai dengan baik konsep-konsep dasar dalam matematika. Mulai dari penguasaan aljabar dan aritmatika contohnya. Kedua konsep tadi merupakan dasar yang tidak boleh kamu lewatkan.

      • Model pilihan ganda
        Kamu akan diberikan soal mengenai logika dasar dan matematika level dasar. Meskipun begitu, tidak jarang kamu akan menemui kesulitan. Kuncinya, kamu harus pahami dulu konsep dasarnya agar bisa mengerjakan model soal yang satu ini dengan cepat dan tepat.
      • Model pilihan (1), (2), (3), dan (4)
        Kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan 4 informasi pada model soal yang satu ini. Nantinya, kamu juga akan diminta untuk memilih informasi mana yang benar berdasarkan pernyataan yang diberikan.
      • Model kecukupan data
        Kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan dua informasi. Kamu diminta untuk menganalisis informasi mana saja yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan yang diberikan dapat terjawab.
      • Analisis perbandingan PQ
        Kamu akan diberikan sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Kemudian, kamu diminta untuk menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.
  6. Jadwal Tes
    UTBK pada tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli hingga 29 Juli 2020. Nantinya, ada empat sesi pelaksanaan tes dalam sehari, yakni sesi pagi dua kali dan sesi siang dua kali juga.
  7. Aturan Pelaksanaan Tes
    Pelaksanaan UTBK tahun 2020 akan menyesuaikan dengan protocol kesehatan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Di mana ruang dan peralatan yang akan digunakan para peserta harus bersih dan sesuai protokol kesehatan. Tak hanya itu saja, komputer peserta juga wajib berjarak antara satu peserta dengan peserta yang lainnya. Selain itu, peserta juga wajib menggunakan masker selama berada di lokasi ujian sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
  8. Biaya Pendaftaran
    LTMPT juga mengumumkan adanya perubahan terkait pendaftaran UTBK SBMPTN tahun 2020. Jika sebelumnya LTMPT memutuskan untuk menarik biaya sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran. Namun, kini LTMPT hanya akan menarik biaya sebesar Rp150.000 saja khusus untuk peserta yang mendaftarkan diri pada jenis pendaftaran berbayar (Tipe A).
    Pengurangan biaya ini dilakukan LTMPT dikarenakan adanya perubahan pada materi UTBK yang kini hanya mencakup TPS saja. Biaya pendaftaran ini nantinya bisa dibayar melalui channel ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, maupun ATM bersama yakni Bank Mandiri, BNI dan BTN. Sebagai tambahan, khusus untuk calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) jenis pendaftaran Tipe B yang dinyatakan lolos maka calon peserta tersebut tidak dipunggut biaya.

Video Cara Melihat Pengumuman UTBK-SBMPTN

Oke, itu tadi informasi terbaru terkait jadwal pengumuman resmi UTBK SBMPTN 2020 setelah diundur. Mamikos infokan kembali, kini pengumuman UTBK dan SBMPTN akan disiarkan secara bersamaan pada jadwal yang sudah ditentukan LTMPT yakni pada tanggal 20 Agustus 2020. Untuk mendapatkan informasi terkini terkait UTBK SBMPTN 2020, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: