Jadwal SKD STIN dan Lokasi Ujian 2020/2021

Jadwal SKD STIN dan Lokasi Ujian 2020/2021 – Sekolah Kedinasan memiliki daya tarik tersendiri di kalangan siswa siswi lulusan Sekolah Menengah. Selain menawarkan peluang jurusan yang banyak diminati, karier lulusannya pun cukup luas. Salah satu sekolah kedinasan yang membuka peluang studi tahun 2020 adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Jika kamu ingin mendaftar sebagai taruna STIN tahun ini, ikuti jadwal seleksinya beserta informasi pelaksanaan ujian.

Jadwal SKD STIN dan Lokasi Ujian

kedinasan.com

 

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) terletak di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Dulunya, STIN memiliki nama Institut Intelijen Negara (IIN). STIN dikenal sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen. Selain itu, STIN juga menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kuliah di STIN memiliki beberapa keunggulan. Selama menjalani masa studi, taruna atau taruni akan mendapatkan fasilitas tinggal di asrama, mendapatkan konsumsi, serta pakaian untuk kuliah. Fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern di STIN tersebut tentunya akan semakin meningkatkan semangat belajar. Setelah dinyatakan lulus, alumni STIN bisa langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Visi STIN adalah menjadi perguruan tinggi intelijen bertaraf internasional (world class inteligence college). Tentunya kampus STIN memiliki keunggulan dan kewibawaan untuk mendukung terwujudnya keamanan nasional tahun 2045. Tertarik untuk menjadi salah satu taruna STIN? Berikut ini Mamikos informasikan jadwal penerimaan mahasiswa baru STIN dan lokasi ujiannya.

Tahapan Pendaftaran STIN

Mekanisme pendaftaran taruna di STIN melalui beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran dilakukan dengan mengikuti aturan pada https://dikdin.bkn.go.id dan https://ptb.stin.ac.id

2. Melakukan registrasi melalui laman https://dikdin.bkn.go.id

3. Pendaftar mengecek informasi persyaratan pendaftaran dan kualifikasi pendidikan STIN

4. Pendaftar memiliki email aktif

5. Proses pendaftaran menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK).

6. Mengunggah pas foto

7. Pendaftar mendownload file resume berupa nomor registrasi dan data diri

8. Membuka laman https://ptb.stin.ac.id

9. Pendaftar login menggunakan NIK sebagai username dan password yang sudah didaftarkan pada laman BKN.

10. Pendaftar mengisi data yang diminta, yaitu data diri, data orang tua atau wali.

11. Pendaftar mengisi data prestasi bidang olahraga (jika ada), kemampuan bahasa (jika ada), dan prestasi di bidang sains (jika ada).

12. Mengupload foto dengan format file .jpeg atau .pdf

13. Mendownload format surat izin orang tua pada tab yang sudah tersedia. Setelah formulir diisi, kemudian diupload kembali.

14. Mengecek data yang diisikan

15. Jika seluruh tahap pendaftaran selesai dilakukan, peserta menunggu konfirmasi melalui email yang sudah didaftarkan.

16. Calon peserta yang sudah diverifikasi akan diumumkan melalui laman https://daftarptb.stin.ac.id

Pendaftar diharapkan untuk berhati-hati ketika melakukan pendaftaran. Apabila mengalami kendala atau menghadapi kecurigaan, pendaftar bisa segera melapor pada panitia penyelenggara. Setelah menyelesaikan semua tahap tersebut, pendaftar bisa bersiap untuk mengikuti seleksi. Adapun tahapan seleksi masuk STIN adalah:

1. Seleksi berkas atau seleksi administrasi

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT oleh BKN. Materi SKD STIN adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelektual Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Materi SKB terdiri dari tes psikologi, tes kesehatan fisik, tes kesehatan jiwa, tes kesamaptaan jasmani, tes mental ideologi, dan wawancara.

Penyelenggaraan seleksi tersebut menggunakan sistem gugur. Bagi calon taruna yang tidak lolos tahap seleksi tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

Jadwal SKD STIN

Pendaftar yang akan menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di STIN bisa mulai mempersiapkan diri. Jadwal SKD STIN direncanakan akan dilakukan pada bulan Juli 2020. Namun, pengumuman terkait detail penyelenggaraan SKD masih menunggu informasi secara resmi. Pelaksanaan SKD akan menyesuaikan status tanggap darurat non bencana Pandemi Covid-19.

Berikut ini adalah jadwal seleksi STIN untuk tahun ajaran 2020/2021

No Agenda Pelaksanaan
1 Pendaftaran online STIN 8 – 23 Juni 2020
2 Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Juli 2020
3 Tes Psikologi Juli 2020
4 Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa Juli 2020
5 Tes Kesamaptaan Jasmani Juli 2020
6 Tes Mental Ideologi/ Wawancara Juli 2020

 

Pembaruan informasi terkait proses pendaftaran di STIN akan diumumkan melalui laman https://ptb.stin.ac.id. Pelaksanaan seleksi lanjutan setelah SKD akan diatur masing-masing sekolah kedinasan. Perubahan pelaksanaan ujian, baik jadwal maupun format ujian di STIN sangat mungkin terjadi karena Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, kamu bisa mencari tahu informasi terbaru melalui media sosial STIN.

Lokasi Ujian SKD STIN 2020

Lokasi seleksi untuk menyaring calon taruna STIN diadakan di 11 kota. Pendaftar bisa memilih lokasi yang sudah ditentukan. Adapun wilayah yang dijadikan lokasi ujian STIN tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Provinsi Sumatera Utara: Kota Medan
2. Provinsi Sumatera Barat: Kota Padang
3. Provinsi Sumatera Selatan: Kota Palembang
4. Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta: Kota Jakarta
5. Provinsi Jawa Barat: Kota Bandung
6. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta: Kota Yogyakarta
7. Provinsi Jawa Timur: Kota Surabaya
8. Provinsi Bali: Kota Denpasar
9. Provinsi Kalimantan Timur: Kota Balikpapan
10. Provinsi Sulawesi Selatan: Kota Makassar
11. Provinsi Papua: Kota Papua

Peserta yang mengikuti seleksi penerimaan taruna STIN tidak dipungut biaya kecuali untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Keputusan tim seleksi penerimaan taruna STIN tidak dapat diganggu gugat.

Proses Perkuliahan di STIN

Apabila kamu sudah dinyatakan diterima sebagai taruna atau taruni STIN, bersiaplah untuk menempuh studi dan lulus tepat waktu. Proses pendidikan di STIN dilakukan dalam jangka waktu 4 tahun. Taruna atau taruni diwajibkan menyelesaikan beban studi sebanyak 144 – 150 SKS termasuk tugas akhir skripsi. Selama menempuh studi, taruna atau taruni akan berkuliah di Kampus STIN di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan belajar di STIN tidak hanya dilakukan dalam bentuk kuilah di kelas saja. Mahasiswa juga akan menjalani perkuliahan dengan sistem responsi atau tutorial, seminar, serta praktikum di laboratorium dan lapangan. Pembelajaran yang berlangsung juga menerapkan banyak metode, seperti studi kasus, simulasi, serta diskusi kelompok. Selain itu, ada pula pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis project, dan pembelajaran berbasis masalah.

Fasilitas di STIN

Fasilitas yang akan didapatkan di STIN juga terbilang lengkap. Selain terdapat ruang kelas, ada pula laboratorium cyber, lapangan tembak, hingga ruang fitness. Taruna dan taruni juga bisa mengakses perpustakaan, auditorium, gedung olahraga, laoangan sepakbola, kolam renang, asrama, poliklinik, dan tempat ibadah. Jadi, tidak perlu khawatir menempuh studi di STIN meskipun tinggal di asrama.

Demikian informasi jadwal SKD STIN dan lokasi ujian 2020/2021. Jika kamu memenuhi persyaratan yangs udah ditetapkan, segera lakukan pendaftaran masuk STIN dan persiapkan diri dengan baik. Tingkat persaingan dan keketatan untuk masuk STIN cukup tinggi. Namun, peluang diterima sebagai taruna STIN tetap bisa kamu dapatkan. Setelah mengetahui jadwal SKD di STIN, mulailah berlatih soal-soal latihan.

Persiapan untuk menjadi taruna STIN juga bisa kamu lakukan dengan mencari tempat tinggal dekat lokasi ujian masuk STIN. Agar proses pencarian hunian semakin mudah, gunakan aplikasi kost Mamikos yang bisa kamu unduh secara gratis melalui playstore atau appstore. Tanpa perlu survey ke kost dekat tempat seleksi STIN, survey kost secara online melalui Mamikos sudah bisa kamu lakukan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: