16 Jajanan Pasar Tradisional yang Tetap Eksis dan Mudah Didapat, Mana Kesukaan Kamu?

16 Jajanan Pasar Tradisional yang Tetap Eksis dan Mudah Didapat, Mana Kesukaan Kamu? — Tak dipungkiri, jajan menjadi salah satu budaya yang melekat dan mendarah daging bagi orang Indonesia.



Ada banyak sekali jajanan pasar tradisional yang menemani kamu di masa kecil dan mungkin hingga saat ini. Jika kamu ingin bernostalgia dengan aneka jajanan pasar tradisional tersebut, artikel ini perlu kamu baca sampai akhir.

Daftar Jajanan Pasar Tradisional yang Masih Eksis Saat Ini

njajan.com

Pada kesempatan ini Mamikos akan memberikan kamu beberapa rekomendasi terkini mengenai aneka jajanan pasar tradisional yang masih eksis dan mudah didapatkan.

Jadi saat kamu ingin bernostalgia mengenai kenangan yang ada pada jajanan itu, kamu bisa melakukannya dengan mudah sekarang.

Simak apa saja aneka jajanan pasar tradisional yang tetap eksis saat ini dan mudah didapat tersebut sebagai berikut.

1. Onde-onde

jessicabakery.com

Dari daftar jajanan pasar tradisional yang pertama Mamikos rekomendasikan ada Onde-onde. Jajanan satu ini cukup populer di Indonesia dan sampai saat ini masih mudah ditemukan.



Kamu bisa menemukan jajanan pasar tradisional Onde-onde ini di pinggir jalan yang dijual di gerobak hingga di gerai kue di dalam mal.

Bentuknya yang bulat dengan taburan biji wijen yang mengelilinginya membuat tekstur Onde-onde jadi renyah saat digigit. Onde-onde memiliki isi kacang hijau yang menjadikannya semakin nikmat.

Ukuran Onde-onde ini juga bervariasi, dari yang agak besar sampai Onde-onde mini pun tersedia. Tak heran jika jajajan ini masih laris manis dan mudah ditemukan sekarang.


2. Lemper

en.wikipedia.org

Makanan atau jajanan pasar tradisional yang Mamikos rekomendasikan selanjutnya adalah Lemper. Jajanan satu ini terbuat dari ketan. Abon hingga daging ayam cincang bisa kamu temukan sebagai isi dalam lemper tersebut.


Jajanan lemper ini dibungkus dengan daun pisang yang membuat bentuk, rasa, serta aromanya sangat khas. Di pulau Jawa sendiri, lemper masih sangat mudah ditemukan.

Lemper biasanya hadir pada jajanan pasar pagi hari sebab bisa sebagai pengganjal perut alias menu sarapan kilat. Tak heran jika penganan tradisional satu ini masih bertahan hingga sekarang.

3. Bikang

fimela.com

Bikang menjadi penganan pasar tradisional yang cukup digandrungi karena rasa dan bentuknya yang unik. Bikang menjadi salah satu kue populer yang akrab di telinga orang Indonesia.


Di pulau Jawa, kue Bikang juga dikenal dengan julukan Coro Bikang. Camilan tradisional satu ini berbentuk bulat yang di bagian tengahnya mekar seperti membentuk kelopak bunga.


Mulai dari warna putih yang melambangkan rasa orisinal manis, sampai warna hijau rasa pandan, warna kuning rasa nangka dan warna cokelat rasa cokelat menjadi idola orang Indonesia.

4. Klepon

tastynesia.com

Klepon menjadi kue tradisional Indonesia yang tingkat kepopulerannya cukup tinggi. Klepon juga masuk dalam kategori jajanan pasar tradisional yang digemari.

Bentuknya yang bulat berukuran satu kali suapan orang dewasa yang dibalut dengan parutan kelapa dan memiliki isi gula merah membuat kue satu ini memiliki cita rasa unik.


Bahan utama pembuatan Klepon adalah tepung beras ketan yang lalu dibulatkan seperti bola bekel kecil. Setelah itu kue yang sudah dibentuk tersebut diberi isian gula merah. Setelah itu kue kembali dibulatkan agar bisa direbus.


Setelah Klepon matang, kue tersebut barulah dibalur dengan kelapa parut. Supaya sensasi makan Klepon jadi lebih nikmat, masukkan seluruh kue langsung ke dalam mulut.

5. Nagasari

food.detik.com

Nagasari menjadi jajanan pasar tradisional yang masuk rekomendasi Mamikos kali ini. Terbuat dari tepung beras dan santan siapa sangka kue satu ini masih bertahan hingga saat ini.

Memiliki isian pisang lalu dibungkus menggunakan daun pisang membuat Nagasari menjadi kue yang cukup difavoritkan banyak orang.


Rasanya yang manis dan gurih dijamin akan membuat kamu jatuh hati dari gigitan pertama. Nagasari menjadi salah satu jajanan sehat dan mengenyangkan.


6. Kue Cucur

youtube.com

Kue Cucur masuk dalam kategori jajanan pasar tradisional yang mempunyai warna warna merah bata agak kecokelatan yang memiliki rasa manis nan menggoda.

Untuk membuat camilan pasar ini dibutuhkan tepung terigu dan gula aren yang kemudian digoreng.

Bentuk dari kue cucur yang padat di bagian tengah namun tipis di tepinya membuat kue ini mirip bunga lotus.


Kue Cucur sangat cocok disantap di pagi atau sore hari sambil ditemani secangkir kopi maupun teh.


7. Lopis / Lupis

indonesiakaya.com

Kue khas yang masuk dalam daftar jajanan pasar tradisional versi Mamikos satu ini bernama Lupis atau Lopis. Bentuknya yang agak mirip Lontong membuatnya jadi tampak lebih menarik.

Kue Lupis terbuat dari tepung ketan yang kemudian akan dihidangkan dengan parutan kelapa dan gula merah cair yang menjadikannya kue manis yang lezat.

Dulunya, Lupis berbentuk segitiga. Akan tetapi, karena terlalu sulit untuk dibungkus, akhirnya kue satu ini pun dibuat seperti lontong yang bulat memanjang.


8. Kue Ku

resepkoki.id

Kue Ku sebenarnya penganan asli dari negeri Tiongkok. Akan tetapi saat ini Kue Ku justru cukup populer di Indonesia sebab kue ini hampir selalu ada di antara sajian jajanan pasar sebagai kue pendamping.


Karena sering muncul itulah makanya Kue Ku pun jadi terkenal dan semakin banyak juga yang tahu kelezatannya.

Dalam bahasa Tinghoa (dialek Hokkian) Ku memiliki arti Kura-kura. Tak mengherankan juga sebab bentuknya memang mirip dengan kura-kura.

9. Jentik Manis

fimela.com

Jajanan pasar trasional khas Indonesia yang Mamikos rekomendasikan satu ini bernama Jentik Manis. Bahan dasarnya berasal dari santan kelapa dan sagu mutiara yang biasa dibuat untuk kolak.

Bentuknya yang sederhana namun memiliki cita rasa yang lezat dijamin bisa membuat kamu langsung jatuh cinta. Tekstur kue Jentik manis ini agak kenyal, mirip agar-agar namun juga lembut di mulut.

Penganan tradisional khas satu ini cocok jika dihidangkan saat pagi hari dan disantap bersama keluarga tercinta.


10. Kue Putu Ayu

fimela.com

Rekomendasi jajanan pasar tradisional versi Mamikos berikutnya ada Kue Putu Ayu. Namanya memang mirip dengan Kue Putu tapi bentuknya sama sekali tidak sama.

Penampilannya lebih cantik sebab dicetak dalam cetakan bentuk bunga, bintang maupun hanya kotak saja.

Rasanya yang manis dari campuran tepung beras dan gula serta gurih dari kelapa dijamin membuat kamu akan teringat terus rasanya.

Jika menyinggung teksturnya, kue Putu Ayu lebih mirip bolu kukus yang padat dan membuat kamu mudah kenyang.

11. Apem

etnis.id

Kue Apem masuk pada daftar jajanan pasar tradisional versi Mamikos pada kesempatan kali ini. Sesungguhnya, kue Apem ini merupakan penganan khas Arab.

Bentuknya sering disandingkan dengan kue serabi karena memang sepintas tampak mirip. Meski terlihat mirip, namun Kue Apem memiliki ukuran yang jauh lebih tebal dan juga empuk daripada serabi.

Apem sebenarnya berasal dari bahasa Arab ‘afuan’ yang mengandung arti ampunan. Makanya tak heran jika di beberapa daerah di Indonesia, kue Apem banyak dibuat ketika menjelang bulan suci Ramadan atau pada perayaan tahun baru Islam.

12. Cenil

review.bukalapak.com

Mamikos tak lupa memasukkan Cenil dalam daftar jajanan pasar tradisional pada kesempatan kali ini. Konon penganan ini berasal dari Kabupaten Kebumen.

Kue Cenil terbuat dari tepung kanji yang diberi pewarna dan dibentuk persegi panjang, persegi hingga seperti sumpit yang memanjang.

Kemudian kue Cenil akan disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir yang menambah rasa nikmat saat memakannya.

Ada juga yang menyajikan Cenil dengan gula merah cair hingga dipadukan dengan kehadiran ketan hitam.

Meskipun tidak memiliki isian gula merah seperti yang ada dalam kue Klepon, Cenil tetap memiliki penggemarnya sendiri.

13. Kue Talam

bolubolu.my.id

Kue talam masuk dalam rekomendasi jajanan pasar tradisional yang hingga kini masih eksis dan bisa dengan mudah kamu temukan.

Konon penganan ini adalah kue khas Betawi. Hingga saat ini, jajanan pasar ini bisa kamu temukan di pasar tradisional maupun di gerai kue di dalam mal.

Kue talam memiliki dua variasi yakni manis dan asin. Meski demikian keduanya memiliki tekstur yang mirip yakni legit dan kenyal.

Bahan dasar kue Talam adalah tepung sagu, tepung beras dan perasa jika dia manis. Namun untuk talam asin biasanya akan ditambahkan santan kental.

14. Kue Lapis Basah

fimela.com

Kue Lapis merupakan jajanan pasar tradisional yang masih populer, eksis dan masih bisa dengan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional.

Alasan mengapa nama kue ini adalah kue Lapis tentu saja karena bentuknya yang terdiri dari lapisan yang ditumpuk jadi satu dan berbeda warna tiap lapisnya.

Bahan dasar kue ini adalah tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan. Rasa manis yang lembut ditambah teksturnya yang kenyal bakal bikin siapapun tergoda.

15. Kue Lumpur

unileverfoodsolutions.co.id

Untuk kamu yang menggemari jajanan pasar tradisional yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang pas maka Mamikos sarankan untuk mencoa kue Lumpur.

Hingga saat ini, jajanan pasar satu ini tetap eksis dan masih dengan mudah kamu temukan. Kue Lumpur sangat cocok dikudap saat pagi maupun sore hari ketika berkumpul bersama keluarga tercinta.

Selain itu, kue Lumpur juga biasanya hadir sebagai camilan di beberapa perayaan khusus. Meski namanya kue Lumpur, tapi jangan salah mengartikan bahwa bahan utamanya dari lumpur.

Sebab bahan utama kue nikmat ini adalah santan kental, tepung terigu, kentang, telur, vanila, yang kemudian diberi taburan kismis di atasnya.

16. Kue Bugis

tastynesia.com

Jajanan pasar tradisional yang Mamikos rekomendasikan berikutnya ada Kue bugis yang merupakan jenis kue basah tradisional yang berasal dari Pulau Sulawesi.

Bahan dasar untuk membuat Kue Bugis ini adalah parutan kelapa yang dicampurkan dengan gula jawa serta bahan-bahan lainnya.

Makanya tak heran jika Kue Bugis pun memiliki rasa enak, lezat dan sungguh lembut saat masuk ke mulut.

Rasa manis yang khas tidak berlebihan dan masih bisa dinikmati. Di Pulau Jawa, penganan yang memiliki kemiripan dengan kue Bugis adalah kue Mendut.

Demikianlah ulasan yang bisa Mamikos sampaikan mengenai aneka jajanan pasar tradisional yang masih eksis dan mudah didapat pada kali ini.

Semoga saja apa yang sudah Mamikos tuliskan di atas mengenai jajanan pasar tradisional tersebut bermanfaat dan bisa memberikan kamu sebuah wawasan baru.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah