7 Jenis-jenis Plastik Beserta Contoh dan Kegunaannya yang Ada di Pasaran Indonesia

Posted in: Informasi
Tagged: Jenis plastik

7 Jenis-jenis Plastik Beserta Contoh dan Kegunaannya yang Ada di Pasaran Indonesia — Apakah kamu sudah tahu bahwa di Indonesia terdapat beberapa jenis plastik yang beredar dan sudah dipakai setiap hari? Atau mungkin kamu salah satu yang menggunakan jenis plastik tersebut hanya saja kamu tidak menyadarinya sama sekali.

Nah, dalam artikel kali ini, Mamikos akan memberikan kamu pengetahuan sekaligus ulasan apa saja jenis plastik beserta contoh yang sudah beredar di pasar Indonesia. Supaya di masa mendatang kamu tidak bingung lagi dengan jenis-jenis plastik tersebut dan bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Yuk simak penjelasan jenis-jenis plastik tersebut berikut ini.

Mengenal Daftar Jenis dan Macam Plastik yang Ada di Pasaran

pexels.com/Magda Ehlers

Kamu pasti pernah membeli sebuah produk yang dikemas atau dibungkus dengan kemasan plastik. Namun mungkin tidak banyak di antara kamu yang memperhatikan simbol dalam kemasan plastik tersebut. Sebab antara plastik satu dan lainnya tidak sama dan mempunyai kode-kode tertentu lho.

Seperti informasi dari The Society of Plastic Industry atau SPI yang terbit tahun 1988 di Amerika Serikat yang mengeluarkan 7 kode RIC atau Resin Identification Code agar lebih mudah dikenali oleh para pengguna. Usai mendapatkan persetujuan oleh ISO atau International Organization for Standardization, 7 kode dan jenis plastik tersebut wajib untuk disertakan/ dicantumkan pada semua produk yang memakai bahan-bahan plastik. Tak terkecuali untuk produk-produk yang berasal dari Indonesia.

Sebenarnya amat sangat penting untuk kamu mengetahui kandungan plastik, nama dan kode dari plastik yang kamu gunakan sehari-hari tersebut. Tujuannya tentu saja agar kamu dapat memilih sampah kamu dengan lebih baik. Jika memang sampah plastik tersebut dapat didaur ulang, maka kamu bisa dengan mudah mengenalinya dan memudahkan proses mendaur ulang. Sebab proses daur ulang pun tidak bisa sembarangan didaur ulang.

Semuanya tergantung dari bahan atau jenis plastik itu sendiri. Selain berdasarkan bahan plastik, proses daur ulang plastik tersebut juga mempunyai proses yang amat panjang. Karena itu, kamu perlu mengenal jenis dan kode plastik itu sendiri agar dapat memilah plastik-plastik tersebut dengan lebih mudah.

Kumpulan Jenis dan Macam Plastik dan Kodenya

Penasaran dengan apa saja jenis atau macam-macam plastik beserta contoh maupun kode yang mudah kamu kenali tersebut? Simak penjelasan selengkapnya mengenai jenis plastik tersebut berikut ini.

1. Jenis Plastik PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

inocycle.com

Macam plastik yang pertama dan perlu kamu ketahui adalah jenis plastik dengan simbol PETE atau PET yang plastiknya terbuat dari Polyethylene Terephthalate. Plastik jenis ini atau yang mempunyai simbol tiga tanda panah saling terhubung dan menyertakan kode angka 1 menandakan bahwa plastik tersebut dapat didaur ulang. Umumnya plastik yang mempunyai simbol ini banyak ditemukan pada plastik-plastik untuk kemasan makanan maupun minuman. Misalnya saja sisir, botol minuman, botol soda, botol minyak angin, botol saus, wadah selai, kotak obat, dan lain sebagainya.

Kemudian, jenis plastik ini juga hanya boleh digunakan sekali pakai saja. Artinya kamu tidak disarankan untuk menggunakan hingga berulang kali, apalagi sampai mengisinya dengan air hangat. Hal tersebut dapat menyebabkan lapisan polimer dan zat karsinogenik yang ada pada plastik terlepas atau larut dengan mudah. Perlu kamu tahu kandungan berbahaya tersebut dapat menjadi penyebab kanker pada organ tubuh manusia yang mengonsumsinya. Makanya, alangkah lebih baik apabila semua barang dari plastik uang menggunakan kode ini langsung didaur ulang saja menjadi tas atau karpet. Jangan mendaur ulang untuk dipakai sebagai tempat minum atau makan.

2. Jenis Plastik HDPE atau PEHD (High Density Polyethylene)

tokoplas.com

Masih dalam rangkaian informasi macam dan jenis plastik beserta contoh serta apa kegunaannya. Simbol plastik dan kode angka yang perlu kamu tahu berikutnya adalah kode angka 2 dan dikenal dengan nama HDPE atau PEHD. HDPE atau PEHD ini terbilang cukup spesial sebab berasal dari jenis plastik yang mempunyai rantai polimer tunggal dan membuatnya sangat padat.

Makanya, jenis plastik HDPE juga diketahui jauh lebih kuat dan lebih tebal ketimbang PETE di atas. Secara umum HDPE dapat kamu temukan sebagai botol obat, botol sampo, botol detergen, botol cairan pemutih, botol susu yang berwarna putih pucat, tempat mentega, wadah yogurt, tempat sabun dan lain sebagainya.

Jenis plastik satu ini selain bisa didaur ulang lalu digunakan lagi hingga berulang kali, HDPE juga merupakan bahan plastik yang jauh lebih relatif stabil ketimbang PETE. HDPE dapat menjadi pilihan yang jauh lebih aman untuk digunakan jika kamu ingin menyimpan bahan makanan maupun minuman. Jenis plastik satu ini mempunyai karakter yang keras, kuat, agak buram namun tahan akan suhu tinggi. Makanya bahan plastik satu ini dapat mencegah reaksi kimia antara kemasan dengan makanan yang ada di dalamnya.

3. Jenis Plastik PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

earthling-studio.com

Penjelasan mengenai jenis plastik berikutnya yang Mamikos akan bahas adalah jenis plastik yang mempunyai simbol kode angka 3 dan dikenal dengan PVC atau V. Macam plastik satu ini berasal dari bahan yang dikenal dengan Polyvinyl Chloride. Secara umum, plastik dengan bahan PVC atau V ini dipakai untuk beberapa kebutuhan rumah tangga di antaranya untuk ubin, pipa air, mainan anak atau mainan hewan peliharaan, kabel listrik, wrapping, dan lain sebagainya.

Beberapa barang plastik yang terbuat dari bahan dasar plastik Polyvinyl Chloride ini juga sering disebut dengan istilah ‘plastik beracun’. Mengapa disebut begitu? Hal tersebut disebabkan karena bahan dasar plastik ini memiliki kandungan berbagai macam bahan kimia yang memang beracun dan dapat larut dengan mudah. Apabila sampai dikonsumsi oleh manusia maka kesehatan hingga nyawa nya bisa terancam. Macam plastik satu ini juga sangat sulit untuk didaur ulang lho. Makanya amat sangat perlu lebih diperhatikan untuk menghindari menggunakan jenis plastik PVC atau V ini sebagai kemasan makanan maupun minuman.

4. Jenis Plastik LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)

kresekolshop.com

Dari daftar jenis plastik selanjutnya yang ada dalam ulasan Mamikos adalah simbol LDPE atau PE-LD yang memiliki kode angka 4. Apakah kamu pernah menemukan logo atau kode angka 4 ini pada kemasan yang kamu gunakan? Jenis plastik dan kode angka ini biasanya terdapat pada kantong plastik kresek, kantong plastik sampah, kantong belanja, hingga bungkus makanan yang kamu biasa gunakan sehari-hari.

Jenis plastik satu ini terbuat dari bahan bernama Low Density Polyethylene yang memiliki sifat elastis, mempunyai daya tahan cukup lama dan bisa digunakan hingga berulang kali. Namun sebenarnya akan lebih baik jika kamu hanya menggunakannya sekali saja. Setelah itu kamu bisa melakukan daur ulang supaya tidak tertimbun di tanah. Kamu perlu tahu bahwa jenis plastik ini memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar dapat terurai lho.

5. Jenis Plastik PP (Polypropylene)

medcom.id

Jenis plastik berikutnya yang perlu kamu tahu adalah jenis plastik dengan simbol dan kode angka 4 atau dikenal dengan kode PP. Simbol plastik satu ini juga biasanya digunakan untuk plastik yang terbuat dari Polypropylene. Bahan plastik tersebut biasanya dibuat sebagai kotak yogurt, tempat makanan atau minuman, botol sirup, sedotan plastik, selotip perekat, hingga tali berbahan plastik/rafia.

Barang atau produk plastik yang memiliki simbol ini bisa digunakan sebagai tempat makanan atau minuman yang aman. Karena terbuat dari bahan Polypropylene yang cukup aman dan sangat kuat meski dalam suhu yang panas, tidak ada kontaminasi yang akan larut. Meski demikian, jenis plastik satu ini agak sulit untuk didaur ulang. Makanya amat disarankan untuk mengurangi menggunakan jenis plastik satu ini.

6. Jenis Plastik PS (Polystyrene)

its.ac.id

Masih dalam rangkaian jenis plastik yang ada di pasaran dan perlu kamu tahu, ada jenis plastik PS dan memiliki simbol atau kode angka 5. Kode PS menandakan bahan plastik ini terbuat dari Polystyrene yang biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Plastik satu ini sering sekali digunakan sebagai tempat atau wadah minuman dan tempat makan berbentuk styrofoam, tempat telur, sendok atau garpu plastik, foam packaging sampai ke bahan bangunan.

Kamu perlu tahu bahwa jenis plastik satu ini dapat mengeluarkan styrene yang adalah zat karsinogen. Zat tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kanker. Apalagi jika menggunakan tempat tersebut sebagai alas makanan atau minuman dengan suhu panas. Sangat berbahaya namun masih banyak yang tidak menyadarinya.

7. Jenis Plastik Other atau O

bombastis.com

Lalu jenis plastik yang terakhir adalah plastik yang mempunyai kode angka 7 dan memiliki kode Other atau ‘O’. ‘Other’ yang dimaksud disini adalah jenis plastik yang tidak tergolong dalam klasifikasi enam kode yang sudah Mamikos sebutkan di atas yakni PETE/PET, lalu HDPE/PE-HD, PVC/V, LDPE/PE-LD, PP, dan jenis plastik PS.

Untuk penggunaan jenis plastik satu ini biasanya digunakan untuk makanan atau minuman. Padahal kandungan plastik satu ini terbilang sangat berbahaya sebab dapat menghasilkan racun yang dikenal dengan nama Bisphenol-A atau BPA. Racun tersebut dapat membuat kerusakan serius pada beberapa organ serta mengganggu hormon tubuh.

Namun ada fakta yang sungguh ironis dari pemakaian jenis plastik dengan kode ‘O’ ini. Sebab simbol ini justru sering digunakan pada plastik yang dibuat sebagai botol minum bayi, botol minum untuk olahraga, tempat iPod, hingga Compact Disk (CD). Makanya, saran Mamikos, kamu harus cermat dan teliti selalu sebelum membeli produk yang memakai plastik sebagai wadahnya. Sudah banyak juga produsen yang menggunakan plastik yang aman sebagai wadah makanan atau minuman kok.

Sudah memahami betul apa saja macam dan jenis plastik beserta contoh yang sudah beredar di pasaran Indonesia tersebut? Jika sudah maka kamu bisa membagikan ulasan menarik ini pada teman dan sahabat kamu sekarang juga. Jangan sampai mereka ketinggalan info penting dan bermanfaat mengenai jenis plastik yang sudah sering dipakai atau digunakan.

Punya keinginan pindah hunian kos tapi bingung harus pindah ke mana? Maka kamu bisa menelusuri informasi hunian kos Mamikos dan laman resminya sekarang juga. Berbagai inspirasi hunian kos bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. Tunggu apalagi? Segera kunjungi laman resmi dan aplikasi Mamikos untuk inspirasi hunian kos terbaik versi kamu sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah