10 Jenis Tanaman Cocok untuk Dipelihara di Kamar Kost Bikin Kamar Jadi Sejuk

10 jenis tanaman cocok untuk dipelihara di kamar kost bikin kamar jadi sejuk – Kondisi kamar kost yang pengap karena tidak dilengkapi dengan jendela menjadi salah satu masalah. Apalagi jika musim panas tiba, anak kost cenderung lebih sering menyalakan AC ataupun kipas angin. Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukukan untuk membuat kamar kost menjadi lebih sejuk, yaitu dengan meletakkan tanaman di dalam kamar.

Tanaman yang Membuat Kamar Kost Sejuk

pixabay.com

Beberapa jenis tanaman tertentu dipercaya mampu membuat kondisi kamar menjadi lebih asri. Bagi anak kost yang kondisi kamarnya kurang luas, jenis tanaman yang tidak memakan tempat bisa menjadi solusi. Sebaliknya, untuk anak kost yang memiliki kamar kost luas, aktivitas mendesain kamar kost bisa dilakukan dengan lebih leluasa.

Dengan kreativitas yang dimiliki anak kost, sebenarnya kamar dapat dibuat lebih sejuk dengan menaruh jenis tanaman tertentu. Beberapa jenis tanaman bahkan memiliki peranan lebih banyak dan tidak hanya sebagai penyejuk saja. Kamar kost yang memiliki tanaman sebagai penghias akan terlihat lebih estetik dibandingkan kamar yang tidak diberi apa pun. Lalu, apa saja tanaman yang bisa kamu gunakan untuk membuat kamar kost terasa lebih sejuk?

1. Tanaman Lidah Buaya

https://meramuda.com/

Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat penting yang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, lidah buaya digunakan untuk kecantikan dan kesuburan rambut. Namun, ternyata lidah buaya juga dapat membuat kamar menjadi lebih sejuk. Tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini juga dapat menyaring udara agar terasa lebih segar.

Bagi anak kost yang tinggal di kamar berukuran kecil, pilih tanaman lidah buaya yang tidak terlalu besar. Potong bagian tanaman yang sudah rusak dan pastikan bahwa tanaman lidah buaya mendapatkan cahaya matahari cukup. Tanaman lidah buaya sering dipakai anak kost untuk mengurangi polutan di dalam ruangan sekaligus membuat rasa panas berkurang. Tanaman ini sangat mudah didapatkan, bahkan bisa dikembangbiakkan sendiri. Anak kost bisa menanam lidah buaya di kamar dan meletakkannya di meja belajar untuk memperindah ruangan.

Perawatan lidah buaya tidak terlalu sulit. Hanya perlu memberikan sinar matahari cukup pada tanaman, maka lidah buaya akan tetap hidup. Jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin dan bersihkan daun dari debu atau kotoran. Jika daun lidah buaya belum terlalu besar, kamu bisa menggunakan lap atau tisu untuk membersihkannya.

2. Tanaman Palem Bambu

Tanaman palem bambu pastinya sudah tidak asing lagi digunakan sebagai penyerap zat-zat berbahaya di udara. Sebagai tanaman yang bisa menyaring benzena dan formaldehid, meletakkan tanaman ini di dekat barang yang mengeluarkan zat kimia adalah solusi terbaik. Kamarmu akan bebas dari zat kimia dan pastinya terasa semakin sejuk.

Tanaman palem bambu dapat digunakan untuk membuat kamar terasa lebih sejuk. Palem bambu dipercaya mampu mengurangi suasana panas di dalam rumah. Selain itu, palem bambu memiliki kemampuan menyerap zat-zat berbahaya, seperti benzena, karbonmonoksida (CO), dan formaldehid.

Palem bambu termasuk tanaman yang mudah ditemui di tempat penjualan tanaman. Harganya pun tidak terlalu mahal karena dijual berdasarkan ukuran. Semakin besar ukuran tanaman, semakin mahal pula harganya. Namun, karena kamu sedang mencari tanaman yang bisa membuat kamar menjadi sejuk dan terlihat indah, tidak perlu memilih ukuran tanaman yang terlalu besar. Selain itu, kamu juga bisa memperindah ruangan dengan memilih pot yang sesuai untuk tanaman palem bambu.

3. Sri Rejeki (Aglaonema modestum)

Tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai penghias kamar untuk membuat udara sejuk adalah sri rejeki. Meskipun tanaman sri rezeki adalah tanaman hias populer yang biasanya ditemukan di hutan tropis, masyarakat banyak menempatkannya sebagai hiasan ruangan.

Tanaman sri rejeki bisa menyerap zat-zat beracun. Banyak pula yang meyakini bahwa sesuai dengan namanya, tanaman ini membawa keberuntungan. Sesuaikan jenis tanaman yang akan kamu letakkan di dalam kamar kost karena sri rejeki mempunyai banyak varian, termasuk dengan daun berwarna merah.

4. Sirih Gading

Ingin membuat kamar kost sejuk dengan tanaman yang perawatannya mudah? Sirih gading atau golden pothos bisa menjadi solusi. Ukuran sirih gading yang kecil membuat tanaman ini fleksibel serta bisa kamu letakkan di mana saja. Bahkan, kamu bisa menempatkannya di jendela kamar agar terkena sinar matahari.

Tanaman sirih gading dapat membuat suasana kamar semakin sejuk. Apalagi perpaduan warna daunnya tidak hanya hijau saja, tetapi juga kuning cerah. Kamar kost yang dihiasi sirih gading akan tampak segar. Gunakan media tanam air putih untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik.

5. Sanseviera

Tanaman dengan nama ilmiah Sanseviera trifasciata seringkali dikenal dengan nama tanaman lidah mertua. Kamar kost yang diberi tanaman sansivera selain tampak lebih indah juga membuat udara kamar kost menjadi bersih. Bukti tersebut turut diperkuat oleh NASA. Pada siang hari, kamar memang terasa dingin. Namun, pada malam hari sansivera mampu menjadi penyedia oksigen. Kamar pun tetap terjaga kebersihan udaranya dan pastinya terasa sejuk.

6.Bunga Krisan

Manfaat bunga krisan yang diletakkan di dalam ruangan tidak hanya membuat interior kamar tanpak cantik. Bunga ini bahkan mampu menyerap kandungan benzene yang ada di ruangan tertutup. Jika kamar kostmu cukup dekat dari jalan raya atau sering dilalui kendaraan, menggunakan tanaman ini sebagai alternatif pembersih udara bisa dilakukan.

7.Dracaena massangeana

Hilangkan polusi yang ada di dalam kamar dengan menanam Dracaena massangeana. Banyak yang tidak mengetahui bahwa tanaman Dracaena massangeana mampu mengurangi tingkat pencemaran udara di dalam ruangan. Suasana kamar pun akan menjadi lebih sejuk. Tanaman ini dikenal cukup tangguh untuk diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Jika bosan dengan penataan kamar yang sama, sesekali variasikan peletakan tanaman ini untuk mendapatkan suasana berbeda.

8.Daun Satin (Scindapsus)

Lokasi kamar kost yang dekat dari jalan utama atau jalan raya perlu disiasati dengan menanam tanaman khusus. Selain ada pertimbangan untuk membuat kamar menjadi indah, kamu pun juga perlu mempertimbangkan untuk menghilangkan racun atau udara kotor di dalam kamar. Solusinya, menanam daun satin bisa kamu lakukan. Tanaman ini biasanya diletakkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau di tempat teduh. Daun satin memiliki fungsi penting untuk menghilangkan zat beracun seperti benzene serta formaldehyde di dalam kamar kost. Namun, kamu perlu berhati-hati jika menanam tanaman ini di kamar karena tanaman cukup beracun. Hindarkan tanaman dari hewan atau anak-anak yang berpotensi terkena bahayanya.

9.Aglonema

Tanaman yang banyak dicari anak kost untuk menghias ruangan sekaligus membuat udara terasa lebih lembap adalah aglonema. Tanaman yang dijului sebagai ‘chineese evergreen’ ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara. Apalagi jika kamar kostmu tidak banyak mendapatkan penyinaran matahari secara langsung. Jika kamu meletakkan tanaman aglonema pada ruangan yang udaranya kering, maka udara akan terasa lebih lembap. Tidak hanya itu, zat beracun seperti benzene dan formaldehid bisa disaring dari udara.

10.Dracaena Marginata

Tanaman yang bisa kamu gunakan untuk menyerap polutan berbahaya di dalam kamar adalah Dracaena Marginata. Bahkan, kamu tidak perlu khawatir terhadap kecepatan pertumbuhannya karena tanaman ini tumbuh lambat. Agar tanaman bisa tumbuh optimal, siapkan ruangan yang cukup dan terkena sinar matahari pagi.

Demikian informasi mengenai 10 jenis tanaman cocok untuk dipelihara di kamar kos bikin kamar jadi sejuk. Kamu bisa memilih tanaman sesuai kegemaranmu. Selain itu, dekorasi kamar bisa dibuat lebih indah dengan mempertimbangkan lokasi peletakan tanaman. Ada pula alternatif pilihan untuk memilih tanaman dengan harga terjangkau agar budget menghias kamar tidak membengkak. Selamat menghias kamar!