8 Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Rapi, Nyaman & Bikin Betah

8 Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Rapi, Nyaman & Bikin Betah – Sebagai seorang mahasiswa perantau, terkadang kamu harus rela tinggal di kamar kost yang jauh berbeda dengan kamarmu yang ada di kampung halaman. Kamu mungkin juga tidak punya pilihan dan harus tinggal di kamar kost sederhana demi mengurangi jarak antara kost dan kampus. Tapi kamu harus tahu bahwa kamar kost yang sederhana pun bisa kamu sulap agar menjadi lebih rapih, nyaman, dan membuat kamu semakin betah tinggal di sana. Simak informasi seputar cara menata kamar kost sederhana yang akan Mamikos bagikan berikut ini.



Informasi Terbaru Cara Menata Kamar Kost Sederhana

unsplash.com

Sebagai tempat tinggal utama di perantauan, akan lebih baik jika kamu membuat lingkungan kamar kost menjadi senyaman mungkin. Tujuannya adalah kamu tetap merasa betah dan tidak ingin buru-buru pulang ke rumah orang tua di kampung halaman. Meskipun tidak mewah, kamu tetap memiliki beragam pilihan untuk menata kamar kost sederhana menjadi tempat yang nyaman untuk kamu tinggali selama mengenyam pendidikan di kampus. Berikut adalah beberapa cara menata kamar kost sederhana agar rapih, nyaman, dan membuatmu betah.

Daftar Lengkap Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Rapih

Kamar kost yang bersih dan rapi memiliki beberapa manfaat baik bagi kamu, seperti misalnya membuat udara lebih segar, membuat kamu lebih nyaman, dan menghindarkan kamu dari gangguan kesehatan mental. Selain itu, kamu tidak akan malu jika ada temanmu yang datang berkunjung. Berikut adalah beberapa cara menata kamar kost sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mempercantik kamarmu.


1. Penggunaan Warna yang Senada

unsplash.com

Cara menata kamar kost sederhana yang pertama adalah dengan menggunakan warna senada untuk barang-barang di dalam kamarmu. Cara tersebut nyatanya sangat ampuh untuk menciptakan kesan rapi bagi kamar kost kamu. Coba carilah perabotan yang memiliki warna senada dengan cat tembok kamarmu untuk menciptakan kesan tersebut. Kalau kamu memilih warna yang bertabrakan, maka akan muncul kesan yang cukup berantakan meskipun kamu telah menatanya serapi mungkin.

Sebagai contoh, jika cat tembok kamar kost kamu berwarna putih, kamu mungkin bisa mencari seprai kasur berwarna abu-abu dan meja berwarna hitam. Desain kamar yang minimalis merupakan kunci utama agar kamarmu selalu terlihat rapi. Cobalah untuk tidak memberikan terlalu banyak warna pada kamarmu. Penggunaan warna senada mampu membuat kamarmu terkesan lebih adem dan membuat penghuninya menjadi lebih rileks.

2. Letakkan Tempat Tidur di Bagian Pojok

unsplash.com

Penataan perabot juga menjadi kunci penting dalam proses menata kamar kost sederhana. Letakkan tempat tidur kamu di bagian pojok kamar kost untuk penggunaan ruang yang lebih efisien. Tempat tidur yang diletakkan di tengah ruangan akan membuat kesan lebih sempit dan sangat tidak cocok untuk kamar kost yang tidak terlalu luas. Selain itu, ruang gerakmu menjadi lebih terbatas karena terbagi oleh tempat tidur yang terletak di tengah.



Belum lagi dengan kost yang sudah terisi dengan berbagai perabot besar seperti lemari dan meja belajar beserta kursinya. Jangankan ruang bergerak, kamu pun tidak akan memiliki cukup tempat untuk menata barang-barang tersebut. Dengan memasang tempat tidur di sudut ruangan, kamu akan memiliki lebih banyak ruang gerak dan ruang untuk menata barang lainnya. Kamu juga tidak akan mudah terjatuh saat tidur karena terhalang oleh tembok di satu sisi tempat tidur.

3. Memakai Lampu Hias

unsplash.com

Kalau perabot sudah ditata, maka kamu bisa menambahkan berbagai pernak-pernik sebagai salah satu cara menata kamar kost sederhana. Salah satu barang yang bisa kamu gunakan adalah lampu tumblr yang mungkin sudah tidak asing lagi bagimu. Pemasangan lampu tumblr di kamar kost kamu yang sederhana justru akan menambah kesan estetis dan menenangkan. Sehingga, kamu juga akan semakin merasa nyaman dan betah di kost seharian.

Selain lampu tumblr, kamu juga bisa memilih beragam lampu hias lain yang bisa kamu pajang saat sedang menata kamar kost sederhana milikmu. Beberapa jenis lampu hias yang mungkin bisa kamu pilih misalnya lampu dinding, lampu gantung, atau lampu meja. Saat ini, banyak orang yang menjual lampu hias dengan harga yang tidak mahal namun memiliki bentuk yang beraneka ragam. Selain untuk dekorasi, kamu juga bisa memanfaatkan lampu hias sebagai lampu tidur untuk menghemat listrik karena dayanya yang rendah.


4. Pasang Rak Dinding

unsplash.com

Penggunaan ruang yang efektif merupakan salah satu kunci utama saat kamu akan menata kamar kost sederhana, termasuk kamar kost yang sempit. Kamu harus pandai memanfaatkan ruang yang ada agar kamarmu tidak terasa penuh sesak, salah satunya adalah memanfaatkan penggunaan dinding. Kalau kamu hendak membeli rak untuk koleksi buku kuliah milikmu, akan lebih baik jika kamu menjatuhkan pilihan pada rak dinding. Pasalnya, kamu tidak harus menghabiskan ruang di lantai namun tetap bisa menata buku-bukumu dengan rapi.

Pada dasarnya, rak dinding memang berfungsi sebagai salah satu perabot untuk menyimpan barang-barang. Namun, kamu bisa memanfaatkannya sebagai dekorasi kamar jika kamu menatanya dengan baik. Selain buku, kamu mungkin bisa menempatkan tanaman hias mini atau dekorasi lainnya untuk mempercantik penataan bukumu. Tapi pastikan bahwa kamu telah memasangnya dengan kuat agar tidak mudah jatuh, ya!

5. Gunakan Furnitur Portabel dan Multifungsi

unsplash.com

Selain pemanfaatan ruang yang efektif, kamu juga harus bisa memanfaatkan barang-barang yang sesuai dengan kamar kost kamu. Sebagai salah satu cara menata kamar kost sederhana, kamu bisa memakai perabot portabel dan multifungsi untuk menghemat ruang. Sebagai salah satu contoh, kamu bisa membeli meja dan kursi lipat jika pemilik kost belum menyediakannya. Setelah kamu selesai memakai meja dan kursi tersebut, kamu bisa melipat dan menyimpannya agar tidak memenuhi kamarmu.


Selain untuk belajar dan mengerjakan tugas, kamu juga bisa memanfaatkan perabot tersebut untuk kegiatan lain seperti untuk makan. Intinya, jangan pernah memiliki perabotan terlalu banyak jika kamar kost kamu sederhana dan tidak terlalu luas. Memiliki perabotan sedikit namun multifungsi akan lebih memudahkan kamu untuk menata kamar kost sederhana agar lebih rapi lagi.


6. Maksimalkan Penggunaan Kolong Tempat Tidur

unsplash.com

Seperti salah satu contoh yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, kamu juga harus memanfaatkan kolong tempat tidur sebagai salah satu cara ampuh dalam menata kamar kost sederhana. Terbatasnya ruang terkadang membuatmu bingung harus meletakkan barang-barangmu di mana. Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu masih memiliki sisa ruang yang begitu luas di bawah kasurmu. Jika tidak kamu manfaatkan, kamarmu mungkin akan terlihat lebih berantakan.

Akan tetapi, jangan asal menyimpan barang di kolong tempat tidur kalau kamu tidak mau kamarmu terlihat berantakan. Agar lebih rapi dan terorganisir, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas sebagai organizer atau kotak penyimpanan. Masing-masing kotak bisa kamu tambahkan hiasan dan nama barang yang kamu simpan di sana. Cara menata kamar kost sederhana yang satu ini akan memudahkan kamu dalam mencari barang-barang di kemudian hari.

7. Hindari Menggantung Pakaian Terlalu Banyak

unsplash.com

Cara menata kamar kost sederhana yang selanjutnya adalah dengan menghindari adanya terlalu banyak gantungan baju. Keberadaan gantungan baju memang membuat lantai kamarmu lebih rapi karena tidak ada baju yang berceceran. Namun, tidak baik juga jika kamu menggantung pakaian terlalu banyak di dinding kamar kost kamu. Pastikan bahwa kamu hanya menaruh satu gantungan pakaian saja, seperti di belakang pintu misalnya.

Meski begitu, kamu tetap tidak boleh menumpuk pakaian terlalu banyak di gantungan tersebut. Pasalnya, baju yang digantung adalah tempat nyamuk berkembang biak dan akan membahayakan kamu. Selain itu, kamarmu juga akan tidak enak dilihat jika terlalu banyak baju yang digantung. Segeralah cuci pakaian kotor yang sudah kamu pakai dan hanya gantung pakaian yang sekiranya masih akan kamu pakai lagi.


8. Sortir Barang-Barang

unsplash.com

Cara terakhir untuk menata kamar kost sederhana adalah dengan menyortir barang-barang. Jangan menumpuk barang di dalam kamar kost agar kamarmu tidak terlihat berantakan. Meskipun kamu memiliki lemari besar dan banyak organizer di bawah tempat tidurmu, kamu tetap harus pandai memilah dan memilih barang mana saja yang masih dipakai dan barang apa yang harus segera kamu buang. Dengan begitu, kamarmu akan menjadi lebih tertata dan tidak terkesan sesak.


Kalau kamu punya pakaian bekas dan merasa sayang untuk dibuang, kamu bisa mendonasikannya untuk orang-orang yang lebih membutuhkan daripada kamu simpan tanpa kamu pakai. Kalau kamu punya banyak kertas bekas atau kain perca, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat beragam kerajinan tangan dan dekorasi kamar. Hasil karyamu tersebut bahkan juga bisa kamu jual untuk menambah uang jajan bulananmu.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa cara menata kamar kost sederhana agar lebih rapi, nyaman, dan semakin membuat kamu betah di kostan. Meskipun sederhana dan tidak terlalu luas, bukan berarti kamu tidak bisa mempercantik kamar kostmu. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak dan cukup menggunakan barang seadanya. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: