Cara Efektif Mengatasi Dinding Kamar Lembab Dan Berjamur

 Nana | Sel, 21 Apr 2020

Cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur – Pernahkah kamu punya keluhan seputar dinding kamar kamu yang tiba-tiba menjadi lembab bahkan berjamur? Jika pernah punya keluhan seperti itu atau ingin mengantisipasi agar tidak terjadi pada kamu, maka artikel berisi cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur ini cocok untuk kamu baca sampai habis.

Cara Efektif Mengatasi Dinding Kamar Lembab Dan Berjamur

shutterstock.com

Lalu apa sajakah cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur tersebut? Simak penjelasan lengkap Mamikos di bawah ini. Jika bisa kamu langsung praktekkan agar dinding kamar kamu jadi tidak lembab dan berjamur. Kamar kamu dijamin jauh lebih resik, rapi dan bersih. Ikuti cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur ini satu persatu, ya.

Langkah Untuk Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur

1. Langsung periksa saluran pipa

Langkah pertama dari rangkaian cara efektif untuk mengatasi dinding kamar yang lembab dan berjamur adalah dengan memeriksa saluran pipa di sepanjang dinding rumah. Tujuannya untuk memastikan apakah ada kebocoran pada saluran pipa tersebut. Apabila pipa air tersebut bocor, maka besar kemungkinan air jadi merembes ke dinding di sekitar pipa dan menjadikannya lembab.

2. Buka tirai secara rutin

Jangan pernah malas membuka tirai rumah atau kamar kamu lho. Sebab ternyata hal tersebut sangat berfungsi untuk membuat matahari masuk melalui jendela ke dalam ruangan. Sebab apabila tirai kamar kamu jarang dibuka, maka bisa mengakibatkan ruangan menjadi lembab dan membuat dinding semakin mudah berjamur.

3. Gunakan cairan anti jamur/fungisida

Cara efektif berikutnya dari cara efektif mengatasi dinding kamar yang lembab dan berjamur adalah dengan menggunakan cairan anti jamur atau fungisida. Bisa dibilang ini adalah langkah paling cepat dan praktis untuk menghilangkan jamur di dinding. Bagaimana tidak mudah, kamu cukup menyemprotkan cairan fungisida tersebut ke dinding kamar kamu yang berjamur. Terlebih cairan anti jamur tersebut juga mudah untuk kamu dapatkan sebab ada banyak dijual bebas di pasaran.

4. Gunakan campuran cuka dan air

Apabila kamu ingin menggunakan bahan yang ada di dapur kamu, maka cobalah dengan membuat campuran cairan cuka dan air. Hal ini bisa ditempuh apabila kamu sudah menggunakan cairan anti jamur tapi masih belum mempan, maka kamu bisa menggunakan campuran tersebut.

5. Cat ulang dinding kamar

Langkah atau cara efektif berikutnya untuk mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur adalah dengan cara mengecat ulang dinding kamar kamu. Meski kamu sudah menggunakan cat yang berkualitas bagus, hal tersebut tidak menjamin bahwa cat dinding kamar kamu tidak akan terkelupas jika termakan usia.

Jadi jika kamu sudah mengalami dinding kamar menjadi lembab bahkan berjamur, maka mengecat ulang dinding kamar tentu saja dapat menjadi solusi yang bisa kamu pilih. Sebab selain dapat membersihkan jamur, mengecat dinding kamar juga bisa mempercantik kondisi kamar kamu sekarang. Saran Mamikos, lebih baik kamu menggunakan cat tahan air sehingga lebih dapat dibersihkan dengan mudah ketika ada kotoran yang menempel di dinding.

6. Selalu jaga suhu dalam kamar

Hal berikutnya dari rangkaian cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur adalah dengan tetap menjaga suhu di dalam ruangan atau kamar kamu tetap hangat. Kamu perlu menghindari pengembunan atau kondensasi terjadi di dalam kamar dimana hal itu dapat membuat dinding lebih mudah lembab dan juga jika dibiarkan terus menerus maka lama kelamaan dinding kamar kamu pun jadi berjamur.

Insulasi loteng dan dinding juga dapat membantu dalam menciptakan ruangan atau kamar yang lebih hangat. Tidak hanya itu. Pemasangan kaca ganda yang tepat akan membantu menghindari jendela berkabut karena panel bagian dalam kaca diisolasi dari udara dingin di luar. Intinya buat ruangan atau kamar kamu tetap hangat dan tidak berembun untuk menghindari lembab.

7. Pastikan kamar memiliki sirkulasi yang baik

Agar kondensasi di dalam ruangan atau kamar kamu bisa lebih diminimalisir, maka kamu juga harus memastikan kalau kamar kamu memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Ventilasi yang bagus tentu dapat membantu uap air keluar dari kamar kamu sehingga ruangan tidak lembab. Bila perlu kamu juga bisa memasang kipas ekstraktor di kamar mandi dan kamar kamu agar tempat tersebut tetap kering dan tidak lembab.

Jika ventilasi kamar kamu kurang oke, maka opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka jendela jika memungkinkan. Sebab ada beberapa bingkai jendela yang sudah dilengkapi dengan fitur pengunci sehingga kamu dapat membuka jendela tanpa khawatir kaca jendela pecah karena bingkai terus-terusan bergerak oleh angin.

Hal tersebut juga sangat penting dilakukan apalagi setelah musim hujan. Umumnya kita jarang membuka jendela agar udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam rumah.

8. Coba hindari untuk membuat lembab kamar

Supaya kondensasi di dalam kamar kamu dapat ditekan, saran Mamikos sebaiknya kamu jangan membuat kelembaban-kelembaban lainnya. Contohnya saja mengeringkan cucian di dalam ruangan, baik itu dengan mesin cuci atau diangin-anginkan di dalam ruangan atau kamar.

Jadi cobalah untuk menghindari pekerjaan perbaikan dan pembersihan rumah yang menghasilkan banyak kelembaban saat cuaca dingin atau basah dan membuat permukaan mengering lebih lambat. Tugas-tugas rumah seperti mengepel lantai dan membersihkan jendela sebaiknya kamu lakukan di lain hari yang lebih baik ketika kamu lebih nyaman untuk membuka jendela.

9. Hati-hati ketika sedang memasak

Tahukah kamu bahwa panci atau ceret yang kamu taruh diatas kompor dapat menghasilkan kelembaban dan uap air dalam jumlah yang besar lho. Untuk meminimalkan kondensasi pada jendela dan dinding dapur, maka tutuplah panci atau wajan dengan tutupnya masing-masing. Manfaat lain dari hal ini adalah mencegah binatang-binatang kecil masuk ke dalamnya.

Kemudian jangan lupa juga untuk menyalakan tudung kompor saat kamu sedang memasak dan diamkan selama kurang lebih lima menit setelahnya agar udara kembali bersih. Jangan lupa untuk mengganti filter tudung kompor kamu secara teratur untuk memastikan hal tersebut bekerja seefisien mungkin.

10. Gunakan alat Dehumidifier

Dehumidifier merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghilangkan kelembaban udara di suatu ruangan. Dengan menggunakan dehumidifier, kamu bisa mencegah kelembaban yang terjadi pada dinding rumah. Kamu bisa membandingkan alat dehumidifier yang ada di online shop atau di beberapa toko untuk mendapatkan alat pengontrol kelembaban tersebut.

Jadi demikianlah ulasan Mamikos mengenai cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur yang bisa kamu praktekkan langsung di rumah atau kamar kostmu saat ini. Mamikos harap dengan adanya informasi cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur ini kamu jadi jauh lebih bisa merawat dan menjaga lingkungan kamu agar lebih rapi dan bersih. Jika kamu merasa ulasan Mamikos ini berguna, jangan lupa untuk menyebarkannya secara luas mengenai aplikasi pencari kost Mamikos sekarang juga.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: