6 Jurusan Politeknik Negeri Medan (POLMED)

 Bella Carla | Jum, 01 Mei 2020

Jurusan Politeknik Negeri Medan – Buat kamu yang berada di kawasan Sumatera Utara, kini kamu tidak harus merantau jauh-jauh hanya untuk sekedar melanjutkan pendidikan. Di Medan, kamu bisa menemukan Politeknik Negeri Medan (POLMED) yang dapat menjadi kampus pilihan. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara, Politeknik Negeri Medan saat ini menjadi pusat pendidikan vokasi favorit di Medan. Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Medan, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu deretan jurusan yang tersedia.

Deretan Jurusan Politeknik Negeri Medan

Jurusan Politeknik Negeri Medan
assets-a1.kompasiana.com

Lulus kuliah dan langsung bekerja mungkin adalah impian semua remaja pada saat ini. Tak dapat dipungkiri bahwa lulusan dari politeknik kini lebih dipertimbangkan dibandingkan dengan mereka yang lulus dari universitas. Hal ini dikarenakan lulusan dari politeknik dianggap lebih mempunyai skill di lapangan ketimbang lulusan universitas. Buat kamu yang semakin tertarik untuk kuliah di politeknik, Politeknik Negeri Medan (POLMED) pun bisa menjadi salah satu yang kamu pertimbangkan.

Gambaran Umum Politeknik Negeri Medan

Sebagai salah satu institusi yang cukup diperhitungkan, awalnya institusi ini bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara Medan. Pada tahap awal pembangunan politeknik ini, kabarnya dibiayai oleh Bank Dunia. Namun, melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 akhirnya Politeknik USU Medan pun menjelma menjadi politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (POLMED). Kini, Politeknik Negeri Medan sudah menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia.

Keunggulan Kuliah di Politeknik Negeri Medan

Walaupun penguasaan keilmuan merupakan hal yang penting, tentu tetap harus dibarengi dengan penguasaan keahlian tertentu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengasah kemampuan yang dimiliki sedini mungkin agar nantinya semakin siap menghadapi dunia kerja. Hal ini sesuai dengan konsep pendidikan yang bisa kamu temukan di pendidikan vokasi, salah satunya Politeknik Negeri Medan (POLMED). Nah, berikut adalah beberapa keunggulan ketika kamu menimba ilmu di Politeknik Negeri Medan:

  • Menghasilkan lulusan siap kerja
    Umumnya, para pendidik di Politeknik Negeri Medan dalam menjalankan kegiatan pendidikannya harus bekerja sama dengan industri dalam rangka menghasilkan lulusan yang siap kerja. Industri harus membantu politeknik khususnya untuk tempat kegiatan praktik kerja atau magang, sehingga para mahasiswa politeknik sudah memiliki pengalaman industri yang cukup untuk menghadapi dunia kerja, bahkan sebelum lulus kuliah.
  • Lebih fokus pada praktik dibandingkan teori
    Sangat disayangkan kalau pemenuhan tenaga kerja pelaksana di Indonesia malah dipenuhi dari negara-negara tetangga seperti India, China, Jepang, dan Korea Selatan. Kondisi inilah yang bakal terjadi di pasar bebas seperti saat ini, jika sumber daya lulusan kita yang kurang terampil beradaptasi dengan kondisi lapangan, sehingga tidak dapat memenuhi kualifikasi industri. Berbeda dengan program pendidikan akademik, program pendidikan di Politeknik Negeri Medan lebih mengutamakan praktik dibandingkan teori, yang disesuaikan dengan yang digunakan dalam industri.
  • Banyak perusahaan yang mencari lulusan diploma
    Dari hasil tracer studi yang telah dilakukan oleh beberapa politeknik, menunjukan bahwa yang paling diminati oleh industri atau dunia kerja adalah lulusan dari program Diploma III. Hal ini dikarenakan Industri cenderung membutuhkan tenaga pelaksana pada level menengah. Informasi ini yang sering kali luput dari perhatian masyarakat, karena pemahaman yang masih kurang tentang pendidikan politeknik ini.
  • Belajar ilmu terapan populer di luar negeri
    Pemahaman masyarakat di Indonesia terhadap pendidikan vokasi salah satunya politeknik sangat berbeda dengan keadaan di beberapa negara maju khususnya yang terkait dengan politeknik. Masyarakat di beberapa negara maju seperti Australia, Swiss, German, ternyata lebih menyukai pendidikan politeknik karena cepat bekerja setelah lulus. Untuk itu, kini kamu pun tak perlu ragu lagi bukan guna menuntut ilmu di Politeknik Negeri Medan?

Daftar Jurusan di Politeknik Negeri Medan

Setelah tahu beberapa keunggulan yang bisa diperoleh ketika menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Medan, kini saatnya kamu memilih jurusan yang akan diampu nantinya. Adapun berikut 6 jurusan yang dapat kamu temukan di Politeknik Negeri Medan:

1. Akuntansi

Buat kamu yang berminat untuk berkarier di sektor ekonomi, kamu pun bisa memilih Jurusan Akuntansi. Di Politeknik Negeri Medan, Jurusan Akuntansi menaungi beberapa program Diploma 3 dan 4, seperti Akuntansi, Perbankan dan Keuangan, Akuntansi Keuangan Publik, serta Perbankan & Keuangan Syariah. Berkarier di bidang Akuntansi bisa dibilang menjadi impian banyak orang. Selain memiliki prospek menjanjikan, peningkatan karier bisa terjamin. Ditambah lagi, peluang kerja untuk bidang Akuntansi masih sangat luas dan terbuka lebar.

2. Administrasi Negara

Secara garis besar, Jurusan Administrasi Negara mempelajari tentang pendataan dan keperluan administrasi. Di, Politeknik Negeri Medan ada dua peminatan di Jurusan Administrasi Niaga, yakni Administrasi Bisnis dan MICE. Visi dan Misi Prodi Administrasi Bisnis adalah mengupayakan semaksimal mungkin untuk menjadi pusat pendidikan dan penghasil sumber daya manusia profesional di bidangnya dan unggul di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Sedangkan Prodi MICE sendiri walaupun masuk dalam kegiatan pariwisata, tapi pada praktiknya kegiatan MICE identik dengan berbagai penanganan kegiatan di bidang kesekretariatan dan administrasi bisnis. Tentunya dengan adanya Prodi MICE, kebutuhan sumber daya manusia baik di tingkat daerah, nasional ataupun Internasional bisa terpenuhi.

3. Teknik Mesin

Keberadaan Program studi Teknik Mesin sangat lekat hubungannya terhadap peristiwa berdirinya Politeknik Negeri Medan. Sebab, Teknik Mesin menjadi program studi yang dibuka pertama kali saat Politeknik Negeri Medan berdiri, yakni pada tahun 1979. Pembentukan Prodi Teknik Mesin, awalnya bermodalkan bantuan tenaga ahli dari Swiss. Kini, Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan pun semakin berkembang dan berharap bisa menjadi salah satu pusat kajian teknik mesin terapan di Indonesia. Di Politeknik Negeri Medan sendiri, kamu dapat menemukan dua program studi yang masuk dalam cakupan Jurusan Teknik Mesin yakni Teknik Mesin dan Teknik Konversi Energi.

4. Teknik Sipil

Buat kamu yang tertarik menjadi seorang kontraktor, maka Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Medan bisa menjadi pilihan. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan menawarkan beragam konsentrasi dan beberapa prodi yang siap mengantarkan kamu sebagai lulusan yang ahli di bidangnya. Jika kamu ingin menjadi bagian dari Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Medan ini, siap-siap menikmati prosesnya ya demi mewujudkan mimpimu.

5. Teknik Elektro

Penyelenggara pendidikan profesional dan unggul sesuai kebutuhan pengguna lulusan di bidang Teknik Elektronika khususnya Instrumentasi dan Kendali Industri pada tahun 2019 merupakan visi program studi Teknik Elektro Politeknik Negeri Medan. Salah satu misi jurusan ini ialah menghasilkan mahasiswa yang kompeten, mandiri, inovatif, adaptif, dan mampu bersaing di bidang elektronika pada tingkat regional, nasional, dan internasional. Kabar baik untuk kalian yang ingin meniti karier di bidang Teknik Elektronika. Di Politeknik Negeri Medan sendiri, kamu dapat menemukan tiga program studi yang masuk dalam cakupan Jurusan Teknik Elektronika yakni Teknik Listrik, Teknik Elektronika dan Teknik Telekomunikasi.

6. Teknologi Komputer dan Informatika

Jurusan Teknologi Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Medan menaungi dua program studi, yakni Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Kedua prodi itu cocok banget buat kamu yang ingin melek teknologi dan selalu ingin tahu perkembangan terkini di dunia informatika. Prodi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang e-commerce, otomatisasi kantor, dan teknologi multimedia serta sistem informasi. Seluruh bidang itu selalu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pembangunan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Nah, itu tadi 6 jurusan yang ada di Politeknik Negeri Medan (POLMED) yang wajib kamu ketahui. Hingga sekarang ini, Politeknik Negeri Medan masih menjadi politeknik favorit di Sumatera Utara. Untuk itu tak ada salahnya bukan jika kamu mempertimbangkan politeknik yang satu ini? Oh iya, buat kalian yang berencana ingin merantau ke kota Medan untuk melanjutkan pendidikan di POLMED, jangan lupa download dan install aplikasi Mamikos di ponsel kalian ya! Di aplikasi Mamikos, kalian bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: