7 Jurusan Prodi Politeknik Negeri Malang 2020

7 Jurusan Prodi Politeknik Negeri Malang 2020– Mampu bersaing di dunia kerja menjadi salah satu alasan mengapa peminat politeknik kian bertambah. Dengan ruang lingkup yang lebih kecil dibandingkan universitas, politeknik merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dan menyiapkan peserta didiknya untuk siap bekerja. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di politeknik, maka kamu bisa menjadikan Politeknik Negeri Malang sebagai pilihan. Di bawah ini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap terkait jurusan maupun prodi di Politeknik Negeri Malang.

Deretan Prodi Politeknik Negeri Malang

Jurusan Prodi Politeknik Negeri Malang

unsplash.com

Meski berfokus pada pelatihan vokasional, Politeknik Negeri Malang juga menawarkan berbagai jenis gelar dan jurusan. Tidak hanya terkait teknologi, melainkan juga jurusan-jurusan lainnya. Jenjang pendidikan di Politeknik Negeri Malang saat ini meliputi Diploma 3, Sarjana Terapan (Diploma 4), dan Pascasarjana. Kamu pun bisa menemukan info lebih lengkap terkait jurusan dan prodi yang ditawarkan Politeknik Negeri Malang berikut ini.

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau yang lebih akrab disapa Polinema merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Awalnya, Politeknik Negeri Malang bernama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik di Universitas Brawijaya. Pada tahun 2004, akhirnya politeknik yang satu ini memperoleh status kemandirian dengan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Malang. Kamu pun bisa menemukan gedung kampus Politeknik Negeri Malang tepatnya di Jl. Soekarno Hatta No.9, Kota Malang, Jawa Timur.

Ciri khas dari sistem pendidikan di Politeknik Negeri Malang sendiri adalah perkuliahan yang menggunakan sistem paket, kelas kecil (maksimum 30 mahasiswa) dengan proses pembelajaran yang didesain khusus, bidang hard skill dan softskill, agar lulusannya siap kerja. Hard skill dicapai dengan konsep learning by doing melalui kurikulum berbasis kompetensi berisikan materi 40% dan praktek 60%. Penekanan soft skill diarahkan untuk mencapai karakter kejujuran, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama tim, dan kecerdasan dalam bekerja. Karakter tersebut dibentuk melalui pendidikan dasar kedisiplinan di Lembaga Pendidikan Kemiliteran, saat penerimaan mahasiswa baru dan melalui kegiatan serta ekstrakurikuler.

Visi
Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi yang Unggul dalam Persaingan Global

Misi

  • Menyelenggarakan dan Mengembangkan Pendidikan Vokasi yang Berkualitas, Inovatif, dan Berdaya Saing yang Mendorong Pola Pembelajaran Seumur Hidup dan Tumbuhnya Jiwa Kewirausahaan serta Sesuai Kebutuhan Industri, Lembaga Pemerintah, dan Masyarakat.
  • Menyelenggarakan Penelitian Terapan yang Bermanfaat bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Kesejahteraan Masyarakat.
  • Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Bermanfaat bagi Kesejahteraan Masyarakat.
  • Menyelenggarakan Sistem Pengelolaan Pendidikan dengan Berdasar pada Prinsip-prinsip Tatapamong yang Baik.
  • Mengembangkan Kerjasama yang Saling Menguntungkan dengan Berbaga Pihak, baik di Dalam maupun di Luar Negeri pada Bidang-bidang yang Relevan.

Deretan Prodi Politeknik Negeri Malang

Guna memenuhi kebutuhan stake holders, sejak tahun 2004 Politeknik Negeri Malang telah mengembangkan Program Studi baik Program Diploma III (D-III) maupun Program Diploma IV (D-IV). Adapun berikut ini adalah daftar lengkap jurusan dan prodi di Politeknik Negeri Malang tahun 2020:

1. Teknik Elektro

unsplash.com

Teknik Elektro juga bisa dibilang sebagai salah satu bidang teknik yang tertua dan menjadi induk dari banyak bidang lain. Bagi kalangan awam, teknik elektro selalu identik dengan listrik. Dan hal tersebut tidak salah, di jurusan teknik elektro akan dipelajari banyak hal tentang listrik, mulai dari teori dasar kelistrikan, elektromagnet, mikroprocessor, sinyal listrik hingga teknologi baru kelistrikan seperti biomedika. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Teknik Elektro terbagi menjadi beberapa program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Teknik Listrik Industri

Program studi Teknik Listrik dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang sistem tenaga listrik. Di mana memiliki kompetensi bidang manajerial, desain dan pembuatan sistem tenaga, instalasi listrik industri, serta sistem kendali terprogram yang berkarakter technopreneur. Lulusan Program studi Teknik Listrik telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri. Diantaranya perusahaan kelistrikan, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, kontraktor kontruksi, perusahaan otomotif, Pegawai Negeri Sipil/Militer, dan wirausaha.

Program Diploma III Teknik Elektronika

Teknik Elektronika adalah bidang teknik yang mempelajari tentang komponen listrik dan peralatan-peralatan semi konduktor. Teknik Elektronika merupakan bagian dari Teknik Listrik (Teknik Elektro). Lulusan Program studi Teknik Elektronika telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan elektronik, perusahaan manufaktur, perusahaan otomotif, perusahaan pertambangan, BUMN, Pegawai Negeri Sipil/Militer, dan wirausaha. Di Politeknik Negeri Malang, Teknik Elektronika terbagi menjadi beberapa konsentrasi yakni:

  • Konsentrasi Sistem Kendali dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang sistem kendali otomasi. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini diharapkan dapat memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem kendali analog/digital. Tak hanya itu saja, mahasiswa juga diharapkan dapat memiliki kompetensi sistem kendali konvensional dan komputer, pengelolaan data analog dan digital yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.
  • Konsentrasi Mekatronika dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang mekatronika. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini diharapkan dapat memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem gerak mekanik elektromekanik yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.
  • Konsentrasi Instrumentasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang instrumentasi. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini diharapkan dapat memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem instrumentasi industri yang berkarakter technopreneur dan beretika profesi.

Program Diploma III Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi adalah program studi yang berfokus ke ilmu telekomunikasi. Teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori dibalik itu. Di Politeknik Negeri Malang, Teknik telekomunikasi terbagi menjadi dua konsentrasi yakni:

  • Konsentrasi Telekomunikasi Nirkabel dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang telekomunikasi nirkabel. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini diharapkan dapat memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem, peralatan, dan jaringan telekomunikasi, sistem komunikasi radio, jaringan komputer dan seluler yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.
  • Konsentrasi Telekomunikasi Kabel dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang telekomunikasi kabel. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini diharapkan dapat memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem, peralatan, jaringan telekomunikasi, sistem komunikasi radio, serta jaringan komputer dan seluler yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Program Diploma IV Sistem Kelistrikan

Program studi Diploma IV Sistem Kelistrikan dirancang khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan yang mampu merencanakan, mengoperasikan dan Instalasi Sistem Penerangan dan Tenaga. Serta mampu merencanakan dan mengoperasikan instalasi tegangan, merencanakan dan mengoperasikan sistem kontrol industri, hingga mampu menganalisis sistem ketenaga listrikan beserta sistem proteksinya dengan kemampuan manajerial dan jiwa technopreneur. Lulusan Program studi Sistem Kelistrikan dapat merintis karir sebagai Kontraktor Supervisor, Field Operator, Engiinering Design, Part Analysis, Teknisi Elektrical, Wirausaha dan lainnya.

Program Diploma IV Teknik Elektronika

Program Diploma IV Teknik Elektronika lebih terfokus pada konsentrasi Sistem Otomasi Industri. Mahasiswa prodi ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai perancang, pembuat, dan technopreneur bidang sistem kendali, analog/digital, dan instrumenstasi. Lulusan program studi Teknik Elektronika telah berhasil terserap di dunia usaha dan industry. Diantaranya perusahaan elektronika, perusahaan otomotif, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, pegawai Negeri Sipil, Militer, dan Wirausaha.

Program Diploma IV Jaringan Telekomunikasi Digital

Program D IV Teknik Jaringan Telekomunikasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan bidang telekomunikasi nirkabel. Di mana memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, pembuatan sistem, peralatan, dan jaringan telekomunikasi, sistem komunikasi radio, jaringan komputer dan seluler yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi. Lulusan Program Studi Teknik Telekomunikasi, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industry. Diantaranya perusahaan telekomunikasi, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, Pegawai Negeri Sipil, Militer, dan wirausaha.

Progam Magister TErapan Teknik Elektro

Program Magister Terapan Teknik Elektro adalah program pendidikan setara Magister (S2) dengan masa pendidikan 2 tahun atau 4 semester. Program studi ini mempunyai fokus pendidikan yang memperhatikan pendekatan yang efektif terhadap penguatan pemahaman teori-teori pada spesialisasi ilmu teknik kontrol dan robotika, ilmu konversi energi dan sistem tenaga, telekomunikasi dan teknologi informasi, serta ilmu dan teknik komputer. Gelar yang akan didapat oleh lulusan program ini adalah M.Tr.T (Magister Terapan Teknik).

2. Teknik Mesin

unsplash.com

Seperti namanya, jurusan yang satu ini akan mengupas habis tentang mesin. Mahasiswa jurusan Teknik Mesin akan mempelajari segala hal yang mempunyai mekanisme gerak. Sederhananya, segala hal buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan, seperti pesawat terbang, kapal laut, sepeda, robot, jam, bahkan penjepit rambut. Selain itu di jurusan Teknik Mesin juga akan belajar konversi energi seperti motor bakar, sistem termal dan mesin fluida. Serta bagaimana merancang suatu mesin yang efisien mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut.
Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Teknik Mesin terbagi menjadi tiga program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin memberikan pengetahuan yang dititik beratkan pada bidang Konversi Energi, Perancangan, Proses Produksi dan Manufaktur serta memberikan pengetahuan dasar Operasional dan Manajerial pengelolaan Industri. Lulusan Teknik Mesin telah mengabdikan dirinya di berbagai bidang, antara lain Industri otomotif, minyak bumi dan gas, mesin mesin berat, institusi pendidikan, institusi penelitian dan industri lainnya.

Program Diploma IV Teknik Otomotif Elektronik

Teknik Otomotif Elektonik dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan bidang otomotif. Di mana lulusan memiliki kompentensi di bidang manajerial, perawatan, dan perbaikan kendaraan dengan penggerak motor bensin dan motor diesel yang berkarakter ternopreneur. Lulusan Teknik Otomotif Elektonik telah berhasil terserap di dunia usaha dan industry. Diantara perusahaan otomotif, perusahaan pertambangan, perusahaan pertambangan, pertambangan, perusahaan manufaktur, industri logam mesin, pegawai negeri sipil/militer, dan wirausaha.

Program Diploma IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan

Teknik Mesin Produksi dan Perawatan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan proses produksi yang meliputi desain produk, proses produksi, dan pengelolaan sistem manufaktur. Teknik perawatan mempelajari keilmuan yang berhubungan dengan perawatan dan perbaikan mesin perkakas dan mesin industry, serta mengelola sistem perawatan (management perawatan mesin). Program studi ini mengintegrasikan dua kompetensi, yaitu Teknik Mesin Produksi dan Perawatan. Dengan harapan menjadi kompetensi baru yang unggul serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam dunia kerja, khususnya di bidang manufaktur dan perawatan mesin.

3. Teknik Sipil

unsplash.com

Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan. Secara sederhana, Teknik Sipil adalah jurusan yang akan mendidik anda menjadi seorang mandor proyek infrastruktur. Di mana infrastruktur yang dimaksud sangat beragam mulai dari bangunan, rumah, gedung bertingkat, jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandar udara, dan masih banyak lagi. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Teknik Sipil terbagi menjadi tiga program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Teknik Sipil

Di Politeknik Negeri Malang, Program Diploma III Teknik Sipil terbagi menjadi dua konsentrasi yakni:

  • Konsentrasi Bangunan Gedung dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang bengunan gedung. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan bangunan gedung yang berkarakter technopreneur, sadar mutudengan keunggulan kompettif yang beretika profesi
  • Konsentrasi Bangunan Sipil dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang bangunan air dan transportasi. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki komtensi bidang manajerial, desain, dan pelaksana bangunan air dan transportasi yang berkarakter technopreneur serta sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi..

Program Diploma III Teknologi Konstruksi Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air

Teknologi Konstruksi Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan Bangunan Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi, serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tingkat Sarjana. Lulusan progam ini berpeluang kerja di dunia usaha dan industry. Di antaranya perusahaan konstruksi bangunan (kontraktor, konsultan, developer), perusahaan pertambangan, industri alat berat, BUMN, Pegawai Negeri Sipil/Militer, dan wirausaha.

Program Diploma IV Manajemen Rekayasa Konstruksi

Manajemen Rekayasa Konstruksi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga manajerial bidang konstruksi bangunan gedung, air, dan transportasi. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki karakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi. Lulusan Manajemen Rekayasa Konstruksi telah berhasil terserap di dunia usaha dan industry. Diantaranya perusahaan konstruksi bangunan (kontraktor, konsultan, developer), perusahaan petambangan, industri alat berat, BUMN, pegawai negeri sipil/militer, dan wirausaha.

4. Teknik Kimia

unsplash.com

Teknik Kimia adalah ilmu yang mempelajari pengolahan suatu bahan dari bahan mentah menjadi produk jadi atau setengah jadi dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan masyarakat, ekonomi dll. Atau secara mudahnya teknik kimia itu yang merancang suatu proses di industri. Misalnya adalah mempelajari bagaimana proses pengolahan minyak mentah hingga bisa menjadi bahan bakar yang biasa kita gunakan sehari-hari. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Teknik Kimia terbagi menjadi dua program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Teknik Kimia

Lulusan Politeknik Negeri Malang di bidang Teknik Kimia dapat menjadi pemimpin dalam berbagai bidang dan pekerjaan. Alumni jurusan ini sudah banyak yang merintis karir menjadi penemu dan pengusaha, guru, peneliti, dan eksekutif. Namun, lebih banyak lagi yang merintis kari di industri kimia dan energi, dalam bioteknologi, farmasi, fabrikasi perangkat elektronik dan bahan, dan dalam rekayasa lingkungan.

Program Diploma IV Teknologi Kimia Indsutri

Teknologi Kimia Industri menyelenggarakan pendidikan Sarjana Terapan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengoperasikan dan melakukan perawatan peralatan industri kimia serta mampu bersaing dalam menghadapi dunia kerja, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan. Teknologi Kimia Industri umumnya mempelajari tentang masalah dan kegiatan yang berkaitan dengan produksi sebuah barang yang memiliki nilai guna ekonomis, dengan langkah-langkah yang melibatkan peristiwa kimiawi maupun fisis.

5. Akuntansi

unsplash.com

Jurusan Akuntansi secara sederhana dapat diartikan belajar cara memelihara keuangan. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akuntan dengan mengajar mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Akuntansi adalah sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Akuntansi terbagi menjadi tiga program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Akuntansi

Program studi Akutansi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang Akutansi. Di mana memiliki kopetensi melaksanakan dan mengelola bidang Akutansi Manajemen, Akutansi Biaya, Pengendalian Internal, Keuangan, dan Perpajakan yang berkarakter tecnopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi. Lulusan program studi ini telah berhasil terserap didunia usaha dan industri. Diantaranya perusahaan perbankan, BUMN, pemerintah daerah, pertambangan, perusahaan, manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa, pegawai negeri sipil, dan wirausaha.

Program Diploma IV Akuntansi Manajemen

Program D-IV Akutansi Manajemen dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan di bidang Akutansi Manajemen, Akutansi Biaya, Pengendalian Internal, Keuangan, dan perjakan yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi. Lulusan program studi D-IV Akutansi Manajemen telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri. Diantaranya perbankan, BUMN, pemerintah daerah, pertambangan, perusahaan manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa, pegawai negeri sipil/militer, dan wirausaha.

Program Diploma IV Keuangan

Program Studi D-IV Keuangan didirikan untuk mewujudkan tenaga berkualifikasi Sarjana Sains Terapan di bidang keuangan yang memiliki integritas, etika profesi, karakter technopreneur dan kompetensi bidang keuangan sehingga mampu bersaing secara global. Lulusan program ini diharapkan dapat membuat analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan berbagai entitas, dan memberikan solusi alternatif untuk berbagai masalah keuangan. Serta dapat memberikan nasihat keuangan yang mendukung klien dan kolega dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

6. Administrasi Negara

unsplash.com

Jurusan Administrasi Negara mempelajari seluk beluk pemerintahan, masyarakat, dan kebijakan publik. Jurusan ini juga mempelajari tentang bagaimana memberikan publik yang prima kepada masyarakat. Singkatnya, di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan hingga pengimplementasian dan evaluasinya, dan pelayanan masyarakat, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan birokratis. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Administrasi Negara terbagi menjadi tiga program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Bahasa Inggris

Program Diploma III Bahasa Inggris memiliki relevansi yang tinggi dengan kebutuhan masyarakat sejalan dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan industri di era globalisasi. Program ini menyelenggarakan proses pendidikan profesional di bidang bahasa Inggris terapan yang berkualitas dan berakuntabilitas. Sehingag dapat menghasilkan lulusan dengan kualifikasi Ahli Madya Bahasa Inggris yang memiliki penguasaan Bahasa Inggris. Baik untuk tujuan umum (general English) dan terlebih lagi tujuan-tujuan aplikatif yang dibutuhkan oleh masyarakat dan negara ini dalam rangka berkompetisi di dunia yang semakin global.

Program Diploma III Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis akan memfokuskan mahasiswanya berlajar mengenai marketing atau pemasaran. Marketing memang tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis. Beberapa mata kuliah terkait dengan bidang marketing yang akan kamu pelajari antara lain Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran), International Marketing (Pemasaran Internasional), Community Marketing hingga Sales Management (Manajemen Penjualan). Semua itu tentunya penting banget di dunia bisnis karena sangat bersinggungan dengan berbagai macam sektor.

Program Diploma IV Manajemen Pemasaran

Program D-IV Manajemen Pemasaran dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarajana Sains Terapan bidang manajemen pemasaran. Di mana manajemen pemasaran ini meliputi bidang perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasi program pemasaran yang berbasis teknologi yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi. Lulusan Manajemen Pemasaran telah berhasil terserap di dunia usaha dan industry. Diantaranya perusahaan perbankan, perkantoran, perhotelan, pariwisata, perusahaan manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa, pegawai negeri sipil, dan berwirusaha.

7. Teknologi Informasi

unsplash.com

Jurusan Teknologi Informasi akan mempelajari ilmu komputer dan pemrograman. Namun bedanya, di jurusan ini kamu akan turut di bekali dengan ilmu Manajemen Bisnis, dan dasar-dasar pemahaman Teknik Elektro. Mahasiswa Teknologi Informasi dituntut untuk memahami perkembangan teknologi informasi dan kaitannya dengan nilai-nilai sosial, ekonomi, dan politik di masyarakat. Di Politeknik Negeri Malang, Jurusan Teknologi Informasi terbagi menjadi dua program studi lagi antara lain:

Program Diploma III Manajemen Informatika

Di Politeknik Negeri Malang, Program Diploma III Manajemen Informatika
terbagi menjadi tiga konsentrasi yakni:

  • Konsentrasi Sistem Informasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang sistem informasi. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan basis data, proses bisnis, dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.
  • Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang teknik komputer dan jaringan. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem jaringan dan perangkat pendukungnya, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.
  • Konsentrasi Multimedia dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang multimedia. Di mana tenaga ahli madya tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan perangkat lunak berupa pengolahan teks, audio, video, image, animasi perangkat mobile, desktop, dan jaringan, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Program Diploma IV Teknik Informatika

Program Diploma IV Teknik Informatika dengan konsesntrasi Sistem Informasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan bidang sistem informasi. Di mana Sarjana Sains Terapan tersebut memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan basis data, proses bisnis, dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Itulah 7 jurusan serta program studi di Politeknik Negeri Malang yang bisa Mamikos share kepada kalian. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu memilih program studi sesuai minat kamu ya. Untuk mendapatkan informasi lainnya, kamu bisa kunjungi situs Mamikos dan temukan informasinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: