Jurusan Sepi Peminat di Institut Teknologi Bandung dengan Prospek Kerja Bagus

Posted on Posted in Kampus, Mahasiswa Baru, Seputar Mahasiswa

Jurusan sepi peminat di Institut Teknologi Bandung – Kuliah merupakan salah satu proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah. Oleh sebab itulah mengapa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi begitu penting. Banyak yang percaya bahwa semakin tinggi pendidikan maka semakin luas pula kesempatan karir kamu di masa mendatang. Apabila kamu hanya berhenti di bangku SMA saja, maka peluang kerjamu pun dipercaya akan cukup terbatas.

Nah, untuk kalian yang baru saja lulus di bangku SMA dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan, perlu kalian ketahui bahwa nantinya kalian perlu mempertimbangkan beberapa hal demi pendidikan kalian di jenjang perkuliahan ini. Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Pertama, kalian harus mempertimbangkan kualitas dari perguruan tinggi yang kalian pilih. Tak harus selalu terpaku pada perguruan tinggi negeri (PTN) saja, karena sejauh ini banyak pula perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki kualitas baik. Setelah menentukan perguruan tinggi tujuan kamu, nantinya kamu juga harus mempertimbangkan persoalan jurusan yang akan kamu pilih. Mengapa demikian? Karena jika kamu salah memilih jurusan, maka masa depan kamu pun akan menjadi taruhannya.

Dalam memilih jurusan sebenarnya tak harus terpaku pada jurusan-jurusan favorit saja. Karena masih banyak pula jurusan-jurusan sepi peminat yang cukup menjanjikan untuk prospek karir masa depan, karena kalian akan dicari oleh sederetan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja DKI Jakarta yang membutuhkan lulusan dari jurusan kalian. Untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), kalian beruntung karena kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait jurusan sepi peminat di Intitut Teknologi Bandung dengan prospek kerja bagus.

Jurusan Sepi Peminat di Institut Teknologi Bandung
Jurusan Sepi Peminat di Institut Teknologi Bandung

Jurusan Sepi Peminat di Institut Teknologi Bandung

Siapa sih yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini? Nama Institut Teknologi Bandung atau yang biasa lebih akrab disapa ITB memang sangat populer di tanah air. Berdiri sejak tahun 1959, Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah teknik pertama yang ada di Indonesia. Dan sebagai informasi tambahan, Institut Teknologi Bandung hingga saat ini menduduki peringkat kedua sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) favorit dan terbaik di Indonesia. Tak heran Institut Teknologi Bandung ini dijuluki sebagai institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknik dan sains. Dan perlu diketahui pula, lulusan-lulusan ITB ini selalu menjadi incaran perusahaan yang membuka lowongan kerja Bandung.

Berada di kota Bandung, Jawa Barat, Institut Teknologi Bandung berada dekat dengan kost Bandung murah dan sewa apartemen di Bandung sehingga para perantau yang ingin mengenyam pendidikan disini pun tak akan kesulitan menacari hunian yang berada dekat dengan kampus mereka. Hingga saat ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN). Hingga tahun 2018 ini dari seluruh program pergutuan tinggi dan fakultas teknik di Indonesia, sebelas program studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki akreditasi ABET. Dengan diraihnya akreditasi ABET merupakan jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk memilih institusi pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional.

Perlu kamu ketahui, saat kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di Institut Teknologi Bandung maka kamu tak akan langsung memilih jurusan melainkan kalian harus memilih fakultas yang kalian ingini. Nantinya, setelah kalian dinyatakan lolos menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung dan menjalani perkuliahan selama setahun barulah kalian diharuskan untuk memilih jurusan. Nah, sama seperti perguruan tinggi lainnya tentu saja Institut Teknologi Bandung memiliki fakultas favorit dan fakultas yang sepi peminatnya. Kali ini Mamikos akan berikan daftar fakutas sepi peminat di Institut Teknologi Bandung dengan prospek kerja bagus untuk kalian!

No.

Fakultas

Jurusan Yang Dicakup

Prospek Kerja

1 Fakultas Teknologi Industri • Teknik Kimia (TK) – S1, S2, dan S3
• Teknik Fisika (TF) – S1, S2, S2, S3
• Teknik Industri (TI) – S1, S2, dan S3
• Manajemen Rekayasa Industri (MRI) – S1
1. Bidang Sistem Informasi
Meskipun bukan lulusan Teknik Informasi, tapi prospek kerja Teknik Industri juga terbuka di bidang ini. Hampir semua industri dan perusahaan butuh divisi yang secara khusus mengolah Sistem Informasi. Mulai dari perusahaan manufaktur sampai startup memberikan prospek kerja Teknik Industri yangcukup menjanjikan.2. Manajemen Sumber Daya Manusia
Jika biasanya hal yang berhubungan dengan SDM divisi HRD (Human Resource Department) identik dengan lulusan Psikologi atau ilmu sosial lainnya, kamu perlu tahu juga ada prospek kerja Teknik Industri di bidang ini. Seperti yang sudah saya infokan di awal, jurusan TI yang setengah belajar teknik dan setengah belajar manajemen ini justru menjadi keuntungan di dunia kerja.3. Bidang Perbankan
Prospek kerja Teknik Industri di bidang keuangan atau perbankan juga menjadi lebih besar karena beberapa ilmu dasar yang sudah dipelajari sejak kuliah seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, ekonomi, akuntansi biaya, dan psikologi industri. Ilmu-ilmu ini diperlukan dalam rangka melakukan perancangan sistem integral.

4. Quality Management
Prospek kerja Teknik Industri di bidang Quality Management juga cukup terbuka karena masih berhubungan dengan memastikan proses industri yang berjalan optimal dan sumber days manusia yang bisa menggunakan peranakan tersebut untuk memaksimalkan hasil produksi.

5. Health and Safety Environment Engineer
Prospek kerja Teknik Industri di lapangan juga cukup terbuka, salah satunya untuk posisi Health Safety Environment Engineer. Posisi ini bertanggung jawab atas keputusan yang diambil perusahaan terkait aturan dan keselamatan kerja karyawannya.

6. Purchasing, Marketing, dan Sales Engineer
Selain dari divisi yang secara khusus membutuhkan lulusan TI, prospek kerja Teknik Industri juga terbuka di divisi dan bidang lainnya. Latar belakang lulusan TI yang berbekal berbagai ilmu membuka prospek kerja Teknik Industri di divisi seperti Marketing, Purchasing, dan Sales.

7. Proses produksi / manufaktur
Prospek kerja Teknik Industri pada bidang ini akan selalu berhubungan dengan pengendalian, optimalisasi, dan pemelihaaraan, dan perbaikan agar proses produksi atau manufaktur ini bisa berjalan atas keselarasan antara manusia dan alat atau sistem yang digunakan. Posisi seperti Head of Production atau Production Analyst adalah dua prospek kerja Teknik Industri di bidang manufaktur/produksi.

2 Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (Sappk) • Arsitektur (AR) – S1, S2, dan S3
• Perencanaan Wilayah dan Kota (PL) – S1, S2, S3
• Program Magister Studi Pembangunan – S2
• Program Magister & Doktor Transportasi – S2, S3
• Program Magister Studi Pertahanan – S2
• Program Magister Rancang Kota – S2
• Program Magister Perencanaan Kepariwisataan – S2
1. Perusahaan Kontraktor
Arsitek dapat menjadi perancang bangunan sesuai permintaan klien. Tugas atau peran arsitek pada perusahaan kontraktor dan dengan berbagai tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan arsitektur seperti pembelian lapangan lahan dan pemasaran serta pembuatan kontrak.2. Pegawai Negeri Sipil Arsitektur
Lulusan arsitektur dapat bekerja di pemerintahan seperti kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota untuk mengatur tata wilayah kota yang ada.3. Developer Arsitektur
Pengembang perusahaan perumahan dan menjadi perancang bangunan yang akand didirikan pengembang dalam pengawasan lahan proses pembangunan rancangan bangunan yang ada.

4. Dosen Arsitektur
Saat ini perkembangan dunia arsitektur masih sangat luas sehingga peluang untuk menjadi pengajar arsitek dalam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta masih sangat dibutuhkan. Selain itu seorang lulusan jurusan ini juga nantinya dapat mengajar di sekolah-sekolah terutama sekolah yang membahas tentang perancangan bangunan.

3 Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati • Biologi (BI) – S1, S2, dan S3
• Mikrobiologi (BM) – S1
• Rekayasa Hayati (BE) – S1
• Rekayasa Pertanian (BA) – S1
• Rekayasa Kehutanan (BW) – S1
• Biomanajemen – S2
• Bioteknologi – S2
1. Teknisi Proses Biofuel
Profesi yang satu ini akan menjadikan kamu sebagai ahli biofuel menghitung, mengukur, memuat, mencampurkan, dan mengolah bahan baku dengan bahan tambahan dalam fermentasi. Tak hanya itu saja, sebagai teknisi proses biofel kamu juga melakukan pemantauan proses produksi, menjalankan proses produksi, melakukan pencatatan, serta memelihara, memperbaiki dan mengawasi.2. Peneliti Sains
Kalau kamu teliti, suka eksperimen, dan suka dengan hal-hal prosedural, kamu bisa jadi peneliti sains. Di Indonesia, ada banyak lembaga yang membutuhkan peneliti, seperti LIPI, Eijkman Institute, dinas-dinas pertanian dan kehutanan, serta perguruan tinggi. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, berbagai perusahaan termasuk perusahaan-perusahaan produsen consumer goods di bagian Research & Development, bahkan kepolisian untuk menguji DNA serta barang-barang bukti lainnya.3. Dosen atau Akademisi
Mengabdi menjadi dosen di perguruan tinggi adalah karir yang cukup bagus bagi sebagian lulusan biologi. Di tanah air sendiri sudah banyak sekali lulusan dari jurusan biologi, oleh karena itu tak ada salahnya kamu mencoba berkarir sebagai dosen. Namun, kamu juga bisa menjadi dosen di bidang ilmu lainnya juga seperti pertanian, kehutanan, dan lainnya.

4. Wirausaha
Kamu juga bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapatkan di jenjang perkuliahan untuk menjadi seorang wirausaha. Ada banyak bidang bisnis yang bisa kamu tekuni seperti membuka budidaya anggrek dan jamur, menawarkan jasa pelatihan untuk tanaman, membuat formula tertentu untuk keperluan pertanian dan peternakan, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Konsultan
Pada umumnya karir konsultan di bidang biologi sifatnya freelance. Contoh profesi yang berkaitan dengan biologi di bidang konsultan yakni sebagai konsultan lingkungan dan konservasi, konsultan perusahaan yang berkaitan dengan R&D (Research and Development), konsultan rancangan serta data penelitian, dan lain sebagainya

4 Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Teknik Sipil (SI) – S1, S2, dan S3
Teknik Lingkungan (TL) – S1, S2, dan S3
Teknik Kelautan (KL) – S1 dan S2
Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (IL) – S1
Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (SA) – S1
Program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya – S2
Program Magister Pengelolaan Sumber Daya Air – S2
Program Magister Pengelolaan Infrastruktur Air dan Sanitasi – S2
1. Surveyor pengendalian bangunan
Surveyor pengendali bangunan ini tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau tidak memenuhinya, kamu sebagai surveyor pengendali bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi sang klien.2. Konsultan konstruksi bangunan
Kalau prospek kerja Teknik Sipil sebelumnya bicara mengenai surveyor untuk bangunan, prospek kerja Teknik Sipil satu ini lebih berfokus pada peranmu sebagai Project Manager. Pekerjaanmu bisa meliputi bangunan, pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, sampai pembangunan jalan raya. Nah, tugasmu adalah memanajemen dan mengawasi konstruksi yang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi risiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.3. Kontraktor insinyur sipil
Prospek kerja Teknik Sipil ini erat kaitannya dengan prospek sebelumnya, yaitu konsultan konstruksi bangunan. Kontraktor insinyur sipil akan mengubah rencana yang sudah dibuat oleh sang konsultan, menjadi kenyataan. Mereka yang akan melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan, dan bagaimana menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

4. Insinyur situs pembangunan
Kamu akan bertugas untuk menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait yang terlihat di atas, maupun di bawah tanah jika tertarik dengan profesi yang satu ini. Kamu juga akan membuat dan nantinya mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan di situ.

5. Insinyur structural
Insinyur struktural ini merupakan prospek kerja Teknik Sipil yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif, untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah.

6. Insinyur air
Sesuai namanya, prospek kerja Teknik Sipil ini cocok buat kamu yang senang dengan tantangan terkait pemecahan masalah global warming, infrastuktur yang menua, serta perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait perairan.

7. Manajer konstruksi
Buat kamu yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, prospek kerja Teknik Sipil sebagai manajer konstruksi patut kamu pertimbangkan. Sebagai manajer, tentunya tanggung jawabmu akan lebih besar, dan lebih banyak hal pula yang akan dituntut dari kamu.

5 Fakultas Senirupa dan Desain • Seni Rupa (SR) – S1
• Kriya (KR) – S1
• Desain Komunikasi Visual (DKV) – S1
• Desain Interior (DI) – S1
• Desain Produk (DP) – S1
• Program Magister Seni Rupa – S2
• Program Magister Desain – S2
• Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain – S3
1. Ilustrator
Sekarang, hampir semua perusahaan membutuhkan seorang illustrator, apalagi belakangan kekuatan visual menjadi daya tarik utama sebuah produk. Ilustrator ini biasanya bertugas menciptakan gambar yang dibutuhkan sebuah perusahaan untuk keperluan iklan atau pendukung produk perusahaan.2. Perancang Grafis
Seorang perancang grafis umumnya bertugas untuk menciptakan tipografi, fotografi, grafis motion, atau ilustrasi juga sangat dibutuhkan semua kantor. Apalagi, untuk kepentingan iklan. Desainer grafis atau perancang grafis ini juga bertugas mempercantik tampilan apa pun, mau itu web, brosur, bahkan flayer.3. Desainer Interior
Saat ini, pembangunan rumah dan perkantoran makin gencar. Orang berlomba-lomba untuk membuat desain seunik mungkin. Inilah saatnya anak seni rupa mendapat angin segar. Para desain grafis pun semakin dibutuhkan jasanya oleh perusahaan-perusahaan kontraktor untuk mengurusi soal desain interior. Tak hanya dari jurusan arsitek, desainer interior juga banyak yang berlatar belakang dari jurusan seni rupa.

4. Kurator
Belakangan, kebutuhan orang akan seni semakin banyak. Pertunjukan pun banyak digelar oleh para seniman. Setiap pertunjukan seni, secara khusus seni rupa, butuh kurator. Tak hanya itu, inventarisasi seni juga butuh kurator. Kurator adalah pengurus atau pengawas institusi warisan seni atau budaya, seperti museum dan galeri. Tugas kurator adalah memiolih dan bertugas untuk memilih dan mengurus objek museum atau karya seni yang dipamerkan.

5. Dosen, Guru, atau Akademisi
Kalau kamu kuliah di jurusan seni rupa dan passion-mu adalah mengajar, kamu bia mencoba peruntungan menjadi dosen, guru, atau pengajar di sekolah non-formal. Saat ini jumlah orang yang serius menekuni bidang seni rupa memang tergolong sedikit, apalagi untuk mengajar. Ini bisa jadi kesempatan emas buat anak jurusan seni rupa menjadi pengajar di sekolah-sekolah, baik dalam maupun luar negeri.

Jadi, dari fakultas-fakultas sepi peminat yang sudah Mamikos terangkan diatas, yang mana kira-kira akan menjadi pilihan kamu? Jangan lupa untuk memantapkan diri sebelum memilih salah satu dari fakultas-fakultas yang ditawarkan ya. Untuk informasi lebih banyak lagi mengenai Institut Teknologi Bandung, kamu bisa gali informasinya hanya di situs Mamikos. Dan ingat download aplikasi Mamikos di Play Store untuk mendapatkan informasi ter-updatenya ya!

Baca juga :  Jurusan di Universitas Sumatera Utara dan Akreditasinya
Baca juga :  Jurusan di UM dan Akreditasinya Terbaru

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia