Jurusan Sosiologi, Materi Kuliah, Gelar dan Prospek Kerja




Jurusan Sosiologi, Materi Kuliah, Gelar dan Prospek Kerja – Pada saat berada di bangku sekolah, tentunya kamu sudah sering mendengar mengenai ucapan dan teori bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, hal ini berarti bahwa kamu akan selalu hidup berdampingan dan saling membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kamu tertarik untuk mempelajari hal ini secara lebih mendalam dan memahami permasalahan sosial yang banyak terjadi di tengah masyarakat, maka jurusan Sosiologi cocok untuk kamu pilih. Tentunya agar kamu lebih yakin dengan jurusan satu ini, perlu untuk memahami kira-kira apa saja nantinya materi yang akan dipelajari serta prospek kerja yang dimiliki oleh para lulusannya.

Mengenal Apa Itu Jurusan Sosiologi

pexels.com/@kelly-l-1179532

Pada dasarnya, mahasiswa dari jurusan Sosiologi akan mempelajari mengenai interaksi masyarakat serta pengaruh yang dimilikinya terhadap struktur sosial yang ada. Kamu akan diajak untuk memahami dan mencari apa sebenarnya yang menjadi penyebab atas adanya perubahan situasi di tengah masyarakat serta solusi apa yang tepat untuk mengatasinya. Sosiologi memiliki cakupan yang cukup luas sehingga nantinya akan dibagi ke dalam beberapa sub program studi sesuai dengan minat. Misalnya seperti Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Industri, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dalam jurusan Sosiologi, kamu akan diajak untuk mencari tahu mengenai gejala perilaku sosial yang terjadi antar individu, kelompok, maupun juga antar individu dengan kelompok. Untuk bisa melakukan survei sosial dengan lebih mendalam dan baik kamu akan mendapatkan materi mengenai survei dengan menggunakan kuesioner maupun statistik. Selain itu, akan terdapat pembahasan mengenai metode analisis yang digunakan untuk mengolah hasil survei yang ada. Melalui survei ini, kamu akan mendapatkan data dari kelompok yang dipelajari dengan lebih mendalam dan akurat.




Ada begitu banyak aspek yang menjadi fokus dari jurusan Sosiologi ini serta interaksi yang terjadi antar setiap manusia. Kamu akan mempelajari mengenai objek pembelajaran yang berguna untuk memahami apa saja fenomena masyarakat yang ada. Misalnya seperti dari sisi kelas sosial, ras, maupun juga budaya apa yang tertanam dalam masyarakat tersebut. Bahkan, Sosiologi juga akan membuat kamu memahami dari berbagai topik seperti pengembangan institusi dan juga interpretasi dari adanya sikap kebudayaan.

Ilmu yang dipelajari di dalam jurusan Sosiologi ini tidak berdiri sendiri, melainkan juga masih memiliki keterkaitan dengan rumpun ilmu yang lainnya. Beberapa diantaranya seperti sejarah, psikologi, antropologi, dan masih banyak lagi. Bahkan, kamu juga akan diajak untuk memahami topik yang mudah kamu temui dalam kehidupan sehari-hari seperti gender serta perilaku masyarakat. Kamu dapat pula mengkaji bagaimana kebijakan sosial yang berjalan serta keterkaitannya dengan masyarakat yang ada.

Alasan Mengapa Penting untuk Memilih Jurusan Sosiologi

Apakah kamu memiliki begitu banyak pertanyaan yang berkaitan dengan sikap manusia dan hubungannya dengan tatanan masyarakat? Apakah kejadian dan permasalahan sosial yang kamu temui sehari-hari membuatmu ingin membongkarnya agar bisa memahami secara lebih mendalam? Jika jawabanmu iya, maka pilihan untuk masuk jurusan Sosiologi bisa menjadi sebuah hal yang tepat untuk dilakukan. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang senang mempelajari segala hal tentang interaksi manusia di tengah masyarakat.




Ada banyak alasan mengapa memilih jurusan Sosiologi bisa dijadikan sebagai sebuah pertimbangan untuk menjalankan kuliah nanti. Selain karena kamu memiliki minat dalam bidang ini, perlu juga untuk mempertimbangkan prospek kerja yang dimiliki kedepannya. Para lulusan dari jurusan ini tidak perlu untuk takut maupun memiliki kekhawatiran terhadap sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sosiologi masih memiliki hubungan yang cukup erat dengan ilmu lainnya, seperti hukum, filsafat, maupun juga sastra sehingga kesempatan kerja terbuka dengan cukup lebar.

Salah satu alasan lain mengapa penting untuk kamu mengambil jurusan Sosiologi yaitu berkaitan dengan keahlian yang didapatkan selama masa perkuliahan. Kamu akan dilatih untuk bisa memahami fenomena sosial yang terjadi di sekitar dan bagaimana cara menganalisisnya dengan objektif. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa menjadi seorang pekerja sosial dengan lebih baik. Di sisi lain, materi tersebut juga akan membantu kamu untuk lebih mudah dalam beradaptasi karena kamu akan banyak bertemu dengan orang ketika menjalankan penelitian.

Masuk ke dalam jurusan Sosiologi akan membantu kamu menjadi lebih kritis dalam mengkaji berbagai fenomena sosial serta membuat wawasan menjadi tambah luas. Bahkan, kamu juga bisa bergabung dengan organisasi nirlaba yang memiliki fokus terhadap pembangunan dan pengembangan masyarakat. Bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk bekerja di perusahaan tidak perlu khawatir. Segala kemampuan yang dipelajari dalam jurusan ini akan membantu kamu dengan mudah masuk ke dalamnya sebagai divisi corporate social responsibility.

Dunia Perkuliahan dan Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

Pada dasarnya, selama berada dalam jurusan Sosiologi, kamu akan mempelajari serta melakukan analisis terhadap permasalahan sosial yang terjadi di sekitar. Kamu nantinya akan banyak mendapatkan materi mengenai bagaimana cara untuk mengkaji permasalahan tersebut dari perspektif Sosiologi. Misalnya yaitu berkaitan dengan sistem sosial, proses dinamika sosial, institusi sosial, dan lain sebagainya yang masih seragam. Para lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Ilmu Sosial atau dikenal dengan S.Sos.

Tidak hanya belajar di kelas saja, tetapi kamu nantinya juga akan diajak untuk turun langsung ke lapangan melakukan penelitian. Kamu akan belajar bagaimana cara untuk melakukan observasi serta analisis terhadap fenomena sosial yang ada di sekitar. Maka dari itu, tidak jarang pula banyak dari lulusan jurusan Sosiologi yang aktif dalam melakukan advokasi sosial. Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, kamu juga bisa untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya yaitu pascasarjana.

Berikut ini merupakan daftar dari beberapa mata kuliah yang biasa diajarkan dalam jurusan Sosiologi diantaranya:




  1. Pengantar Sosiologi
  2. Statistik
  3. Penulisan Ilmiah
  4. Stratifikasi Sosial
  5. Sosiologi Korupsi
  6. Sosiologi Pendidikan
  7. Sosiologi Agama
  8. Sosiologi Keluarga
  9. Sosiologi Politik
  10. Sosiologi Budaya
  11. Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan
  12. Masalah Sosial
  13. Tipologi Sosial
  14. Kesejahteraan Sosial
  15. Analisa Sosial
  16. Analisa Demografi
  17. Analisa Geografis dan Spasial
  18. Teori Sosiologi Modern
  19. Teori Sosial Klasik
  20. Teori Sosial Modern
  21. Psikologi Sosial
  22. Sosiologi Ekonomi
  23. Sosiologi Gender
  24. Sosiologi Hukum
  25. Sosiologi Industri
  26. Sosiologi Kesehatan
  27. Sosiologi Kependudukan
  28. Sosiologi Komunikasi
  29. Sosiologi Organisasi
  30. Sosiologi Pedesaan
  31. Sosiologi Perkotaan
  32. Ekologi Kota
  33. Pranata Sosial
  34. Perilaku Menyimpang
  35. Masalah Penduduk Usia Lanjut atau Lansia

Prospek Kerja Sarjana Lulusan Jurusan Sosiologi

Pada dasarnya, ilmu yang kamu dapatkan selama berada di jurusan Sosiologi sifatnya lebih mengarah ke aplikatif. Artinya, kamu bisa bekerja dalam banyak bidang sesuai dengan minat yang kamu miliki secara mendalam. Kamu bisa memilih untuk aktif dalam menjalankan program pengembangan serta pemberdayaan masyarakat atau terjun dalam dunia pendidikan. Berkaitan dengan gaji, biasanya angka yang didapatkan tergantung pada pengalaman, tempat bekerja, serta kemampuan yang dimiliki.

Berikut ini merupakan beberapa peluang pekerjaan bagi lulusan jurusan Sosiologi diantaranya:




  1. Blogger
  2. Peneliti Survei
  3. Market Research Analyst
  4. Pekerja Sosial
  5. Sosiolog
  6. Dosen
  7. Juru Arsip
  8. Teknisi Museum dan Konservator
  9. Pemandu Wisata
  10. Jurnalis
  11. Event Organizer
  12. Aktivis
  13. Penulis
  14. Lembaga Pemerintahan
  15. Public Relation (PR)
  16. Media Planner
  17. Human Resource
  18. Konselor

Setelah mengetahui seluk beluk dari jurusan Sosiologi serta prospek kerja yang dimiliki lulusannya, apakah kamu berminat untuk memilih jurusan satu ini? Kamu bisa menjadi lebih memahami bagaimana interaksi serta permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat dengan lebih mendalam. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan Sosiologi dengan kualitas terbaik. Setelah kamu nanti diterima di jurusan ini dan harus berpindah ke luar kota, kamu bisa mencari hunian kos terdekat dengan kampus melalui aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:




Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta