Pengertian Interaksi Sosial, Ciri, Macam, Faktor dan Contohnya

Posted in: Edukasi

Pengertian Interaksi Sosial, Ciri, Macam, Faktor dan Contohnya -Manusia sebagai makhluk hidup pasti tidak akan bisa lepas dari pengaruh orang lain. Sebagai makhluk sosial tentu saja manusia tidak bisa lepas dari bantuan atau pengaruh orang lain. Dalam hal apapun tidak ada manusia yang bisa hidup seorang diri. Sejak kecil bahkan kita sudah bergantung pada orang lain yakni ibu kita. Dan semakin dewasa kita juga masih bergantung pada orang lain.

Sifat saling bergantung ini menyebabkan manusia perlu menjalin hubungan baik dengan siapa. Sifat saling bergantung ini membuat setiap orang pasti tidak akan sungkan untuk meminta pertolongan ataupun memberikan pertolongan. Interaksi yang terjadi antara manusia dalam sebuah tatanan masyarakat kemudian dikenal dengan istilah interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

unsplash.com

Ketika belajar ilmu sosiologi maka kita pasti akan diajak untuk memahami apa itu interaksi sosial. Interaksi sosial mengandung arti sebuah hubungan timbal balik yang terjadi antar individu dengan individu, individu dengan sebuah kelompok, maupun interaksi antara kelompok dengan kelompok. 

Para ahli juga turut berpartisipasi dalam pengembangan definisi interaksi sosial melalui opini dan riset yang mereka keluarkan. Berikut ini pengertian interaksi sosial menurut para ahli:

Gillin dan Gillin

Pengertian tentang interaksi sosial yang pertama disebutkan oleh Gillin dan Gillin. Menurutnya, interaksi sosial adalah sebuah hubungan sosial yang sangat dinamis dan menyangkut atau berhubungan antara orang perorangan, antara kelompok dengan kelompok, dan antara orang dengan kelompok. 

Interaksi sosial pasti akan terjadi jika terdapat pertemuan minimal antara dua orang. Contohnya, saat dua orang bertemu kemudian saling bertegur sapa, berjabat tangan, berbincang, maka hal-hal tersebut dapat dikatakan sebagai interaksi sosial. 

Berdasarkan hal tersebut interaksi sosial juga dapat dikatakan sebagai kemampuan yang ada di individu untuk melaksanakan hubungan dalam tatanan sosial dengan individu atau kelompok, yang ditandai dengan adanya kontak sosial dan komunikasi.

Walgito

Pendapat ahli selanjutnya yang mengulas mengenai interaksi sosial adalah pendapat dari Walgito. Menurut Walgito, interaksi sosial merupakan sebuah hubungan antara satu individu dengan individu lain, satu individu dapat memberikan pengaruh terhadap individu lainnya ataupun sebaliknya. 

Interaksi tersebut yang kemudian menjadikan adanya hubungan yang timbal hubungan. Hubungan timbal balik tersebut dapat terjadi antar individu, antara individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Basrowi

Pengertian interaksi sosial berikutnya adalah pengertian dari Basrowi. Interaksi sosial menurutnya adalah sebuah hubungan yang dinamis, yang mempertemukan satu orang dengan orang lain, kelompok dengan kelompok lain, atau orang dengan sebuah kelompok. Interaksi sosial ini memiliki bentuk kerja sama akan tetapi dapat juga berbentuk sebagai sebuah tindakan, persaingan, atau bahkan pertikaian.

Partowisastro

Sementara itu, menurut Partowisastro pengertian interaksi sosial adalah sebuah relasi sosial yang memiliki fungsi untuk menjalin berbagai jenis relasi sosial yang sifatnya dinamis. Relasi ini dapat terwujud dalam bentuk antar individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok.

Soekanto

Ahli berikutnya yang juga menjelaskan tentang pengertian dari interaksi sosial adalah Soekanto. Interaksi sosial menurut Soekanto adalah hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antar orang perorangan, antar kelompok dengan kelompok, dan antar perorangan dengan kelompok.

Demikian beberapa pengertian interaksi sosial menurut para ahli. Secara garis besar interaksi sosial diartikan sebagai hubungan yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Selain pengertian seputar interaksi sosial, ada hal lain yang juga harus Anda pahami ketika mempelajari ilmu sosiologi, yaitu seputar ciri-ciri interaksi sosial. Berikut ini adalah ciri-ciri dari interaksi sosial.

  1. Ciri pertama adalah harus ada individu minimal dua atau lebih.
  2. Ada kontak sosial atau komunikasi yang terjadi antara dua individu atau kelompok tersebut.
  3. Terdapat tujuan yang jelas, yang akan dicapai dari interaksi sosial yang terjadi.
  4. Interaksi yang terjadi berdasarkan pada pola sebuah sistem interaksi tertentu yakni dapat terjadi 

Syarat-Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial tidak akan terjadi jika syarat dari interaksi sosial tidak terpenuhi. Melihat dari pengertian interaksi sosial maka semestinya syarat dari interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi antar pelaku interaksi sosial. Berikut penjelasan lengkap mengenai syarat interaksi sosial.

Kontak sosial

Syarat pertama yang harus terpenuhi untuk menjalin interaksi sosial adalah kontak sosial. Menurut Soekanto kontak sosial merupakan sebuah hubungan yang terjadi ketika satu pihak dengan pihak lainnya dimana mereka saling memberikan aksi dan reaksi baik ada sentuhan fisik maupun tidak ada sentuhan fisik.

Kotak sosial diketahui terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis dari kontak sosial:

Kontak sosial primer

Jenis kontak sosial yang pertama adalah kontak sosial primer. Kontak sosial primer diartikan sebagai kontak sosial yang terjadi secara langsung antara manusia dengan manusia lainnya secara bertatap muka.

Kontak sosial sekunder langsung

Jenis kontak sosial yang kedua adalah kontak sosial sekunder langsung. Kontak sosial ini diartikan sebagai kontak sosial yang dilakukan menggunakan perantara akan tetapi berhubungan langsung. Misalnya ketika dua orang sedang telephone atau video call, maka mereka sedang melakukan kontak sosial sekunder langsung.

Kontak sosial sekunder tak langsung

Jenis kontak sosial yang terakhir adalah kontak sosial sekunder tak langsung. Kontak sosial ini diartikan sebagai cara berinteraksi dengan menggunakan perantara dan tidak dilakukan secara langsung. Misalnya, ketika seorang ibu menitipkan pesan kepada anak yang dititipkan melalui nenek.

Komunikasi

Berdasarkan pengertian interaksi sosial, komunikasi juga menjadi hal yang penting dalam membangun interaksi sosial. Komunikasi memberikan gambar tentang hal yang dikomunikasikan atau dibicarakan oleh orang lain.

Macam-Macam Interaksi Sosial

Interaksi sosial juga terbagi menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah macam-macam dari interaksi sosial menurut Gillin dan Gillin:

1. Interaksi antara individu dengan individu.

Jenis interaksi sosial yang pertama adalah interaksi yang terjadi antara individu dengan individu lain. Interaksi ini akan terjadi jika keduanya melakukan kontak sosial dan berkomunikasi. Interaksi yang terjadi dapat berupa tindakan baik maupun kurang baik.

2. Interaksi antara individu dengan sebuah kelompok.

Jenis interaksi yang kedua adalah interaksi individu dengan kelompok. Interaksi ini akan terlihat jika terjadi adanya benturan kepentingan antara individu dengan sebuah kelompok.

3. Interaksi antara kelompok dengan kelompok.

Jenis interaksi yang terakhir adalah interaksi kelompok dengan kelompok. Jenis interaksi ini bersifat ramai-ramai dan bukan berisi kepentingan pribadi semata.

Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Hal penting selanjutnya yang juga biasa dipelajari setelah mengenal pengertian interaksi sosial adalah faktor yang berpengaruh di interaksi sosial. Setidaknya diketahui ada 6 hal yang menjadi faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya interaksi sosial, diantaranya;

  1. Imitasi
  2. Sugesti
  3. Identifikasi
  4. Simpati
  5. Empati
  6. Motivasi

Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah