5 Jurusan yang Akan Trend di Masa Depan Era Revolusi Industri

 Lailla | Jum, 07 Feb 2020

5 Jurusan yang Akan Trend di Masa Depan Era Revolusi Industri – Era Revolusi Industri sudah di depan mata. Apa saja hal yang sudah kamu persiapkan selepas lulus studi di Sekolah Menengah? Jika masih bingung menentukan jurusan kuliah, gunakan referensi jurusan yang akan trend di masa depan. Dengan mengetahui jurusan yang diramalkan trend, kamu menjadi lebih yakin ketika memilih jurusan kuliah. Penasaran apa saja jurusan yang diprediksi akan trend masa depan?

Daftar Jurusan yang Akan Trend di Masa Depan

1. Jurusan Teknik Elektro


Jurusan di kuliah yang identik dengan laki-laki adalah Teknik Elektro. Cakupan jurusan ini tidak hanya perkuliahan tentang listrik saja. Pada Jurusan Teknik Elektro, kamu akan diajari berbagai macam hal tentang robotika. Ada pula materi perkuliahan tentang computation thinking dan Artificial Intelligence (AI). Sangat menyenangkan bisa berkuliah di Jurusan Teknik Elektro, apalagi peluang kariernya sangat luas.

Lulusan Teknik Elektro dapat menjadi system engineer. Tugas system engineer adalah memelihara dan memastikan jika sistem yang berjalan sudah benar-benar baik. Keahliannya juga terdapat di bidang instalasi sistem, baik sistem hardware maupun sistem software, serta perbaikan system. Lulusan Teknik Elektro juga bisa menjadi software developer atau pengembang software. Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika saat ini software semakin dibutuhkan di berbagai device.

Ingin menjadi Robotic Engineer atau teknisi robot? Masuk saja ke Jurusan Teknik Elektro. Selain itu, kamu juga bisa menjadi Network System Specialist. Apa saja tugasnya? Kamu akan bertanggung jawab pada bagian perencanaan, pengkoordinasian, serta pelaksanaan tahapan keamanan jaringan. Tujuannya, untuk melindungi berbagai macam data, software, serta hardware. Kamu juga bisa mendesain serta mengkonfigurasi peralatan lainnya.

2. Jurusan Matematika dan Statistika


Apakah kamu tipe orang yang lebih antusias melihat angka dibandingkan kata-kata?. Bekal tersebut sudah cukup menjadi motivasmu untuk masuk ke Jurusan Matematika dan Statistika. Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan Jurusan Matematika dan Statistika. Menariknya, lulusan jurusan tersebut akan semakin banyak dicari pada masa industri 4.0.

Peluang karier lulusan dari Jurusan Matematika dan Statistika sangat beragam. Saat ini, kebutuhan terhadap Data Analyst handal sangat tinggi, terutama di perusahaan besar. Analis data yang sangat teliti dan cermat, serta pandai membaca peluang pasar bisa diterima perusahaan lebih mudah. Selain itu, lulusan Jurusan Matematika dan Statistika juga bekerja sebagai Big Data Specialist. Jika kamu memang suka berurusan dengan data-data, bidang pekerjaan ini sangat cocok untukmu.

Pernah tertarik menjadi seorang ahli Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan?. Latar belakang pendidikan bidang Matematika dan Statistika memegang dasar penting bagi pekerjaan tersebut. Ada pula peluang karier menjadi Machine Specialist. Setiap hari, kamu akan dihadapkan dengan tantangan yang berhubungan dengan mesin. Jadi, belajarlah sebanyak-banyaknya saat kuliah agar kamu lebih siap ketika terjun ke dunia kerja.

3. Jurusan Sistem Informasi


Lulusan Jurusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan di dunia kerja. Tidak perlu menunggu sampai era revolusi industri 4.0, bisa kita lihat bahwa perusahaan besar pun sudah sering mencari lulusan jurusan tersebut. Dengan berkuliah di Jurusan Sistem Informasi, kamu dapat memilih peminatan Software Engineering dan serta peminatan Business Intelligence. Prospek karier lulusan Jurusan Sistem Informasi pun sangat dibutuhkan perusahaan besar dan kecil.

Apa saja peluang karier lulusannya?. Jika kamu tertarik bekerja di bidang data, menjadi seorang Data Scientist sangat cocok. Profesi ini sekaligus menjadi pekerjaan hits yang dicari milenial. Selain karena gajinya yang besar, tugas yang diemban pun berpengaruh pada kemajuan perusahaan. Seorang Data Scientist bertugas menganalisis data perusahaan serta bertanggungjawab terhadap kualitas data perusahaan.

Karier lulusan Jurusan Sistem Informasi juga bisa di bidang UI atau UX designer. Dengan kemampuan tersebut, tidak menutup kemungkinan kamu dapat bekerja jarak jauh atau bekerja freelance. Tidak ada salahnya juga mencoba peluang sebagai Android atau IOS Developer. Saat ini, penggunaan aplikasi di ponsel sangat tinggi. Tingkatkan pengetahuanmu tidak hanya dengan belajar di kuliah saja, tetapi juga sambil mengikuti kursus.

4. Jurusan Bisnis


Berkuliah di jurusan yang berkaitan dengan ekonomi, seperti Jurusan Bisnis akan membuka banyak peluang karier. Saat ini, pertumbuhan bisnis startup semakin tinggi. Bahkan, generasi muda berlomba-lomba membuat bisnis startup untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peminat Jurusan Bisnis sangat besar, terutama di kampus dan PTN favorit. Di era revolusi industri 4.0 nanti, lulusan Jurusan Bisnis akan semakin banyak dibutuhkan.

Setelah lulus kuliah dari Jurusan Bisnis, lulusannya bisa bekerja dimana?. Barangkali pertanyaan tersebut akan muncul. Kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang manajemen. Berbekal pengetahuan yang didapatkan ketika kuliah, pekerjaan pun akan terasa lebih mudah.

Karier selanjutnya adalah menjadi pekerja di bidang digital business atau bisnis digital. Perkembangan teknologi telah mendorong usaha-usaha di Indonesia untuk memperluas pasar di dunia maya. Kembangkan pengetahuanmu tentang bisnis digital agar kamu bisa memahami seluk beluk bisnis tersebut. Tidak menutup kemungkinan jika kamu juga bisa terjun di dunia manajemen bisnis internasional.

5. Jurusan Komunikasi


Mahasiswa yang berminat kuliah di Jurusan Komunikasi semakin tahun semakin meningkat. Tentu dengan kuliah di komunikasi, kamu tidak hanya akan diajarkan cara berbicara saja. Lebih jauh lagi, perkuliahan fokus pada teknik pemasaran suatu brand. Saat ini, metode pemasaran diperluas melalui internet agar konsumen dapat dijangkau lebih banyak dan semakin cepat.

Peluang karier lulusan Jurusan Komunikasi terbuka lebar di perusahaan besar dan perusahaan kecil. Bahkan, kamu pun bisa membuka kantor sendiri dan menjadi pemiliknya. Jika menyukai dunia tulis-menulis, terjunlah menjadi seorang copywriter. Kemampuan parafrase sangat dibutuhkan agar bisa menjadi copywriter sukses.

Peluang kerja lulusan Jurusan Komunikasi lainnya adalah content creator. Pembuat konten dituntut kreatif dan menyukai hal-hal baru, serta peka pada kondisi sekitar. Selain itu, kamu juga bisa menjadi SEO Specialist sekaligus. Akrabkan dirimu pada dunia marketing digital agar bekerja di bidang tersebut tidak membuat semakin tertekan.

Senang berselancar di sosial media? Coba saja menjadi seorang Spesiali Sosial Media. Akan sangat menyenangkan bisa mencari tahu hal-hal tentang sosial media demi kepentingan perusahaan. Lebih jauh lagi, kamu bisa bekerja sebagai Marketing Eksekutif. Sangat menarik, bukan?

Tips Memilih Jurusan yang Akan Trend di Masa Depan


Setelah membaca penjabaran di atas, saatnya kamu menentukan jurusan yang akan diambil dan cita-citamu. Jangan sampai kamu hanya menggunakan motivasi gaji setelah bekerja saja. Perkuliahan selama minimal 3 tahun tidak akan menyenangkan jika kamu tidak menikmatinya. Selain itu, peluang karier yang dibutuhkan perusahaan juga sangat mungkin berubah. Pilihlah jurusan yang sesuai passion. Jika tertarik bekerja di bidang lain, kamu masih bisa mengambil kursus atau kuliah tambahan. Jangan lupa, pilih kampus terbaik karena terkadang reputasi kampus menjadi syarat perusahaan ketika menerima pelamar.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: