Kamu Maba? Ini 7 Perbedaan Serta Persamaan Antara SMA Dan Kuliah

 Posted on Kamis, Juli 4th, 2019  Posted in Seputar Mahasiswa  Mamikos

Kamu Maba? Ini 7 Perbedaan Serta Persamaan Antara SMA Dan Kuliah – Bagi kamu yang akan memasukin jenjang pendidikan di perguruan tinggi tentunya mulai merasa kehidupan SMA dan Kuliah nantinya pastinya berbeda. Kehidupan SMA dan kuliah memang jauh berbeda. Jika di SMA masih banyak aturan yang dipatuhi, maka zaman kuliah hidupnya sudah jauh lebih bebas. Tak ada aturan harus menggunakan seragam, hingga bebas pulang malam.

Kamu Maba? Ini 7 Perbedaan Serta Persamaan Antara SMA Dan Kuliah Yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan SMA dan Kuliah:

1. Perbedaan SMA dan Kuliah: Waktu liburan

Perbedaan SMA dan Kuliah yang pertama adalah waktu liburan. Saat SMA, bila ada waktu liburan yang panjang, pasti kamu sempat untuk pergi ke rumah nenek untuk benar-benar liburan di sana. Tapi saat kuliah nanti, jika ada libur panjang, jangan harap kamu bisa tenang liburan karena akan banyak sekali tugas kampus, praktikum, penelitian, dan lain sebagainya yang perlu kamu selesaikan.

2. Perbedaan SMA dan Kuliah: Pakaian yang digunakan

Perbedaan SMA dan Kuliah yang kedua adalah perihal pakaian yang dikenakan. Bila saat SMA kamu diwajibkan memakai seragam, maka saat kuliah kamu boleh mengenakan baju bebas asal rapi dan sopan dan tetap bersepatu.

3. Perbedaan SMA dan Kuliah: Buku yang dibawa

Perbedaann saat SMA dan Kuliah lainnya adalah, saat SMA kamu tentunya disibukkan dengan membawa banyak buku pelajaran. Tetapi saat kuliah, biasanya kamu cukup membawa satu buku catatan saja, untuk mencatat semua mata kuliah.

4. Perbedaan SMA dan Kuliah: Tujuan belajar

Bila saat SMA dulu tujuan belajar adalah untuk mendapat nilai bagus agar bisa segera lulus dan menempuh bangku kuliah. Namun saat kuliah, kamu justru ingin memiliki nilai bagus agar tak perlu mengulang mata kuliah dengan mengikuti semester pendek.

5. Perbedaan SMA dan Kuliah: Tempat tinggal sehari-hari

Saat SMA mungkin diantaranya kamu ada yang masih tinggal bersama kedua orangtua dan keluarga di rumah. Namun, saat kuliah kamu harus siap untuk merantau dan tinggal di kost.

6. Perbedaan SMA dan Kuliah: Uang pengeluaran

Perbedaan SMA dan Kuliah lainnya yang perlu kamu ketahui juga adalah uang pengeluaran. Bila saat SMA uang pengeluaranmu biasanya tidak banyak karena kamu masih hidup bersama orangtua, saat Kuliah kamu harus siap berhemat karena uang pengeluaran yang banyak untuk membeli kebutuhan harian di perantauan atau di kost.

7. Perbedaan SMA dan Kuliah: Bolos kelas

Saat SMA biasanya akan ada beberapa siswa yang gemar membolos atau tidak menghadiri mata pelajaran tertentu. Namun saat kuliah nanti, kamu akan berpikir berkali-kali saat akan membolos kelas mata kuliah, sebab bila kamu membolos mata kuliah, yang rugi nantinya kamu sendiri.

Persamaan SMA dan Kuliah:

1. Persamaan SMA dan Kuliah: Adanya Kelas Pagi

Jangan harap saat kuliah kamu bisa leha-leha karena berpikir kamu bisa bangun siang. Sebab ada beberapa kampus yang menerapkan jam kuliah pagi yakni jam 07.00 sama seperti jam mulai sekolah di saat kamu SMA dahulu.

2. Persamaan SMA dan Kuliah: Adanya PR atau Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah atau PR rupanya tidak hanya kamu temukan di bangku SMA, karena di kampus pun nantinya akan ada yang namanya tugas kuliah yang tentunya jauh lebih rumit pengerjaannya dibanding PR saam SMA dahulu.

3. Persamaan SMA dan Kuliah: Kelas yang terlalu ramai

Bila kamu kedapatan memilih mata kuliah favorit, maka kamu akan masuk kelas dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak hampir sama dengan jumlah satu kelas saat di SMA dulu.

4. Persamaan SMA dan Kuliah: Adanya guru atau dosen favorit

Bukan hanya saat SMA saja lho kamu punya guru favorit, sebab saat kuliah pun nantinya kamu akan menemukan yang namanya dosen favorit.

5. Persamaan SMA dan Kuliah: Nongkrong di kantin

Di SMA sering nongkrong di kantin bersama teman-teman selepas pejalaran olahraga atau saat istirahat jam 12 siang? Jangan khawatir, saat kuliah nanti, kamu tetap bisa nongkrong di kantin kok bersama teman-temanmu saat selesai kuliah atau saat menunggu jam kuliah selanjutnya.

6. Persamaan SMA dan Kuliah: Ada geng teman

Kalau saat dulu SMA kamu nongkrong dengan teman-teman satu geng, kamu tetap masih bisa melakukannya saat kuliah nanti, lho.

7. Persamaan SMA dan Kuliah: Mendapatkan ijazah

Sama-sama menempuh jenjang pendidikan, setelah menyelesaikannya, baik di SMA ataupun saat di bangku perkuliahan, kamu akan mendapat yang namanya Ijazah.