10 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

10 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya — Tidak terasa bulan suci Ramadhan akan segera kita jelang. Bulan penuh ampunan yang menjadi bulan di mana kita berlomba-lomba dalam kebaikan tentu memiliki keistimewaan atau keutamaannya.

Dalam artikel ini, Mamikos akan memberikan informasi penting seputar keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya yang perlu kamu ketahui. Agar ibadah kamu jauh lebih khusyuk dan ikhlas yang menjadi landasan kamu melakukannya, maka artikel ini wajib untuk kamu baca.

Penjelasan Mengenai Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

istock.com

Apabila selama ini kamu hanya tahu bahwa di bulan Ramadhan ada ‘bonus’ pahala yang berlipat ganda, maka kamu perlu untuk memperbanyak ilmu mengenai keutamaan bulan Ramadhan.

Di bawah ini Mamikos sudah menyusun daftar keutamaan bulan puasa yang perlu kamu baca. Simak selengkapnya!

1. Keutamaan Ramadhan Pertama — Penuh Pengampunan

id.theasianparents.com

Keutamaan bulan Ramadhan yang pertama ialah bulan tersebut penuh dengan pengampunan. Artinya kamu bisa memanfaatkan bulan suci ini untuk melakukan banyak ibadah dan amal perbuatan mulia sebagai bentuk menghapuskan segala dosa.

Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk melakukan pertaubatan atas segala salah dan dosa yang diperbuat. Bahkan Nabi SAW pernah bersabda:

“Solat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Maksud dari hadis tersebut ialah apabila kamu melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, maka hal tersebut dapat menghapuskan segala dosa yang telah dilakukan. Hal tersebut juga sesuai dengan hadis Nabi SAW yang lain, yakni:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain menunaikan puasa, dengan kamu mendirikan solat tarawih pada setiap malam di bulan Ramadhan, juga bisa membantu menghapus dosa-dosa kamu yang telah lalu.

Hadis Nabi SAW juga mengatakan:

“Barang siapa yang berpuasa yang melakukan solat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Keutamaan Ramadhan Kedua — Pahala yang Dilipat gandakan

unsplash.com

Berikutnya dalam daftar keutamaan bulan Ramadhan versi Mamikos adalah pahala yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain disebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan banyak guru-gurunya yang berkata,

“Apabila telah tiba bulan Ramadhan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

Kesimpulannya perbanyak amal ibadah di bulan Ramadhan karena pahalanya jadi berlipat-lipat.

3. Keutamaan Ramadhan Ketiga — Momen Al-Qur’an Diturunkan

unsplash.com

Daftar keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya ialah bahwa bulan suci ini juga menjadi momen diturunkannya Al-Qur’an atau Syahrul Quran.

Turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan menjadi salah satu bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan suci tersebut.

Allah SWT pernah berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ..

Yang memiliki arti: “Bulan Ramadhan ialah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

Karena keutamannya tersebutlah, apabila kamu memperbanyak membaca Al-Quran di bukan suci, Allah SWT akan melimpahkan rahmat kepadamu.

4. Keutamaan Ramadhan Keempat — Penuh Keberkahan

lintasgayo.co

Dari daftar keutamaan bulan Ramadhan versi Mamikos selanjutnya ialah bulan ini merupakan bulan penuh keberkahan. Atau yang juga disebut bulan syahrun mubarak. Hal tersebut berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti,

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan ini, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya.

Disamping itu dalam bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan tersebut, bukan saja keberkahan di dalam menuai pahala saja. Tapi juga keberkahan lain yang datang pada hampir semua orang.

Salah satunya adalah saat bulan puasa tiba, peningkatan penjualan para pedagang kecil akan menanjak. Sementara untuk fakir miskin, Ramadhan juga membawa barokahnya tersendiri.

Tak cuma itu saja. Seluruh umat Muslim juga disunnahkan untuk memperbanyak sedekah atau infaq di bulan Ramadhan kepada mereka yang kekurangan. Bahkan ada kewajiban khusus untuk menunaikan zakat fitrah sebelum bulan puasa berakhir.

5. Keutamaan Ramadhan Kelima — Malam Lailatul Qadar

bersamadakwah.com

Berikutnya dari daftar keutamaan bulan Ramadhan ada kemuliaan yang berbeda. Sebab pada bulan tersebut datang satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadhan yakni malam Lailatul Qodar atau malam kemuliaan.

Malam tersebut hanya terjadi di bulan Ramadhan saja. Malam Lailatul Qodar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, yakni 10 hari terakhir di bulan Ramadhan merupakan saat diturunkannya Al Qur’anul Karim.

Allah SWT pernah berfirman Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Yang artinya adalah:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” [QS. Al Qadr: 1-3]

Maka tidak salah jika semua Muslim selalu menantikan Malam Lailatul Qadar untuk bisa memohon ampunan dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

6. Keutamaan Ramadhan Keenam — Bagian dari Rukun Islam

muslim.co m

Bagian dari rukun Islam terutama rukun keempat adalah menjadi salah satu keutamaan dari bulan puasa. Hal tersebut disampaikan dalam ayat Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah.”

Dalam hadis tersebut juga disebutkan, Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi SAW pernah bersabda:

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan solat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karena menjadi salah satu rukun Islam, maka puasa di bulan Ramadhan adalah wajib untuk ditunaikan.

7. Keutamaan Ramadhan Ketujuh — Momen Diijabahnya Doa-doa

umrah.com

Dari daftar keutamaan bulan Ramadhan versi Mamikos berikutnya ialah momen diijabahnya setiap doa-doa. Maksudnya adalah doa yang dipanjatkan pada bulan suci tersebut adalah jauh lebih mustajabah.

Ungkapan tersebut sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”

(HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Pernyataan tersebut dipertegas dalam hadis lain yang juga disabda oleh Rasulullah:

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. at Tirmidzi).

Maka dari itu, berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja. Namun keutamaan yang sangat luar biasa adalah apabila kamu memanfaatkannya untuk berdoa, maka InsyaAllah akan diijabah oleh Allah SWT. Amin.

8. Keutamaan Ramadhan Kedelapan — Jalan Meraih Takwa

metropolitan.id

Salah satu daftar keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya ialah jalan menuju takwa. Allah SWT pernah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang memiliki arti:

“Wahai orang-orang yang beriman maka diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” [QS. Al Baqarah: 183]

Allah SWT juga menyebutkan dalam ayat tersebut tentang hikmah disyariatkan puasa agar manusia menjadi lebih bertakwa. Sebab dalam menunaikan ibadah puasa, sebagai manusia kita sudah menunaikan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.

Apa sih yang dimaksud takwa dalam berpuasa? Maksudnya iialah kita menjauhi serta meninggalkan apa yang Allah haramkan saat menunaikan ibadah tersebut. Seperti makan, minum, melakukan hubungan suami istri, berghibah dan lain sebagainya.

Padahal di bulan-bulan lainnya, kita bebas untuk makan atau minum tanpa ada pantangan. Namun khusus di bulan tersebut, kita harus meninggalkan agar bisa lebih dekat pada Allah SWT.

9. Keutamaan Ramadhan Kesembilan — Ditutupnya Pintu Neraka, Dibukanya Pintu Surga

liputan6.com

Keutamaan ramadhan berikutnya adalah Allah SWT menutup pintu neraka namun membuka pintu surga selebar-lebarnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Yang artinya:

“Jika masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu rahmat dibuka, pintu-pintu Jahanam ditutup dan setan-setan pun diikat dengan rantai.” [HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079]

Keutamaan bulan Ramadhan ini juga mengandung maksud bahwa semua setan akan diikat dan dibelenggu, sementara pintu rahmat dan ampunan akan terbuka lebar.

Allah SWT pun membuka peluang sebesar-besarnya untuk seluruh umat untuk memanfaatkan momen tersebut agar bisa masuk surga berdasarkan amal soleh dan ibadah yang ditunaikan selama Ramadhan.

10. Keutamaan Ramadhan Kesepuluh — Pahala yang Bernilai 10 Bulan Berpuasa

berita.banjarmasinkota.go.id

Keutamaan bulan puasa yang kesepuluh adalah pahala yang akan didapatkan senilai 10 bulan berpuasa. Abu Ayyub Al-Anshari meriwayatkan hadis Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun.” (HR. Muslim)

Tidak hanya itu saja. Imam Ahmad juga menegaskan ada hadis lain dari Nabi SAW yang bersabda:

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawal), hal itu sama nilainya dengan puasa selama satu tahun.” (HR. Ahmad).

Luar biasa sekali bukan pahala dan keutamaan dari bulan puasa tersebut. Jadi semakin tidak sabar untuk menjelang Ramadhan dengan segera, bukan?!

Demikianlah penjelasan Mamikos mengenai keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya yang dapat Mamikos sampaikan di artikel ini. Semoga apa yang sudah Mamikos sampaikan di atas dapat bermanfaat dan memberikan kamu sebuah informasi baru.

Sehingga dalam menyambut bulan suci puasa mendatang antusiasme dan kekhusyukkan kamu dalam beribadah bisa semakin meningkat. Sebab kamu sudah tahu dengan jelas apa saja dalil dan keunggulan bulan Ramadhan itu sendiri.

Akses terus aplikasi Mamikos untuk mendapatkan informasi hunian kos yang bermanfaat. Hanya dengan satu aplikasi saja ada ribuan jenis dan pilihan kos yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa mengunduh aplikasinya via Appstore dan Playstore sekarang juga!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah