16 Keutamaan Dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Tahu

 Nana | Kam, 26 Mar 2020

16 Keutamaan & Hikmah Puasa Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Tahu – Ada beberapa hal yang terjadi pada bulan Ramadhan bisa mengandung pahala dan termasuk dalam ibadah jika kamu ketahui. Sebab ada sekitar 16 Keutamaan & hikmah puasa Bulan ramadhan yang harus kamu tahu. Sebab ada banyak juga yang belum mengetahui tentang keutamaan & hikmah puasa bulan Ramadhan tersebut. Makanya Mamikos membuat 16 Keutamaan & hikmah puasa Bulan ramadhan yang harus kamu tahu ini.

Keutamaan & Hikmah Puasa Bulan Ramadhan

https://storage.nu.or.id/

Lantas apa saja dari 16 keutamaan & hikmah puasa bulan Ramadhan yang harus kamu tahu tersebut? Dibawah ini sudah Mamikos jabarkan poin-poinnya dengan sangat jelas. Silakan disimak dengan saksama.

  • Bulan Ramadhan Merupakan Bulan Penuh Keberkahan

Bagi kamu yang sejak kecil sudah disuruh ibu atau ayah untuk ikut ke Masjid dan salat Tarawih atau kuliah subuh, pasti sering mendengar imam salat atau penceramahnya menyebut kalimat tersebut. Bulan Ramadhan juga disebut dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti,

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-Nasa’I dan Al-Baihaqi).

Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap ibadah yang kamu lakukan pada bulan Ramadhan ini, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Luar biasa bukan.

Tidak hanya itu saja, saat bulan suci Ramadhan tiba, ada banyak kemuliaan dan keberkahan yang terjadi. Tidak hanya keberkahan dalam menuai pahala, tapi juga banyak keberkahan lainnya. Keutamaan puasa Ramadhan juga ditinjau dari aspek ekonomi, di mana Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya.

Sementara bagi fakir dan miskin, Ramadhan seringkali membawa keberkahan tersendiri untuk mereka. Bulan Ramadhan bagi seorang Muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadhan kepada mereka ini. Bahkan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk mereka. Jadi semakin banyak keberkahan yang terjadi pada bulan Ramadhan.

  • Adanya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Ramadan lainnya adalah karena hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadhan, yaitu malam lailatul qadar.
Malam lailatul qadar (malam kemuliaan) adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dimana pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah saat diturunkannya Al Quranul Karim.

  • Bulan Pengampunan Dosa

Allah SWT menyediakan bulan Ramadhan sebagai fasilitas untuk penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Melalui berbagai aktivitas ibadah di bulan Ramadhan, Allah SWT akan menghapuskan seluruh dosa-dosa.
Begitu juga apabila kamu melakukan shalat malam (Tarawih, Witir, dan Tahajud) pada bulan Ramadhan ini dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya,

“Barang siapa yang berpuasa melakukan qiyam Ramadan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Melatih Diri Menjadi Pribadi Lebih Tabah Serta Sabar

Saat kita menjalankan ibadah puasa, ingatlah itu bukan hanya urusan menahan lapar dan haus saja. Akan tetapi dengan kita melakukan puasa maka kita dapat dilatih untuk terbiasa bisa menahan amarah, dan tak berburuk sangka pada orang lain. Serta kita akan terbiasa untuk bersabar menghadapi suatu hal, tak mudah untuk terpancing oleh omongan atau komentar orang lain mengenai diri kita. Maka dengan demikian kamu dan kita semua bisa jadi pribadi yang sabar serta tabah tidak hanya saat puasa saja, tetapi setiap saat. Semoga.

  • Memiliki Derajat Ketaqwaan

Apabila kamu menjalankan ibadah puasa, maka kamu termasuk telah menjalankan kebaikan – kebaikan seperti yang Allah perintahkan serta menjauhi semua larangan Allah. Maka dari itulah, dengan kamu menjalankan ibadah puasa berarti kamu sedang menempa diri menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi pada Allah.

Apalagi sebagai orang muslim, menjalankan ibadah puasa juga akan membuat kamu merasa selalu dipantau dan dijaga oleh Allah. Serta tumbuhnya semangat untuk melakukan hal – hal yang diperintahkan oleh Allah dan lebih mendekatkan diri pada-Nya. Oleh karena itu, salah satu hikmah puasa yang bisa kamu rasakan adalah menjadikan kamu lebih bertaqwa pada Allah.

  • Melatih Agar Menjadi Lebih Disiplin

Apabila kamu menjalankan ibada puasa, percayalah rute hidupnya akan lebih teratur. Contih yang dapat Mamikos berikan yaitu apabila kamu tidak terbiasa bangun pagi, maka dengan menjalankan puasa kamu jadi semakin lebih teratur bangun pagi demi menjalankan makan sahur, misalnya.

Serta untuk yang memiliki pola makan tidak teratur, dengan beribadah puasa maka pola makan kamu bisa lebih teratur. Satu saat kamu makan sahur kemudian dua saat kamu berbuka puasa. Dengan kebiasaan bangun pagi untuk sahur, maka di saat-saat setelah itu hidupnya akan teratur serta yang pasti tak malas untuk bangun pagi lagi.

  • Melatih Rasa Syukur Seseorang

Pada saat kamu menunaikan ibadah puasa, kamu hanya makan dua kali di waktu berbuka puasa serta saat makan sahur saja. Dengan demikian, kamu sedang dilatih untuk semakin merasa bersyukur dengan apa yang kita makan selama saat tidak berpuasa. Dengan demikian rasa syukur tersebut dapat muncul pada diri seseorang itu, dan menjadi hikmah puasa yang luar biasa.

  • Menjadikan Kamu Lebih Memedulikan Sesama

Kamu pasti tahu bahwa sesama muslim adalah saudara. Ikatan persaudaraan itu saat bulan puasa tiba biasanya terjalin dengan lebih erat. Hal semacam ini bisa dilihat dari beberapa contoh kejadian. Misalnya saja memberikan makan takjil untuk berbuka, dengan cara cuma – cuma, atau memberi makan berbuka secara gratis, kemudian shalat berjama’ah, atau saling berbagi pengetahuan agama. Rutinitas ini akan terjalin serta menjadi kebiasaan di saat bulan puasa berakhir.

  • Mempererat Silaturahmi

Saat kita menjalankan ibadah puasa, maka setiap malam pula kita akan menjalankan shalat tarawih secara berjamaah dan mengaji di masjid. Dengan adanya aktivitas tersebut setiap hari, tentu saja menjadikan kita menjadi akrab satu sama lain dengan tetangga atau teman satu komplek. Rutinitas ini bisa tetap terjalin dan berlanjut di bulan – bulan di luar bulan puasa apabila kamu mempererat tali silaturahminya.

  • Semua Hal yang Dilakukan Menjadi Ibadah

Ketahuilah bahwa nyaris semua hal atau perbuatan baik yang kamu lakukan atau perbuat di bulan suci Ramadhan memiliki nilai istimewa yani akan dianggap sebagai ibadah. Apalagi seperti yang sudah Mamikos sebutkan bahwa di bulan ramadhan ini, segala amal ibadah atau pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Jadi dengan membiasakan diri berbuat baik atau berperilaku sholeh/ah di bulan ramadhan ini, maka kamu akan punya kebiasaan baik di hari – hari di luar bulan Ramadhan ini.

  • Membiasakan Diri Untuk Berhati – hati Dalam Perbuatan

Saat kita semua menjalankan ibadah puasa, secara otomatis kita akan berusaha untuk menghindari hal – hal yang bisa mengurangi pahala puasa kita dengan menjaga lisan, perbuatan, pikiran serta apa yang ada di dalam hati. Dengan demikian sesudah kita membiasakan diri berbuat baik dan menjaga diri dalam perbuatan-perbuatan tidak baik, saat puasa selesai, hal itu bisa menjadi kebiasaan baik yang bisa kita pertahankan.

Mungkin kamu bisa mengingat kalau Allah SWT tahu segala sesuatu yang kita lakukan atau sedang kita pikirkan. Hal itu dapat menjaga diri atau membuat diri membatasi dalam segala perbuatan atau tindakan kita.

  • Hikmah Puasa Melatih Diri untuk Hidup Sederhana

Kamu pasti sering merasakan saat waktu berbuka puasa tiba, dan kamu bertemu lagi dengan makanan atau sesederhana segelas air putih, kamu pasti akan merasakan luar biasa nikmatnya. Dengan merasakan hal semacam itu, tentu kamu jadi semakin sadar untuk lebih menghargai makanan yang kamu miliki dan melatih diri untuk lebih sederhana dalam hidup. Sebab sebenarnya Allah SWT tidak menyukai hal yang terlalu berlebih-lebihan.

  • Menunjukkan Keseimbangan Dalam Hidup

Berpuasa adalah sebuah bentuk ibadah seorang hamba pada Allah SWT. Dengan menjalankan puasa, maka kamu sudah menjalankan salah satu kewajiban untuk bekal kelak di hari akhir. Kita memang menjalani hidup di dunia, tapi jangan sampai terlena. Jangan sampai lupa bahwa akan ada hari, di mana semua hal yang kita perbuat di dunia ini akan menjadi pertanggungjawaban kita sepenuhnya.

Secara tidak langsung kamu perlu mengatur keseimbangan hidup kamu. Salah satunya adalah dengan menjalani ibadah puasa bulan Ramadhan dengan khusuk dan tulus karena Allah Ta’ala.

  • Ibadah Puasa Diperuntukkan Demi Sebuah Tujuan

Segala hal yang dilakukan, tentu memiliki tujuan serta maksud. Begitu juga dengan ibadah puasa yang nanti akan kita jalankan. Tujuan berpuasa adalah melatih diri dalam membatasi perbuatan, pikiran, dan hati agar senantiasa bersih. Selain itu ibadah puasa juga memiliki tujuan agar taqwa kita dan ibadah kita hanya dilakukan semata karena Allah SWT.

  • Hikmah Puasa Menjadikan Pribadi Lebih Baik

Saat kamu menjalankan ibadah puasa, kamu harus menghindari perbuatan – perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa kamu. Kamu pasti tidak mau bukan jika pahala kamu berkurang dan hanya menyisakan lapar dan haus saja? Jadi kamu harus bisa mengontrol emosi, serta perbuatan kamu sehari-hari saat menjalankan ibadah puasa nanti. Namun apabila kamu sedang tidak dapat menjalankan puasa, sebaiknya kebaikan – kebaikan yang ditunaikan di saat puasa tetap berlanjut.

  • Hikmah puasa bagi kesehatan

Tidak hanya menilik dari segi spiritualnya saja, Mamikos juga memiliki sebuah informasi menarik yakni puasa juga mempunyai hikmah dalam bidang kesehatan. Hikmah atau manfaat yang bisa kamu dapat di bidang kesehatan diantaranya yaitu dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar diabetes, mengontrol berat badan, mengurangi resiko stroke, serta menjadi obat maag yang alami. Maha Suci Tuhan memberikan obat paling hebat dan hanya dengan berpuasa.

Semoga setelah kamu membaca ulasan Mamikos mengenai 16 Keutamaan & hikmah puasa Bulan ramadhan yang harus kamu tahu ini, kamu jadi semakin khusuk ibadahnya dan tidak lagi setengah-setengah dalam menjalankan perintah-Nya. Apabila kamu merasa informasi 16 Keutamaan & hikmah puasa Bulan ramadhan yang harus kamu tahu ini berguna, jangan lupa untuk sebarkan artikel ini pada teman atau pengikutmu di media sosial.

Sementara apabila kamu memerlukan info hunian, kamu bisa mengakses aplikasi pencari kost Mamikos di ponsel pintar kamu sekarang. Selain mudah menggunakannya, kamu juga bisa menyesuaikan hunian yang kamu cari dengan mengatur filter di aplikasi. Cukup mudah bukan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: