4 Lokasi Terdekat Tes UTBK SBMPTN 2021 di Bandung

Posted in: Pendidikan SBMPTN

4 Lokasi Terdekat Tes UTBK SBMPTN 2021 di Bandung- Bagi para siswa kelas 12 yang tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti jalur SNMPTN 2021, upaya untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri dapat dilakukan lewat jalur UTBK SBMPTN 2021. Sesuai dengan namanya, peserta seleksi jalur ini harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer. Agar lebih terkoordinir, pelaksanaan ujian ini dilakukan di berbagai lokasi yang berlaku sebagai Daftar Pusat UTBK PTN yang dimuat dalam laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2021 sendiri, LTMPT menyediakan 74 lokasi Pusat UTBK yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Tempat Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer SBMPTN 2021 di Area Bandung  

ltmpt.ac.id

Ketika mendaftarkan diri di portal LTMPT untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK SBMPTN 2021, siswa akan memilih program studi serta PTN yang diminati. Lokasi PTN yang dipilih bisa saja berbeda lokasi dengan daerah asal alat sekolah peserta. Namun demikian, lokasi PTN yang dipilih tidak akan berpengaruh pada lokasi tes UTBK SBMPTN 2021. Artinya, peserta bebas memilih lokasi pelaksanaan ujian yang paling dekat dengan sekolah atau tempat tinggal masing-masing.

Untuk kamu yang tinggal atau bersekolah di kawasan Bandung, berikut beberapa lokasi terdekat yang dapat kamu pilih untuk mengikuti tes UTBK SBMPTN 2021. Perlu diingat, informasi lokasi ini masih mengacu pada pelaksanaan SBMPTN pada tahun 2020 atau 2019. Namun demikian, paling tidak kamu punya gambaran tentang perkiraan lokasi pelaksanaannya.

1. Institut Teknologi Bandung

itb.ac.id

Salah satu perguruan tinggi negeri yang masuk dalam Daftar Pusat UTBK si kawasan Bandung adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Alamat lengkap sekeretariatnya adalah di Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, CCAR ITB, lantai 4 Jalan Tamansari no 64, Bandung. Alamat e-mail yang dapat dihubungi untuk lokasi ini adalah dirdik@ditdik.itb.ac.id.

Dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun lalu, ITB turut bekerjasama dengan beberapa instansi lain. Selain mengakomodir pelaksanaan UTBK di kawasan kampusnya sendiri, ITB turut melibatkan beberapa SMA sebagai lokasi penyelenggaraan. Berikut 6 lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan UTBK SBMPTN yang diakomodir oleh ITB pada tahun 2020 kemarin.

  1. Kampus ITB Ganesha
  2. SMAN 1 Bandung
  3. SMAN 2 Bandung
  4. SMAN 3 Bandung
  5. SMAN 4 Bandung
  6. SMAN 5 Bandung

2. Universitas Pendidikan Indonesia

berita.upi.edu

Alamat sekretariat Universitas Pendidikan Indonesia yang menjadi Pusat UTBK untuk kawasan Bandung adalah Divisi RMB Direktorat Akademik UPI, Jalan Dr. Setiabudi No. 229, Bandung. Apabila membutuhkan informasi lebuh lanjut ketika mendaftar di lokasi ini, peserta dapat menghubungi via e-mail pusat.utbk@upi.edu.

Pada pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 lalu, UPI turut menyelenggarakan di 6 lokasi, yaitu:

  1. Kampus UPI
  2. Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  3. Politeknik Negeri Bandung (Polban)
  4. Kampus UPI Cibiru
  5. Kampus UPI SUmedang
  6. Kampus UPI Purwakarta

3. Universitas Padjajaran

nasonal.tempo.com

Dalam daftar Pusat UTBK di laman LTMPT, alamat kampus Universitas Padjajaran yang menjadi rujukan adalah Unit Layanan Terpadu (ULT) Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Padjajaran, Jalan Raya Bangung-Sumedang Km. 21, Jatinangor. Pada laman LTMPT juga disebutkan bahwa layanan terkait UTBK akan diadakan pada hari Senin sampai Jumat dengan jam kerja mulai pukul 07:30 sampai 16:00 WIB. Pusat informasi UTBK ini dapat dihubungi lewat e-mail  smup@unpad.ac.id.

Universitas Padjajaran menyediakan 9 lokasi untuk penyelenggaraan UTBK SBMPTN pada tahun 2020. Kesembilan lokasi tersebut meliputi:

  1. Gedung Laboratorium 1 Fakultas Farmasi
  2. Gedung Departemen Statistika Fakultas MIPA
  3. Gedung D PPSB
  4. Gedung Delta Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  5. Gedung Akademik 2 Fakultas Keperawatam
  6. Gedung C5 Fakultas Kedokteran
  7. Gedung C3 Fakultas Kedokteran
  8. Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Gigi
  9. Gedung C Fakultas Ilmu Budaya

4. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

fbm.isbi.ac.id

Selain menyelenggarakan UTBK SBMPTN di kampus sendiri, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung turut bekerjasama dengan beberapa sekolah pada tes UTBK 2019. Berikut daftar lokasinya.

  1. Kampus Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  2. SMAN 11
  3. SMAN 8
  4. SMKN 3
  5. SMK 4

Pada penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2020, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung hanya menyelenggarakan UTBK di kawasan kampus saja. Hal ini bisa jadi untuk lebih memudahkan koordinasi mengingat penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2020 masih ada dalam masa pandemi Covid 19. Alamat lengkap kampus Institut Seni Budaya Indonesia Bandung dalam daftar pusat UTBK di laman LTMPT adalah Jl. Buah Batu No. 212, Kota Bandung, Jawa Barat. E-mail yang dapat dihubungi apabila mengalami kendala ketika memilih lokasi ini adalah  utbk@isbi.ac.id.

Jadwal Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN 2021

Kalau sudah ada gambaran tentang lokasi tes UTBK SBMPTN 2021 terdekat, kamu tentu juga wajib menyimak jadwal pelaksanaannya. Secara umum, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 dibagi menjadi dua gelombang. Masing-masing peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti satu gelombang test saja. Berikut jadwalnya.

  1. 7 Februari 2021- 12 Maret 2021: Registrasi akun LTMPT
  2. 15 Maret 2021- 1 April 2021: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN
  3. 12-18 April 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama
  4. 26 April 2021- 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang Kedua
  5. 14 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN

Masing-masing gelombang UTBK diselenggarakan selama 7 hari dan setiap hari terdiri dari dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Jumlah hari serta sesi ujian ini nantinya akan disesuaikan dengan jumlah peserta SBMPTN 2021 yang mendaftar di masing-masing pusat UTBK.

Sekian dulu informasi Mamikos mengenai daftar lokasi terdekat UTBK SBMPTN 2021 di sekitar kawasan Kota Bandung. Semoga bermanfaat untuk kamu yang berminat mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri lewat jalur ini. Sekadar catatan, UTBK 2021 tidak hanya boleh diikuti oleh lulusan SMA atau sederajat tahun 2021 saja. Lulusan SMA tahun 2019 dan 2020 juga boleh ikut serta. Selain itu, peserta UTBK akan dikenai sejumlah biaya pendaftaran yaitu Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp 300.000 untuk peserta yang memilih kelompok ujian campuran.

Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, apakah kamu sudah ada gambaran? Jika masih bingung dengan pilihan kampus atau program studi, kamu bisa menyimak berbagai artikel menarik di website Mamikos. Apabila kamu kurang tertarik untuk berkuliah di kampus negeri, saat ini sudah banyak pula perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tak kalah baik. Cari tahu juga lokasi kost di sekitar kampus incaranmu dengan download dan install aplikasi Mamikos di  ponsel pintar kesayangan kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta