UTBK, Sekilas Tentang UTBK Untuk SBMPTN 2020 yang Wajib Kamu Tahu!

 Lailla | Jum, 01 Mei 2020

UTBK, Sekilas Tentang UTBK untuk SBMPTN 2020 yang Wajib Kamu Tahu! – Ujian Tulis Berbasis Komputer atau seringkali disebut dengan UTBK adalah syarat wajib untuk bisa menjalani SBMPTN. Tidak hanya itu, hasil UTBK pun dijadikan syarat untuk mendaftar jalur mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Penasaran dengan fakta-fakta UTBK lainnya?

Informasi UTBK untuk SBMPTN 2020 yang Wajib Diketahui

 

Info UTBK, nilai UTBK dan UTBK adalah

Jika kamu belum diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), masih ada alternatif lainnya. Jalur SBMPTN adalah jalur kedua yang bisa kamu tempuh untuk tetap bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau politeknik tujuanmu. Namun, untuk bisa mengikuti SBMPTN 2020, peserta ujian wajib memiliki skor UTBK. Berikut ini adalah informasi seluk beluk UTBK yang dapat kamu jadikan referensi.

Apa Itu UTBK SBMPTN?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah jenis tes masuk Perguruan Tinggi. Tes ini dilakukan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia ini mampu mengakomodasi kebutuhan tes siswa.

Kelebihan adanya UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT adalah mampu menjangkau banyak peserta. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk tes juga cepat dan diimbangi keluarnya hasil tes secara cepat untuk individu. UTBK adalah syarat mutlak sebelum dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah menjadi seleksi masuk menggunakan hasil UTBK saja. Bisa juga hasil UTBK digabungkan kriteria lain yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh PTN. Karena informasi UTBK berkaitan erat dengan SBMPTN, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Apa Fungsi Nilai UTBK?

Sesuai dengan tujuan UTBK, tujuan dilaksanakannya UTBK adalah sebagai sarana untuk memprediksi calon mahasiswa. Diharapkan hasil tersebut bisa menjadi perkiraan tepat terkait kemampuan mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi dengan baik.

Selain itu, UTBK juga dapat memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel (pemilihan waktu dan tempat tes disesuaikan kebutuhan). Nantinya, nilai UTBK yang sudah didapatkan dapat digunakan untuk SBMPTN, seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Apakah UTBK itu Wajib?

Mungkin di antara kamu ada yang masih bertanya apakah UTBK wajib dilakukan. Ternyata ujian tes tulis ini adalah syarat wajib untuk siswa siswi SMA sederajat agar dapat menempuh jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nilai UTBK-lah yang dijadikan dasar untuk menyeleksi mahasiswa baru. Selain itu, UTBK juga digunakan untuk menyeleksi mahasiswa jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Tahapan Pendaftaran UTBK SBMPTN

Ikuti alur pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 agar kamu dapat mengikuti proses seleksinya. Tahapan pendaftaran tersebut membutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi. Apabila persyaratan yang dibutuhkan terlewat, peserta mungkin akan gugur, hingga tidak diizinkan ikut SBMPTN. Padahal, nilai UTBK tersebut adalah syarat agar siswa dapat mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Pendaftaran UTBK pun terdiri dari beberapa tahap. Mamikos akan membagi penjelasan tahapan pendaftaran UTBK menjadi dua jenis, yaitu pendaftaran UTBK secara berbayar dan pendaftaran UTBK yang tidak berbayar.

Cara Pendaftaran UTBK untuk Peserta Berbayar

Pendaftar UTBK berbayar berasal dari pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah. Pendaftar KIP Kuliah pada kategori ini tetap harus membayar biaya UTBK karena tidak disubsidi. Alur pendaftaran yang dapat kamu tempuh adalah sebagai berikut.

1. Pastikan kamu sudah memiilki akun LTMPT untuk siswa dan sudah melakukan registrasi akun di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Data yang kamu isikan juga harus sudah disimpan secara permanen. Waktu untuk pendaftaran akun LTMPT dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I (2 Desember 2019 – 10 Januari 2020) dan pendaftaran akun LTMPT tahap II (17 Februari – 5 April 2020).

2. Buka website https://portal.ltmpt.ac.id dan lakukan login siswa menggunakan akun LTMPT.

3. Kamu perlu mengeklik menu ‘Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A’.

4. PIlihlah lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti tes UTBK.

5. Lengkapi data tambahan yang diperlukan, seperti kebutuhan khusus (apabila ada).

6. Apabila kamu termasuk pendaftar dengan alur KIP Kuliah Berbayar, lanjutkan dengan tahapan:
– Memastikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Nomor KIP Kuliah wajib dimiliki oleh calon mahasiswa. Jika belum memilikinya, segera daftar KIP Kuliah melalui laman website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
– Isikan data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi yang belum mengisi).

7. Lakukan pencetakan slip pembayaran (digunakan untuk membayar biaya UTBK-SBMPTN).

8. Lakukan pembayaran biaya UTBK-SBMPTN (maksimal 2 x 24 jam) melalui salah satu dari daftar bank yang ditunjuk (Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN). Gunakan data dari slip pembayaran. Apabila kamu melebihi batas waktu yang sudah ditetapkan, proses memasukkan data perlu diulang dari awal.

9. Jika sudah melakukan pembayaran, lakukan login di laman website https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT.

10. Lengkapi jenis jurusan SMTA sesuai latar belakangmu.

11. Pilih maksimal dua program studi (dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda). Pilihan tersebut harus dari satu jenis PTN (non-politeknik saja atau politeknik saja).

12. Tambahkan portofolio untuk program studi (tidak semua program studi mewajibkan).

13. Lakukan konfirmasi data pendaftaran sebelum menyimpannya secara permanen.

14. Simpan data pendaftaran secara permanen.

15. Cetak bukti peserta tes UTBK-SBMPTN dan jangan lupa untuk membawanya saat UTBK.

Cara Pendaftaran UTBK untuk Peserta Tidak Berbayar

Pendaftar yang tidak wajib membayar biaya UTBK adalah pendaftar khusus yang sudah memilih KIP Kuliah. Penetapan pendaftar tersebut dilakukan Kemdikbud, sehingga pendaftar tidak perlu membayar biaya UTBK.

1. Pastikan kamu sudah memiilki akun LTMPT untuk siswa dan sudah melakukan registrasi akun di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Data yang kamu isikan juga harus sudah disimpan secara permanen. Waktu untuk pendaftaran akun LTMPT dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I (2 Desember 2019 – 10 Januari 2020) dan pendaftaran akun LTMPT tahap II (17 Februari – 5 April 2020).

2. Buka website https://portal.ltmpt.ac.id dan lakukan login siswa menggunakan akun LTMPT.

3. Kamu perlu mengeklik menu ‘Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B’

4. PIlihlah lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti tes UTBK.

5. Lengkapi data tambahan yang diperlukan, seperti kebutuhan khusus (apabila ada).

6. Apabila kamu termasuk pendaftar dengan alur KIP Kuliah Gratis, lanjutkan dengan tahapan:
– Memastikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Nomor KIP Kuliah wajib dimiliki oleh calon mahasiswa. Jika belum memilikinya, segera daftar KIP Kuliah melalui laman website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
– Isikan data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi yang belum mengisi).

7. Lengkapi jenis jurusan SMTA sesuai latar belakangmu.

8. Pilih maksimal dua program studi (dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda). Pilihan tersebut harus dari satu jenis PTN (non-politeknik saja atau politeknik saja).

9. Tambahkan portofolio untuk program studi (tidak semua program studi mewajibkan).

10. Lakukan konfirmasi data pendaftaran sebelum menyimpannya secara permanen.

11. Simpan data pendaftaran secara permanen.

12. Cetak bukti peserta tes UTBK-SBMPTN dan jangan lupa untuk membawanya saat UTBK.

Alur Pelaksanaan UTBK SBMPTN

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 memiliki ketentuan khusus yang harus kamu pahami dengan baik. Sebab, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 tersebut akan sangat menentukan SBMPTN yang akan kamu jalani. Alur pelaksanaan UTBK tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Peserta dapat mengikuti tes UTBK 2020 satu kali saja.

2. Peserta dapat memilih jenis UTBK untuk kelompok saintek, UTBK untuk kelompok soshum, atau UTBK untuk kelompok saintek dan soshum (campuran).

3. Peserta UTBK adalah siswa-siswi SMA/MA/SMK Kelas XII (lulus tahun 2020) atau siswa Paket C (lulus tahun 2020). Selain itu, siswa-siswi SMA/MA/SMK/Sederajat atau lulusan paket C tahun 2018 dan 2019 juga diperkenankan mengikuti UTBK dengan batas maksimal usia 25 tahun.

4. Materi seleksi untuk kelompok Saintek adalah TPS dan TKA Saintek.; Materi seleksi untuk kelompok Soshum adalah TPS dan TKA Soshum.; Materi seleksi untuk kelompok campuran adalah tes TPS, TKA saintek dan TKA soshum.

5. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran UTBK

Ikuti langkah pelaksanaan UTBK SBMPTN di atas secara berurutan. Pastikan menyimpan bukti pembayaran dan dokumen penting lainnya. Apabial sudah selesai mendaftar, kamu dapat melakukan registrasi pada akun siswa LTMPT. Gunakan username atau email serta password yang sudah didapatkan.

Jadwal UTBK SBMPTN

Jadwal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk SBMPTN adalah sebagai berikut.

No Jadwal Pelaksanaan
1 Pendaftaran Akun LTMPT Tahap I 2 Desember 2019 – 10 Januari 2020
2 Pendaftaran Akun LTMPT Tahap II 17 Februari – 05 April 2020
3 Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 02 Juni – 20 Juni 2020
4 Pelaksanaan UTBK

(Setiap hari terdiri dari 4 sesi, khusus Jumat terdiri dari 2 sesi)

05 – 12 Juli 2020
5 Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 25 Juli 2020

 

Sesi Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN

Tes UTBK SBMPTN 2020 dibagi menjadi beberapa sesi setiap harinya. Peserta dapat memilih untuk tes pada sesi pertama, sesi kedua, sesi ketiga, atau sesi keempat pada hari biasa. Namun, pada hari Jumat, peserta hanya dapat memilih dua macam sesi saja.

Persyaratan UTBK SBMPTN

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti UTBK SBMPTN tahun 2020. Syarat wajib yang harus dimiliki calon peserta yang akan menempuh UTBK SBMPTN diantaranya.

1. Peserta UTBK adalah siswa atau siswi SMA/MA/SMK Kelas XII (lulus tahun 2020) atau peserta didik Paket C (tahun 2020). Peserta juga dapat berasal dari SMA/MA/SMK/Sederajat (lulus tahun 2018 atau 2019) atau lulusan Paket C (tahun 2018 dan 2019).
2. Usia maksimal untuk mendaftar UTBK adalah 25 Tahun.
3. Peserta hanya diizinkan mengikuti tes UTBK maksimal satu kali.
4. Peserta membayar biaya keikutsertaan UTBK.

Apakah UTBK dan SBMPTN Berbeda?

Istilah UTBK dan SBMPTN adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. SBMPTN merupakan jalur masuk jika akan masuk ke Perguruan Tinggi, sedangkan UTBK adalah jenis ujian yang harus ditempuh sebagai syarat masuk ke Perguruan Tinggi tersebut. Jadi, nilai atau hasil UTBK akan menentukan proses seleksi ketika SBMPTN.

UTBK 2020 Tanggal Berapa?

Berdasarkan jadwal yang sudah dikeluarkan oleh LTMPT sebagai lembaga penyelenggara resmi, UTBK 2020 akan dilaksanakan 5 – 12 Juli 2020. Nantinya akan ada 4 sesi berbeda setiap hari dan 2 sesi pada hari Jumat.

Apakah Daftar SBMPTN Harus ikut UTBK?

UTBK sebagai syarat utama mengikuti SBMPTN wajib dilakukan calon mahasiswa. Apabila calon mahasiswa tidak memiliki nilai UTBK, maka ia tidak bisa mengikuti jalur masuk SBMPTN. Selain itu, nilai UTBK juga digunakan untuk mendaftar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Pelajaran Apa Saja yang Ada di UTBK?

Materi yang diujikan pada UTBK bukanlah materi pelajaran ketika sekolah, tetapi berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). Tujuan materi TPS adalah mengukur kemampuan kognitif siswa. Siswa yang memiliki kemampuan kognitif baik dapat berhasil menyelesaikan studi di pendidikan formal.

Berapa Kali UTBK 2020?

UTBK dan SBMPTN 2020 hanya dilaksanakan satu kali saja. Peserta dapat memilih tempar tes pusat UTBK serta memilih PTN dan program studi tujuan yang diinginkan.

Berapa skor minimal UTBK?

Mencapai nilai minimal UTBK sangat penting agar peluangmu masuk Perguruan Tinggi semakin besar. Skor minimal UTBK untuk setiap program studi di Perguruan Tinggi tidak sama. Tapi, agar skormu berada di batas aman, dapatkanlah skor di atas 655. Apabila dibuat rentang, capailah range skor UTBK antara 650 – 700. Meskipun demikian, jika kamu mendapatkan nilai antara 560 – 650 sebenarnya juga masih dapat berpeluang lolos SBMPTN.

Bagaimana Membaca Hasil UTBK?

Cara membaca hasil UTBK bisa kamu lakukan sendiri. Dapat dikatakan bahwa nilai UTBK adalah hasil ujianmu. Setiap materi memiliki skor tersendiri. Nantinya pada LTMPT sudah terdapat informasi terkait rekapitulsai serta sebaran nilai UTBK. Data yang ditampilkan adalah skor terkecil di antara seluruh peserta (skor minimal), skor tertinggi di antara seluruh peserta (skor maksimal), serta skor tengah (median). Berdasarkan data pada website LTMPT, kamu bisa memperkirakan posisi nilaimu.

1. Jika skor berada di posisi ¼ terbawah dari total keseluruhan (25% skor terendah), maka nilai tersebut ada di kuartil 1.
2. Jika skor berada di posisi ¾ dari total keseluruhan (25% skor tertinggi), maka nilai tersebut ada di kuartil 3

Bandingkan nilai yang kamu capai dengan skor seluruh peserta, sehingga prediksimu menjadi lebih akurat.

Apakah UTBK Ada Pengurangan Nilai?

Sampai saat ini, LTMPT belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait metode skoring UTBK. Namun, informasi yang beredar menyebutkan bahwa ada pengurangan nilai berdasarkan tingkat kesulitan adalah tidak benar.

Berapa biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2020?

Peserta yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2020 harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya tersebut dapat dibayar via ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama (Bank Mandiri, BNI, atau BTN). Tapi, biaya yang sudah dikeluarkan untuk pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 tidak dapat ditarik kembali. Biaya tersebut tidak perlu dibayar oleh pendaftar KIP Kuliah (KIP-K).

Portofolio pada Pendaftaran UTBK SBMPTN

Terdapat beberapa program studi pada SBMPTN yang mewajibkan pesertanya untuk mengunggah portofolio. Program studi tersebut berkaitan dengan program studi untuk olahraga dan seni. Persiapkan portofolio sesuai format yang diberikan dan cek kembali ketentuan pengunggahan portofolio.

Rekapitulasi hasil nilai UTBK Menurut Kelompok Ujian

A. Kelompok Ujian Saintek – Info UTBK

 

Keterangan Minimum Kuartil 1 Median Kuartil 3 Maksimum
I. Nilai Tes Potensi Skolastik
Kemampuan Penalaran Umum 173 438 507 581 883
Kemampuan Kuantitatif 285 441 507 585 924
Pengetahuan & Pemahaman umum 215 434 506 582 800
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 168 436 506 579 867
II. Nilai Tes Kompetensi Akademik
Matematika Saintek 267 428 495 566 988
Fisika 266 428 494 566 983
Kimia 249 429 494 564 994
Biologi 255 428 492 563 962

 

B. Kelompok Ujian Soshum – Info UTBK

Keterangan Minimum Kuartil 1 Median Kuartil 3 Maksimum
I. Nilai Tes Potensi Skolastik
Kemampuan Penalaran Umum 179 420 483 550 863
Kemampuan Kuantitatif 285 420 475 534 913
Pengetahuan dan Pemahaman Umum 215 420 488 563 800
Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis 171 422 488 559 854
II. Nilai Tes Kompetensi Akademik
Matematika Soshum 293 427 490 562 969
Geografi 240 429 497 568 888
Sejarah 234 429 493 562 963
Sosiologi 134 431 497 567 855
Ekonomi 171 429 499 569 893

Rekapitulasi Penyebaran Jumlah Peserta menurut Range Nilai UTBK

A. Kelompok Ujian Saintek – Info UTBK

TES SUB TES N Range Nilai <300 Range Nilai 301-400 Range NIlai 401-500 Range Nilai 501-600 Range Nilai 601-700 Range Nilai 701-800 Range Nilai 801-900 Range Nilai >901
TES POTENSI SKOLATIK Kemampuan Penalaran Umum 123.738 1.415 16.029 41.418 40.160 19.630 4.783 303
Kemampuan Kuantitatif 123.738 597 15.071 43.205 38.547 18.210 6.396 1.696 107
Pengetahuan dan Pemahaman Umum 123.738 1.574 18.070 40.037 39.571 21.573 29.40
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 123.738 1.730 16.741 40.874 40.977 19.546 3.757 113
TES KEMAMPUAN AKADEMIK Matematika Saintek 123.738 1.541 18.812 44.269 39.189 16.314 3.253 341 17
Fisika 123.738 1.273 19.184 44.391 38.970 16.238 3.295 363 22
Kimia 123.738 1.292 18.742 45.003 39.245 15.552 3.369 493 40
Biologi 123.738 470 19.621 45.728 38.268 15.469 3.623 526 31

 

B. Kelompok Ujian Soshum – Info UTBK

TES SUB TES N Range Nilai <300 Range Nilai 301-400 Range NIlai 401-500 Range Nilai 501-600 Range Nilai 601-700 Range Nilai 701-800 Range Nilai 801-900 Range Nilai >901
TES POTENSI SKOLATIK Kemampuan Penalaran Umum 121.049 1.841 20.504 46.907 36.605 13.003 2.091 98
Kemampuan Kuantitatif 121.049 915 20.715 53.153 35.580 9.170 1.378 134 4
Pengetahuan dan Pemahaman Umum 121.049 1.964 21.240 42.965 36.434 16.711 1.735
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 121.049 2.295 20.067 43.806 37.764 14.933 2.150 35
TES KEMAMPUAN AKADEMIK Matematika Soshum 121.049 310 19.287 46.037 36.425 14.733 3.548 636 73
Geografi 121.049 1.906 18.186 42.300 38.806 16.629 3.070 152
Sejarah 121.049 1.113 17.860 45.458 37.806 14.654 3.540 603 15
Sosiologi 121.049 2.219 17.097 43.058 39.112 16.347 3.101 115
Ekonomi 121.049 2.160 18.103 41.002 39.966 17.092 2.605 121

 

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan apabila ingin mengecek posisi nilai pada setiap subtes. Cara ini menggunakan metode normalisasi rentang dengan rumus min-max normalization.

Posisi nilai = (nilai – nilai minimal) / (nilai maksimal – nilai minimal) x 100%

Perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk melihat posisi dalam masing-masing subtest, bukan posisi secara keseluruhan. Nilai minimal dan nilai maksimal dapat dilihat dalam laman resmi LTMPT bagian lampiran.

Hal penting lainnya adalah hasil posisi yang didapat ini tidak bisa dijadikan tolok ukur lulus atau tidaknya pada SBMPTN. Persentase posisi ini hanya bisa mengetahui sejauhmana hasil yang sudah berhasil dicapai pada setiap subtestnya.

Persentase posisi hasil ini bisa menjadi gambaran terkait subtest manakah yang selanjutnya harus ditingkatkan. Tapi ingat, hal ini juga bisa berbeda tergantung nilai minimal dan maksimal pada test gelombang lainnya.

Soal Tes Apa Saja di UTBK?

Persiapkan diri untuk mengerjakan jenis soal tes pada UTBK 2020. Karena materi yang diujikan bukanlah pelajaran saat di sekolah menengah, materi pada Tes Potensi Skolastik (TPS) berikut perlu kamu pelajari.

1. Kemampuan penalaran umum
2. Kemampuan kuantitatif (pengetahuan dan penguasaan matematika dasar)
3. Pengetahuan dan pemahaman umum
4. Kemampuan pemahaman bacaan
5. Kemampuan menulis

Pelajari pula bahasa Inggris dasar karena Tes Potensi Skolastik yang diujikan sebagian menggunakan bahasa Inggris.

Yuk lihat video Tips Belajar Masuk Perguruan Tinggi Bareng Anggie Marthin

Sudah siap mendaftar UTBK untuk SBMPTN?. Selain perlu persiapan fisik yang sehat ketika hari H, persiapan materi UTBK pun juga tidak boleh dilupakan. Bagi kamu yang merasa kesulitan memahami materi ujian UTBK, tips berikut dapat kamu simak.

Demikian informasi mengenai UTBK, Sekilas Tentang UTBK untuk SBMPTN 2020 yang Wajib Kamu Tahu!. Mulai saat ini, berusahalah belajar giat agar lancar mengerjakan soal UTBK. Pantau terus perkembangan informasi pada akun LTMPT, baik melalui website resmi maupun sosial media lainnya.

Jika kamu sudah dinyatakan diterima SBMPTN di program studi impian, lakukan persiapan sebagai mahasiswa baru 2020. Download aplikasi rumah kost Mamikos secara gratis melalui ponsel android atau ios kesayanganmu. Berbagai macam pilihan kost dengan durasi sewa berbeda bisa kamu dapatkan tanpa harus datang ke lokasi. Bahkan, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran kost yang akan ditempati melalui fitur di aplikasi Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: