UTBK, Sekilas Tentang UTBK Untuk SBMPTN yang Wajib Kamu Tahu!

Posted in: Pendidikan SBMPTN
Tagged: Info UTBK UTBK

UTBK, Sekilas Tentang UTBK untuk SBMPTN yang Wajib Kamu Tahu! – Ujian Tulis Berbasis Komputer atau seringkali disebut dengan UTBK adalah syarat wajib untuk bisa menjalani SBMPTN. Tidak hanya itu, hasil UTBK pun dijadikan syarat untuk mendaftar jalur mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Penasaran dengan fakta-fakta UTBK lainnya?

Informasi UTBK untuk SBMPTN yang Wajib Diketahui

Jika kamu belum diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), masih ada alternatif lainnya. Jalur SBMPTN adalah jalur kedua yang bisa kamu tempuh untuk tetap bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau politeknik tujuanmu. Namun, untuk bisa mengikuti SBMPTN, peserta ujian wajib memiliki skor UTBK. Berikut ini adalah informasi seluk beluk UTBK yang dapat kamu jadikan referensi.

Apa Itu UTBK SBMPTN?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah jenis tes masuk Perguruan Tinggi. Tes ini dilakukan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia ini mampu mengakomodasi kebutuhan tes siswa.

Kelebihan adanya UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT adalah mampu menjangkau banyak peserta. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk tes juga cepat dan diimbangi keluarnya hasil tes secara cepat untuk individu. UTBK adalah syarat mutlak sebelum dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah menjadi seleksi masuk menggunakan hasil UTBK saja. Bisa juga hasil UTBK digabungkan kriteria lain yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh PTN. Karena informasi UTBK berkaitan erat dengan SBMPTN, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Apa Fungsi Nilai UTBK?

Sesuai dengan tujuan UTBK, tujuan dilaksanakannya UTBK adalah sebagai sarana untuk memprediksi calon mahasiswa. Diharapkan hasil tersebut bisa menjadi perkiraan tepat terkait kemampuan mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi dengan baik.

Selain itu, UTBK juga dapat memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel (pemilihan waktu dan tempat tes disesuaikan kebutuhan). Nantinya, nilai UTBK yang sudah didapatkan dapat digunakan untuk SBMPTN, seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Apakah UTBK itu Wajib?

Mungkin di antara kamu ada yang masih bertanya apakah UTBK wajib dilakukan. Ternyata ujian tes tulis ini adalah syarat wajib untuk siswa siswi SMA sederajat agar dapat menempuh jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nilai UTBK-lah yang dijadikan dasar untuk menyeleksi mahasiswa baru. Selain itu, UTBK juga digunakan untuk menyeleksi mahasiswa jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Apakah UTBK dan SBMPTN Berbeda?

Istilah UTBK dan SBMPTN adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. SBMPTN merupakan jalur masuk jika akan masuk ke Perguruan Tinggi, sedangkan UTBK adalah jenis ujian yang harus ditempuh sebagai syarat masuk ke Perguruan Tinggi tersebut. Jadi, nilai atau hasil UTBK akan menentukan proses seleksi ketika SBMPTN.

Apakah Daftar SBMPTN Harus ikut UTBK?

UTBK sebagai syarat utama mengikuti SBMPTN wajib dilakukan calon mahasiswa. Apabila calon mahasiswa tidak memiliki nilai UTBK, maka ia tidak bisa mengikuti jalur masuk SBMPTN. Selain itu, nilai UTBK juga digunakan untuk mendaftar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Pelajaran Apa Saja yang Ada di UTBK?

Materi yang diujikan pada UTBK bukanlah materi pelajaran ketika sekolah, tetapi berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). Tujuan materi TPS adalah mengukur kemampuan kognitif siswa. Siswa yang memiliki kemampuan kognitif baik dapat berhasil menyelesaikan studi di pendidikan formal.

Bagaimana Membaca Hasil UTBK?

Cara membaca hasil UTBK bisa kamu lakukan sendiri. Dapat dikatakan bahwa nilai UTBK adalah hasil ujianmu. Setiap materi memiliki skor tersendiri. Nantinya pada LTMPT sudah terdapat informasi terkait rekapitulsai serta sebaran nilai UTBK. Data yang ditampilkan adalah skor terkecil di antara seluruh peserta (skor minimal), skor tertinggi di antara seluruh peserta (skor maksimal), serta skor tengah (median). Berdasarkan data pada website LTMPT, kamu bisa memperkirakan posisi nilaimu.

1. Jika skor berada di posisi ¼ terbawah dari total keseluruhan (25% skor terendah), maka nilai tersebut ada di kuartil 1.
2. Jika skor berada di posisi ¾ dari total keseluruhan (25% skor tertinggi), maka nilai tersebut ada di kuartil 3

Bandingkan nilai yang kamu capai dengan skor seluruh peserta, sehingga prediksimu menjadi lebih akurat.

Apakah UTBK Ada Pengurangan Nilai?

Sampai saat ini, LTMPT belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait metode skoring UTBK. Namun, informasi yang beredar menyebutkan bahwa ada pengurangan nilai berdasarkan tingkat kesulitan adalah tidak benar.

Yuk lihat video Tips Belajar Masuk Perguruan Tinggi Bareng Anggie Marthin

Sudah siap mendaftar UTBK untuk SBMPTN? Selain perlu persiapan fisik yang sehat ketika hari H, persiapan materi UTBK pun juga tidak boleh dilupakan. Bagi kamu yang merasa kesulitan memahami materi ujian UTBK, tips berikut dapat kamu simak.

Demikian informasi mengenai UTBK, Sekilas Tentang UTBK untuk SBMPTN yang Wajib Kamu Tahu! Mulai saat ini, berusahalah belajar giat agar lancar mengerjakan soal UTBK. Pantau terus perkembangan informasi pada akun LTMPT, baik melalui website resmi maupun sosial media lainnya.

Jika kamu sudah dinyatakan diterima SBMPTN di program studi impian, lakukan persiapan sebagai mahasiswa baru. Download aplikasi rumah kost Mamikos secara gratis melalui ponsel android atau ios kesayanganmu. Berbagai macam pilihan kost dengan durasi sewa berbeda bisa kamu dapatkan tanpa harus datang ke lokasi. Bahkan, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran kost yang akan ditempati melalui fitur di aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta